Jurnal Ilmiah: Pengertian, Format, dan Cara Membuat Jurnal Ilmiah

Apa itu jurnal ilmiah dan bagaimana cara membuatnya? Berikut penjelasan mengenai pengertian, format, contoh, dan cara membuat jurnal ilmiah.

Dalam dunia pendidikan, terutama pada tingkatan perguruan tinggi, Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya jurnal ilmiah. Bukan hanya sekadar tugas akademik semata, tetapi jurnal ini merupakan sebuah syaratan penting yang harus Anda selesaikan ketika hendak menyelesaikan pendidikan kuliah.

Jasa Translate Dokumen | Indonesian English Translation Services
Jasa Translate Jurnal Bahasa Inggris, Mulai Rp10.000

Melalui sebuah jurnal, beberapa orang dalam bidang yang sama dapat melakukan sebuah komunikasi dengan saling bertukar informasi. Misalnya dalam dunia kedokteran, seorang dokter bisa saling mengetahui sebuah pengetahuan baru melalui sebuah jurnal. Jadi publikasi jurnal dapat memudahkan orang-orang dalam melakukan sebuah komunikasi tidak langsung, khususnya dalam bidang ilmu pengetahuan.

Dengan adanya jurnal, bisa membangun kelangsungan sebuah bidang keilmuan untuk saling mengisi informasi satu sama lain. Adanya jurnal juga bisa untuk membangun suatu bidang keilmuan yang akan mengarah kepada eklusivitas bidang keilmuan tersebut.

Bagi Anda yang sudah duduk dibangku pendidikan, sudah sepatutnya untuk mengetahui berbagai informasi mengenai jurnal. Mulai dari apa itu sebenarnya pengertian dari jurnal, format penulisan, serta bagaimana cara membuat jurnal yang baik dan benar. Hal ini akan memudahkan Anda ketika hendak membuat sebuah jurnal dikemudian hari. Apalagi jika Anda memang seorang mahasiswa akhir yang sudah mendapatkan tugas pembuatan jurnal ilmiah. Maka dari itu, berikut akan dibahas informasi mengenai pengertian jurnal, format, serta cara membuat jurnal bersifat ilmiah yang penting untuk Anda ketahui.

Apa Itu Jurnal Ilmiah?

Pengertian Jurnal Ilmiah

Hal pertama yang perlu Anda ketahui sebelum tahu cara membuat jurnal adalah mengetahui pengertian dari jurnal ilmiah itu sendiri. Pengertian dari jurnal ilmiah adalah sebuah publikasi yang diterbitkan berdasarkan sebuah kala atau secara berkala oleh sebuah organisasi profesi maupun sebuah institusi akademik yang di dalamnya memuat berbagai artikel ilmiah yang menjadi sebuah produk pemikiran ilmiah yang bersifat empiris, serta logis dalam sebuah bidang ilmu tertentu.

Definisi singkatnya, jurnal ilmiah adalah sebuah bentuk publikasi ilmiah yang dilakukan secara berkala, di dalamnya memuat sebuah hasil kegiatan atau penelitian dalam sebuah bidang keilmuan tertentu. Penelitian atau hasil kegiatan dari sebuah pengamatan empiris, sebuah kajian konseptual, penemuan baru, pengembangan, dan juga penguatan terhadap sebuah paradigma hukum, teori, prinsip, dan juga konsep.

Baca juga: Perbedaan Artikel dan Jurnal

Di dalam sebuah jurnal, termuat kumpulan artikel yang dirangkum berdasarkan suatu bidang keilmuan untuk memberikan sebuah informasi mutakhir akan sebuah kegiatan, penemuan, maupun sebuah pengembangan.

Artikel ilmiah sendiri merupakan sebuah tulisan yang berisi tentang laporan dengan susunan sistematis mengenai sebuah hasil kajian atau hasil penelitian yang disajikan bagi masyarakat ilmiah tertentu. Kontribusi ini dikhususkan berdasarkan sebuah bidang dengan tujuan untuk menyampaikan sebuah hasil kajian penulis dengan sebuah laporan sistematis.

jasa proofreading dokumen bahasa Inggris
Jasa Proofreading Jurnal, Mulai Rp10.000

Peran Serta Fungsi Jurnal Ilmiah

Terdapat beberapa peran serta fungsi dari sebuah jurnal ilmiah yang menjadi alasan mengapa sebuah jurnal berkualitas itu menjadi sebuah hal yang penting untuk diperhatikan. Jangan sekali-kali mencoba untuk membuat sebuah jurnal dengan kualitas buruk, sebab akan menghasilkan sebuah informasi yang tidak benar dalam sebuah bidang keilmuan.

Berikut ini peran serta fungsi dari jurnal ilmiah dalam sebuah bidang keilmuan tertentu:

  • Sebuah sarana komunikasi dalam bidang akademik antara para ilmuan;
  • Media penyebaran hasil-hasil penelitian;
  • Sebagai pengembangan budaya akademik di sebuah tingkatan perguruan tinggi;
  • Sebagai media penukaran informasi agar menghasilkan ide-ide baru yang akan digunakan dalam ilmu pengetahuan serta teknologi;
  • Dapat menjadi sarana latihan menulis artikel ilmiah untuk para dosen;
  • Sebagai sumber pengetahuan baru dalam bidang keilmuan tertentu;
  • Sebagai metode pengangkatan citra perguruan tinggi.

