Cara Publikasi Jurnal Nasional Gratis, Mudah, dan Cepat ala Xerpihan

Ingin tahu bagaimana cara publikasi jurnal nasional gratis, mudah, dan cepat? Simak rekomendasi situs publikasi jurnal nasional di sini.

Sebagai mahasiswa atau mantan mahasiswa, pasti kamu sudah tak asing lagi dengan istilah publikasi jurnal. Mengetahui cara publikasi jurnal nasional gratis merupakan hal yang penting bagi mahasiswa.

Jasa Translate Dokumen | Indonesian English Translation Services
Jasa Translate Jurnal Bahasa Inggris, Mulai Rp 10.000

Publikasi jurnal penting dilakukan untuk membuat jurnal kamu bersifat sah dan kredibel. Manfaat dari melakukan publikasi jurnal tentunya sama-sama menguntungkanmu maupun orang-orang di luar sana.

Jurnal yang telah dipublikasikan dan diakreditasi akan menjadi jurnal yang lebih dipercaya. Hal ini karena jurnal yang telah dipublikasikan biasanya berisi informasi yang valid. Selain itu juga bisa digunakan untuk referensi ketika orang lain melakukan penelitian atau membuat jurnal yang sebidang.

Dalam kesempatan ini, kita akan membahas apa itu jurnal nasional terakreditasi, apa pentingnya jurnal yang dipublikasikan, dan bagaimana cara publikasi jurnal nasional gratis.

Baca juga: Macam-Macam Jurnal Ilmiah yang Harus Kamu Tahu!

Apa itu Jurnal Nasional Terakreditasi?

Jurnal nasional terakreditasi adalah jurnal skala nasional yang diterbitkan secara resmi dan berkala menggunakan ISSN. Jurnal nasional terakreditasi sengaja diterbitkan untuk tujuan perkembangan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan.

Seperti yang sudah kamu ketahui, jurnal ilmiah disusun untuk menyampaikan sebuah penelitian atau temuan. Jurnal ilmiah disusun berdasarkan informasi yang valid menggunakan referensi jurnal-jurnal yang telah ada sebelumnya.

Itulah mengapa tujuan jurnal nasional terakreditasi disusun untuk mengembangkan dan memperluas wawasan. Jurnal yang ada sebelumnya digunakan untuk referensi jurnal yang sekarang dibuat, yang mana jurnal ini nantinya digunakan untuk pembuatan jurnal di masa depan.

Baca juga: Cara Submit Jurnal Nasional yang Terindeks Sinta

Pentingnya Publikasi Jurnal Nasional dan Internasional

Pentingnya publikasi jurnal nasional dan internasional tidak hanya untuk penulis atau penyusunnya saja. Utamanya, Jurnal dipublikasikan berfungsi sebagai rekam jejak para peneliti atau akademisi. Mereka yang melakukan publikasi jurnal akan dikenal sebagai akademisi yang lebih professional. Publikasi jurnal dapat mengingkatkan angka kredit dan berpeluang untuk mendapatkan jabatan yang lebih tinggi.

Sedangkan mereka yang tidak mempublikasikan jurnal akan mendapatkan sumber referensi yang lebih banyak dalam penyusunan jurnal. Sebab, mereka yang menggunakan jurnal lain sebagai referensi harus memilih jurnal yang sudah dipublikasikan.

Jelas saja, jika tidak dipublikasikan, bagaimana seseorang tahu sebuah jurnal ada? Oleh karena itu, pentingnya jurnal dipublikasi adalah sebagai bantuan referensi untuk penulis jurnal dan menjadi rekam jejak untuk penyusunnya.

Syarat dan Tips Sebelum Melakukan Publikasi Jurnal Nasional

Sebelum melakukan publikasi jurnal, kamu sebaiknya mempersiapkan karya tulis ilmiah sebaik mungkin agar dapat lolos publikasi jurnal nasional. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar karya tulis kita bisa lolos publikasi.

Syarat Publikasi Jurnal:

  • Memiliki artikel ilmiah yang original, bukan plagiat;
  • Mengikuti aturan dan format dari tempat publikasi jurnal;
  • Artikel harus sesuai dengan bidang ilmu di tempat publikasi jurnal;
  • Mengambil topik terkini.

Supaya karya tulis kita memenuhi syarat tersebut, berikut beberapa tips yang sebaiknya kamu lakukan sebelum melakukan publikasi jurnal.

1. Cek tulisanmu menggunakan plagiarism checker

Dalam menerbitkan sebuah jurnal, baik itu jurnal nasional maupun jurnal internasional, keaslian karya atau orisinalitas merupakan hal yang penting. Karya ilmiah yang mengandung unsur plagiarisme akan mendapatkan konsekuensi negatif. Sebelum melakukan publikasi jurnal, pastikan tidak ada unsur plagiarisme di dalam tulisanmu.

Cara untuk mengecek apakah tulisan kita ada unsur plagiarisme adalah menggunakan plagiarism checker. Beberapa plagiarism checker yang bisa diakses secara gratis adalah Dupli Checker, Copyscape, Plagiarism Detector, dan Check Plagiarism. Jika di dalam tulisanmu terdeteksi adanya plagiarisme, mau tidak mau harus diperbaiki. Salah satu cara agar terhindar dari plagiarisme adalah dengan melakukan parafrasa kalimat yang mengandung plagiarisme.

Baca juga: Struktur Artikel Ilmiah dan Cara Membuat Artikel Ilmiah

Jasa Parafrase Kalimat Bahasa Indonesia dan Inggris
Jasa Parafrase Kalimat Bahasa Indonesia dan Inggris, Mulai Rp 10.000

2. Lakukan proofreading untuk menghindari kesalahan penulisan.

Baca juga: Mengenal Apa itu Proofreading

Sebelum melakukan publikasi jurnal, pastikan jurnalmu sudah sesuai dengan aturan yang ada. Baca dahulu petunjuk yang harus dilakukan sebelum mengumpulkan jurnal. Biasanya aturan tersebut berupa kesesuaian template, format yang digunakan, bahasa yang diperbolehkan, aturan dalam pengutipan, dan bebas plagiarisme.

Lakukan proofreading untuk mencegah adanya kesalahan penulisan seperti, kesalahan ejaan, tata bahasa, tanda baca, dan salah tik. Proofreading penting dilakukan untuk memastikan tulisan kita sudah rapi dan mudah dipahami oleh pembaca, sehingga layak untuk dipublikasikan.

Jasa Proofreading Jurnal dan Skripsi
Jasa Proofreading agar Lolos Publikasi Jurnal, Mulai Rp 10.000

3. Pilih tempat publikasi sesuai bidang ilmu

Dalam memilih tempat untuk publikasi jurnal nasional maupun internasional, kita harus memperhatikan kesesuaian bidang ilmu antara naskah kita dengan penerbit jurnal. Selain itu, pastikan naskah yang kita tulis sesuai dengan perkembangan ilmu terkini agar tulisan kita tidak basi.

Cara Publikasi Jurnal Nasional Gratis

Sebenarnya ada dua pilihan untuk melakukan publikasi jurnal ilmiah, yaitu publikasi pada jurnal nasional dan jurnal internasional. Syarat untuk publikasi jurnal internasional biasanya menggunakan bahasa internasional, yaitu bahasa Inggris. Sementara untuk publikasi jurnal nasional biasanya menggunakan bahasa resmi bangsa Indonesia, yaitu bahasa Indonesia.

Jika ingin melakukan publikasi jurnal nasional, ada banyak cara yang bisa ditempuh. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan adalah:

1. Bergabung ke asosiasi tertentu

Salah satu cara supaya dapat melakukan publikasi jurnal adalah bergabung ke asosiasi tertentu. Bergabung ke asosiasi tertentu dapat memudahkan kita untuk mendapat informasi mengenai penerbitan jurnal yang sesuai dengan bidang ilmunya. Misalnya, jika ingin menerbitkan jurnal tentang kedokteran, kamu bisa bergabung ke dalam asosiasi dokter yang menerbitkan jurnal kesehatan. Dengan bergabung ke asosiasi tersebut, kamu juga berpeluang untuk menjalin relasi dengan redaktur dari jurnal tersebut.

2. Mengirim ke lembaga yang menerbitkan jurnal internal

Cara lain untuk melakukan publikasi jurnal adalah mengirim ke lembaga yang menerbitkan jurnal internal. Beberapa lembagabiasanya mempunyai jurnal internal yang khusus menerbitkan karya tulis dari anggotanya. Misalnya, suatu universitas yang khusus menerbitkan jurnal dari mahasiswa atau dosen dari universitas tersebut.

3. Publikasi jurnal melalui OJS

OJS merupakan singkatan dari Open journal system. OJS adalah platform pengelolaan dan penerbitan jurnal ilmiah secara online. Platform ini dikembangkan oleh Public Knowledge Project (PKP) dan dirilis di bawah lisensi Publik Umum GNU.

Cara Publikasi Jurnal Melalui OJS

Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan jika ingin menerbitkan jurnal melalui OJS.

  1. Masukkan jurnal atau artikel kita pada web OJS;
  2. Unggah file jurnal atau artikel yang akan dipublikasikan;
  3. Isi metadata naskah artikel jurnal dengan hati-hati, meliputi data lengkap penulis, judul dan isi jurnal, kata kunci, dan daftar pustaka.
  4. Unggah file tambahan bila diperlukan, seperti data penelitian, serta gambar dan tabel pendukung.
  5. Setelah muncul ringkasan dari file yang terunggah, klik tombol finish submission.

Setelah menyelesaikan semua tahapan di atas, klik tombol active submission pada user home untuk melihat status naskah artikel.

Baca juga: 10 Situs Jurnal Internasional Gratis dan Terpercaya

Tempat Publikasi Jurnal Nasional Gratis (OJS)

Setelah yakin naskahmu sudah siap untuk diterbitkan, sekarang saatnya kamu mencari penerbit jurnal yang tepat untuk publikasi jurnalmu. Berikut beberapa portal penerbit jurnal yang biasa menerbitkan jurnal nasional terakreditasi.

1. Perpusnas RI (Perpustakaan Nasional Republik Indonesia)

Portal Publikasi Jurnal Nasional Gratis : e-Journal Perpustakaan Nasional RI
e-Journal Perpustakaan Nasional RI

Salah satu portal yang menyediakan layanan publikasi jurnal nasional gratis adalah Perpustakaan Nasional RI. Ruang lingkup jurnal yang diterbitkan oleh Perpusnas RI mencakup ilmu perpustakaan dan informasi, kepustakawanan, literasi informasi, dan literasi budaya. Terdapat tiga jurnal yang diterbitkan secara berkala oleh Perpusnas RI, yaitu VISI PUSTAKA: Buletin Jaringan Informasi Antar Perpustakaan (Jurnal VISI PUSTAKA), Jurnal Media Pustakawan, dan Jumantara: Jurnal Manuskrip Nusantara.
Untuk melakukan publikasi jurnal di Perpusnas RI, kamu harus mendaftar keanggotaan terlebih dahulu dengan membuat akun di laman resmi e-Journal Perpustakaan Nasional RI.

Selain publikasi jurnal, manfaat lain yang kamu dapat saat menjadi anggota Perpusnas RI adalah kamu dapat mengakses jurnal nasional maupun jurnal internasioanl dari sumber terpercaya yang bisa kamu jadikan referensi dalam pembuatan naskahmu.

2. LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia)

Portal Publikasi Jurnal Nasional Gratis : Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)
Portal Jurnal LIPI

Selain menyediakan layanan untuk mengakses jurnal secara gratis, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) juga menyediakan layanan publikasi jurnal nasional secara gratis. Terdapat berbagai jenis jurnal yang bisa kamu pilih sesuai bidng ilmu yang kamu inginkan, antara lain: jurnal teknik, jurnal sosial humaniora, jurnal hayati, dan jurnal kebumian. Menurut Data Jurnal Ilimiah Indonesia, sampai januari 2017, tercatat bahwa PDII-LIPI sudah menerbitkan lebih dari 8000 jurnal ilmiah.


Sebelum memasukkan naskah ke LIPI, kamu harus melakukan registrasi dahulu baru kemudian login untuk mengunggah naskahmu secara daring melalui website resmi Portal Jurnal LIPI. Sebelum mempublikasikan jurnalmu di sini, pastikan dulu jurnalmu sudah sesuai dengan ketentuan ya.

3. Garuda (Garba Rujukan Digital)

Garuda (Garba Rujukan Digital) merupakan platform publikasi jurnal nasional maupun artikel ilmiah yang dikelola oleh Kemenristekdikti. Pada platform ini, kamu bisa mengakses karya ilmiah maupun jurnal yang sudah dipublikasi secara gratis. Selain itu, di dalam platform ini, kamu juga bisa menemukan berbagai macam publisher yang bisa membantu publikasi jurnalmu secara gratis. Sampai tanggal 12 Maret 2020, terdapat 2137 publisher dan 11649 jurnal dalam platform ini.

Portal Publikasi Jurnal Nasional Gratis : Garuda (Garba Rujukan Digital)
Garuda (Garba Rujukan Digital)

Demikian informasi mengenai cara publikasi jurnal nasional gratis, mudah, dan cepat ala Xerpihan. Semoga bisa membantu dalam publikasi jurnalmu.

Baca juga: Apa Itu Grammar dan Contohnya

[Total: 1 Average: 5]

Leave a Comment