Cara Menambahkan Subtitle di YouTube dan Menampilkannya

Cara Menambahkan Subtitle di YouTube

Cara Menambahkan Subtitle di YouTube – Jika kamu tahu bagaimana cara menampilkan subtitle di YouTube, tentu akan memudahkanmu saat menonton video dengan bahasa asing. Dengan adanya subtitle, tentu akan membantumu dalam memahami isi dari video tersebut.

Jasa Subtitle Youtube dan Film

Bagi yang sedang mengelola channel YouTube, kamu juga harus tahu bagaimana cara menambahkan subtitle di YouTube. Ada banyak manfaat yang akan kamu peroleh jika kamu menambah subtitle di video YouTube milikmu.

Jadi, simak artikel ini sampai selesai ya, karena di artikel ini akan dibahas apa saja manfaat menambahkan subtitle di YouTube, bagaimana cara menambahkan subtitle di YouTube, dan bagaimana cara menampilkan subtitle di YouTube.

Baca juga: Cara Download Subtitle Indonesia

Manfaat Menambahkan Subtitle di YouTube

Menonton anime menggunakan subtitle

Salah satu fungsi penambahan subtitle di YouTube adalah menambah pengalaman penonton atau baiasa disebut sebagai user’s experience. Semakin puas penontonmu menonton video yang kamu upload, maka akan mendatangkan banyak manfaat lain yang lebih spesifik.

Seperti misalnya kesempatan untuk ditonton kembali oleh penonton yang sama, kesempatan untuk ditonton lebih banyak pengguna YouTube karena dinilai informatif, sehingga bisa meningkatkan viewers. Sebagai YouTuber, pasti sudah paham mengapa kamu harus memastikan viewers harus banyak.

Sedangkan bagi kamu yang sedang mencari cara menampilkan subtitle di YouTube, tak lain adalah karena subtitle ini bersifat informatif. Dengan begitu, bisa dibilang subtitle berfungsi untuk memudahkan kamu dalam memahami apa yang ada di video. Terutama jika video yang kamu tonton menggunakan bahasa asing, misalnya bahasa Inggris. Jika kemampuan bahasa Inggrismu pas-pasan, tentu dengan adanya subtitle akan membantumu mengerti isi dari video yang sedang kamu tonton.

Menonton video tanpa tahu apa yang sedang dibicarakan atau dibahas pasti akan mengganggu, buang-buang waktu. Itulah mengapa kamu membutuhkan subtitle atau terjemahan saat menonton video dengan bahasa asing, supaya waktu kamu tak terbuang sia-sia untuk menonton hal yang tidak jelas.

Baca juga: Aplikasi Cek Ejaan Bahasa Indonesia untuk Cek Typo Online

Cara Menambahkan Subtitle di YouTube

Ternyata ada banyak cara menambahkan subtitle di YouTube. Berikut satu per satu cara yang bisa kamu pilih sesuai keinginan.

Jasa Translate Dokumen

Cara Menambahkan Subtitle dengan Mengunggah File Teks Subtitle

Diawali dengan cara semi-manual, pertama kamu harus masuk dulu ke YouTube Studio.

cara menambahkan subtitle di youtube dan menampilkannya

Setelahnya, masuk ke menu yang berada di bagian kiri. Dari menu-menu yang ada, pilih opsi Subtitle.

cara menambahkan subtitle di youtube

Kemudian kamu akan diminta untuk memilih video yang akan diedit. Setelah pilih, klik opsi ‘Tambahkan Bahasa’. Barulah setelah itu kamu bisa menambahkan subtitle satu per satu setelah klik opsi ‘Subtitle’.

Cara Menambahkan Subtitle di YouTube dengan Sinkronisasi Otomatis

Sinkronisasi otomatis ini digunakan bila kamu sudah mempunyai teks yang berisi subtitle. Biasanya berwujud file Notepad atau dengan file ‘txt. Biasanya juga, cara ini digunakan untuk menambahkan subtitle di video dengan durasi panjang.

