Mengenal Apa Itu Turnitin dan Cara Kerja Turnitin

Apa itu Turnitin dan bagaimana cara kerjanya? Jika kamu penasaran, yuk simak penjelasan lengkapnya di artikel ini.

Apa Itu Turnitin?

Apa itu Turnitin? Turnitin adalah perangkat lunak yang dapat mendeteksi kemiripan suatu tulisan dengan tulisan lainnya. Perangkat ini sangat berguna bagi Lembaga Pendidikan untuk mengecek orisinalitas suatu karya tulis, seperti artikel, jurnal, makalah, skripsi, tesis, dan disertasi. Dengan menggunakan Turnitin, kita dapat mengetahui skor atau persentase kesamaan suatu karya tulis.

Jasa Parafrasa
Jasa Parafrase untuk Menurunkan Similarity Turnitin

Cara Kerja Turnitin?

Cara kerja Turnitin adalah mencocokkan kesamaan kata, frasa, atau kalimat, dari suatu tulisan dengan tulisan lain yang ada di internet atau database Turnitin. Jika tulisan yang kita cek memiliki kesamaan dengan yang ada di database, kata atau kalimat yang sama tersebut akan di-highlight sebagai similarity oleh Turnitin. Hasil kesamaan tersebut akan diakumulasi menjadi skor similarity index yang ditampilkan dalam bentuk persentase. Semakin tinggi persentasi yang kita peroleh, menandakan semakin banyak kesamaan tulisan kita dengan tulisan lainnya.

Baca juga: Cara Cek Similarity di Turnitin

Namun, perlu dipahami bahwa persentase similarity yang dihasilkan oleh Turnitin tidak bisa langsung dikategorikan sebagai plagiarisme. Perlu diteliti lebih lanjut untuk bisa menentukan, apakah kesamaan yang terdeteksi oleh Turnitin termasuk tindakan plagiarisme atau bukan.

Jadi sebenarnya Turnitin tidak bisa mendeteksi plagiarisme secara langsung. Turnitin hanya membantu kita untuk mendeteksi kemungkinan adanya plagiarisme dengan mengecek kesamaan (similarity index) tulisan kita dengan tulisan lain yang ada di database.

Baca juga: Cara Menurunkan Persentase Similarity yang Tinggi

Siapa saja yang dapat Menggunakan Turnitin?

Supaya bisa menggunakan layanan Turnitin, kita perlu berlangganan terlebih dahulu. Akan tetapi, Turnitin tidak bisa dilanggan secara perorangan. Layanan Turnitin hanya bisa dilanggan oleh suatu instansi atau institusi. Jadi, jika kita ingin daftar akun Turnitin, harus berasosiasi dengan suatu institusi terlebih dahulu.

Biasanya suatu insitusi, misalnya kampus, akan membeli lisensi Turnitin untuk bisa digunakan oleh semua warga kampus, seperti pegawai, dosen, dan mahasiswa. Jika kita merupakan bagian dari kampus tersebut, kita bisa membuat akun Turnitin secara gratis untuk mengakses layanannya.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Akun Turnitin

Saat membuat akun Turnitin, ada tiga jenis akun yang dapat kita pilih sesuai kebutuhan, yaitu Student, Teaching Assistant, dan Instructor.

  1. Akun Turnitin student adalah akun yang biasa digunakan oleh pelajar atau mahasiswa untuk mengumpulkan tugas ke dosen. Pengguna akun ini tidak mempunyai hak untuk membuat kelas, melainkan hanya bisa bergabung ke dalam kelas yang dibuat oleh instruktur. Jadi saat membuat akun ini, kita perlu memasukkan Class ID dan Class Enrolment Key.
  2. Akun Turnitin instructor adalah jenis akun yang memiliki hak akses untuk membuat kelas. Akun ini biasa digunakan oleh tutor atau dosen untuk memantau hasil tulisan yang dikirim oleh mahasiswa. Perlu diketahui bahwa akun instructor tidak bisa dibuat oleh sembarang orang. Untuk bisa membuat akun instructor, kita harus menerima email dari administrator terlebih dulu.
  3. Akun Turnitin teaching asisstant adalah jenis akun yang memiliki hak akses yang mengadopsi karakteristik instruktur dan siswa/mahasiswa. teaching asisstant atau asisten pengajar akan memasuki kelas seperti seorang siswa dan dapat memonitor hasil pemeriksaan seperti instruktur. Sama seperti akun instructor, kita harus menerima email dari administrator terlebih dahulu untuk bisa membuat akun teaching assistant. Setelah selesai membuat akun, instructor akan menambahkan kita sebagai teaching assistant ke dalam kelasnya.

Apa Kelebihan dan Kelemahan Turnitin?

Bisa dibilang, Turnitin merupakan alat pengecek similarity yang paling populer di dunia Pendidikan. Meski begitu, seperti halnya dengan perangkat lunak lainnya, Turnitin juga mempunyai beberapa kelebihan dan kelemahan. Apa saja kelebihan dan kelemahan Turnitin?

Kelebihan Turnitin

  1. Bisa mendeteksi kemiripan tulisan dengan tulisan lainnya;
  2. Setiap kata yang terdeteksi sama akan di-highlight dengan warna tertentu;
  3. Bisa mengecek berbagai jenis file.

Kelemahan Turnitin

  1. Kita tidak bisa berlangganan secara perorangan, harus berasosiasi dengan instansi;
  2. Saat mengakses Turnitin harus terkoneksi dengan internet yang stabil;
  3. Situs seringkali mengalami down dan perlu direfresh beberapa kali;
  4. Hasil similarity tidak bisa langsung dikategorikan sebagai plagiarisme, perlu diteliti lebih lanjut.
[Total: 1 Average: 5]

Leave a Comment