Aplikasi Cek Ejaan Bahasa Indonesia untuk Cek Typo Online

Aplikasi Cek Ejaan Bahasa Indonesia untuk Cek Typo Online

Aplikasi Cek Ejaan Bahasa Indonesia untuk Cek Typo Online – Mengecek ejaan, salah tik, dan tata bahasa tentu sangat penting. Kalau kamu sudah tahu cara mengecek ejaan bahasa Indonesia yang mudah, pasti kamu bisa lebih hemat waktu dan tenaga. Keduanya bisa dihemat, sebab kamu tak perlu membaca ulang atau mengecek satu per satu kalimat untuk menemukan kesalahan. Apalagi jika teks yang dibuat sangat panjang, pasti akan melelahkan dan memakan waktu.

Jasa Proofreading Dokumen

Memang ada banyak cara mengecek ejaan bahasa Indonesia. Bisa secara manual tanpa bantuan aplikasi, bisa juga dengan bantuan aplikasi cek ejaan bahasa Indonesia online yang sekarang sudah banyak tersebar di internet. Apa saja aplikasi cek ejaan bahasa Indonesia online yang gratis dan mudah digunakan? Temukan jawabannya di ulasan berikut.

Baca juga: Aplikasi Parafrase Online untuk Membuat Parafrase Otomatis

Manfaat Aplikasi Cek Ejaan Bahasa Indonesia

Pasti kamu sudah tahu bahwa typo adalah kesalahan dalam mengetik. Typo juga sering disebut sebagai saltik, singkatan dari salah tik. Typo bisa terjadi ketika menulis di perangkat apa saja, seperti telepon seluler, komputer, maupun laptop. Umumnya typo ini dilakukan dengan tidak sengaja. Kalau orang bisa memilih, pasti memilih tidak typo sehingga tidak perlu membenarkan kesalahan ini.

Jasa Parafrasa

Sedangkan ejaan dan tata bahasa adalah kaidah atau peraturan untuk menggunakan bahasa. Karena kita sedang membuat teks bahasa Indonesia, maka tata bahasanya harus benar. Begitu juga dengan ejaan yang sekarang ini harus sesuai dengan PUEBI. Lain cerita jika teks yang dibuat menggunakan bahasa Inggris, kamu harus sesuaikan dengan grammar-nya (tata bahasa dalam bahasa Inggris).

Dulu saat belum ada aplikasi cek ejaan bahasa Indonesia online, cek typo online tidak bisa dilakukan. Cara memastikan teks yang dibuat sudah benar atau belum adalah dengan dibaca ulang supaya bisa dibenarkan secara manual apabila ada salah tik atau salah tulis. Begitu juga dengan salah ejaan, cara mengecek ejaan bahasa Indonesia secara manual adalah dengan membaca ulang teks tersebut dan menggantinya jika ada yang salah.

Seiring dengan perkembangan teknologi, cara mengecek ejaan bahasa Indonesia pun menjadi semakin mudah. Sekarang kamu bisa cek ejaan bahasa Indonesia dan typo dengan aplikasi cek ejaan bahasa Indonesia online,

Baca juga: Aplikasi Anti Plagiarisme

Rekomendasi Aplikasi Cek Ejaan Bahasa Indonesia untuk Cek Typo Online

Sebenarnya, cek ejaan, dan cek tata bahasa, cek typo online adalah tiga pengecekkan yang berbeda. Namun karena kamu harus sebisa mungkin hemat waktu, kamu akan mendapat rekomendasi aplikasi yang bisa melakukan pengecekan atas ketiganya sekaligus.

Ya, hanya satu kali cek saja kamu sudah tahu apakah teks yang dibuat sudah bebas typo, sudah benar ejaannya, dan sudah benar tata bahasanya atau belum. Langsung saja simak apa saja aplikasi cek ejaan bahasa Indonesia online berikut.

1. Ejaan.id

Ejaan.id Aplikasi cek ejaan bahasa indonesia

Rekomendasi aplikasi cek ejaan bahasa Indonesia adalah Ejaan.id. Namanya memang ‘ejaan’, namun aplikasi ini tetap bisa melakukan cek typo online, cek ejaan, dan cek tata bahasa sekaligus. Ada kata ‘id’ memang menandakan alamat web sebab kamu juga bisa gunakan versi web nya, sehingga tak perlu menginstal.

Namun kamu tetap bisa gunakan versi aplikasi yang bisa kamu unduh secara cuma-cuma, sangat solutif dan jadi aplikasi untuk cek ejaan bahasa Indonesia online pertama di daftar ini.

2. Typoonline

Selanjutnya ada Typoonline yang berwujud aplikasi dan website. Mudahnya pakai aplikasi ini untuk cek typo online, ejaan, dan tata bahasa adalah terdapat penggunaan warna.

Kata atau kalimat yang typo atau salah tik akan diberi warna merah, sedangkan salah ejaan atau salah tata bahasa akan berwarna biru. Jadi, sifatnya opsional untuk mengganti tata bahasanya sesuai kaidah atau sesuai yang kamu inginkan.

3. Google Docs

Rekomendasi aplikasi cek ejaan bahasa Indonesia selanjutnya adalah Google Docs.  Google Docs tersedia dalam dua jenis, yaitu website dan aplikasi yang bisa kamu unduh di Google Play. Karena Google Docs merupakan aplikasi dari Google, maka untuk mengaksesnya kamu perlu login dengan menggunakan akun Google. Jadi pastikan kamu sudah punya akun Google ya.

4. KBBI

Sudah tahukah kamu bahwa ada aplikasi namanya KBBI dan bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan tiga pengecekan ini? Jangan tunda untuk coba gunakan aplikasi ini. Aplikasi ini mudah digunakan dan semua pengecekan bisa dilakukan dengan hasil yang valid. Sebagaimana Kamus Besar Bahasa Indonesia dibuat secara resmi untuk memberikan panduan dalam berbahasa dan berkata-kata.

Baca juga: Aneka Macam Penutur Bahasa di Indonesia

Cara Cek Tata Bahasa dan Cek Typo Online dengan Aplikasi Cek Ejaan Bahasa Indonesia

Umumnya cara cek typo online, ejaan, dan tata bahasa di semua aplikasi dan platform website akan membutuhkan cara yang sama. Prosedur sama, hanya sedikit perbedaan satu sama lain.

typoonline aplikasi cek typo online

Jika yang digunakan adalah Ejaan.id, Typoonline, dan KBBI, cara kerjanya adalah dengan menempelkan langsung teks yang akan dicek. Selanjutnya, aplikasi akan memberi tahu mana saja yang salah, kemudian kamu harus memperbaikinya sendiri.

Setelah teks selesai di cek typo, ejaan, dan tata bahasanya, kamu harus ambil lagi teks yang sudah benar ini. Mengambilnya dengan cara menyalinnya ke dokumen baru, atau dipindahkan ke dokumen lain yang berisi teks yang belum dibenarkan tadi. Dengan begitu, teks yang tadinya belum dicek sudah terganti dengan teks yang sudah benar.

Cara Mengecek Ejaan Bahasa Indonesia Menggunakan Google Docs

Google Docs cek tata bahasa online
Google Docs

Cara mengecek ejaan bahasa Indonesia dengan Google Docs memang sedikit berbeda dengan ketiga aplikasi lainnya, Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum mengecek ejaan dengan Google Docs adalah pastikan dahulu bahwa kamu sudah punya akun Google. Sebab, kamu harus login akun Google terlebih dahulu agar bisa mengakses Google Docs. Setelah membuka laman Google Docs, salin teks yang akan dilakukan pengecekan ke badan dokumen. Kemudian ketuk opsi ejaan dan tata bahasa pada menu alat. Lalu pilih ‘pemeriksaan ejaan dan tata bahasa’.

Ejaan yang disarankan oleh google docs akan ditampilkan dibagian kanan atas. Ketuk opsi ‘terima’ jika kamu ingin mengubah ejaan secara otomatis. Sedangkan jika kamu tidak ingin menggantinya, kamu bisa ketuk opsi ‘abaikan’. Jika kamu sudah selesai memeriksa ejaan, ketuk ‘tutup’ untuk menyembunyikan fitur ‘pemeriksaan ejaan dan tata bahasa’.

Baca juga: Aplikasi Cek Grammar Bahasa Inggris

Jasa Proofreading

Aplikasi cek ejaan bahasa Indonesia online adalah aplikasi yang sangat membantu kita dalam perbaikan penulisan. Sebab, aplikasi tersebut bisa mendeteksi beberapa macam kesalahan dalam penulisan, seperti kesalahan ejaan, dan kesalahan tata bahasa. Namun, sayangnya aplikasi tersebut belum bisa mendeteksi kesalahan logika atau alur berpikir sebuah tulisan. Padahal kesalahan logika atau alur berpikir merupakan kesalahan yang cukup fatal.

Apabila sebuah teks terdapat kesalahan logika berpikir maka teks tersebut akan sulit dipahami oleh pembaca. Bahkan bisa jadi pembaca akan salah menafsirkan tulisan tersebut. Tentu hal ini merupakan kesalahan yang fatal bukan? Apalagi kalua teks tersebut merupakan sebuah paper hasil penelitian. Oleh karena itu, apabila kamu sedang menulis sebuah teks yang penting, seperti karya ilmiah atau paper, Selain mengecek ejaan dan tata bahasa, kamu juga harus mengecek logika tulisanmu. Pastikan alur berpikir kalian sudah benar ya. Jika kalian masih ragu dengan logika tulisanmu, kamu bisa meminta bantuan orang lain, atau kamu juga bisa menggunakan jasa proofreading online Xerpihan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *