Cara Mereview Jurnal: Pengertian, Format, dan Contoh Review Jurnal

Bagaimana cara mereview jurnal yang benar? Simak pengertian, format, cara membuat, serta contoh review jurnal berikut ini.

Cara mereview jurnal penting untuk diperhatikan, terutama bagi akademisi seperti mahasiswa dan dosen. Hal ini karena para mahasiswa sering diberikan tugas oleh dosen untuk membuat review jurnal. Jadi para akademisi, baik dosen maupun mahasiswa, harus memahami apa itu review jurnal dan bagaimana cara mereview jurnal yang baik dan benar.

Jasa Translate Dokumen | Indonesian English Translation Services
Jasa Translate Jurnal Internasional, Mulai Rp10.000

Apa Itu Review Jurnal?

Dalam bahasa Indonesia, review berarti tinjauan atau ulasan. Sementara jurnal adalah kumpulan artikel ilmiah yang dipublikasikan secara berkala. Jadi pengertian review jurnal adalah kegiatan memberikan ulasan pada sebuah jurnal untuk dapat diketahui kualitasnya. Kegiatan ini meliputi merangkum serta mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan dari artikel yang dipublikasikan dalam suatu jurnal. Review jurnal bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai suatu jurnal sehingga dapat membantu orang lain untuk memahami jurnal tersebut.

Review jurnal biasanya dilakukan oleh orang yang menguasai bidang pembahasan jurnal. Dalam dunia pendidikan, kajiannya lebih mengarah pada pengembangan ilmu pengetahuan. Menelaah jurnal merupakan kegiatan akademik yang diperlukan untuk mencari referensi pendukung atau mengkaji suatu penelitian yang sudah ada dan dipublikasikan ke dalam jurnal ilmiah.

Cara Mereview Jurnal

Masih banyak mahasiswa yang belum mengetahui bagaimana cara mereveiw jurnal yang baik dan benar. Banyak yang menyamakan kegiatan mereview jurnal dengan meringkas jurnal. Padahal kegiatan mereview jurnal tidak hanya membuat ringkasannya saja. Kita juga harus bisa menulis gagasan sendiri mengenai apa yang kita pahami dari jurnal tersebut, serta apa saja kelebihan dan kekurangannya.

Supaya dapat membuat review jurnal dengan benar, ada beberapa tahapan yang sebaiknya kita lakukan. Secara garis besar, cara membuat review jurnal adalah sebagai berikut:

1. Kenali Gaya Publikasi

Cara mereview jurnal yang pertama adalah dengan memeriksa format jurnal dan pedoman gaya publikasi. Memeriksa format dan pedoman gaya sangat penting jika kita belum familiar dengan suatu jurnal. Membiasakan diri kita dengan standar publikasi akan memberi gambaran tentang cara mengevaluasi jurnal dan menyusun ulasannya.

2. Baca Sekilas

Setelah mengenali gaya publikasi jurnal, lihat artikel jurnal yang akan direvew dan coba telusuri logikanya. Baca sekilas judul, abstrak, dan heading untuk melihat bagaimana jurnal ini disusun. Saat melakukan skimming, identifikasi pertanyaan atau masalah yang dibahas dalam jurnal.

Setelah membaca sekilas, baca jurnal dari awal sampai akhir untuk mengembangkan sebuah kesan keseluruhan. Pada tahap ini, kita perlu mengidentifikasi tesis atau argumen utama, serta menyoroti atau menggarisbawahi kalimat atau gagasan yang dinyatakan dalam pendahuluan dan kesimpulan.

3. Baca Ulang dan Buat Catatan

Cara mereview jurnal selanjutnya adalah dengan membuat catatan-catatan penting. Setelah membacanya secara lengkap, bacalah artikel tersebut bagian demi bagian. Supaya lebih mudah, kita bisa mencetak salinan jurnal kemudian menulis catatan dan komentar di margin. Namun, jika kamu lebih suka bekerja dengan sebuah salinan digital, tulis catatan dan komentar dalam dokumen word.

