Apa itu Jurnal Sinta dan Bagaimana Cara Mencari Jurnal di Sinta

Artikel ini membahas mengenai apa itu jurnal Sinta, perbedaan Sinta 1, 2, 3, 4, 5, dan 6, serta cara mencari jurnal di Sinta.

Jasa Translate Dokumen | Indonesian English Translation Services
Jasa Translate Jurnal Bahasa Inggris dan Indonesia, Mulai Rp10.000

Apa itu Jurnal Sinta?

Sinta atau jurnal Sinta adalah singkatan dari Science and Technology Index. Sinta adalah situs web atau portal ilmiah daring yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (dulu bernama Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi).

Bisa dibilang, Sinta merupakan database atau pangkalan data untuk jurnal nasional yang terakreditasi oleh ARJUNA. Jadi, jurnal Sinta adalah jurnal nasional terakreditasi yang sudah masuk ke dalam database Sinta.

Jurnal Sinta sering dijadikan rujukan bagi kalangan akademisi yang membutuhkan referensi jurnal nasional. Hal ini karena setiap jurnal ilmiah yang sudah terindeks atau masuk ke dalam database Sinta merupakan jurnal nasional terakreditasi yang sudah terjamin kualitasnya.

Perbedaan Jurnal Sinta 1, 2, 3, 4, 5, 6

Jurnal Sinta terbagi menjadi 6 kategori, yaitu Sinta 1, 2, 3, 4, 5, dan 6. Pembagian kategori ini didasari oleh peringkat akreditasi jurnal.

Akreditasi jurnal ilmiah diatur dalam peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2018 tentang Akreditasi Jurnal Ilmiah. Menurut peraturan tersebut, peringkat akreditasi jurnal nasional terbagi menjadi 6, yaitu:

  • Peringkat 1 (satu) dengan nilai (n), 85 ≤ n ≤ 100. Jurnal yang termasuk ke dalam peringkat 1 dikenal dengan jurnal Sinta 1 (S1).
  • Peringkat 2 (dua) dengan nilai (n), 70 ≤ n ≤ 85. Jurnal yang termasuk ke dalam peringkat 2 dikenal dengan jurnal Sinta 2 (S2).
  • Peringkat 3 (tiga) dengan nilai (n), 60 ≤ n ≤ 70. Jurnal yang termasuk ke dalam peringkat 3 dikenal dengan jurnal Sinta 3 (S3).
  • Peringkat 4 (empat) dengan nilai (n), 50 ≤ n ≤ 60. Jurnal yang termasuk ke dalam peringkat 4 dikenal dengan jurnal Sinta 4 (S4).
  • Peringkat 5 (lima) dengan nilai (n), 40 ≤ n ≤ 50. Jurnal yang termasuk ke dalam peringkat 5 dikenal dengan jurnal sinta 5 (S5).
  • Peringkat 6 (dua) dengan nilai (n), 30 ≤ n ≤ 40. Jurnal yang termasuk ke dalam peringkat 6 dikenal dengan jurnal Sinta 6 (S6).

Jadi perbedaan dari jurnal Sinta 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 dapat dilihat dari nilai akreditasinya. Jurnal Sinta 1 memiliki nilai akreditasi yang lebih tinggi dari jurnal Sinta 2. Sementara jurnal Sinta 2 memiliki nilai akreditasi yang lebih tinggi dari jurnal Sinta 3, begitu seterusnya.

Bagaimana Cara Mencari Jurnal di Sinta?

Ada beberapa cara untuk mencari jurnal di Sinta, tergantung kondisi. Jika ingin mencari jurnal yang sudah diketahui namanya, ketikkan nama jurnal tersebut di kolom pencarian. Sementara jika ingin mencari jurnal yang belum diketahui namanya, bisa menggunakan mode pencarian Advance Search.

Cara mencari jurnal Sinta berdasarkan namanya

  1. Buka situs web Sinta di https://sinta.kemdikbud.go.id/;
  2. Arahkan kursor ke menu Sources di bagian atas, lalu pilih Journals;
  3. Cari jurnal dengan mengetik nama jurnal, ISSN, atau PISSN di kolom pencarian lalu klik tombol cari.
Cara Mencari Jurnal di Sinta

Cara mencari jurnal Sinta yang belum diketahui namanya

Kita bisa menggunakan Advance Search untuk mencari jurnal yang belum diketahui namanya. Dalam mode pencarian ini, kita bisa mencari referensi jurnal ilmiah sesuai dengan topik atau bidang yang dibahas. Terdapat 10 kategori, yaitu Religion (Agama), Economy (Ekonomi), Humanities (Sastra), Health (Kesehatan), Science (Sains), Education (Pendidikan), Agriculture (Pertanian), Art (Seni), Social (Sosial), dan Engineering (Teknik).

Misalnya, cara mencari jurnal Sinta di bidang pendidikan:

  1. Di bagian pencarian jurnal, pilih Advance Search;
  2. Klik kolom Subject dan pilih Education, lalu tekan Search.
Cara mencari jurnal Sinta pendidikan

Cara mencari jurnal Sinta 4 Manajemen

Jika ingin mencari jurnal dengan peringkat akreditasi tertentu, silakan pilih kategori Sinta S1, S2, S3, S4, S5, atau S6. Misalnya jika ingin mencari jurnal Sinta 4 Manajemen, caranya adalah:

  1. Tekan menu S4 dibagian atas untuk mencari jurnal khusus Sinta 4;
  2. Tekan Advance Search untuk pencarian lebih lanjut;
  3. Pada bagian kolom Subject, pilih Economy, lalu tekan Search.
Cara mencari jurnal Sinta 4 Manajemen

Jasa Terjemah dan Proofreading Jurnal

Itu tadi penjelasan mengenai bagaimana cara mencari jurnal di Sinta. Semoga setelah membaca ini kamu tidak kesulitan lagi saat ingin mencari referensi jurnal di Sinta.

Nah, bagi kamu yang sedang menyusun jurnal ilmiah, jangan lupa untuk melakukan proofreading jurnal sebelum dipublikasi. Proofreading jurnal penting dilakukan untuk menghindari kesalahan penulisan dalam artikel jurnal yang kamu susun. Proofreading juga penting dilakukan untuk memastikan tulisanmu tidak berbelit-belit sehingga mudah dipahami orang lain. Jika kamu membutuhkan jasa proofreading profesional, Xerpihan siap membantu. Xerpihan sudah berpengalaman dalam melayani jasa proofreading untuk berbagai jenis dokumen, mulai dari jurnal, paper, hingga disertasi. Selain jasa proofreading jurnal, Xerpihan juga menyediakan jasa translate jurnal ilmiah. Jika tertarik, silakan hubungi Admin Xerpihan melalui WhatsApp di 0831-1916-1413.

[Total: 1 Average: 5]

Leave a Comment