Cara Cek Plagiarisme di Turnitin Secara Gratis dan Mudah

Bagaimana cara cek plagiarisme dan similarity di Turnitin? Jika kamu penasaran, simak langkah-langkahnya di sini.

Cara Cek Plagiarisme di Turnitin Gratis — Sebagai mahasiswa, tentunya kita pernah diminta untuk membuat karya tulis oleh dosen, entah itu essay, paper, artikel ilmiah, hingga skripsi. Semua karya tulis tersebut harus bersifat original dan bebas dari tindakan plagiasi. Untuk mengetahui adanya plagiarisme di dalam karya tulis, kita perlu mengeceknya menggunakan Turnitin. Bagaimana cara cek plagiarisme di Turnitin? Simak penjelasannya berikut ini.

jasa parafrase kalimat skripsi dan jurnal
Jasa Parafrase untuk Menurunkan Skor Similarity Turnitin

Mengenal Apa Itu Turnitin

Sebelum membahas cara cek plagiarisme di Turnitin, mari kita pelajari dulu apa itu Turnitin. Turnitin merupakan aplikasi yang dapat mencocokkan kesamaan kata, frasa, atau kalimat di suatu tulisan dengan tulisan lainnya. Melalui aplikasi ini kita dapat mengetahui skor atau persentase kesamaan yang ada di dokumen kita. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa skor atau persentase kesamaan yang dihasilkan oleh Turnitin tidak serta merta dianggap sebagai plagiarisme. Perlu diperiksa lebih lanjut apakah kesamaan yang terdeteksi oleh Turnitin termasuk kategori plagiarisme atau bukan. Jadi sebenarnya Turnitin hanya membantu kita untuk mendeteksi kemungkinan adanya plagiarisme dengan mengecek kesamaan (similarity index) tulisan kita dengan tulisan lain yang ada di database.

Jenis Akun Turnitin

Sebelum mengecek kemungkinan adanya plagiarisme di Turnitin, kita perlu mengetahui dahulu perbedaan akun repository dan no repository:

1. Akun Repository

Akun repository memungkinkan penggunanya untuk dapat menyimpan file di database Turnitin. Hati-hati saat mengecek suatu karya tulis menggunakan akun repository. Sebab, tulisan kita akan tersimpan di database Turnitin sebagai suatu publikasi dari akun instansi yang digunakan. Jadi, kalau kita akan mengecek ulang tulisan tersebut menggunakan akun dari instansi lain, hasil similaritynya akan bertambah banyak. Hal ini karena tulisan yang kita cek akan terdeteksi sebagai plagiasi dari tulisan awal, atau dikenal dengan self plagiarism.

2. Akun No Repository

Akun no repository merupakan jenis akun yang tidak bisa digunakan untuk menyimpan file ke dalam database. Jika kita mengecek suatu karya tulis menggunakan akun no repository, tidak akan tersimpan ke dalam database Turnitin. Jadi saat kita ingin mengecek ulang menggunakan akun lain, tidak akan akan terdeteksi sebagai self plagiarism.

Cara Cek Plagiarisme di Turnitin Gratis

Baca juga: Cara Menurunkan Plagiarisme di Turnitin dengan Mudah

Jika kamu ingin mengecek kemungkinan plagiarisme menggunakan Turnitin, pastikan dulu bahwa kamu sudah punya akun Turnitin. Apabila belum punya akunnya, kamu bisa lihat cara daftar akun Turnitin di artikel sebelumnya. Jika sudah punya akun, baru bisa login akun Turnitin untuk upload file yang akan di cek similarity-nya.

Cara Login Turnitin

Berikut adalah cara login akun di Turnitin:

  • Buka Situs Turnitin, lalu klik Login di bagian kiri atas.
Cara Login akun Turnitin
  • Masukkan alamat email dan password, lalu klik Log in.
Cara login akun Turnitin untuk cek plagiarisme
  • Setelah berhasil Login ke akun Turnitin, pilih kelas yang tersedia.
Pilih class name untuk cek Turnitin
  • Jika kamu belum tergabung dengan kelas manapun, klik Enroll in a class.
cara menambahkan kelas di Turnitin
  • Masukkan Class ID dan Enrollment Key di kolom yang tersedia, lalu klik Submit.
Cara Memasukkan Class ID dan Enrollment Key

Kamu bisa minta Class ID dan Enrollment Key secara gratis ke pihak kampus, seperti dosen atau pegawai perpustakaan. Jika kamu merupakan mahasiswa di suatu universitas, pihak kampus biasanya sudah membeli lisensi Turnitin agar bisa digunakan secara gratis oleh warga kampus. Namun jika kampusmu tidak menyediakan akses Turnitin, alternatif lainnya adalah membelinya di online shop, seperti Tokopedia dan Shopee.

