Info Beasiswa Unggulan SMA S1 S2 Dalam dan Luar Negeri Mei-Juni 2021

Info Beasiswa Unggulan SMA S1 S2 Dalam dan Luar Negeri Mei-Juni 2021
(freepik.com/rawpixel.com)

Artikel ini membahas mengenai info beasiswa unggulan untuk SMA, S1, dan S2, baik di dalam negeri maupun di luar negeri yang dibuka pada bulan Mei-Juni 2021.

Halo kawan Xerpihan! Adakah yang sedang mencari info mengenai beasiswa? Nah, bagi kamu, para pejuang beasiswa, ada kabar gembira, nih. Ada beberapa beasiswa unggulan yang sedang dibuka pada bulan Mei-Juni 2021. Mulai dari beasiswa untuk SMA hingga S3. Jenisnya pun bermacam-macam, ada beasiswa yang bersifat sebagian hingga beasiswa penuh. Bahkan, ada yang mencakup tunjangan keluarga juga lo. Apa sajakah itu? Baca artikel ini hingga selesai ya!

Info Beasiswa Unggulan Mei-Juni 2021 untuk S2

Jika kamu ingin melanjutkan S2 tapi terkendala biaya, jangan khawatir! Berikut daftar beasiswa S2 dalam negeri maupun beasiswa S2 luar negeri yang bisa kamu ikuti.

Beasiswa LPDP 2021

Pilihan beasiswa S2 yang pertama adalah LPDP. Apa itu LPDP? LPDP adalah singkatan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. Lembaga ini berada di bawah pengawasan Menteri Keuangan. Tujuan dari beasiswa ini untuk mendukung ketersediaan SDM Indonesia yang berpendidikan, berkualitas, dan memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi.

Beasiswa LPDP ini merupakan salah satu beasiswa unggulan yang dinantikan oleh para pejuang beasiswa. Pasalnya, dana yang diberikan kepada para awardee sangat menggiurkan, yaitu beasiswa penuh yang mencakup dana pendidikan dan dana pendukung. Dana pendidikan meliputi dana pendaftaran, SPP, tunjangan buku, bantuan penelitian (termasuk tesis/disertasi), bantuan seminar internasional, serta dana bantuan publikasi jurnal Internasional. Sedangkan dana pendukung meliputi dana transportasi, aplikasi Visa/Residence Permit, asuransi kesehatan, kedatangan, tunjangan keluarga (khusus doktotral), serta dana keadaan darurat.

Selain beasiswa S2, beasiswa LPDP juga membuka kesempatan beasiswa S1 dan S3 serta program non-degree, baik di dalam maupun di luar negeri. Beasiswa LPDP dibuka setiap tahun, dan untuk tahun ini dibuka mulai tanggal 2 Mei-1 Juni 2021. Jika kamu berminat, silakan kunjungi laman resmi LPDP untuk info beasiswa yang lebih lengkap.

Beasiswa AMA Scholarship di Korea National University of Arts

Korea National University of Arts merupakan salah satu universitas seni terkemuka di Korea Selatan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya alumni yang berhasil menjadi artis terkenal di negeri ginseng tersebut, seperti Park So-dam, Jung So-min, dan Kim Go-eun. Jika kamu penggemar drama Korea pasti tidak asing dengan nama-nama artis tersebut, kan?

Nah, khusus untuk kamu yang ingin melanjutkan sekolah S2 di bidang seni, ada kabar gembira nih. Sebentar lagi Korea National University of Arts akan membuka pendaftaran untuk program Art Major Asian (AMA) Scholarship. Program beasiswa ini akan dibuka pada tanggal 25 Mei-10 Juni 2021.

Program AMA Scholarship memberikan beasiswa penuh mencakup biaya perkuliahan, tunjangan bulanan sebesar 800.000 won tiap bulan, asuransi kesehatan, serta tiket PP Indonesia-Korea pada saat awal dan akhir penerimaan beasiswa. Jangan khawatir jika kamu belum lancar berbahasa Korea, sebab beasiswa ini juga menyediakan pelatihan bahasa Korea gratis selama 4 bulan sebelum masa perkuliahan.

Jika kamu berminat untuk mendaftar, tidak ada salahnya untuk mulai mempersiapkannya dari sekarang. Untuk informasi lengkapnya, kamu bisa kunjungi laman resminya di sini.

Beasiswa Global Master Scholarship di University of Birmingham

Satu lagi, beasiswa S2 yang dibuka hingga bulan Juni 2021, yaitu beasiswa Global Masters Scholarship. Beasiswa ini ditujukan khusus kepada mahasiswa yang sudah memperoleh offer of admission pada program master (S2) di University of Birmingham Inggris (UK). Jadi, jika ingin mendapatkan beasiswa ini, kamu harus mendaftar S2 dulu di universitas tersebut.

Beasiswa ini bukan beasiswa penuh. Setiap awardee akan mendapatkan uang senilai £ 10.000 yang digunakan untuk mengurangi total biaya kuliah master di University of Birmingham Inggris (UK). Jika kamu tertarik, kamu bisa mengunjungi laman resmi Global Masters Scholarship untuk info beasiswa uang lebih jelas. Pendaftaran akan ditutup pada 30 Juni 2021 pukul 23:59 (UK time / GMT+1), jadi jangan sampai ketinggalan ya.

