Apa itu Literasi? Berikut Arti Kata Literasi dan Macam-Macam Literasi

Apa itu literasi dan apa saja macam-macam literasi? – Pengetahuan tentang arti kata literasi kemungkinan besar akan membuatmu semakin paham betapa pentingnya kemampuan ini dipelajari. Sebab, literasi merupakan sebuah kemampuan dasar untuk bisa mendapatkan kemampuan lain. Dengan literasi yang bagus, informasi yang didapat pun juga bagus kualitasnya.

Jasa Parafrasa

Di kesempatan ini, kita akan belajar dan memahami apa itu literasi. Akan dibahas juga tujuan literasi serta apa saja macam-macam literasi.

Baca juga: Cara Publikasi Jurnal Nasional Gratis

Penjelasan Apa Itu Literasi, Mulai dari Arti Kata dan Macam-Macam Literasi

Jasa Proofreading Dokumen

Apa Itu Literasi?

Arti kata literasi adalah suatu kemampuan, pada dasarnya kemampuan yang dimaksud ini sangat luas. Umumnya, literasi hanya diartikan sebagai kemampuan dalam menulis dan membaca. Namun, ada juga yang menilai literasi sebagai kemampuan dalam berbahasa dan berkomunikasi. Kedua pemahaman tersebut sebenarnya tidak berbeda jauh. Untuk lebih memahami apa itu literasi, berikut ini akan dijelaskan arti kata literasi secara etimologis, arti kata literasi menurut KBBI, dan pengertian literasi menurut para ahli.

Arti Kata Literasi Secara Etimologis

Secara etimologis, literasi berasal dari kata literatus yang berarti seseorang yang sedang belajar. Belajar yang dimaksud adalah belajar untuk memperoleh kemampuan, sedangkan kemampuan yang dipelajari dari kata literatus dalam bahasa Yunani ini condong ke kemampuan menulis dan membaca.

Jasa Translate Dokumen

Arti Kata Literasi Menurut KBBI

Sebelum ke pengertian literasi menurut para ahli, di sini kita akan membahas dulu arti kata literasi dalam kamus kita semua, yang tak lain adalah Kamus Besar Bahasa Indonesia. Di kamus ini telah dijelaskan arti literasi, yaitu kemampuan untuk membaca dan menulis.

Lebih lengkapnya, literasi adalah kemampuan individu dalam mengolah kecakapan, mengolah informasi, serta menulis dan membaca yang lebih spesifik.

Baca juga: Apa itu Kalimat Imperatif dan Bagaimana Ciri-Cirinya?

Pengertian Literasi Menurut Para Ahli

Pengertian dan arti kata literasi adalah

Dalam bagian ini kita akan mengetahui apa itu literasi yang dijelaskan oleh beberapa ahli. Pengertian literasi menurut para ahli ternyata cukup beragam dan tidak ada yang salah. Semuanya telah dianut oleh sebagian orang dan bisa dijadikan panduan dalam memahami arti kata literasi . Berikut satu per satu ahli dan lembaga resmi yang menjelaskan arti kata literasi.

1.    Apa Itu Arti Literasi Menurut Alberta?

Bagi Alberta, arti literasi adalah kemampuan seseorang dalam berkomunikasi dengan efektif, menambah keterampilan, serta kemampuan menulis dan membaca.

2.    Apa Itu Arti Literasi Menurut Merriam-Webster?

Di dalam kamusnya, dijelaskan arti literasi mengacu pada kemampuan seseorang dalam ‘melek aksara’, kualitas seseorang dalam menggunakan bahasa, dan juga memahami ide-ide visual.

3.    Apa Itu Arti Literasi Menurut Elizabeth Sulzby?

Elizabeth Sulzby pada tahun 1986 menyatakan bahwa literasi merupakan kemampuan untuk berbahasa yang dimiliki oleh seseorang. Kemampuan berbahasa ini diartikan sebagai kemampuan dalam menulis, menyimak, membaca, dan berbicara sekaligus. Sebab yang namanya berbahasa tidak hanya menggunakan bahasa secara pasif saja, melainkan juga untuk berkomunikasi.

4.    Apa Itu Arti Literasi Menurut UNESCO?

Bagi UNESCO, arti literasi adalah sebuah keterampilan nyata yang bisa diperoleh siapa saja, terutama keterampilan dalam membaca dan menulis.