Cara Cek Turnitin

Setelah berhasil Login dan terdaftar di kelas, kita bisa cek similarity dokumen kita di Turnitin. Cara cek similarity di Turnitin adalah sebagai berikut.

  • Klik salah satu kelas yang terdaftar di bagian kolom Class name.
klik class name yang tersedia
  • Setelah masuk di bagian Class Homepage, pilih yang ada keterangan No Repository lalu klik Submit.
klik submit untuk menunggah file di Turnitin
  • Isi judul di bagian Submission title, lalu salin file yang ingin dicek plagiasinya. Selanjutnya klik Upload di bagian bawah.
Copy and paste file yang ingin di-upload di Turnitin
  • Setelah file berhasil di-upload, klik confirm di bagian kiri bawah.
Klik confirm untuk submit file di Turnitin
  • Setelah berhasil ter-submit, klik Return to assignment list di bagian bawah.
cara cek plagiasi Turnitin: return to assignment list
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul bagian Class Homepage. Setelah prosessing selesai skor similarity akan terlihat seperti gambar di bawah.
skor hasil cek similarity di turnitin

Untuk melihat lebih detail hasilnya, klik view. Kata atau kalimat yang terdeteksi memiliki kemiripan akan diberi warna oleh Turnitin seperti gambar di bawah. Kita juga bisa tahu sumber tulisan yang memiliki kemiripan dengan tulisan yang kita cek.

skor hasil cek similarity di turnitin

Perlu diketahui bahwa skor similarity tersebut bukan skor yang final. Skor similarity yang dihasilkan oleh Turnitin bisa berubah tergantung settingannya. Kita juga bisa menurunkan skor similarity dengan melakukan exclude di bagian tertentu. Untuk lebih jelasnya baca artikel tentang Cara Menurunkan Skor Turnitin dengan Cepat.

Cara Cek Artikel yang Pernah Dipublikasi

Saat kita mengecek artikel yang pernah dipublikasi, biasanya hasil similarity index di Turnitin akan sangat besar. Hal ini karena artikel yang kita cek sudah masuk ke dalam database Turnitin. Jadi tulisan tersebut akan terkena self plagiarism karena terdeteksi memiliki kesamaan dengan tulisan yang ada di database. Contohnya seperti gambar di bawah ini.

Cara mengecek artikel yang sudah pernah dipublikasi

Pada gambar di atas, terlihat bahwa tulisan yang kita cek memiliki kesamaan sebesar 98% dengan tulisan di laman jurnal.ikipjember.ac.id. Hal ini bisa terjadi karena tulisan yang kita cek sudah pernah dipublikasikan di jurnal.ikipjember.ac.id.

Lantas, bagaimana cara cek artikel di Turnitin, supaya tidak terdeteksi sebagai self plagiarism seperti gambar di atas? Berikut langkah-langkahnya:

  • Klik tanda ‘>’ di bagian sumber yang memiliki similarity yang tinggi.
cara cek artikel di Turnitin yang terkena self plagiarism
  • Tekan pilihan Exclude Sources seperti terlihat pada gambar di bawah.
Exclude sources untuk menurunkan similarity di Turnitin
  • Centang kotak yang tersedia, lalu tekan Exclude.
Exclude sumber tertentu agar tidak terdeteksi self plagiarism
  • Setelah proses selesai, persentase similarity yang terdeteksi akan turun, seperti terlihat di gambar berikut.
Hasil pengecekan Turnitin untuk artikel yang sudah pernah dipublikasi

Jasa Parafrase untuk Menurunkan Skor Similarity Turnitin

Salah satu langkah yang bisa dilakukan menurunkan skor similarity di Turnitin adalah parafrase kalimat. Caranya adalah mengubah struktur kalimat yang terdeteksi mempunyai kemiripan dengan gaya bahasa yang berbeda.

Nah, Apabila kamu kesulitan untuk melakukan parafrase, silakan untuk menghubungi Xerpihan di nomor 0831-1916-1413 (WA). Saat ini Xerpihan menyediakan jasa parafrase kalimat yang bisa membantumu menurunkan skor similarity di Turnitin.

[Total: 1 Average: 5]

Leave a Comment