Cara Mengecek Plagiarisme Online dengan Aplikasi Anti Plagiarisme

Cara Mengecek Plagiarisme Online dengan Aplikasi Anti Plagiarisme

Cara mengecek plagiarisme online dengan aplikasi anti plagiarisme – Jika kamu sudah tahu bagaimana cara mengecek plagiarisme online, maka ke depannya kamu bisa lebih leluasa saat mempublikasikan tulisan kamu sendiri. Seperti yang kita tahu, setiap karya tulis seharusnya disusun dan ditulis secara orisinal, jangan sampai ada unsur penjiplakan di sana.

Jasa Parafrasa

Plagiarisme atau penjiplakan merupakan sebuah bentuk pelanggaran yang bisa memberikan sanksi bagi siapa saja yang melakukannya. Sekecil apapun skala karya tulis yang dibuat dan sependek apapun tulisannya, jika ingin dipublikasikan, harus bebas dari plagiarisme.

Dahulu, sulit untuk memastikan sebuah karya tulis bebas plagiarisme atau tidak. Namun, tidak untuk saat ini, sebab sekarang ini sudah ada yang namanya aplikasi anti plagiarisme. Malahan sudah ada banyak, sehingga ketika kamu harus memastikan tulisanmu orisinal kapan saja, kamu bisa punya pilihan untuk memakai aplikasi yang mana.

Ada yang berbayar, ada juga yang gratis. Ada yang bebentuk aplikasi anti plagiarisme, juga ada yang berbentuk situs web sehingga tidak perlu penginstalan. Mana saja bisa kamu pilih.

Dalam kesempatan ini akan dibahas bagaimana cara mengecek plagiarisme online dan beberapa aplikasi anti plagiarisme yang direkomendasikan.

Baca juga: Undang-Undang, Sanksi, Dampak, dan Cara Menghindari Plagiarisme

Berikut Cara Mengecek Plagiarisme Online dengan Aplikasi Anti Plagiarisme

Jasa Proofreading Dokumen

Cara Mengecek Plagiarisme Online

Ada alasan mengapa yang dibahas terlebih dahulu adalah cara mengecek plagiarisme online baru aplikasinya. Antara satu aplikasi dengan yang lainnya membutuhkan prosedur yang mirip untuk melakukan pengecekan plagiarisme. Jadi, jika kamu sudah tahu prosedur umum yang akan dibahas ini, otomatis kamu bisa menggunakan aplikasi anti plagiarisme yang akan dipilih.

Cara yang pertama adalah memantapkan dulu aplikasi atau platform situs web plagiarisme yang akan dipakai. Jika itu aplikasi, maka kamu harus instal aplikasinya terlebih dahulu. Namun jika yang dipilih adalah platform situs web, maka yang kunjungi dulu adalah alamat webnya.

Umumnya, di halaman utama kamu akan langsung melihat dua kotak yang bersandingan. Di salah satu kotak tersebut kamu akan memasukkan teks yang akan di cek plagiarismenya.

Setelah teks berada di kotak, cari opsi atau menu untuk memulai pengecekan plagiarisme. Opsi ini bisa bertuliskan ‘Check Plagiarism’, bisa ‘Periksa Plagiarisme’, bisa lainnya yang serupa.

Kamu akan diminta menunggu beberapa saat sampai aplikasi atau situs web itu selesai melakukan pengecekan. Jika sudah selesai, di halaman akan ada keterangan apakah tulisan yang kamu cek itu 100% bebas plagiarisme atau terdeteksi plagiarisme sekian persen.

Jika sudah 100% unik atau bebas plagiarisme, kamu bisa langsung mempublikasikan tulisanmu ini. Namun, jika ternyata ada yang terdeteksi plagiarisme, kamu bisa memperbaikinya terlebih dahulu supaya lebih unik. Aplikasi yang kamu pakai nanti akan memberitahu paragraf atau kalimat mana yang harus diganti.

Barulah setelah diganti, kamu bisa melakukan pengecekan ulang. Begitu seterusnya, jika masih terdeteksi juga maka kamu harus memperbaikinya lagi.

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat mengecek plagiarisme

Ada beberapa hal yang perlu diketahui dalam cara mengecek plagiarisme online ini. Jumlah kata yang bisa dicek keunikannya biasanya sudah ditentukan. Ada aplikasi yang memperbolehkan pengecekan sampai 1000 kata saja, juga ada yang sampai 2000 kata atau lebih. Jika ternyata jumlah kata dalam tulisanmu lebih dari itu, bisa dicek bergantian.

Contohnya, jika panjang teks kamu adalah 1500 kata, bisa lebih dulu dicek yang 1000 kata terlebih dahulu, kemudian baru dicek 500 kata sisanya. Begitu juga dengan jumlah kata yang lain.

Baca juga: Contoh Natural Language Processing Speech-to-Text dan Text-to-Speech

Website dan Aplikasi Anti Plagiarisme yang Direkomendasikan

Kali ini akan dibahas apa saja aplikasi anti plagiarisme yang direkomendasikan. Beberapa di antaranya adalah Viper Anti Plagiarism Checker, Plagscan, Copyscape, Writecheck, Duplichecker, Unichecker, dan Plagiarism Checker. Itu baru yang aplikasi, jika kamu tertarik menggunakan yang berbentuk website atau platform, kamu bisa menggunakan Small SEO, Duplichecker, dan Plagiarism Detector.

Semua aplikasi dan platform website yang telah disebutkan ini membutuhkan prosedur yang sama, sama seperti prosedur yang telah dibahas sebelumnya. Ada yang mengantar kamu ke halaman utama terlebih dahulu, sebab ada aplikasi yang punya beberapa layanan atau fitur sekaligus. Jika demikian, kamu hanya perlu pilih fitur cek plagiarisme saja.

Mayoritas gratis, ada pun yang berbayar adalah Unicheck. Sisanya ada yang benar-benar gratis, ada juga yang berbayar jika kamu ingin punya versi premiumnya.

Baca juga: Struktur Artikel Ilmiah: Berikut Pengertian dan Cara Membuat Artikel Ilmiah

Mengapa Kamu Harus Benar-Benar Menghindari Plagiarisme?

Sebelum membahas alasannya, kamu harus tahu beberapa jenis plagiarisme. Mengetahui apa saja jenisnya, akan membantu kamu semakin memahami pola penjiplakan untuk kemudian menghindarinya.

Jika bicara soal jenis plagiarisme, sebenarnya ada banyak. Mulai dari jenis-jenis berdasarkan polanya, berdasarkan penyajiannya, berdasarkan aspeknya, hingga berdasarkan kesengajaannya. Ada plagiarisme yang dilakukan dengan tidak sengaja, ada yang dengan sengaja, ada plagiarisme total, ada plagiarisme parsial, penjiplakan ide, penjiplakan kata demi kata, plagiarisme ubah bahasa, dan masih banyak lainnya. Di bahasan sebelumnya, apa saja jenisnya sudah dibahas secara terperinci.

Lantas, mengapa kamu harus benar-benar memastikan karya tulis yang dipublikasikan benar-benar bebas plagiarisme? Bagi seorang akademisi, ini bisa membuat ijazah dan gelar dicabut. Jika bekerja di bidang pendidikan, pemecatan bisa jadi salah satu sanksinya.

Sudah banyak kasus plagiarisme yang terjadi di Indonesia dan dibahas oleh media. Kamu bisa cek langsung untuk membuktikannya.

Sekarang kamu sudah tahu bagaimana cara mengecek plagiarisme online. Aplikasi anti plagiarisme yang bisa dipakai juga sudah kamu ketahui. Saatnya menulis karya tulis yang orisinal, otentik, dan bebas dari plagiarisme. Selamat mencoba!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *