Cara Submit Jurnal Sinta – Cara Upload dan Cek Jurnal Terindeks Sinta

Bagaimana cara submit jurnal Sinta dan cara cek jurnal yang sudah terindeks Sinta? Jika kamu ingin tahu, simak penjelasannya di sini.

Saat ini banyak universitas yang menjadikan publikasi jurnal sebagai syarat kelulusan bagi mahasiswanya. Hal ini didasari oleh Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Nomor 152/E/T/2012. Dalam surat edaran tersebut dikatakan bahwa mahasiswa harus menghasilkan jurnal ilmiah sebagai syarat kelulusan. Khusus untuk program Magister, jurnal ilmiah tersebut minimal harus terakreditasi oleh Dikti. Maka dari itu, mahasiswa, terutama program Magister, perlu mengetahui cara submit jurnal yang terindeks Sinta Dikti.

Jasa Translate Dokumen | Indonesian English Translation Services
Jasa Terjemah Jurnal Bahasa Inggris, Mulai Rp10.000

Jurnal Sinta

Istilah Sinta sendiri diketahui merupakan singkatan dari ‘Science and Technology Index’. Sinta merupakan platform online berisi artikel atau jurnal ilmiah yang dikelola oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (dulu Kemenristekdikti). Sinta berfungsi sebagai database atau pangkalan data untuk jurnal-jurnal nasional yang terakreditasi Arjuna.

Jurnal-jurnal yang terindeks di dalam Sinta merupakan jurnal yang berkualitas sehingga layak dijadikan referensi, sitasi, dan sejenisnya. Melalui sifat ini, Sinta kemudian dapat menjadi media untuk menunjukkan kekuatan publikasi ilmiah dari sebuah lembaga pendidikan atau universitas. Sinta juga telah terhubung langsung dengan Google Scholar dan Scopus yang menyediakan informasi mengenai reputasi jurnal internasional. Harapannya, fitur tersebut dapat memudahkan siapa saja yang ingin mendapatkan jurnal nasional yang berkualitas. Platform Sinta juga diketahui dapat diakses secara gratis, sehingga siapa pun dapat menemukan jurnal nasional terakreditasi di sini hanya bermodalkan internet.

Sinta juga dilengkapi dengan fitur Networking, Citation, Research, dan Score. Fitur-fitur ini merinci kualitas dan kinerja jurnal, sehingga dosen dan mahasiswa yang membutuhkan jurnal sebagai referensi dapat mengecek jumlah sitasi dan skor jurnal di sini. Sistem dan fitur pada Sinta sekilas tidak jauh berbeda dengan database jurnal internasional seperti Scopus. Jadi tidak heran jika Sinta sering disebut sebagai Scopus-nya Kemenristekdikti.

Selain dapat digunakan untuk mengecek kualitas jurnal, Sinta juga dapat digunakan oleh dosen dan peneliti untuk mempublikasikan jurnal. Setiap akademisi yang sudah mendaftar dan mempunyai akun terverifikasi di Sinta dapat menggunakan fitur publikasi jurnal.

Cara Daftar Menjadi Penulis (Author) di Sinta

Cara mendaftar agar menjadi penulis di Sinta terdiri dari tiga tahapan, yaitu registrasi, verifikasi, dan sinkronisasi.

1. Registrasi

Buka laman registrasi di https://sinta3.kemdikbud.go.id/logins/registration, lalu isi kolom registrasi mulai dari nama, NIDN, afiliasi perguruan tinggi, ID Google Scholar, dan email. Setelah pengisian kolom registrasi, lakukan verifikasi email dengan menekan tautan yang dikirim ke email.

2. Verifikasi

Pada tahap ini, tim Verifikator akan melakukan pemeriksaan nama, NIDN, ID Google Scholar, dan validasi email. Jika semuanya sesuai, verifikator akan membuat status menjadi ‘Verified‘.

3. Sinkronisasi

Tahap terakhir adalah sinkronisasi artikel atau publikasi yang ada di Google Scholar dan Scopus ke dalam database Sinta. Sinkronisasi akan mengubah skor penulis, serta nama penulis akan masuk ke dalam daftar afiliasi atau perguruan tinggi masing-masing.

Cara Upload Jurnal di Google Scholar

Cara upload jurnal di Google Scholar adalah:

  1. Daftar akun Google Scholar dengan menggunakan alamat email institusi di sini.
  2. Setelah login, tekan tombol ‘+’ di bawah foto profil.
  3. Pilih opsi Add article manually jika ingin mengunggah artikel yang belum terindeks di Google Scholar. Namun, jika ingin menambahkan artikel secara otomatis, pilih opsi Add articles.
  4. Pilih jenis naskah yang ingin dimasukkan, lalu isi kolom yang tersedia sesuai keperluan.

Cara Submit Jurnal agar Terindeks Sinta

Syarat agar jurnal dapat terindeks Sinta adalah harus melewati akreditasi Arjuna terlebih dahulu. Berikut cara submit jurnal agar dapat terindeks di Sinta.