Baca juga: Apa Itu Footnote dan Cara Menulis Footnote dari Jurnal, Buku, Internet

Info Beasiswa Unggulan 2021 untuk S1

Bagi kamu, mahasiswa S1 yang sedang mencari info beasiswa, berikut daftar beasiswa unggulan untuk mahasiswa S1 yang dibuka pada bulan Mei-Juni 2021.

Djarum Beasiswa Plus 2021

Sesuai namanya, Djarum Beasiswa Plus adalah beasiswa yang diberikan oleh Djarum Foundation. Beasiswa ini dibuka satu kali setiap tahun, dan tahun ini telah mencapai batch atau angkatan ke-37. Djarum Beasiswa Plus ini merupakan salah satu beasiswa unggulan yang menjadi incaran para mahasiswa. Pasalnya, selain mendapatkan dana beasiswa sebesar Rp1.000.000 tiap bulan selama satu tahun, para Beswan Djarum juga akan dibekali dengan berbagai macam soft skills yang berguna untuk karir mereka di masa depan.

Djarum Beasiswa Plus 2021 ditujukan untuk mahasiswa S1 maupun D4 yang sedang menempuh semester IV dengan IPK minimum 3,20. Pendaftaran Djarum Beasiswa Plus dibuka pada tanggal 21 Maret-23 Mei 2021.

Beasiswa XL Future Leader

XL Future Leader merupakan program pelatihan kepemimpinan selama dua tahun di bawah naungan XL Axiata. Beasiswa XL Future Leader ini terbuka bagi mahasiswa S1 maupun D4 yang sedang berada di tahun pertama atau kedua. Syarat lainnya adalah berusia maksimal 21 tahun dan memiliki IPK minimal 2,8. Nah, bagi yang tertarik dan memenuhi syarat tersebut, kamu bisa mendaftar di laman resmi XL Future Leader maksimal sampai tanggal 31 Mei 2021.

Beasiswa Prestasi Talenta

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI kembali membuka kesempatan beasiswa S1 bagi peserta didik yang berprestasi di tingkat nasional dan internasional. Beasiswa Prestasi Talenta ditujukan untuk peserta didik yang ingin menempuh pendidikan S1, baik dalam negeri maupun luar negeri dengan masa belajar paling lama empat tahun.

Tidak tanggung-tanggung, beasiswa ini mencakup biaya pendidikan dan juga biaya pendukung. Biaya pendidikan, meliputi biaya pendaftaran, SPP, tunjangan buku, serta biaya skripsi. Sedangkan biaya pendukung meliputi transportasi, asuransi kesehatan, biaya hidup bulanan, biaya kedatangan, dan biaya keadaan darurat. Bagi mahasiswa yang mengambil S1 di luar negeri, terdapat tambahan dana untuk aplikasi Visa/ Residence Permit.

Pendaftaran program beasiswa ini, dibuka pada tanggal 2 Mei-30 Juni 2021. Untuk informasi yang lebih lengkap, kamu bisa unduh bukletnya di sini.

Beasiswa Cargill Global Scholars Program

Tak ketinggalan, Cargill Global Scholars Program (CGSP) saat ini juga sedang membuka pendaftaran beasiswa untuk mahasiswa S1 di beberapa negara, salah satunya adalah Indonesia. Cargill merupakan perusahaan yang berkomitmen untuk membantu ketahanan pangan dunia, sehingga tak heran jika beasiswa ini ditujukan kepada mahasiswa semester 4 yang kuliah dibidang pangan, pertanian, dan manajemen risiko. Beasiswa yang diberikan cukup besar, yaitu $2.500/tahun selama 2 tahun. Selain beasiswa, awardee juga diberikan fasilitas kegiatan untuk meningkatkan soft skill. Jika kamu tertarik, kamu bisa mendaftar maksimal sampai tanggal 4 Juni 2021. Kamu bisa mengunjungi situs resminya di sini, untuk info beasiswa yang lebih lengkap.

Baca juga: Apa Itu Frasa: Pengertian, Fungsi, Ciri, Jenis-Jenis Frasa dan Contohnya

Info Beasiswa Unggulan 2021 untuk SMA dan Sederajat

Selain beasiswa untuk Sarjana, ada juga beasiswa untuk pelajar SMA yang buka pendaftaran pada bulan Mei 2021. Salah satunya adalah beasiswa Tunas Indonesia Jepang. Beasiswa ini ditujukan untuk pelajar kelas 10 dan 11 yang berasal dari keluarga kurang mampu dengan nilai rapor minimal 7,25 dalam satu semester terakhir. Bagi kamu yang memenuhi syarat dan tertarik untuk mendaftar, segera daftar karena beasiswa ini akan ditutup setelah tanggal 31 Mei 2021. Untuk mengetahui dokumen apa saja yang diperlukan, silakan kunjungi laman resminya di sini.

Demikian informasi mengenai daftar beasiswa apa saja yang sedang dibuka pada bulan Mei hingga Juni 2021. Apabila kamu tertarik untuk mendaftar beasiswa tersebut, sebaiknya mulai persiapkan berkas persyaratannya dari sekarang. Terutama persyaratan yang membutuhkan waktu lumayan lama seperti berkas yang perlu diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Bahkan, ada beberapa beasiswa yang memberikan persyaratan esai dalam bahasa Inggris. Nah, jika kamu membutuhkan jasa penerjemah atau jasa proofreading, kamu bisa menggunakan jasa terjemah dan proofread Xerpihan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *