Aplikasi Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia Gratis Terbaik

Ingin menerjemahkan dokumen bahasa Inggris ke Indonesia? Simak rekomendasi aplikasi penerjemah bahasa Inggris ke bahasa Indonesia gratis berikut ini.

Ketika kamu membutuhkan aplikasi penerjemah bahasa Inggris, kamu harus tahu aplikasi mana yang memang direkomendasikan. Memang sudah banyak aplikasi dan situs yang memberikan layanan penerjemahan, tetapi sebaiknya kamu tetap selektif dalam memilih.

Jasa Translate Dokumen | Indonesian English Translation Services
Jasa Penerjemah Bahasa Inggris Profesional, Mulai Rp10.000

Pentingnya Aplikasi Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia

Di zaman globalisasi ini, skill atau kemampuan bahasa Inggris merupakan hal yang penting untuk dikuasai. Sebab, bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa internasional yang paling banyak digunakan di dunia. Seiring dengan hal tersebut, kebutuhan akan menerjemahkan teks dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris maupun dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia semakin meningkat.

Jasa Proofreading Jurnal dan Skripsi
Jasa Proofreading Bahasa Inggris dan Indonesia, Mulai Rp10.000

Sayangnya, masih banyak orang yang belum bisa berbahasa Inggris dengan lancar. Ini merupakan hal yang wajar, karena skill atau kemampuan bahasa Inggris tidak bisa dipelajari secara instan. Butuh waktu yang cukup lama dan praktik yang terus menerus agar kamu bisa menguasai skill ini.

Apabila kamu masih belum bisa berbahasa Inggris, salah satu alternatif yang bisa kamu gunakan untuk menerjemahkan teks dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris maupun dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia adalah menggunakan mesin penerjemah. Saat ini sudah ada banyak mesin penerjemah yang berbentuk situs atau aplikasi. Situs atau aplikasi penerjemah bahasa ini memiliki fitur yang canggih sehingga bisa menerjemahkan teks secara otomatis.

Bahkan saat ini sudah ada mesin penerjemah yang dilengkapi teknologi speech recognition yang bisa mengubah suara menjadi teks. Dengan teknologi speech recognition tersebut, kita bisa langsung menerjemahkan suara kita tanpa perlu repot-repot mengetiknya.

Manfaat lain dari mesin penerjemah otomatis adalah kamu bisa menghemat waktu dan energi. Hal ini karena mesin penerjemah otomatis biasanya hanya membutuhkan waktu yang relatif singkat untuk menerjemahkan teks.

Baca juga: Jenis-Jenis Metode Penerjemahan Bahasa Menurut Newmark

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Aplikasi Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa sekarang sudah ada banyak aplikasi penerjemah bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Namun, tidak semua aplikasi tersebut recommended untuk digunakan. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih aplikasi penerjemah bahasa Inggris ke bahasa Indonesia.

Jasa Parafrase Kalimat Bahasa Indonesia dan Inggris
Jasa Parafrase Kalimat Bahasa Inggris dan Indonesia
  1. Kelengkapan Fitur
    Salah satu hal yang penting dalam memilih aplikasi penerjemah adalah kelengkapan fitur. Sebab, fitur yang dimiliki oleh aplikasi penerjemah berbeda-beda. Ada yang dilengkapi teknologi audio to text sehingga bisa menerjemahkan suara, ada juga yang bisa menerjemahkan teks berbentuk gambar atau foto.
  2. Biaya
    Biaya yang dibutuhkan untuk bisa menggunakan aplikasi penerjemah bahasa berbeda-beda. Ada yang bisa digunakan secara gratis, ada juga yang perlu berlangganan terlebih dahulu sebelum menggunakannya.
  3. Kualitas hasil terjemahan
    Kualitas hasil terjemahan dari aplikasi penerjemah pun berbeda-beda. Ada yang hasil terjemahannya cukup bagus, tetapi ada juga yang hasil terjemahannya kurang bagus. Umumnya, mesin penerjemah tidak bisa menerjemahkan kata-kata yang tidak baku.

Baca juga: Tips Memilih Jasa Penerjemah

Rekomendasi Aplikasi penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia

Bukan hanya Google penerjemah bahasa saja yang bisa dipakai. Ada banyak pilihan, namun bukan berarti semua situs penerjemah direkomendasikan. Berikut adalah beberapa pilihan aplikasi dan situs penerjemah bahasa Inggris ke Indonesia terbaik yang bisa diandalkan:

1. Yandex Translate

Rekomendasi situs atau aplikasi penerjemah bahasa Inggris ke bahasa Indonesia yang pertama adalah Yandex Translate. Selain bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, ada 92 bahasa lainnya yang bisa diterjemahkan melalui situs ini.

Jumlah kata yang bisa diterjemahkan dalam satu kali penerjemahan juga banyak, yaitu mencapai 10.000 kata. Dengan jumlah maksimal penerjemahan ini, Yandex Translate juga bisa disebut sebagai penerjemah dokumen online gratis.

Masih ada lagi kelebihan yang ditawarkan situs ini untuk kebutuhan penerjemahan. Situs ini juga bisa melakukan penerjemahan kata atau kalimat yang berada di dalam gambar. Jadi bukan hanya dokumen saja yang bisa diterjemahkan, kamu juga bisa mengunggah file gambar untuk diterjemahkan ke bahasa lain. Canggih bukan?

2. Translate.com

Pilihan situs atau aplikasi penerjemah bahasa Inggris selanjutnya adalah Translate.com. Di sini, jika kamu belum tahu bahasa apa yang akan diterjemahkan, kamu bisa mengaturnya ke bahasa Indonesia dulu. Nanti saat menerjemahkan, Translate.com secara otomatis akan mengenali bahasanya.