Saat membaca lebih dekat, ukur seberapa baik jurnal memecahkan masalah utama. Pada tahap ini, perhatikan apakah di dalam jurnal terapat inkonsistensi terminologi, kesalahan penyusunan, kesalahan ketik, dan kesalahan dalam pemformatan.

Struktur Review Jurnal

Dalam menulis review jurnal yang baik, kita perlu memperhatikan strukturnya. Adapun struktur yang sebaiknya dicantumkan di dalam sebuah review jurnal adalah:

  1. Judul artikel
  2. Nama penulis
  3. Nama Jurnal
  4. Tahun dan Halaman
  5. Tujuan Penelitian
  6. Hipotesis Penelitian
  7. Kerangka Penelitian
  8. Kerangka Pemikiran
  9. Populasi dan Sampel
  10. Metode Pengambilan sampel
  11. Metode Penelitian
  12. Hasil dan Pembahasan
  13. Keunggulan
  14. Kekurangan
  15. Kesimpulan

Format Review Jurnal

Sebenarnya ada beragam format review jurnal. Ada yang berbentuk esai, ada juga yang berbentuk tabel. Berikut adalah beberapa contoh format review jurnal yang dikutip dari berbagai sumber.

Contoh Format Review Jurnal 1

Contoh format review jurnal 1

Contoh Format Review Jurnal 2

Judul(Judul lengkap jurnal yang akan di review)
Jurnal(Nama jurnal)
Volume dan Halaman(Volume dan halaman jurnal yang di review)
Tahun(Tahun jurnal di terbitkan)
Penulis(Penulis jurnal)
Reviewer(Nama reviewer)
Tanggal(Tanggal di review)
Tujuan Penelitian(Hasil Review)
Subjek Penelitian(Hasil Review)
Metode penelitian(Hasil Review)
Hasil Penelitian(Hasil Review)
Kekuatan Penelitian(Hasil Review)
Kelemahan Penelitian(Hasil Review)
Kesimpulan(Hasil Review)

Contoh Format Review Jurnal 3

Judul(Judul lengkap jurnal yang akan di review)
Jurnal(Nama jurnal)
Volume dan Halaman(Volume dan halaman jurnal yang di review)
Tahun(Tahun jurnal di terbitkan)
Penulis(Penulis jurnal)
Reviewer(Nama reviewer)
Tanggal(Tanggal di review)
Abstrak(Hasil Review)
Pengantar(Hasil Review)
Pembahasan(Hasil Review)
Simpulan(Hasil Review)
Kekuatan Penelitian(Hasil Review)
Kelemahan Penelitian(Hasil Review)

Langkah atau Cara Menulis Review Jurnal

Bagi yang belum pernah menulis resensi karya ilmiah seperti jurnal tentu akan bingung bagaimana cara menulisnya. Namun jangan khawatir, berikut akan dijabarkan langkah atau cara menulis review jurnal.

1. Menentukan halaman yang direview

Jurnal adalah publikasi yang berisi kumpulan artikel ilmiah yang diterbitkan secara periodik. Jadi jurnal tidak hanya terdiri dari 1 artikel saja, melainkan terdiri dari beberapa artikel ilmiah yang ditulis dengan format seragam. Umumnya saat melakukan review jurnal, kita hanya akan mengambil 1 artikel ilmiah saja. Maka dari itu, Langkah pertama dalam menulis review jurnal adalah menentukan halaman mana yang akan kita review. Khusus untuk pemula disarankan untuk mencoba dengan mengambil halaman yang tidak terlalu banyak. Setelah ditentukan, kamu dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Membaca artikel jurnal yang akan direview

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, kita tidak akan dapat menyusun ulasan jika kita tidak tahu apa isinya. Oleh karena itu, sebelum memulai, sebaiknya kita membaca keseluruhan artikel jurnal yang akan direview. Temukan dan catat poin-poin penting yang ada di sana. Jika malas mencatatnya, cukup tandai kalimat-kalimat penting yang ada di dalam artikel jurnal.

