Cara Membaca Hasil Turnitin dan Tips agar Lolos Uji Turnitin

Artikel ini membahas tentang bagaimana cara membaca hasil cek Turnitin beserta tips agar lolos uji Turnitin.

Di artikel sebelumnya kita sudah membahas bagaimana cara mengecek plagiarisme di Turnitin. Sekarang saatnya kita belajar bagaimana cara membaca hasil Turnitin yang benar.

Cek Turnitin Gratis dan Instan
Cek Turnitin Gratis di Xerpihan

Cara Membaca Hasil Turnitin

Turnitin bekerja dengan cara membandingkan suatu dengan tulisan yang ada di internet atau di database Turnitin. Apabila dokumen yang kita cek memiliki kata-kata atau kalimat yang sama dengan yang ada di database, kata tersebut akan di-highlight sebagai suatu kesamaan atau similarity oleh Turnitin. Hasil kesamaan yang terdeteksi oleh Turnitin akan ditampilkan dalam bentuk persentase.

Kita bisa melihat pada bagian akhir dokumen hasil cek Turnitin, terdapat halaman Originality Report. Di bagian ini, kita dapat membaca hasil laporan cek Turnitin seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Pada gambar tersebut terlihat bahwa di dalam Originality Report terdapat persentase kesamaan yang terdiri dari Similarity Index, Internet Sources, Publications, dan Student Papers.

  • Similarity Index adalah persentase total atau akumulasi kesamaan dokumen dengan tulisan lainnya.
  • Internet Sources adalah persentase kesamaan dokumen dengan tulisan yang sumbernya dari internet, seperti website, blog, atau wordpress.
  • Publications adalah persentase kesamaan dokumen dengan tulisan yang sumbernya dari suatu publikasi atau jurnal, seperti springer, mc growhill, dan lain sebagainya.
  • Student Papers adalah persentase kesamaan dokumen dengan tulisan yang pernah dicek di Turnitin, sehingga tercatat di dalam database.

Di bagian bawah terdapat Primary Sources yang berisi keterangan setiap sumber/link situs yang mirip atau sama dengan tulisan kita. Perbedaan warna hanya untuk membedakan setiap sumber.

Misalnya, pada no 2 tertera situs hendra-blacksilver.blogspot.com, berwarna ungu. Artinya, tulisan kita yang terdeteksi sama dengan tulisan di situs hendra-blacksilver.blogspot.com akan ditandai dengan no 2 dan di blok (highlight) dengan warna ungu. Contohnya dapat dilihat di gambar berikut.

Contoh Hasil Cek Turnitin

Supaya lebih jelas bagaimana cara membaca hasil cek Turnitin, kamu bisa melihat contoh hasil cek Turnitin di bawah ini.

Contoh Hasil Cek Turnitin

Dari gambar di atas, terlihat bahwa total similarity index dokumen tersebut adalah 52%. Terdiri dari internet sources sebesar 41%, publications sebesar 12%, dan student papers sebesar 47%. Pada bagian primary sources terlihat bahwa dokumen tersebut memiliki kesamaan dengan laman “Submitted to Universitas Putera Batam” sebesar 40%. Persentase tersebut terbilang cukup besar.

Jika dilihat dari besarnya persentase kesamaan tersebut, ada kemungkinan dokumen ini terkena self plagiarism. Kemungkinan dokumen ini pernah dicek di situs tersebut menggunakan akun repository sehingga tulisannya tersimpan di database Turnitin. Jadi, saat dokumen ini dicek ulang menggunakan akun dari instansi lain, terdeteksi mirip atau sama dengan dokumen awal.

Untuk mengatasi hasil cek Turnitin yang terkena self plagiarism, kamu bisa memanfaatkan fitur Exclude Sources. Cara lengkapnya bisa dilihat di artikel Cara Cek Plagiarisme di Turnitin.

Cara agar Lolos Uji Turnitin

Biasanya setiap universitas yang menggunakan Turnitin, mempunyai batas toleransi persentase similarity yang berbeda-beda untuk menentukan setiap tulisan yang lolos uji Turnitin. Ada universitas yang menetapkan batas persentase similarity tidak boleh lebih dari 20%. Namun, ada juga universitas yang masih meloloskan tulisan yang memiliki persentase similarity sebesar 30%. Jika lebih dari itu, baru dianggap plagiat.

Lantas, bagaimana jika tulisan kita memiliki similarity index melebihi batas yang ditetapkan? Mau tidak mau, kita harus memperbaiki tulisan kita agar hasi similarity index-nya di bawah batas yang ditentukan. Berikut beberapa tips agar tulisan kita bisa lolos uji Turnitin.

  1. Usahakan jangan menjiplak tulisan orang lain.
  2. Jika kita membutuhkan referensi pendukung, lakukan parafrase dengan gaya bahasa sendiri.
  3. Jangan lupa untuk mencantumkan sumber yang kredibel.
  4. Gunakan fitur exclude quotes untuk mengecualikan kutipan yang tidak bisa diparafrase, seperti ayat Al-Qur’an, undang-undang, dan peraturan pemerintah.

Baca juga: Cara Menurunkan Similarity Turnitin dengan Fitur Exclude Quotes

Jasa Parafrase agar Lolos Uji Turnitin

Apabila memerlukan bantuan untuk melakukan parafrase, kamu bisa menghubungi Xerpihan di nomor 0831-1916-1413 (WA). Xerpihan kini menyediakan jasa parafrase yang bisa membantumu mengurangi persentase similarity di Turnitin.

Kelebihan jasa parafrase di Xerpihan:

  • Dikerjakan secara manual, tanpa spin;
  • Jaminan kerahasiaan;
  • Garansi revisi gratis;
  • Bisa dinegosiasi;
  • Konsultasi gratis;
  • Bonus cek Turnitin Gratis.
Jasa Parafrase Kalimat Bahasa Indonesia dan Inggris
Jasa Parafrase agar Lolos Uji Turnitin
[Total: 0 Average: 0]

Leave a Comment