Kelebihan dari aplikasi penerjemah bahasa Inggris ke bahasa Indonesia ini adalah memiliki fitur yang cukup lengkap. Salah satu situs penerjemah terbaik ini memiliki fitur voice translation yang bisa menerjemahkan suara. Selain itu, Translate.com juga memiliki fitur photo translation yang bisa menerjemahkan gambar. Dan yang paling penting, aplikasi penerjemah ini bisa diakses secara gratis.

3. Bing Translator

Dalam daftar situs penerjemah dokumen online gratis berikutnya, kamu akan berkenalan dengan Bing Translator. Salah satu kelebihan dari situs ini sehingga layak masuk dalam daftar adalah tampilannya.

Tampilannya sangat mudah dipahami atau biasa disebut sebagai tampilan user friendly. Karena tampilannya yang sederhana dan minim iklan, kamu bisa bebas menerjemahkan tanpa ada gangguan.

Untuk bahasa yang diterjemahkan, bisa bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, juga bisa dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris.

4. Google Translate

Pembahasan mengenai aplikasi penerjemah bahasa Inggris ke bahasa Indonesia jelas akan kurang jika Google Translate belum disebutkan. Bisa dikatakan, google translate merupakan mesin penerjemah yang sudah melegenda atau ikonik. Kamu mungkin sudah terbiasa memakai aplikasi ini sejak dulu.

Bahkan ketika kamu mencari aplikasi penerjemah di Google, apapun kata kuncinya, pasti Google Translate lah yang muncul nomor satu. Bukan masalah sama sekali, sebab situs ini memang menjadi salah satu situs penerjemah antarbahasa terbaik.

Bukan hanya untuk menerjemahkan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia saja, melainkan juga sebaliknya. Selain itu, kamu juga bisa menerjemah ke bahasa-bahasa lain, tidak hanya bahasa Inggris dan bahasa Indonesia saja.

Jika ingin menerjemahkan teks dengan Google Translate, kamu perlu memperhatikan jumlah katanya. Sebab, jumlah kata maksimal untuk setiap penerjemahan adalah 5.000 kata.

5. iTranslate Translator

iTranslate Translator merupakan aplikasi penerjemah yang bisa menerjemahkan lebih dari 100 bahasa, termasuk bahasa Inggris dan Indonesia. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis melalui Play Store atau App Store. Selain berbentuk aplikasi, iTranslate Translator juga tersedia dalam bentuk situs web.

Selain menerjemahkan teks, iTranslate Translator juga dilengkapi dengan fitur voice translation dan camera translation yang bisa menerjemahkan suara dan gambar. Dalam aplikasi ini juga terdapat fitur offline translation yang bisa menerjemahkan kalimat dalam keadaan offline. Menariknya lagi, aplikasi ini juga dilengkapi dengan dictionary (kamus) dan thesaurus sehingga dapat membantu kita mencari padanan kata.

6. Hai Translate

Rekomendasi aplikasi penerjemah bahasa Inggris dan Indonesia selanjutnya adalah Hai Translate. Selain menerjemahkan bahasa Inggris dan Indonesia, Hai Translate juga mampu menerjemahkan ke dalam lebih dari 100 bahasa lainnya.

Kelebihan dari Hai Translate adalah dilengkapi dengan fitur penerjemahan teks, gambar, dan suara. Selain itu, aplikasi penerjemah ini juga dilengkapi dengan mode terjemahan offline sehingga kita tetap bisa menerjemahkan kalimat meskipun sedang tidak ada sinyal.

Baca juga: Bagaimana Hasil Terjemahan Google Translate?

Kelemahan Menggunakan Mesin Penerjemah Otomatis

Aplikasi penerjemah otomatis memang memudahkan kita untuk menerjemahkan berbagai bahasa dalam waktu singkat. Namun, hasil terjemahan dari aplikasi ini tidak terlalu akurat. Sampai saat ini, teknologi mesin penerjemah otomatis masih memiliki keterbatasan dalam mengenali konteks. Mesin penerjemah otomatis hanya bisa menerjemahkan kalimat secara literal sehingga belum mampu menerjemahkan kata kiasan atau idiom. Karena hasilnya tidak terlalu akurat, aplikasi penerjemah sebaiknya hanya digunakan untuk menerjemahkan untuk kepentingan pribadi. Jadi kalau kamu ingin menerjemahkan jurnal atau skripsi yang akan dipublikasikan, sebaiknya menggunakan jasa penerjemah profesional.

Xerpihan: Jasa Penerjemah Bahasa Inggris ke Indonesia Terbaik

Xerpihan adalah perusahaan yang menyediakan jasa penerjemah bahasa Inggris profesional. Penerjemah Xerpihan merupakan lulusan sastra Inggris yang sudah berpengalaman menerjemahkan berbagai dokumen, seperti jurnal ilmiah, naskah seminar, artikel blog, laporan keuangan, hingga transkrip nilai. Xerpihan menyediakan layanan penerjemahan untuk beragam topik, yaitu hukum, bisnis, ilmiah, sastra, jurnalistik, dan umum.

Kelebihan Jasa Penerjemah Indonesia Inggris Xerpihan:

  • Harga lebih terjangkau, mulai Rp10.000 (tergantung jumlah kata dan topik);
  • Dikerjakan manual oleh tim penerjemah yang sudah berpengalaman;
  • Pengerjaan cepat dan kualitas terjamin;
  • Sudah termasuk jasa proofreading;
  • Gratis revisi tanpa batas;
  • Gratis konsultasi.

Jika kamu berminat, silakan hubungi Admin kami melalui nomor +62 831-1916-1413 (WA).

[Total: 1 Average: 5]

Leave a Comment