3. Menulis judul artikel yang direview

Setelah menentukan bagian mana yang akan diulas, selanjutnya kita harus menulis judul artikel yang sesuai. Cantumkan judul artikel yang akan diulas apa adanya tanpa melakukan perubahan apa pun.

4. Menulis identitas jurnal

Tidak hanya judul artikel yang dipilih, kita juga harus menuliskan identitas jurnal yang diresensi. Biasanya ini termasuk nama penulis artikel jurnal, nama jurnal, nomor volume, nomor issue, nomor halaman, tahun penerbitan, dan sebagainya.

5. Menulis isi jurnal sebagai pembuka

Sebagai pembuka, tuliskan ringkasan isi jurnal yang direview. Isi jurnal tersebut meliputi latar belakang, tujuan penelitian, tinjauan pustaka, metode penelitian, hingga hasil penelitian. Isi jurnal tidak perlu ditulis panjang lebar. Cukup dituliskan secara ringkas 1-3 paragraf, tetapi dapat menjelaskan detail dari isi jurnal.

7. Menulis gagasan mengenai artikel jurnal yang direview

Setelah menulis ringkasan isi jurnal, tuliskan gagasan atau opini pribadi tentang jurnal yang dibaca. Kamu bisa menuliskan pemahamanmu mengenai artikel jurnal, saran atau rekomendasi terkait, keterbatasan penelitian, dan yang lainnya. Kemudian jangan lupa untuk menuliskan apa saja kelebihan dan kekurangan jurnal tersebut. Jelaskan secara singkat dan padat, tetapi tentunya harus bisa dipertanggungjawabkan.

9. Periksa kembali hasil review

Setelah selesai menulis review, kita perlu memeriksa ulang hasilnya. Baca kembali hasil review dari awal hingga akhir dan periksa apakah ada kesalahan penulisan di dalamnya. Segera perbaiki jika terdapat kesalahan penulisan, seperti kesalahan ejaan, tanda baca, dan tata bahasa. Membaca ulang hasil review juga dapat memberikan pandangan baru terhadap tulisan kita.

Jika belum yakin terhadap tulisanmu, kamu juga bisa meminta temanmu untuk melakukan proofreading. Proofreading penting dilakukan untuk memastikan tulisanmu mudah dipahami oleh orang lain.

jasa proofreading dokumen bahasa Inggris
Jasa Proofreading Bahasa Indonesia dan Inggris, Mulai Rp10.000

Contoh Review Jurnal

1. Contoh Review Jurnal Internasional

Berikut adalah contoh review jurnal internasional yang dikutip dari merdeka.com

Judul ArtikelStrategy Management Accounting Practices In Croatia
JurnalThe Jurnal  Of  international  Management  Studies
Volume, HalamanVol 7 number 2, hal 93-100
Tahun2012
PenulisBranka Ramljak and Andrijana Rogosic
ReviewerAbdul Aziz (A210140110)
Tanggal29 Desember 2015
Tujuan PenelitianTujuan penelitian ini adalah memberikan wawasan praktik akuntansi manajemen strategis dan implikasinya pada relevansi dan ketepatan waktu manajer informasi yang digunakan.
Subjek PenelitianSubjek penelitian ini adalah 400 perusahaan besar di Kroasia yang mempunyai total aset 130.000.000 kunas, pendapatan dari 260.000.000 kunas dan rata-rata jumlah 250 karyawan selama setahun keuangan. Sebanyak 17,75% responden tidak menjawab pertanyaan.
Assesmen DataMenggunakan data kuesioner, serta melalui telepon, pos, dan email yang dikirim kepada manajer sebagai responden.
Metode penelitianMenggunakan instrumen survei multiitem, menggunakan 5 jenis titik skala likert, dan mengambil atau mengadaptasi dari studi sebelumnya.
Hasil PenelitianHasil analisa dari penelitian yang dilakukan adalah:
– Perusahaan besar di Kroasia telah menerapkan satu atau metode yang lebih canggih dari akuntansi manajemen strategis;
– 66% dari perusahaan sempel menggunakan salah satu teknik akuntansi;
– 40% perusahaan menerapkan teknik penetapan biaya berdasarkan aktivitas;
– 39% perusahaan menerapkan kualitas biaya.
Kekuatan PenelitianKekuatan penelitian ini adalah menggunakan alat penelitian berupa kuesioner yang mudah digunakan oleh subjek penelitian.
Kelemahan PenelitianKelemahan pada penelitian ini adalah tingkat responnya masih rendah, banyaknya metode yang digunakan dalam penelitian, bertambahnya ongkos penelitian dengan adanya pengiriman lewat pos kepada responden.
KesimpulanKesimpulan dari penelitian ini adalah hasil penelitian dapat memberikan efek sinergis positif dari managemen strategis implementasi teknik akuntansi yang berbeda. Hasil penelitian juga dapat memberikan wawasan bagi seorang manajer dalam penyusunan rencara perusahaan dan pengambilan keputusan. Dapat dikatakan penelitian ini layak dijadikan refresi pengetahuan yang valid.