Dengan menu yang sama (login YouTube Studio, masuk ke menu, pilih ‘subtitle’), pilih opsi ‘Sinkronisasi Otomatis’. Kemudian pilih file subtitle yang akan ditambahkan. Akhiri cara ini dengan menetaplan waktu dimulainya subtitle berjalan.

Cara Menambahkan Subtitle di YouTube secara Manual

Jika ternyata kamu tidak punya file .txt untuk diupload sebagai subtitle, kamu tetap bisa menambahkan dengan cara mengetik manual. Langkah pertama adalah masuk ke YouTube Studio, masuk ke menunya, pilih opsi ‘Subtitle’, dan pilih menu ‘Ketik Manual’.

cara menambahkan subtitle video youtube secara manual

Kemudian isikan teksnya dan tentukan waktu munculnya, jika sudah selesai klik opsi ‘Publikasikan’.

Cara Menambahkan Subtitle di YouTube secara Otomatis

Cara yang terakhir ini memang mudah, namun tidak semua channel YouTube atau tidak semua video punya kesempatan untuk menggunakan cara ini.

langkah awalnya hampir sama dengan yang sebelum-sebelumnya, masuk ke pengaturan dan menu yang sama.

Kemudian jika kamu cukup beruntung atau video yang diupload mendukung, YouTube akan langsung memberikan opsi untuk menambahkan subtitle secara otomatis. Jika opsi ini ada, kamu hanya perlu mencetangnya saja.

Baca juga: Aplikasi Cek Grammar Bahasa Inggris Online, Gratis, dan Mudah

Cara Menampilkan Subtitle di YouTube

Sebagai penonton, tentu kami wajib tahu bagaimana cara menampilkan subtitle di YouTube, mengingat fungsi subtitle yang begitu penting. Sebenarnya cara menampilkan subtitle di YouTube sangatlah mudah. Berikut satu per satu tahapnya.

1.    Klik Foto Profil

Diawali dengan buka YouTube terlebih dahulu menggunakan akunmu sendiri. Ya, kalau bisa kamu harus login ke akun YouTube kamu dulu supaya bisa lakukan pengaturan ini. Jadi, kalau ternyata lupa info login nya, kamu bisa mengingat email yang dipakai dengan password nya terlebih dahulu.

Setelah login atau masuk ke akun YouTube, coba lah untuk menonton suatu video, apa saja. Kemudian di bagian kanan atas, kamu akan melihat profile picture mu sendiri. Klik foto profil ini untuk lanjut ke step berikutnya.

2.    Buka Settings

Akan ada pengaturan-pengaturan, masih sederhana, di bagian ini kamu harus klik yang bertuliskan ‘Settings’ atau ‘Pengaturan’, tergantung pengaturan bahasa yang digunakan.

3.    Klik Menu ‘Playback and Performances’

Setelah masuk ke pengaturan, kamu akan kembali mendapatkan pilihan-pilihan. Mungkin terasa kompleks, apalagi untuk kamu yang memang belum pernah masuk kesana. Kali ini menu yang dipilih adalah Playback and Performances. Menu ini berada di sisi kiri, sekitar urutan nomor dua atau tiga.

4.    Centang ‘Always Show Caption’

Kemudian di sebelah kanannya, akan ada dua opsi yang harus dicentang. Opsi pertama yang harus dicentang adalah ‘Always Show Caption’.

5.    Centang ‘Include Auto-generated Captions’

Akhiri cara menampilkan subtitle di YouTube ini dengan centang opsi kedua yaitu yang bertuliskan ‘Include Auto-generated Captions’.

Baca juga: Aneka Macam Penutur Bahasa di Indonesia

Jasa Translate Subtitle

Itu tadi penjelasan mengenai bagaimana cara menambahkan subtitle di YouTube dan cara menampilkan subtitle di YouTube. Apabila kamu membutuhkan jasa pembuatan subtitle untuk videomu, kamu bisa menggunakan jasa subtitle Xerpihan. Kami menyediakan layanan pembuatan subtitle bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Jika kamu tertarik, silakan hubungi admin kami melalui email admin@xerpihan.id atau WhatsApp di nomor (0831) 1916 1413.

Leave a comment

Your email address will not be published.