Cara Daftar Akun Turnitin Gratis dan Mudah untuk Student

Ingin tahu bagaimana cara daftar Turnitin secara gratis? Mari kita simak langkah-langkah membuat akun Turnitin di sini.

Sebelum membahas cara daftar akun Turnitin, mari berkenalan dulu dengan Turnitin secara singkat. Turnitin adalah situs yang sering digunakan untuk menguji keaslian suatu tulisan. Situs ini menyediakan layanan yang dapat mendeteksi tingkat kemiripan suatu teks dengan teks lain yang ada di Internet. Jadi, situs ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa dan dosen untuk memeriksa kemungkinan adanya plagiarisme di dalam suatu karya tulis.

jasa parafrase kalimat skripsi dan jurnal
Jasa Parafrase untuk Mengurangi Similarity di Turnitin, Mulai Rp10.000

Nah, jika tertarik untuk menggunakan Turnitin, kamu perlu membuat akun di Turnitin terlebih dahulu. Bagaimana cara daftar dan membuat akun di Turnitin secara gratis? Berikut penjelasan lengkapnya.

Cara Daftar Akun Turnitin Gratis dan Mudah

Sebenarnya untuk membuat akun Turnitin tidak sepenuhnya gratis. Untuk bisa menggunakan Turnitin, perlu berlangganan terlebih dahulu. Namun, kita tidak bisa berlangganan Turnitin secara perorangan. Layanan Turnitin hanya bisa dibeli oleh suatu institusi atau kampus.

Biasanya suatu insitusi atau kampus akan membeli lisensi Turnitin supaya bisa digunakan oleh semua warga kampus, termasuk dosen dan mahasiswa. Jadi, jika ingin daftar akun Turnitin, kita harus berasosiasi dengan suatu institusi terlebih dahulu.

Akan tetapi, jika kamu memang sedang tidak tergabung dengan suatu institusi, jangan khawatir. Sebab, masih ada beberapa alternatif yang bisa dilakukan. Alternatif ini akan dijelaskan nanti. Jadi baca baik-baik cara atau langkah-langkah membuat akun berikut Turnitin berikut ini.

Baca juga: Cara Mengurangi Plagiarisme di Turnitin

Cara Membuat Akun Turnitin untuk Student.

1. Buka situs Turnitin

Sebelum membuat akun Turnitin, tentu kita perlu membuka situsnya terlebih dahulu. Berikut link untuk membuka situs Turnitin.

situs Turnitin untuk cek plagiasi

Kabar baiknya, situs ini tersedia dalam banyak bahasa, termasuk bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Jika ingin mengubah bahasa di situs Turnitin, klik “Change Language” di bagian kiri atas.

2. Membuat Akun Turnitin

Untuk membuat akun Turnitin, klik Create Account di bagian kanan atas.

Cara Membuat Akun Turnitin

Setelah muncul halaman Create a User Profile akan ada pilihan Student, Teaching Asistant, dan Instructor, kamu bisa memilih sesuai kebutuhan. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa akun Teaching Asistant dan Instructor hanya bisa dibuat jika kita memperoleh email dari Turnitin atas nama Administrator Akun. Jadi jika kamu tidak mempunyai kewenangan sebagai Teaching Asistant dan Instructor, lebih baik untuk membuat akun Student.

Cara Daftar Akun Turnitin untuk Student

3. Membuat Profil Akun Student

Setelah memilih akun Student, maka akan muncul halaman Create a New Student Profile seperti gambar di bawah. Pada halaman ini kita harus mengisi formulir yang terdiri dari Class ID Information, User Information, Password and Security, dan User Agreement.

Class ID Information
Cara Mendapatkan ID Class Turnitin

Di bagian Class ID Information, kita perlu mengisi Class ID dan Class enrollment key. Jika tergabung dalam suatu institusi atau kampus, kita bisa mendapatkan Class ID dan Class enrollment key secara gratis. Caranya dengan menanyakan kedua hal tersebut kepada dosen atau pegawai perpustakaan, tergantung kebijakan dari kampus masing-masing.

Jika kamu tidak sedang tergabung dengan institusi, terpaksa harus menggunakan alternatif lain. Alternatif yang paling mudah adalah dengan membelinya di online shop. Saat ini sudah banyak orang yang menjual Class ID dan Class enrollment key Turnitin lewat online shop. Namun, saat membelinya, kamu harus pintar-pintar memilih online shop yang memiliki rating bagus. Selain itu pastikan juga untuk memilih yang no repository agar tulisanmu tidak tersimpan dalam data base Turnitin. Selengkapnya mengenai no repository bisa dibaca di artikel Cara Cek Plagiarisme di Turnitin.

User Information
Cara membuat profil akun Turnitin

Di bagian User Information, kita perlu mengisi nama dan email yang akan kita gunakan. Isilah nama depan dan nama belakang Anda dengan benar. Di bagian email, kamu bisa mengisi email yang kamu punya saat ini. Jika kamu bisa mendapat Class ID dari pihak kampus, sebaiknya kamu mengisi email dengan email khusus mahasiswa dikampus tersebut.

Password and Security
password and security

Di bagian ini kita perlu mengisi password dan pertanyaan untuk keamanan akun kita. Password minimal terdiri dari 8 karakter dengan kombinasi huruf dan angka agar lebih aman.

User Agreement
user agreement

Di bagian ini kita perlu membaca kesepakatan yang tertera baru menyetujui kesepakatan tersebut. Jangan lupa untuk klik Saya bukan robot sebelum klik pilihan I Agree — Create Profile.

Baca juga: Cara Membaca Hasil Turnitin

4. Berhasil Membuat Akun

Setelah berhasil membuat membuat akun Turnitin, akan muncul halaman kelas dengan ID Class yang sebelumnya kita daftarkan. Kita bisa mengecek tulisan kita di bagian ini.

Baca Juga: Cara Mengecek Similarity atau Plagiasi di Turnitin

Jasa Parafrase untuk Menurunkan Similarity di Turnitin

Salah satu cara untuk menurunkan similarity di Turnitin adalah dengan melakukan parafrase kalimat. Kamu bisa melakukan parafrase dengan mengubah struktur kalimat yang terdeteksi mempunyai kemiripan dengan kalimat yang ada di database Turnitin.

Nah, jika kamu kesulitan untuk melakukan parafrase kalimat, jangan ragu untuk menghubungi Xerpihan. Saat ini Xerpihan menyediakan jasa parafrase kalimat yang dapat membantumu menurunkan similarity di Turnitin. Jika kamu tertarik untuk menggunakan jasa parafrase Xerpihan, silakan hubungi Admin di nomor 0831-1916-1413 (WA).

[Total: 1 Average: 5]

Leave a Comment