5.    Apa Itu Arti Literasi Menurut EDC?

EDC, singkatan dari Education Development Center, menganggap bahwa arti literasi bukan hanya sekedar kemampuan berbahasa atau berkomunikasi saja. Definisi ini cukup berbeda dengan definisi-definisi sebelumnya, kali ini EDC menilai bahwa literasi juga merupakan kemampuan seseorang untuk menggunakan dan memaksimalkan potensi.

Apa Tujuan Literasi?

Beberapa tujuan literasi antara lain: meningkatkan kualitas seseorang dalam menggunakan waktu, mengembangkan budaya dalam berliterasi di tengah masyarakat, meningkatkan nilai kepribadian individu karena bisa membaca dan menulis, meningkatkan budi pekerti seseorang, serta meningkatkan kemampuan kritis dalam memberikan penilaian pada suatu karya tulis.

Banyaknya tujuan dari literasi ini memberikan kesimpulan bahwa literasi memang penting. Dilihat dari definisi utamanya saja sudah bisa dinilai bahwa literasi adalah kemampuan yang penting untuk dipelajari maupun didalami ilmunya.

Baca juga: Undang-Undang dan Sanksi Plagiarisme

Apa Saja Macam-Macam Literasi?

Setelah mengetahui arti kata literasi dan tujuan literasi, pada bagian ini akan dibahas macam-macam literasi agar kamu lebih memahami apa itu literasi. Sebab kita cenderung lebih mudah memahami suatu ilmu jika kita tahu apa saja jenis dan bentuk pengaplikasiannya. Oleh karena itu, simak macam-macam literasi berikut.

1.    Literasi Perpustakaan

Diawali dengan literasi perpustakaan, sesuai namanya, literasi perpustakaan erat kaitannya dengan bidang perpustakaan. Literasi jenis ini diartikan sebagai kemampuan untuk membedakan karya tulis, yaitu untuk membedakan mana yang non fiksi dan mana yang fiksi serta kemampuan dalam memahami penggunaan katalog dan index.

2.    Literasi Dasar

Seperti namanya, merupakan literasi yang sangat umum dan sama seperti penjelasan apa itu literasi di atas. Literasi dasar merupakan kemampuan membaca, menyerap informasi, hingga memahami suatu hal.

3.    Literasi Visual

Selanjutnya ada literasi visual, diartikan sebagai kemampuan dalam ‘membaca’ gambar atau suatu visual. Gambar atau apa saja yang memiliki unsur visual sejauh ini dinilai bisa ‘dibaca’ dan bisa diartikan karena mengandung informasi.

Nah, jika yang dibicarakan adalah literasi visual, maka yang dimaksud adalah kemampuan untuk memahami atau menginterpretasikan apa yang ada dalam suatu gambar.

4.    Literasi Teknologi

Literasi teknologi merupakan kemampuan yang dibutuhkan dalam ‘menghadapi’ produk sampai perkembangan teknologi. Di masa sekarang ini, kita semua bisa setuju bahwa hampir segalanya menggunakan teknologi.

Karena itulah dibutuhkan kemampuan berliterasi dalam teknologi atau kepintaran dalam literasi teknologi untuk bisa bertahan atau menjalaninya. Kemampuan itu dapat didapatkan dengan mempelajari software, pemrograman, penggunaan aplikasi, dan apa saja yang terkait dengan teknologi lainnya.

5.    Literasi Media

Terakhir, ada literasi media yang menjadi kemampuan yang sangat dibutuhkan di era digital ini. Literasi media diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam memahami dan menggunakan suatu media.

Media yang dimaksud dalam bahasan ini mencakup semuanya, baik itu media massa, media elektronik, internet, dan lain sebagainya. Semakin bagus kemampuan literasi media seseorang, semakin pintar pula orang tersebut dalam menggunakan media-media ini. Penyerapan informasi akan dilakukan dengan baik, begitu juga dengan sikapnya yang bijak untuk memberikan informasi atau tidak.

Baca juga: Butuh Jasa Proofreading Jurnal? Berikut Tips Memilihnya

Penutup

Demikian pembahasan tentang apa itu literasi. Dengan mengetahui arti kata literasi, pengertian literasi menurut para ahli, tujuan literasi, dan macam-macam literasi, apakah kamu sudah cukup tertarik untuk memperdalam kemampuan ini? 

[Total: 0 Average: 0]

Leave a Comment