Jenis-Jenis Artikel dalam Jurnal Ilmiah

Telah dijelaskan bahwa di dalam sebuah jurnal ilmiah memuat berbagai jenis artikel yang diperuntukkan untuk memenuhi peran serta fungsinya. Berikut ini informasi mengenai jenis-jenis artikel yang termuat di dalam sebuah jurnal:

  • Tinjauan buku atau review;
  • Artikel hasil penelitian;
  • Artikel non penelitian;
  • Laporan kasus;
  • Ceramah;
  • Editorial;
  • Obituari.

Format Penulisan Jurnal Ilmiah

Sebuah jurnal ilmiah memiliki sebuah format penulisan yang digunakan untuk membuat sebuah artikel. Jadi, kita tidak boleh sembarangan saat membuat artikel ilmiah. Jika ingin artikel kita bisa diterbitkan dalam jurnal, harus menaati format penulisan yang berlaku untuk jurnal ilmiah tersebut.

Berikut ini informasi mengenai format penulisan artikel dalam jurnal ilmiah yang harus Anda ketahui:

1. Judul

Hal pertama yang harus ada dalam format penulisan jurnal ilmiah adalah judul. Judul berfungsi sebagai kepala artikel. Pemilihan judul harus jelas, singkat, dan padat, tetapi bisa menggambarkan isi keseluruhan dari artikel yang ada tanpa harus membaca artikel secara keseluruhan. Biasanya, judul untuk artikel ilmiah tidak boleh lebih dari 14 kata.

2. Abstrak

Setelah judul terdapat abstrak. Abstrak ini hampir mirip dengan ringkasan atau intisari dari seluruh isian artikel. Abstrak berisi permasalahan yang akan dibahas, alasan pelaksanaan penelitian, bagaimana kegiatan tersebut dilaksanakan, hingga apa yang dihasilkan dari kegiatan tersebut beserta prospeknya. Di bawah abstrak, terdapat kata kunci yang relevan dengan artikel.

3. Pendahuluan

Pendahuluan merupakan penyataan awal dari sebuah kasus yang sedang diselidiki atau ingin dikaji dalam artikel tersebut. Pendahuluan berisi kondisi yang melatar belakangi adanya masalah yang dibahas. Di dalam pendahuluan juga terdapat rumusan masalah dan tujuan penulisan yang dikaitkan dengan upaya pemecahan masalah.

Baca juga: Cara Publikasi Jurnal Gratis

4. Bahan dan Metode

Setelah bagian pendahuluan maka berikutnya yakni bahan dan metode. Pada bagian ini akan membahas mengenai desain percobaan, metode pengumpulan data, peralatan yang digunakan, gambaran lokasi, serta jenis penelitian dan pengendalian yang dilakukan.

5. Hasil dan Pembahasan

Setelah dijelaskan mengenai bahan dan metode penelitian yang digunakan maka selanjutnya akan langsung masuk ke bagian hasil. Pada bagian hasil ini akan dijelaskan mengenai penyajian data dan ringkasan hasil penelitian dalam bentuk table, teks, dan juga gambar penelitian serta hasil penelitian.

7. Kesimpulan

Selanjutnya yakni dibahas mengenai kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Simpulan berisi hasil dari penelitian atau pengkajian yang sudah disarikan.

8. Daftar Pustaka

Pada bagian artikel jurnal ilmiah ini berisi mengenai sumber referensi yang Anda gunakan untuk mengambil teori, serta sumber lainnya yang Anda gunakan dalam menyusun penelitian. Umumnya naskah hasil penelitian membutuhkan minimal 10 sumber referensi yang kredibel.

Baca juga: Cara Membuat Review Jurnal Ilmiah

Cara Membuat Jurnal Ilmiah

Untuk membuat sebuah artikel jurnal, Anda harus mempersiapkan beberapa hal yang dirasa penting dalam penelitian yang dilakukan. Berikut ini beberapa cara atau langkah yang perlu Anda persiapkan:

  • Menentukan judul;
  • Membuat dasain dan dasolen;
  • Menentukan objek penelitian;
  • Mencari kajian teori pendukung;
  • Mengumpulkan data penelitian;
  • Penyusunan data penelitian;
  • Pengkajian data yang didapatkan dengan memanfaatkan teori yang ada;
  • Temuan;
  • Hasil dan kesimpulan.

Demikianlah informasi mengenai pengertian, format pembuatan, serta cara membuat artikel jurnal ilmiah yang memang wajib untuk diketahui apalagi bila Anda merupakan bagian dalam bidang pendidikan dalam sebuah keilmuan.

Saat Anda membuat artikel jurnal, jangan lupa untuk melakukan proofreading sebelum sebelum diterbitkan. Proofreading sangat penting dilakukan untuk memastikan tidak ada kesalahan penulisan di dalam tulisan, seperti salah ejaan, tata bahasa, dan tanda baca. Jika kamu perlu bantuan, jangan ragu untuk menghubungi Xerpihan. Kami menyediakan jasa proofreading jurnal yang dapat membantumu memeriksa serta memperbaiki ejaan, tanda baca, tata bahasa, serta konsistensi dan koherensi antarparagraf. Nantinya proofreader kami juga akan membantumu menyeleksi kata maupun frasa yang tepat agar tulisanmu lebih natural dan enak dibaca.

[Total: 2 Average: 5]

Leave a Comment