  1. Daftar akreditasi jurnal melalui portal Arjuna (Akreditasi Jurnal Nasional) di http://arjuna.kemdikbud.go.id/. Jika mengalami kesulitan, baca panduan pengusulan akreditasi di sini.
  2. Subdit Fasilitas Jurnal Ilmiah akan menugaskan Asesor Akreditasi untuk menilai jurnal yang masuk ke Arjunal agar bisa dinilai akreditasinya dan masuk ke kategori Sinta 1, 2, 3, 4, 5, atau 6.
  3. Jurnal yang telah dikategorikan Sinta 1-6 akan diurutkan lagi peringkatnya berdasarkan jumlah sitasi dan h-indeks dari Google Scholar.
  4. Proses akreditasi dan evaluasi Jurnal dilakukan berdasarkan waktu pendaftaran dan penetapan yang dilakukan oleh Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual.
  5. Jurnal yang sudah mendaftar ke Arjuna tetapi belum terindeks di Sinta diharapkan untuk menunggu periode akreditasi dan evaluasi berikutnya.

Cara Cek Jurnal Terindeks Sinta

Berikut adalah cara untuk mengetahui atau cek apakah jurnal sudah terindeks di Sinta:

  1. Buka laman Sinta di https://sinta.kemdikbud.go.id/.
  2. Arahkan kursor ke menu Sources di bagian atas, lalu pilih Journals.
  3. Cek jurnal Sinta dengan mengetik nama jurnal, ISSN, atau PISSN di kolom pencarian lalu klik tombol cari.

Tips Agar Lolos Publikasi Jurnal Sinta

Lolos publikasi jurnal Sinta tentu saja merupakan hal tidak yang mudah dilakukan. Sebab, kita harus memenuhi syarat dan format jurnal yang akan diterbitkan. Supaya jurnal yang dikirimkan dapat diterbitkan, maka kita sebaiknya mengetahui tips lolos publikasi jurnal sinta berikut ini.

1. Memahami Peraturan Dirjen Dikti

Tips untuk lolos jurnal sinta adalah dengan memahami peraturan Dirjen Dikti No. 1 Tahun 2014. Isi dari peraturan tersebut adalah untuk mengajukan akreditasi. Supaya masuk akreditasi B atau Sinta 2, jurnal harus memenuhi syarat pengajuan dan memperoleh skor evaluasi diri lebih dari 70 poin.

2. Perhatikan Konten Penilaian Jurnal

Tips agar jurnal lolos Sinta selanjutnya adalah memperhatikan isi penilaian. Penilaian ini dilakukan oleh 4 asesor akreditasi. Dalam penilaian jurnal tentunya dilakukan seleksi yang ketat. Penilaian jurnal ini terdiri dari 2 aspek. Yang pertama adalah penilaian isi, dan yang kedua adalah penilaian manajemen.

3. Perhatikan Waktu Pendaftaran

Tips agar terindeks dan lolos jurnal sinta selanjutnya adalah selalu memperhatikan waktu pendaftaran. Dalam satu tahun, penetapan dan pendaftaran dilakukan 2 kali. Oleh sebab itu, jangan sampai terlambat untuk mendaftar.

Jika terlambat, jurnal yang Anda kirimkan akan ditinjau pada periode berikutnya. Hal ini tentu saja membuat proses publikasi jurnal terhambat, sehingga bisa merugikan Anda.

4. Perhatikan Sistem Rating di Sinta

Tips lolos dan terindeks Sinta adalah dengan memperhatikan sistem penilaian. Jika Anda telah mengevaluasi evaluasi diri dan mendapatkan skor kurang dari 30-70, tim evaluasi jurnal akan memeriksa dan menilai kembali.

Tim evaluasi jurnal akan memeriksa dan menilai kembali kebenaran hasil evaluasi. Kemudian hasil penilaian akan sesuai dengan kategori jurnal.

Harap dicatat bahwa untuk lulus jurnal sinta, Anda harus mendapatkan skor antara 70-85. Jika nilai ini masuk dalam kategori maka akan masuk dalam sinta 2. Sedangkan jika mendapatkan hasil evaluasi lebih dari 85 maka akan masuk dalam kategori sinta 1. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah kategori jurnal sinta.

Kategori Jurnal Sinta 1 2 3 4 5 6

5. Perhatikan Format dan Lakukan Proofreading

Tips yang terakhir adalah mengecek format jurnal dan melakukan proofreading sebelum artikel jurnal dipublikasi. Proofreading penting dilakukan untuk mencegah terjadinya kesalahan penulisan, seperti salah tik, ejaan, tanda baca, dan tata bahasa. Meskipun terkesan sepele, kesalahan penulisan juga bisa menjadi penyebab jurnal tidak lolos publikasi. Proofreading jurnal juga penting dilakukan untuk memastikan tulisan kita tidak bertele-tele dan mudah dipahami oleh orang lain, terutama reviewer. Jika kamu perlu bantuan untuk melakukan proofreading, jangan ragu untuk menghubungi Xerpihan. Xerpihan menyediakan jasa proofreading jurnal dengan harga yang terjangkau.

jasa proofreading dokumen bahasa Inggris
Jasa Proofreading Jurnal Bahasa Inggris dan Indonesia, Mulai Rp10.000
[Total: 1 Average: 5]

Leave a Comment