Cara Menurunkan Hasil Similarity Turnitin dengan Cepat

Skor Turnitin kamu tinggi? Jangan khawatir, ketahui cara mengurangi atau menurunkan hasil similarity Turnitin dengan cepat di sini.

Dosen seringkali menggunakan Turnitin untuk mengecek kemungkinan adanya plagiasi di dalam suatu karya tulis. Hal ini karena Turnitin dapat mendeteksi kemiripan suatu teks dengan teks lainnya yang ada di database. Dengan menggunakan Turnitin, kita bisa mengecek berapa persen similarity tulisan kita dengan tulisan lainnya.

jasa parafrase kalimat skripsi dan jurnal
Jasa Parafrase untuk Menurunkan Similarity Turnitin

Namun, perlu dipahami bahwa hasil similarity di Turnitin tidak sama dengan plagiarisme. Tulisan yang terdeteksi mirip dengan tulisan lainnya tidak bisa langsung dianggap sebagai plagiarisme. Dosen memiliki kriteria tersendiri untuk menentukan apakah kesamaan tulisan tersebut bisa dianggap plagiat atau tidak.

Selain itu, skor similarity yang muncul di Turnitin juga bukan merupakan skor yang final. Skor similarity tersebut masih bisa diturunkan dengan memanfaatkan fitur yang ada di Turnitin. Bagaimana cara mengurangi atau menurunkan hasil skor similarity di Turnitin? simak penjelasannya berikut ini.

Cara Menurunkan Hasil Similarity Turnitin dengan Cepat

Salah satu cara menurunkan hasil persentase similarity Turnitin adalah dengan memanfaatkan fitur Filters and Settings. Seperti yang sudah dijelaskan di awal bahwa skor similarity index di Turnitin sebenarnya bukan skor yang final. Hasil skor similarity index ini bisa saja berbeda saat dicek di dua tempat yang berbeda. Hal ini karena tergantung filter yang diterapkan.

Baca juga: Cara Cek Similarity Turnitin Gratis

Di dalam Turnitin terdapat fitur Filters and Settings. Di dalam Filters and Settings terdapat beberapa pilihan, seperti Exclude Quotes, Excude Bibliography, dan Exclude Sources. Dengan menggunakan Fitur tersebut, kita dapat mengatur bagian mana saja yang tidak dihitung sebagai similarity.

Misalnya, jika kita mencentang Exclude Quotes. Berarti kita tidak akan menghitung tulisan yang berbentuk quotes sebagai similarity, meskipun tulisan quotes tersebut sama persis dengan tulisan yang ada di database Turnitin.

Berikut beberapa pilihan yang ada di dalam fitur Filters and settings:

  • Exclude Quotes, berfungsi untuk mengecualikan setiap kata atau kalimat yang dikutip dengan tanda (” …”) atau sejenisnya, seperti («…»); (»…«); („…“); (《…》); (〈…〉); (『…』).
  • Exclude Bibliography, berfungsi untuk mengecualikan tulisan yang berbentuk referensi atau daftar pustaka.
  • Exclude Sources, berfungsi untuk mengecualikan kata-kata yang kurang dari jumlah atau persentase tertentu. Misalnya, jika kita menerapkan Exclude sources that are less than: 3 words, artinya setiap kalimat yang memiliki jumlah kata yang sama kurang dari 3 kata maka tidak akan dihitung dalam similarity index. Jika kita menerapkan Exclude sources that are less than: 3%, artinya setiap kalimat yang memiliki jumlah kata yang sama kurang dari 3% maka tidak akan dihitung dalam similarity index.

Contoh cara menurunkan persentase Turnitin dengan fitur Exclude Quotes

Supaya lebih jelas, berikut adalah contoh cara menurunkan persentase Turnitin dengan fitur Exclude Quotes.

Cara menurunkan similarity Turnitin yang tinggi

Bisa dilihat pada gambar di atas, hasil persentase similarity Turnitin sebelum menggunakan filter apapun adalah 49%. Kita akan mencoba menurunkan persentase tersebut dengan menggunakan fitur Exclude Quotes.

cara menurunkan persentase Turnitin dengan cepat

Cara untuk menurunkannya cukup mudah, yaitu klik ikon corong untuk memuncul kan fitur Filters and Settings seperti gambar di atas. Selanjutnya klik pilihan Exclude Quotes lalu Apply Changes.

Contoh cara menurunkan Turnitin dengan cepat

Setelah proses exclude selesai, hasil persentase akan turun dari 49% menjadi 41% seperti yang terlihat pada gambar di atas. Hal ini karena setiap kata atau kalimat yang diikuti dengan tanda petik akan diabaikan, sehingga tidak dihitung dalam similarity index.

Cara Mengurangi Similarity Turnitin dengan Parafrase

Cara lainnya untuk mengurangi skor similarity di Turnitin adalah menggunakan teknik parafrase. Berikut langkah-langkahnya:

Perhatikan baik-baik originality report dari Turnitin, seperti gambar di bawah ini.

Cara mengurangi hasil persentase Turnitin

Identifikasi primary sources yang paling banyak mendominasi di tulisan kita. Contohnya, pada gambar di atas, primary sources yang paling mendominasi adalah student paper yang ada di Universitas Putera Batam. Persentase similarity tulisan yang dicek dengan tulisan yang ada di Universitas Putera Batam tergolong sangat besar, yaitu sebesar 40%. Jadi kita akan lebih fokus untuk menurunkan persentase di bagian tersebut.

Teknik parafrase untuk menurunkan skor Turnitin

Lakukan parafrase ditulisan yang terdeteksi sama oleh Turnitin. Terutama, pada bagian yang memiliki kesamaan dengan primary sources yang dominan. Contohnya, yaitu tulisan yang diberi tanda no 1 dan berwarna merah seperti yang terlihat pada gambar di atas. Tulisan yang diberi tanda tersebut memiliki kesamaan dengan tulisan yang ada di Universitas Putera Batam.

Teknik parafrase untuk untuk menghindari plagiarisme

Kita bisa melakukan parafrase dengan mengubah struktur kalimat dari aktif menjadi pasif atau mengubah beberapa kata dengan sinonimnya. Selain itu, kita juga bisa menguraikan dengan lebih detail makna kalimat yang sudah ada. Untuk lebih jelasnya, baca artikel tentang Cara Mengurangi dan Menghindari Plagiarisme di Turnitin.

Jasa Parafrase untuk Mengurangi Similarity Turnitin.

Jika kamu perlu bantuan untuk melakukan parafrase kalimat, jangan ragu untuk menghubungi Xerpihan di nomor 0831-1916-1413 (WA). Xerpihan kini menyediakan jasa parafrase yang bisa membantumu menurunkan skor similarity di Turnitin.

Kelebihan jasa parafrase di Xerpihan:

  • Dikerjakan secara manual, tanpa spin;
  • Jaminan kerahasiaan;
  • Garansi revisi gratis;
  • Bisa dinegosiasi;
  • Konsultasi gratis.
[Total: 1 Average: 5]

Leave a Comment