10 Contoh Program Aplikasi Pengolah Kata pada Komputer dan Android

Apa saja contoh program aplikasi pengolah kata pada komputer dan android? Jika kamu ingin tahu, simak ulasannya berikut ini.

Sebagai pelajar dan pekerja, kita tentunya sudah akrab dengan kegiatan tulis menulis, seperti membuat esai, makalah, jurnal, proposal, dan laporan. Di zaman sekarang, kegiatan tulis menulis lebih sering diketik menggunakan komputer daripada ditulis tangan secara manual. Hal ini didukung dengan banyaknya program aplikasi pengolah kata yang bisa kita manfaatkan.

Nah, pada artikel kali ini akan kami paparkan apa saja aplikasi pengolah kata di komputer tersebut. Jadi, simak artikel ini sampai akhir ya!

jasa proofreading dokumen bahasa Inggris
Jasa Proofreading Dokumen Bahasa Inggris dan Indonesia, Mulai Rp10.000

Pengertian Aplikasi Pengolah Kata

Aplikasi pengolah kata adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk mengolah dokumen berisi teks dan gambar. Melalui aplikasi ini, kita dapat mengolah dokumen dalam bentuk kata-kata, kalimat, paragraf, bahkan hingga teks yang panjangnya ratusan halaman.

Fungsi Aplikasi Pengolah Kata

Aplikasi tersebut memiliki berbagai fungsi, di antaranya sebagai alat untuk:

  • menyunting sebuah dokumen;
  • mengarsipkan dokumen;
  • mendesain layout dokumen;
  • memproduksi dokumen;
  • mengubah format file.
jasa parafrase kalimat skripsi dan jurnal

10 Contoh Program Aplikasi Pengolah Kata pada Komputer dan Android

Sebenarnya ada banyak sekali program aplikasi pengolah kata pada komputer dan android. Namun, di sini hanya akan dijelaskan 10 contoh aplikasi pengolah kata beserta kelebihan dan kekurangannya.

1. Microsoft Word

Aplikasi yang pertama ini sudah sangat familiar di antara pengguna komputer. Pasalnya, aplikasi tersebut adalah hal yang paling dibutuhkan bagi pekerja atau pelajar. Microsoft word adalah perangkat lunak buatan perusahaan Microsoft Corporation.

Kelebihan: Bukan hanya untuk tulis-menulis, aplikasi ini juga menyediakan fasilitas tambahan yang dapat digunakan untuk menggambar berbagai macam bangun, membuat tulisan seni, membuat tabel, menempelkan foto, grafik, hingga bagan organisasi.

Kekurangan: Meski memiliki banyak kelebihan ternyata Microsoft Word juga memiliki kekurangan, yaitu perangkat yang memiliki lisensi berbayar alias tidak gratis. Selain itu, aplikasi ini juga mempunyai kinerja yang berat pada setiap versi baru dan bisa membuat laptop lemot.

2. Notepad

Notepad atau dikenal dengan nama Windows Notepad adalah perangkat lunak yang berfungsi membuat file teks sederhana. Aplikasi ini sudah dimulai sejak adanya Microsoft Windows 1.0 tahun 1985. Tak heran jika kita menginstal Windows, otomatis aplikasi ini juga ikut terinstal.

Notepad memiliki fungsi untuk melihat dan mengedit file text. Aplikasi ini hanya mendukung pemformatan yang sederhana saja.

Kelebihan: Aplikasi ini memiliki kelebihan dengan tampilannya yang sederhana dan mudah dipahami, bahkan untuk pemula sekalipun. Selain itu, aplikasi ini cocok untuk membuat catatan kecil, menetralisir teks, dan bisa untuk membuat program sederhana yang berbasis HTML dan PHP.

Kekurangan: Karena aplikasi ini adalah perangkat lunak bawaan dengan tampilan yang sangat simpel, jadi kurang cocok untuk digunakan koding program yang kompleks.

3. WPS Office

WPS office adalah salah satu aplikasi yang memiliki banyak layanan, yaitu Writer, Presentation, PDF, dan Spreadsheet. Aplikasi tersebut sudah mendukung sebagian besar perangkat seperti Windows, Mac, iOS, Android, hingga Linux.

Nah, untuk aplikasi pengolah kata dalam WPS Office adalah WPS Writer. Aplikasi tersebut memiliki karakteristik yang hampir sama dengan Microsoft Word, baik dari segi fitur dan tampilan.

Kelebihan: Aplikasi ini memiliki banyak sekali kelebihan, di antaranya memiliki fasilitas untuk membaca dokumen dengan tampilan layout yang dapat di scroll, terdapat fitur flip, layar dapat diperbesar dengan tulisan bisa di wrap, dan bisa mengubah file ke PDF.

Uniknya, aplikasi ini ternyata sangat ringan. Selain itu, kita juga bisa mengatur font dengan mudah ditambah fasilitas bullet.

Kekurangan: Meskipun memiliki kekurangan, hal tersebut tidak terlalu mengganggu para pengguna. Adapun kekurangannya, yaitu kadang tidak bisa menampilkan PPT, jadi kita harus mencobanya berulang kali.

4. Google Docs

Google Docs memiliki fasilitas yang tidak berbeda jauh dengan sebelumnya, yaitu membuat, mengedit, dan membagikan dokumen. Bedanya, aplikasi ini bisa kita gunakan saat terhubung internet saja. Aplikasi ini bisa membuat berbagai macam dokumen penting, contohnya cover letter, proposal, dan lain sebagainya.

Kelebihan: Aplikasi ini memungkinkan kita untuk mengedit dokumen secara bersamaan. Selain itu, melalui aplikasi ini, kita juga bisa berdiskusi langsung dengan seseorang yang sudah diberi akses dan bisa langsung mengirimkan dokumen karena langsung terhubung dengan Gmail.

Kekurangan: Selain sederet kelebihannya, aplikasi ini juga memiliki kekurangan. Di antaranya adalah fitur yang tersedia masih terbatas dan belum tersedia untuk versi dekstop.

5. Pages

Selanjutnya adalah Pages. Perangkat lunak ini dikembangkan oleh perusahaan Apple dan termasuk paket produktivitas iWork, Numbers, dan Keynote. Aplikasi pengolah kata ini memiliki fungsi dan fasilitas yang tidak jauh berbeda dengan sebelumnya.

Kelebihan: Aplikasi ini memiliki kelebihan bisa digunakan secara gratis, bisa mengerjakan tugas di smartphone, dan pengoperasiannya sangatlah mudah.

Kekurangan: Kekurangan dari aplikasi tersebut adalah harus dijalankan oleh prangkat Mac ataupun iOS.

6. OpenOffice.org Writer

OpenOffice.org Writer adalah aplikasi pengolah kata dari paket program OpenOffice.org dibuat oleh perusahaan Sun Microsystems Inc. Fasilitas yang ditawarkan oleh aplikasi tersebut sangat lengkap dan hampir mirip aplikasi Microsoft Word.

Kelebihan: Aplikasi ini memiliki beberapa kelebihan, yaitu bisa digunakan secara gratis tanpa harus membeli, memiliki source code, berjalan di banyak platform, serta kompatibel dengan Microsoft Word dan yang lainnya. Melalui aplikasi ini, kita juga bisa ekspor dokumen ke PDF dengan mudah. Selain itu, aplikasi ini juga bisa untuk membuka teks html.

Kekuranga: File yang dihasilkan sebagus di Microsoft Word. Aplikasi ini juga dinilai cukup berat untuk laptop spesifikasi menengah ke bawah.

7. Focus writer

Focus Writer memiliki fungsi mengolah kata dengan sederhana dan ringan. Di dalamnya hanya terdapat tampilan teks dan background saja. Sehingga kita bisa konsentrasi penuh saat menggunakan aplikasi tersebut.

Kelebihan: Aplikasi ini memiliki kelebihan, yaitu tema yang bisa disesuaikan, pengatur waktu dengan alarm, dukungan multi-dokumen, dan dukungan untuk format file TXT, ODT, dan RTF.

Kekurangan: Sayangnya aplikasi ringan ini hanya bisa menyimpan file TXT.

8. FreeOffice TextMaker

FreeOffice TextMaker berbasis Windows dan dilengkapi dengan berbagai template menarik, salah satunya dokumen, surat, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, Anda juga bisa membuat template sendiri dan menggunakannya di lain waktu.

Kelebihan: Seperti yang sudah disebutkan tadi, aplikasi ini memiliki banyak template, mampu dalam pencarian kata, serta bisa terintegrasi dengan adress book.

Kekurangan: Tidak bisa menyimpan file dari Microsoft Word versi baru, dan kalau ingin menikmati semua layanan harus upgrade premium.

9. Microsoft 365

Selain Microsoft Word, ada juga contoh aplikasi pengolah kata lainnya, yaitu Microsoft 365. Aplikasi menawarkan fasilitas layanan software dan produktivitas yang handal. Aplikasi ini banyak digunakan di kalangan profesional karena teknologi yang sudah terintegrasi dengan internet.

Kelebihan: Aplikasi ini memiliki kelebihan, yaitu selalu mendapatkan update terbaru, memiliki aplikasi pendukung yang pintar, bisa digunakan hingga 5 perangkat berbeda, dan layanan komputasi berbasis awan.

Kekurangan: Di samping fiturnya yang lengkap, aplikasi ini memiliki kekurangan dengan mengharuskan Anda membayar biaya sesuai ketentuan Microsoft, dan untuk mendapatkan pembaharuan pastikan Anda terhubung dengan internet.

10. Docs To Go

Aplikasi pengolah kata yang terakhir adalah Docs To Go. Aplikasi legend ini sejak dahulu sudah banyak digunakan oleh para pelajar dan pekerja kantoran. Pasalnya, banyak fitur-fitur menariknya.

Kelebihan: Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis.

Kekurangan: Fiturnya lengkap namun masih ketinggalan jauh dengan Microsoft Word.

Jasa Proofreading dan Formatting Dokumen

Nah, itu tadi 10 contoh aplikasi pengolah kata yang bisa kita gunakan untuk mengolah berbaga jenis dokumen. Jika kamu membutuhkan bantuan untuk mengatur layout atau tata letak dokumen, Xerpihan siap membantu. Xerpihan menyediakan jasa edit atau formatting dokumen yang dapat membantu Anda mengatur tata letak dokumen, serta membuat daftar isi dan nomor halaman. Selain itu, Xerpihan juga menyediakan jasa proofreading dokumen untuk memeriksa tulisan, mulai dari ejaan, tanda baca, dan tata bahasa. Proofreading juga diperlukan untuk memastikan gaya penulisan kita mudah dipahami oleh orang lain.

[Total: 1 Average: 5]

Leave a Comment