2. Contoh Review Jurnal Psikologi

Berikut adalah review jurnal psikologi yang dikutip dari Deepublish.

Judul ArtikelLaporan Langsung Psikopati dan Kaitannya dengan Tindak Pidana dan Antisosial Berdasarkan Sampel Lulusan S1 Universitas
JurnalJurnal Ilmu Perilaku Manusia
Tahun2016
PenulisSarini Rihati
Latar BelakangPsikopati adalah gangguan kepribadian kompleks yang memiliki gejala kedangkalan, impulsif, egosentrisme, kurangnya rasa bersalah dan penyesalan pada individu. Seseorang yang menderita gangguan ini memiliki gejala berupa gangguan antisosial dan perilaku kriminal. Ulasan ini melihat seseorang dengan gejala psikopat dari dua konteks, yaitu non kriminal dan kriminal. Ada beberapa teori mengenai penyebab hubungan antara perilaku antisosial yang berkaitan dengan faktor psikologis, biologis dan sosial.
TeoriPenulis menggunakan teori utama berupa aliran psikoanalitik yang dicetuskan oleh Sigmund Freud dalam karya ilmiah ini. Teori psikoanalisis ini merupakan teori pembentukan kepribadian individu.
Metode PenelitianJurnal ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam penelitiannya. Semua data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan metode analisis regresi dengan metode stepwise.
Sampel PenelitianPenelitian mengambil sampel 300 mahasiswa dengan persentase 82% perempuan dan 18% laki-laki di Universitas Panca Husada dengan menggunakan teknik populatif.
Hasil PenelitianPenelitian berhasil menunjukkan hubungan antara sikap kriminal, psikopati dan kecenderungan berpikir yang mendorong sikap antisosial berdasarkan sampel siswa. Rata-rata menunjukkan bahwa sebagian besar siswa tidak menunjukkan kecenderungan ciri psikopat, cara berpikir mengarah pada tindak pidana hingga tindak pidana substantif. Sementara mereka yang menunjukkan kecenderungan kriminal dalam berpikir, hingga kognisi pelanggaran dan kecenderungan antisosial memiliki persentase yang rendah. Hal ini menunjukkan bahwa semakin banyaknya pemikiran yang mengarah pada tindakan kriminal dan sikap melanggar hukum, juga didukung dengan meningkatnya perilaku antisosial responden.

3. Contoh Review Jurnal Ekonomi

Berikut adalah contoh review jurnal ekonomi yang dikutip dari OSF.

Contoh format review jurnal ekonomi
Contoh cara mereview jurnal ilmiah
Contoh cara mereview jurnal ekonomi
Contoh cara mereview jurnal ilmiah

Demikian ulasan tentang apa itu review jurnal dan bagaimana cara mereview jurnal yang baik dan benar. Semoga bermanfaat.

[Total: 1 Average: 5]

Leave a Comment