Cara Mengurangi Plagiarisme di Turnitin dengan Mudah

Bagaimana cara mengurangi plagiarisme di Turnitin dengan mudah? Jika kamu ingin tahu, simak artikel ini hingga selesai.

Cara Mengurangi Plagiarisme di Turnitin – Plagiarisme adalah hal yang harus dihindari saat menulis karya ilmiah. Sebab, plagiarisme merupakan tindakan penjiplakan yang melanggar hak cipta. Orang yang ketahuan melakukan penjiplakan atau copy paste, baik sebagian atau seluruh ide dari orang lain, dapat dikenai sanksi yang tegas. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa membaca artikel mengenai undang-undang dan sanksi plagiarisme.

Pada zaman dahulu, melakukan pengecekan plagiarisme di dalam karya tulis merupakan hal yang sulit. Sebab kita harus mengeceknya satu-persatu secara manual. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan teknologi, sekarang orang-orang sudah bisa mendeteksi adanya plagiarisme dengan lebih mudah.

Jasa Translate Dokumen | Indonesian English Translation Services
Jasa Translate Dokumen Bahasa Inggris, Mulai Rp10.000

Saat ini sudah banyak bermunculan aplikasi yang bisa digunakan untuk mendeteksi plagiarisme. Salah satu aplikasi yang cukup terkenal untuk mendeteksi plagiarisme adalah Turnitin.

Apa itu Turnitin? Turnitin adalah software atau program yang dibuat untuk mendeteksi adanya plagiarisme. Turnitin bekerja dengan cara melakukan perbandingan antara tulisan yang ada di suatu karya tulis dengan tulisan yang sudah tercatat dalam database Turnitin. Hasil kesamaan yang telah ditemukan oleh Turnitin akan ditampilkan dalam presentase, seperti 0%, 10%, 20%, 30%, hingga 50%. Hasil persenan inilah yang menentukan apakah hasil tulisan ini original atau tidak.

Batas persentasi plagiarisme yang diperbolehkan untuk setiap instansi atau kampus berbeda-beda. Namun, umumnya, batas maksimal persentase plagiarisme yang diperbolehkan untuk karya tulis biasanya 10-25%. Jadi, apabila jurnal atau skripsi yang kita tulis memiliki persentase plagiarisme lebih dari batas maksimal yang diperbolehkan, mau tidak mau kita harus menurunkan persentasenya.

Bagaimana Cara Mengurangi Plagiarisme di Turnitin dengan Mudah?

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi plagiarisme di Turnitin.

A. Parafrasa

Perlu diketahui bahwa cara mengurangi plagiarisme sebenarnya tidak terlalu sulit. Terdapat beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi plagiarisme. Salah satunya adalah dengan cara parafrasa. Teknik parafrasa sering digunakan, bahkan dianjurkan dalam penulisan karya ilmiah untuk menuliskan pernyataan orang lain untuk mendukung hipotesa.

Parafrasa sendiri adalah sebuah teknik menulis dengan cara mengubah kalimat yang telah ditulis oleh orang lain untuk membuatnya menjadi kalimat dengan gaya tulisan kita. Meski kita mengubahnya dengan gaya tulisan kita, tetapi pada akhir dari kalimat yang telah diparafrasa harus sertakan sumber.

1. Mengubah Struktur Kalimat

Salah satu cara untuk melakukan parafrasa, yaitu mengubah kalimat dengan mengganti struktur kalimat yang ada. Mengganti struktur yang dimaksud adalah melakukan pengubahan kalimat yang tadinya aktif menjadi kalimat pasif, atau sebaliknya mengubah kalimat pasif menjadi kalimat yang aktif. Dengan melakukan pengubahan struktur kalimat dari aktif menjadi pasif atau sebaliknya, tulisan kita tidak akan dianggap plagiat. Teknik parafrasa ini sangat efektif untuk mengurangi plagiarisme pada Turnitin.

Sederhananya, kalimat aktif adalah kalimat yang subjeknya melakukan perbuatan. Pada kalimat aktif, subjek biasanya berada pada awal kalimat. Sementara kalimat pasif sendiri adalah kalimat yang subjeknya dikenai pekerjaan. Pada kalimat pasif, subjek biasanya berada pada akhir kalimat. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa membaca artikel mengenai kalimat aktif dan kalimat pasif.

Baca juga: Cara Mengubah Kalimat Aktif Menjadi Pasif

2. Mengganti Beberapa Kata

Terdapat cara yang lain, yakni mengubah kalimat dengan mengganti pemakaian kata yang telah ada sebelumnya. Cara mengurangi plagiarisme yang satu ini adalah mengganti beberapa kata di kalimat asli dengan sinonimnya. Penggunaan sinonim tentu akan membantu kita untuk mengubah kalimat asli tanpa mengubah makna yang telah ada.

