Struktur Artikel Ilmiah: Berikut Pengertian dan Cara Membuat Artikel Ilmiah

Struktur artikel ilmiah – Mengerti pengertian artikel ilmiah saja akan kurang bila kamu tidak tahu bagaimana cara membuatnya. Apalagi bentuk penulisan ini dibuat dengan struktur tertentu. Artikel ilmiah merupakan salah satu bentuk penulisan yang formal. Jarang dijumpai artikel ilmiah yang disusun untuk kebutuhan non formal.

Jasa Translate Dokumen | Indonesian English Translation Services

Supaya kamu bisa membuatnya sendiri dan sesuai dengan aturannya, simak apa itu artikel ilmiah, ciri-ciri artikel ilmiah, bagaimana struktur artikel ilmiah, hingga contoh artikel ilmiah berikut ini.

Baca juga: Cara Publikasi Jurnal Nasional Gratis, Mudah, dan Cepat ala Xerpihan

Berikut Pengertian, Ciri-Ciri, dan Struktur Artikel Ilmiah

Jasa Parafrase Kalimat Bahasa Indonesia dan Inggris

Pengertian Artikel Ilmiah

Artikel ilmiah adalah tulisan ilmiah yang disuguhkan dalam bentuk artikel. Menurut Brotowidjoyo (2002), pengertian artikel ilmiah adalah karya ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta umum dan ditulis berdasarkan metodologi penulisan yang baik dan benar.

Berdasarkan panjang tulisannya, artikel ilmiah ada dua jenis, yaitu artikel ilmiah versi singkat dan artikel ilmiah versi panjang. Artikel ilmiah versi singkat biasanya digunakan untuk kebutuhan publikasi umum, bisa dimuat dalam bentuk artikel di media massa atau di situs web. Sementara untuk kebutuhan formal, seperti penelitian, tesis, atau skripsi, biasanya dibuat versi panjangnya (lebih lengkap).

Ciri-Ciri Artikel Ilmiah

Adapun ciri-ciri artikel ilmiah adalah:

  • bersifat objektif;
  • ada sumber validnya;
  • tidak emotif;
  • menggunakan bahasa baku;
  • bersifat dekoratif;
  • menggunakan kaidah keilmuan;
  • menggunakan kalimat efektif.

Cara Membuat Artikel Ilmiah

Kamu harus tahu dulu apa tujuan artikel ini dibuat supaya tahu bagaimana susunan artikel ilmiah yang harus diterapkan. Hal ini sudah dibahas sebelumnya, yaitu antara artikel ilmiah yang digunakan untuk kebutuhan formal dan konsumsi masyarakat umum.

Dengan begitu, pembuatan artikel ilmiah disesuaikan dengan tujuan dibuat, sumber bahasan yang diangkat, hingga siapa yang akan membacanya.

Baca juga: Perbedaan Artikel dan Jurnal Ilmiah

Struktur Artikel Ilmiah

Jasa Proofreading Jurnal dan Skripsi

Ada artikel ilmiah panjang yang berlembar-lembar dan dijilid, juga ada artikel ilmiah singkat. Keduanya akan memiliki struktur yang berbeda.

Untuk versi singkatnya, kamu hanya cukup menulis satu tulisan saja yang di dalamnya sudah mencakup permasalahan, analisis, dan solusi yang diberikan. Hal itu disebabkan artikel ilmiah yang pendek biasa dipublikasikan untuk dikonsumsi masyarakat umum.

Sementara untuk versi panjangnya, struktur artikel ilmiah terdiri dari:

  • judul;
  • identitas penulis tanpa gelar;
  • abstrak yang memuat inti permasalahan, cara penelitian, hasil, dan kesimpulan, serta dibawahnya ditulis kata kunci;
  • pendahuluan yang berisi latar belakan masalah dan landasan teori;
  • metode penelitian;
  • hasil pembahasan;
  • kesimpulan;
  • daftar pustaka.

Contoh Artikel Ilmiah Singkat

Dalam kesempatan ini kamu juga akan menyimak salah satu contoh artikel ilmiah versi singkat. Dengan begitu, kamu bisa mempelajarinya langsung sehingga akan mudahkanmu dalam membuat artikel ilmiah. Contoh artikel ilmiah yang akan diberikan ini adalah artikel ilmiah dengan tema kesehatan.


Ubah Kebiasaan Makan Tengah Malam, Dampaknya Bisa Sampai Ke Kesehatan Jantung

Makan di tengah malam ternyata masih jadi kebiasaan bagi sebagian orang. Ada yang karena manajemen waktunya buruk, karena terlalu sibuk, atau memang sudah kebiasaan saja. Beberapa hari yang lalu seorang ahli bedah jantung, A. Marc Gillinov, telah menyebutkan bahwa makan di tengah malam sangat berbahaya. “Waktu untuk makan malam seharusnya diperhatikan”. Menurutnya, tubuh sebenarnya memiliki waktu biologis yang digunakan untuk mengatur organ-organnya bekerja. Tengah malam adalah waktu untuk beristirahat, bukan untuk makan. Apabila ini tetap dilakukan, maka akan ada organ yang tidak bekerja dengan maksimal. Lemak yang masuk ke tubuh akan lebih lama bertahan di darah. Yang mana nantinya akan menyebabkan penyumbatan di pembuluh darah di jantung. Mengetahui betapa berbahayanya makan di tengah malam, marilah kita semua mengubah kebiasaan ini. Bagaimana caranya? Bisa dengan mulai meluangkan waktu di sore menjelang malam untuk makan, tidak makan banyak sebelum tidur, dan tidak minum kopi atau alkohol di malam hari.


Dalam contoh artikel ilmiah singkat di atas, sudah mencakup bahasan apa yang saat ini terjadi, apa permasalahannya, dan apa solusinya. Selain itu, telah diberikan sumber yang kredibel untuk mendukung statement yang ada.

Bagi kamu yang membutuhkan referensi artikel ilmiah yang sudah dipublikasi, kamu bisa akses gratis di laman publikasi LIPI.

Demikian informasi mengenai pengertian, ciri, dan struktur artikel ilmiah. Semoga bermanfaat.

Jika kamu membutuhkan bantuan untuk memeriksa artikel ilmiahmu, jangan ragu untuk menghubungi Xerpihan ya. Xerpihan menyediakan layanan jasa proofreading yang akan membantumu memeriksa tata bahasa dan logika tulisanmu.

[Total: 0 Average: 0]

Leave a Comment