Macam-Macam Jurnal Ilmiah dan Contohnya, Mahasiswa Harus Tahu!

Ingin tahu apa saja macam-macam jurnal ilmiah? Yuk, simak jenis-jenis dan contoh jurnal ilmiah berikut ini.

Sebagai mahasiswa, tentu kita sudah tidak asing lagi dengan jurnal ilmiah. Mahasiswa kerap diminta untuk membaca jurnal sebagai referensi pembelajaran. Tak jarang juga, mahasiswa ditugaskan untuk mereview sebuah jurnal. Maka dari itu, sebagai mahasiswa kita harus memahami apa itu jurnal dan apa saja macam-macam jurnal.

Secara sederhana, jurnal ilmiah adalah karya tulis ilmiah yang ditulis sesuai dengan kaidah ilmiah. Jurnal ilmiah memuat kumpulan artikel dengan tema yang sama. Biasanya jurnal ilmiah akan dipublikasikan secara berkala oleh penerbit. 

Jasa Translate Dokumen | Indonesian English Translation Services
Jasa Translate Abstrak Jurnal, Mulai Rp10.000

Apa Saja Macam-Macam Jurnal Ilmiah?

Sebenarnya jenis jurnal ilmiah ada banyak, tergantung aspek apa yang dilihat. Jika dilihat dari isinya, jurnal ilmiah terbagi menjadi jurnal penelitian dan non penelitian. Sementara jika dilihat berdasarkan medianya, ada jurnal cetak dan elektronik.

Supaya lebih jelas, mari kita bahas satu persatu macam-macam jurnal tersebut.

Macam-Macam Jurnal Ilmiah Berdasarkan Isinya

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jurnal ilmiah terbagi menjadi dua jika dilihat berdasarkan isinya. Kedua jenis tersebut adalah jurnal penelitian dan jurnal non penelitian.

1. Jurnal Penelitian

Sesuai namanya, jurnal penelitian adalah jenis jurnal yang membahas tentang hasil penelitian yang telah dilakukan secara lmiah. Di dalam jurnal ini biasanya akan memuat tentang latar belakang penelitian, metode penelitian, serta diikuti dengan pembahasan hasil penelitian dan kesimpulan.

Adapun jenis jurnal ini biasanya diterbitkan bersamaan dengan kumpulan laporan hasil penelitian lainnya yang memuat tema yang sama. Jurnal ini biasanya dikerjakan oleh para mahasiswa tingkat akhir, baik di strata 1 atau strata 2, sebagai syarat kelulusan. 

2. Jurnal Non-penelitian

Jika jurnal penelitian membahas tentang hasil penelitian yang dilakukan, jurnal non-penelitian adalah jenis jurnal yang membahas suatu masalah non-penelitian. Jadi di dalam jurnal non-penelitian tidak terdapat metode penelitian dan pembahasan data hasil penelitian.

Jurnal on-penelitian ini biasanya membahas analisis dan argumen penulis tentang suatu topik permasalahan. Di dalam pembahasan ini akan tercermin sikap penuls terhadap permasalahan yang menjadi fokus tulisan. Tentunya, argumen penulis tidak boleh asal-asalan. Untuk mendukung argumennya, penulis biasanya akan mencantumkan rujukan dari sumber-sumber yang kredibel.

Macam-Macam Jurnal Ilmiah Berdasarkan Medianya

Jika dilihat berdasarkan medianya, jurnal ilmiah terbagi menjadi dua jenis, yaitu jurnal cetak dan elektronik.

1. Jurnal Cetak

Jurnal cetak adalah jenis jurnal ilmiah yang diterbitkan secara fisik oleh penerbit. Biasanya, jurnal ini dicetak dalam bentuk majalah dengan disertai hasil akreditasinya. Kamu bisa menemukannya di perpustakaan fakultas atau universitas.

Dahulu jenis jurnal ini merupakan jurnal yang paling populer. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, jenis jurnal cetak sudah mulai jarang ditemukan. Saat ini keberadaan jurnal cetak kebanyakan sudah diganti dengan jurnal elektronik.

jasa proofreading dokumen bahasa Inggris
Jasa Proofreading Jurnal agar Lulus Publikasi, Mulai Rp10.000

2. Jurnal Elektronik

Jurnal elektronik dikenal juga dengan sebutan E-Jurnal. Menurut McMilla (1991), jurnal elektronik didefinisikan sebagai serial yang diproduksi, diterbitkan, serta didistribusikan lewat jaringan elektronik, misalnya lewat Bitnet dan Internet. Sementara Smith (2003) mendefinisikan jurnal elektronik sebagai jurnal yang tersedia secara online, termasuk jurnal yang tersedia dalam bentuk elektronik dan cetak. Bisa dikatakan, jurnal elektronik adalah jenis jurnal yang diterbitkan dalam bentuk digital dan bisa diakses secara online.

Kelebihan jurnal elektronik dibanding dengan jurnal cetak adalah bisa diakses kapan saja dan di mana saja. Hal ini karena jurnal elektronik tidak memutuhkan ruang fisik seperti jurnal cetak. 

Jurnal elektronik ada yang bisa diakses secara gratis, tapi ada juga yang berbayar. Kita bisa mengakses jurnal elektronik melalui web open journal system atau (OJS). OJS merupakan platform yang mengelola dan menerbitkan jurnal ilmiah secara online. 

Baca juga: Situs Web OJS untuk Publikasi Jurnal Nasional

Macam-Macam Jurnal Ilmiah Berdasarkan Tingkatannya

Jika dilihat berdasarkan tingkatannya, jurnal ilmiah dibagi menjadi jurnal nasional, jurnal nasional terakreditasi, dan jurnal internasional bereputasi.

1. Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi

Jurnal nasional tidak terakreditasi adalah jurnal lokal yang telah mempunyai ISSN. Akan tetapi, jurnal ini belum terakreditasi oleh Dikti. Supaya terakreditasi dan terindeks Sinta, kita perlu mendaftar akreditasi jurnal melalui portal Arjuna (Akreditasi Jurnal Nasional) di http://arjuna.kemdikbud.go.id/.

Baca juga: Cara Submit Jurnal Terindeks Sinta

Contoh Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi

Berikut adalah contoh jurnal nasional tidak terakreditasi yang dikelola oleh Universitas Mercubuana:

  1. MARCOMMERS
  2. Operations Excellence: Journal of Applied Industrial Engineering
  3. InComTech: Jurnal Telekomunikasi dan Komputer
  4. Narada: Jurnal Desain Dan Seni
  5. Jurnal Profita: Komunikasi Ilmiah Akuntansi dan Perpajakan
  6. Biopsikososial : Jurnal Ilmiah Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Mercubuana Jakarta

2. Jurnal Nasional Terakreditasi

Jurnal nasional terakreditasi adalah jenis jurnal yang telah mempunyai ISSN dan terlah terakreditasi oleh Dikti. Sesuai namanya, jurnal ini diterbitikan untuk skala nasional. Jurnal ini biasanya menggunakan bahasa resmi nasional. yaitu bahasa Indonesia.

Contoh Jurnal Nasional Terakreditasi

Berikut adalah jurnal nasional terakreditasi:

  1. ECONOMICS DEVELOPMENT ANALYSIS JOURNAL , dikelola oleh Universitas Negeri Semarang
  2. JURNAL KETAHANAN NASIONAL, dikelola oleh Universitas Gadjah Mada
  3. SAINTEK PERIKANAN : INDONESIAN JOURNAL OF FISHERIES SCIENCE AND TECHNOLOGY, dikelola oleh Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro
  4. JURNAL ADMINISTRASI KESEHATAN INDONESIA , dikelola oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga
  5. JURNAL WAWASAN YURIDIKA, dikelola oleh Sekolah Tinggi Bandung

3. Jurnal Internasional

Jurnal internasional adalah jenis jurnal yang diterbitkan untuk skala internasional. Jenis jurnal ini lebih bergensi dari jurnal nasional yang hanya mencakup skala nasional saja. Jurnal internasional bereputasi sudah mendapatkan pengakuan dari ilmuwan di seluruh dunia untuk mempublikasikan hasil penelitian dan pemikiran dari para ilmuwan. Biasanya jurnal ini diterbitkan dalam bahasa Inggris yang merupakan bahasa Internasional.

Contoh Jurnal Internasional

Berikut adalah contoh jurnal internasional yang terindeks scopus:

  1. New England Journal of Medicine, diterbitkan oleh Massachusetts Medical Society
  2. Ca-A Cancer Journal for Clinicians, diterbitkan oleh Wiley-Blackwell
  3. Nature Reviews Molecular Cell Biology, diterbitkan oleh Springer Nature
  4. Nature Reviews Materials, diterbitkan oleh Springer Nature
  5. Chemical Society Reviews diterbitkan oleh Royal Society of Chemistry
  6. Physiological Reviews, diterbitkan oleh American Physiological Society
  7. IEEE Communications Surveys and Tutorials, diterbitkan oleh IEEE
[Total: 1 Average: 5]

Leave a Comment