Kamu dapat menggunakan Tesaurus untuk mencari sinonim dari kata yang ingin diubah. Adapun penggunaan Tesaurus hampir mirip dengan KBBI. Kita hanya perlu mengetikkan kata yang ingin dicari, lalu sinonim dari kata tersebut akan muncul.

jasa parafrase kalimat skripsi dan jurnal
Jasa Parafrasa Jurnal dan Tesis, Mulai Rp10.000

3. Menguraikan dengan Detail

Terakhir adalah mengubah kalimat dengan cara melakukan penguraian dengan detail makna kalimat yang telah ada sebelumnya. Menguraikan kalimat asli yang singkat dan padat menjadi kalimat yang detail bisa membantu kita untuk mengurangi plagiarisme.

Misalnya, ketika menemukan suatu kalimat di suatu situs web yang berisi sebuah informasi, kita bisa menulis ulang informasi tersebut dengan lebih detail. Caranya dengan menambahkan beberapa informasi lain yang berasal dari sumber berbeda, lalu digabung dengan informasi yang sudah kita dapatkan sebelumnya.

Apabila informasi yang kita tulis lebih lengkap, tulisan kita akan menjadi lebih mudah dimengerti oleh pembaca. Menguraikan informasi dengan lebih detail juga bermanfaat untuk meningkatkan kredibilitas tulisan kita.

B. Mencantumkan Sumber

Plagiarisme adalah suatu kata yang sama seperti kata yang lainnya dan biasanya berasal dari sumber tidak terpercaya dan tidak kredibel. Adapun batas persentasi plagiarisme yang telah ditentukan setiap kampus berbeda-beda ada kalanya tidak boleh lebih dari 10% atau 15%. Batas presentase plagiarisme ini dapat dengan mudah dipahami jika kamu mendiskusikan langsung kepada dosen pembimbing.

Sebab, saat menulis karya ilmiah kita tidak bisa terlepas 100% original. Adakalanya kita perlu mencantumkan ide atau pernyataan orang lain untuk untuk mendukung hipotesis yang kita buat. Penulisan parafrasa tidak akan membantu mengurangi plagiarisme apabila kita tidak mencantumkan sumber yang mana diambil untuk kalimat tersebut. Adapun penyantuman sumber akan menandakan bahwa kita mengakui dan menghormati penulis yang telah menulis kalimat tersebut.

jasa proofreading dokumen bahasa Inggris
Jasa Proofreading Jurnal dan Tesis, Mulai Rp10.000

Apabila hal ini dilakukan, kita tidak akan dituduh mencuri ide orang lain. Jadi mencantumkan sumber adalah salah satu hal yang harus kita lakukan saat mengutip ide orang lain agar tidak dituduh plagiat.

Baca juga: Cara Mengutip dari Buku dan Jurnal

C. Gunakan Sumber yang Kredibel

Mencantumkan sumber tentang tulisan sangat penting. Akan tetapi kita juga perlu hati-hati dalam memilih sumber. Jangan sampai pernyataan yang kita cantumkan di dalam tulisan kita justru berasal dari sumber yang telah melakukan plagiarisme.

Sumber yang kredibel adalah sumber yang mempunyai keterangan waktu kapan sumber tersebut dipublikasikan. Biasanya sumber yang kredibel juga akan mencantumkan referensi buku atau website sebagai rujukan apabila seseorang ingin melihat sumber yang asli nantinya. Sumber yang kredibel pada umumnya mempunyai domain website yang bisa dipercaya, tidak seperti blogspot atau wordpress. Hal ini karena blogspot dan wordpress biasanya dianggap mempunyai kredibilitas yang lemah. Sementara domain yang dianggap mempunyai kredibilitas yang tinggi biasanya menggunakan gov. org.

Baca juga: Cara Membuat Sitasi dari Jurnal, Buku, dan Internet

Cara Menghindari Plagiarisme

Berikut langkah-langkah yang perlu diperhatikan untuk menghindari plagiarisme saat mengutip pernyataan dari sumber tertentu.

  1. Baca kembali teks atau tulisan yang ingin dijadikan referensi hingga benar-benar paham.
  2. Untuk menambahkan detail informasi, kamu bisa mencari tulisan lain yang memuat informasi sejenis.
  3. Tulis ulang kalimat tersebut menggunakan gaya bahasa sendiri tanpa merubah makna dan substansinya.
  4. Jika masih mirip dengan tulisan aslinya, ganti beberapa kata dengan sinonim atau padanan katanya.
  5. Jangan lupa untuk menyantumkan sumber referensi pada kalimat yang kamu tulis.

Cara mengurangi plagiarisme dalam Turnitin juga sangat mudah jika kita mengikuti teknik yang benar. Jumlah persentase Turnitin yang tadinya berjumlah besar akan mengalami penurunan jika kita mengikuti teknik yang telah tertera di atas.

Jika mengalami kesulitan dalam melakukan parafrase, Anda bisa menggunakan jasa parafrase Xerpihan. Xerpihan merupakan perusahaan yang sudah berpengalaman dalam menyediakan layanan bahasa profesional, seperti jasa parafrase, jasa proofreading, jasa translate, jasa subtitle, hingga jasa transkrip.

[Total: 1 Average: 5]

Leave a Comment