10 Situs Jurnal Internasional Gratis, Terpercaya, dan Mudah Diakses

10 Situs Jurnal Internasional Gratis, Terpercaya, dan Mudah Diakses

Bingung mencari tempat download jurnal internasional gratis? Simak 10 rekomendasi website atau situs jurnal internasional gratis berikut ini.

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya jurnal. Meskipun begitu, masih banyak orang yang salah pengertian mengenai jurnal. Pengertian dari jurnal ilmiah atau akademik adalah publikasi dalam bentuk tulisan yang berupa kumpulan laporan hasil penelitian.

Jasa Translate Dokumen

Kebanyakan dari kita menyebut atau tahu jurnal ilmiah sebagai tulisan independen berisi satu pembahasan saja. Padahal, jurnal ilmiah itu berisi kumpulan artikel ilmiah dengan pembahasan yang sama. Misalnya, jurnal ilmiah berjudul “Studi Psikologi Anak”, maka isinya adalah beberapa artikel yang memuat tulisan ilmiah tentang psikologi anak. Artikel ilmiah tersebut biasanya terdiri dari abstrak, latar belakang, tinjauan pustaka, metodologi, hasil analisis, diskusi, dan kesimpulan/temuan.

Baca juga: Cara Membuat Artikel Ilmiah

Apa itu Jurnal Internasional?

Jurnal internasional adalah jurnal yang terbit dan mencakup skala internasional atau seluruh dunia, berbeda dengan jurnal nasional yang cakupannya hanya skala nasional atau satu negara saja.

Jasa Proofreading Dokumen

Artikel dalam jurnal internasional sering dijadikan bahan atau referensi dalam penyusunan tulisan akademik seperti artikel ilmiah, skripsi, atau laporan ilmiah lainnya. Dibandingkan dengan jurnal nasional, sumber-sumber dari jurnal internasional biasanya lebih banyak dan lengkap karena cakupannya yang lebih luas. Kedudukan jurnal internasional lebih tinggi dibanding dengan jurnal lainnya, oleh karena itu jurnal internasional lebih banyak digunakan sebagai bahan referensi penyusuan tulisan ilmiah.

Ciri-ciri Jurnal Internasional

Jasa Parafrasa

Karena kedudukan dan kualitasnya yang tinggi, jurnal internsional memiliki ciri dan syarat yang berbeda dengan jurnal lainnya. Adapun ciri-ciri jurnal internasional adalah sebagai berikut:

  1. Tulisan harus orisinil atau karya pribadi dengan sitasi lengkap jika menyadur dari tulisan ilmiah yang lain.
  2. Ditulis dengan bahasa resmi PBB, yaitu bahasa Inggris, Perancis, Arab, Spanyol, Mandarin, Rusia, dan Spanyol.
  3. Ditulis oleh paling sedikit dua orang dari negara yang berbeda.
  4. Harus memiliki ISSN atau eISSN saat ini.
  5. Mempunyai terbitan versi online.
  6. Memiliki dewan editorial dari negara tersebut.
  7. Terindeks oleh database internasional seperti Scopus, Microsoft Academic Search, Web of Science, dan laman pertimbangan Ditjen Dikti.

Baca juga: Cara Publikasi Jurnal Nasional Gratis dan Mudah

Rekomendasi Situs Jurnal Internasional Gratis dan Terpercaya

Situs jurnal internasional adalah suatu situs yang berisi kumpulan jurnal internasional yang sudah dipublikasikan. Melalui situs ini, kita bisa mencari jurnal internasional yang kita butuhkan dan juga mengunduh atau download jurnal internasional tersebut.

Berikut adalah rekomendasi situs web jurnal internasional terpercaya yang bisa kalian akses untuk mencari referensi jurnal internasional. Beberapa situs web jurnal internasional tersebut ada yang bisa diakses langsung secara gratis, tetapi ada juga yang membutuhkan izin penulisnya terlebih dahulu.

Situs Jurnal Internasional #1: Google Scholar

google scholar: situs web jurnal internasional gratis

Google Scholar atau Google Cindekia adalah layanan dari Google yang memungkinkan penggunanya untuk mencari tulisan Google Scholar atau Google Cindekia adalah layanan dari Google yang memungkinkan penggunanya untuk mencari tulisan akademik dalam berbagai jenis teks mulai dari jurnal, buku, artikel, dan lain sebagainya. Melalui situs web ini, kita bisa mengunduh atau download jurnal internasional secara gratis.

Situs Jurnal Internasional #2: Scopus

scopus situs web jurnal internasional terindeks scopus

Scopus menyediakan berbagai macam tulisan akademik dari berbagai disiplin ilmu dengan ahli data yang komprehensif. Situs Scopus juga dilengkapi dengan terjemahan situs dalam beberapa bahasa seperti Jepang, Mandarin, dan Rusia.

Situs Jurnal Internasional #3: ResearchGate

researchgate website jurnal ilmiah

ResearchGate adalah platform media yang bisa digunakan para peniliti untuk berdiskusi dalam platform yang disediakan. Platform ini banyak dikenal oleh mahasiswa untuk mencari jurnal internasional atau artikel ilmiah sebagai referensi. Namun, beberapa jurnal membutuhkan izin atau request ke penulisnya secara langsung alias tidak bisa diakses atau diunduh secara gratis.

Situs Jurnal Internasional #4: Directory of Open Access Journals (DOAJ)

DOAJ adalah situs web jurnal internasional yang dikelola oleh Insfracturture Services for Open Access. Situs ini bersifat terbuka dengan peer-review kepada penggunanya. Semua layanan DOAJ tidak dipungut biaya, termasuk indeks. Semua data DOAJ juga dapat diakses secara gratis. Jadi bisa dibilang, DOAJ adalah tempat download jurnal internasional gratis dan terpercaya.

cara mencari jurnal internasional gratis di DOAJ

Situs Jurnal Internasional #5: Academia.edu

Academia.edu : link jurnal internasional berbahasa Indonesia

Rekomendasi situs web jurnal internasional selanjutnya adalah Academia.edu. Situs yang satu ini pasti sudah tidak asing bagi mahasiswa. Selain menyediakan berbagai jurnal dan tulisan ilmiah untuk dibaca/diunduh sebagai referensi, Academia.edu juga menyediakan platform jejaring sosial untuk para penggunanya berdiskusi tentang penelitian yang telah dilakukan atau sekedar berdiskusi mengenai topik ilmiah. Academia.edu juga rutin mengirim surel rekomendasi tulisan ilmiah dengan topik yang berhubungan dengan minat penggunanya.

Situs Jurnal Internasional #6: Microsoft Academic

microsoft academic situs jurnal internasional gratis

Dikembangkan oleh Microsoft Research, Microsoft Academic adalah mesin pencari web untuk menelusuri literatur dan publikasi ilmiah secara gratis. Pada halaman situs ini, terdapat menu Top Authors yang berisi penulis-penulis favorit di sebuah bidang tertentu. Selain Top Authors, terdapat juga Top Institutions, Top Journals, dan Top Conferences. Microsoft Academic juga tersedia dalam bahasa Indonesia.

Situs Jurnal Internasional #7: ScienceDirect

ScienceDirect tempat download jurnal internasional

Salah satu website jurnal internasional terpercaya lainnya adalah ScienceDirect. Situs ini memuat lebih dari 12 juta konten dan lebih dari 30 juta buku elektronik dan konten dengan lebih dari 14 juta artikel open access atau terbuka. ScienceDirect menampilkan urutan judul publikasi dengan huruf abjad yang tersusun rapi sehingga penggunanya dapat mencari jurnal atau artikel ilmiah berdasarkan huruf depan judulnya.

Situs Jurnal Internasional #8: Web of Science

Web of science situs download jurnal internasional bahasa Inggris

Web of Science adalah situs yang menyediakan berbagai tulisan ilmiah dengan sistem langganan. Situs ini mencakup semua disiplin ilmu dan wilayah.

Situs Jurnal Internasional #9: ProQuest

tempat download jurnal internasional: proquest

ProQuest adalah database atau pangkalan data yang berpusat di Ann ProQuest adalah database atau pangkalan data yang berpusat di Ann Arbor, USA. Berbeda dengan situs lainnya yang hanya menyediakan layanan berbasis tulisan dan ruang diskusi, ProQuest menyediakan platform video dan audio untuk penggunanya. ProQuest juga menyediakan surat kabar elektronik, majalah, blog, bahkan podcast. Situs ProQuest tersedia dalam beberapa bahasa seperti Mandarin, Jepang, Korea, Jerman, Italia, Prancis, Spanyol, dan Portugis.

Situs Jurnal Internasional #10: JSTOR

jstor web jurnal internasional gratis

Bagi mahasiswa, dosen, dan peneliti, pastinya sudah tidak asing lagi dengan JSTOR. JSTOR merupakan perpustakaan digital yang menyediakan berbagai tulisan akademik mulai dari jurnal, buku, artikel, dan lain sebagainya. Kamu dapat menemukan tulisan yang kamu cari di JSTOR berdasarkan subjek, judul, koleksi, atau penerbitnya. Jurnal dan tulisan-tulisan di JSTOR dapat diakses secara gratis.

Kebutuhan akan Terjemahan (Translate) Jurnal Internasional

Itu tadi beberapa rekomendasi website jurnal internasional yang bisa kalian manfaatkan sebagai tempat download jurnal internasional secara gratis dan mudah. Masing-masing situs menyediakan layanan dan isi terbaik yang mereka berikan pada penggunanya. Seperti yang telah disebut di atas, jurnal internasional harus ditulis dalam bahasa yang diresmikan PBB dalam penerbitannya, salah satunya adalah bahasa Inggris.

Faktanya, beberapa peneliti di Indonesia yang sedang atau aktif menulis artikel ilmiah masih mengalami kesulitan dalam memahami tulisan dalam bahasa Inggris dalam jurnal artikel internasional. Sayangnya, mesin terjemah otomatis seperti Google Translate tidak bisa menerjemahkan jurnal artikel ilmiah secara akurat.

Hal ini juga dialami oleh peneliti Indonesia yang ingin menerbitkan jurnal artikelnya di kancah internasional. Beberapa dari mereka masih kesulitan untuk menyusun atau menerjemahkan tulisan mereka ke academic English atau bahasa Inggris akademik yang tentu saja berbeda dengan bahasa Inggris yang digunakan sehari-hari.

Baca juga: Aplikasi Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia Gratis

Jasa Penerjemah Jurnal Internasional Bahasa Inggris

Kini, ada banyak jasa terjemah dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, dan sebaliknya. Xerpihan.id adalah salah satu perusahaan yang menyediakan jasa terjemah dua bahasa (Inggris dan Indonesia) berbagai teks seperti jurnal, artikel, tesis, situs, dan lain-lain. Jasa Xerpihan.id telah dipercaya dan digunakan oleh banyak pihak seperti Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, PT PLN Batu Bara, SOS Children’s Villages Indonesia, PT Taspen, dan banyak lagi. Selain menyediakan jasa terjemah, Xerpihan.id juga menyediakan jasa lain yaitu proofread, pembuatan subtitle, dan transcription.

Jika kamu mengalami kesulitan untuk atau tidak sempat menerjemahkan tulisan kamu, kamu dapat menghubungi Xerpihan.id di www.xerpihan.id.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *