Aplikasi Convert Audio to Text Indonesia dan Cara Penggunaannya

Aplikasi Convert Audio to Text Indonesia dan Cara Penggunaannya – Jika kamu diberi fasilitas untuk bisa mengetik tanpa menggunakan jari, apakah kamu tertarik? Kini ‘mengetik’ tidak melulu harus menggunakan jari atau menyentuh keyboard, sebab sudah ada yang namanya aplikasi convert audio to text.

Jasa Transkrip Wawancara dan Video

Seperti sebutannya, aplikasi convert audio to text akan membantumu untuk mengubah audio dan file audio ke bentuk teks sebagai alternatif jasa transkrip. Dari pernyataan ini, apa yang bisa diubah ke teks bisa berupa suara atau perkataan langsung, bisa juga dari sebuah rekaman suara atau video.

Tentu saja adanya aplikasi pengubah atau convert audio to text ini sangat membantu. Jika tidak membantu, tidak mungkin banyak aplikasi ditawarkan untuk memberikan fasilitas ini. Berbagai keuntungan bisa didapatkan penggunanya.

Apa saja kelebihan dan kekurangan menggunakan aplikasi convert audio to text dan aplikasi apa saja yang direkomendasikan bisa kamu simak di ulasan berikut.

Baca juga: Aplikasi Subtitle Otomatis

Manfaat Aplikasi Convert Audio to Text

Teknologi audio to text converter sebenarnya sudah ada sejak lama. Namun, baru marak digunakan beberapa tahun ini. Terutama sejak Microsoft menambahkan fitur ini di aplikasi Microsoft Word.

Jasa Subtitle Youtube dan Film

Pentingnya sebuah aplikasi yang bisa mengubah suara menjadi teks adalah meningkatkan efisiensi waktu dan tenaga. Misalnya saat rapat, kita tidak perlu lagi membuat notula dengan mengetiknya, cukup gunakan aplikasi convert audio to text. Contoh lainnya, dengan menggunakan audio to text converter, seorang reporter tidak perlu lagi mengetik hasil wawancaranya. Sederhananya, kamu tak perlu lagi mengetik dengan tangan jika ingin membuat teks dokumen, cukup dengan berbicara saja.

Baca juga: Speech-to-Text dan Text-to-Speech

Rekomendasi Aplikasi Convert Audio to Text Bahasa Indonesia

Aplikasi convert audio to text bahasa Indonesia berikut ini direkomendasikan dengan beberapa pertimbangan. Ada yang memang memiliki kelebihan yang harus kamu ketahui, ada juga yang memiliki kekurangan yang bisa dimaklumi. Semuanya bisa kamu gunakan secara gratis, sehingga bebas dipakai kapan saja. Berikut adalah beberapa aplikasi convert audio to text bahasa Indonesia yang direkomendasikan.

1. Amazon Transcribe

Kelebihan dari aplikasi pengubah suara ke teks ini, yaitu adanya beberapa fitur tambahan yang bisa kamu gunakan. Selain bisa mengubah suara menjadi teks, Amazon Transcribe juga bisa dimanfaatkan untuk menambahkan subtitle.

Namun sayang tetap ada kekurangannya. Di awal pemakaian memang gratis, namun jika masa gratisnya sudah habis, kamu harus bayar supaya bisa tetap menggunakannya.

2. SpeechTexter

Aplikasi convert audio to text selanjutnya adalah SpeechTexter. Aplikasi ini tersedia dalam bentuk web sehingga kita tidak perlu menginstalnya. Keunggulan dari aplikasi audio to text ini adalah bisa digunakan secara gratis. Selain itu, aplikasi ini juga didukung dengan banyak bahasa. Lebih dari 100 bahasa yang tersedia dalam aplikasi ini, termasuk bahasa Indonesia, bahasa Jawa, dan bahasa Sunda. Kabar baiknya lagi, aplikasi ini bisa diakses menggunakan PC maupun smartphone. Sayangnya, aplikasi ini tidak bisa diakses secara offline.

3. Transkripsi Instan

Sesuai namanya, Transkripsi Instan adalah aplikasi convert audio to text yang dapat mengubah suara menjadi teks secara instan atau real time. Aplikasi ini didukung oleh lebih dari 80 bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Google Play.

4. Speechnotes

Speechnotes merupakan aplikasi convert audio to text yang bisa digunakan di mana saja, mulai dari smartphone android, iOS, PC, maupun laptop. Aplikasi ini didukung oleh teknologi Google’s speech recognition dan dapat di-backup dengan Google Drive. Kabar baiknya lagi, aplikasi ini dapat digunakan secara offline atau tanpa menggunakan jaringan internet.

5. Google Doc

Dari namanya, Google Doc jelas merupakan aplikasi besutan Google. Aplikasi ini cukup banyak dicari dan dihadirkan dengan kelebihan seperti banyak fitur. Bisa untuk mengecek salah ketik, bisa untuk mengedit dokumen, dan lain sebagainya.

Kekurangannya adalah aplikasi ini membutuhkan sinyal yang bagus supaya bisa mengerjakan tugasnya dengan baik. Sebab jika tidak, deteksi kata yang dilakukan akan kurang sesuai dengan suara yang diberikan.

Cara Mengubah Audio Menjadi Teks dengan Aplikasi Convert Audio to Text

Bahasan mengenai cara mengubah audio menjadi teks akan menjadi bahasan yang super singkat. Adapun cara umumnya adalah menentukan dulu aplikasi apa yang akan digunakan. Setelahnya, buka aplikasinya.

Dari tombol yang disediakan, klik opsi untuk memulai merekam suara atau audio. Katakan apa yang ingin kamu ketik atau putar audio yang ingin kamu buat teksnya. Jika sudah, matikan tombol perekam.

Saat merekam, aplikasi akan mengetikkan kata hingga kalimat yang terdeteksi secara otomatis. Jika sudah, kamu bisa segera menyalin dan menaruhnya ke dokumen Word supaya bisa disimpan.

Baca juga: Mengenal Machine Translation Tools yang Menjadi Dasar Google Translate

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Convert Audio to Text

Di bagian terakhir ini kamu akan mempelajari kelebihan dan kekurangan menggunakan aplikasi convert audio to text. Mendengar istilahnya saja memang terkesan akan menguntungkan, namun ternyata aplikasi ini tetap memiliki kekurangan. Kekurangan yang akan dibahas merupakan kekurangan umum, sebab kekurangan masing-masing aplikasi sudah disebutkan di atas.

Pertama kita ketahui dulu saja kelebihannya. Kelebihannya jelas banyak, salah satunya adalah untuk menghemat tenaga dan waktu. Dari yang tadinya kamu harus mendengar file audio dan mengetiknya, kini kamu hanya perlu memutar audio itu saja dan didekatkan dengan microphone laptop.

Juga jelas hemat tenaga, karena kamu tak perlu menggerakan jari-jari untuk mengetik. Apalagi jika teks yang harus diketik merupakan teks panjang, menggunakan pengubah audio to text Indonesia akan sangat membantu.

Sekali lagi, aplikasi ini bisa mengerjakan tugasnya baik dari percakapan langsung maupun dari file audio. Dengan begitu, bukan hanya kebutuhan ketik ulang saja yang akan efisien dengan aplikasi ini. Kamu yang harus mengarang tulisan, baik fiktif maupun non fiktif, bisa lebih mudah dengan aplikasi ini. Sebab kamu hanya perlu berbicara saja, tanpa perlu mengetik.

Masuk ke pembahasan kekurangannya. Kekurangan dari sebuah aplikasi convert audio to text untuk saat ini adalah kurang canggihnya teknologi. Aplikasi ini tidak bisa mendeteksi audio atau suara yang kurang jelas pengucapannya. Audio yang diberikan juga harus cukup keras sehingga kamu harus mendekatkan mulut ke microphone nya supaya tidak perlu teriak-teriak.

Bukan hanya tidak bisa mendeteksi saja, rawan ditemukan kesalahan deteksi suara pada aplikasi ini. Apa yang kamu katakan belum tentu bisa sama deteksinya yang dilakukan di aplikasi. Dengan begitu, bisa disimpulkan bahwa meskipun digunakan aplikasi convert audio to text bahasa Indonesia, kamu tetap harus meneliti kembali kata-katanya.

Saran dari kekurangan ini adalah untuk melakukan skimming, yakni baca cepat untuk menemukan salah ketik atau salah kata yang dimaksud sebenarnya.

Satu lagi, aplikasi ini juga belum bisa mendeteksi tanda baca. Jadi, jika kamu menginginkan adanya tanda baca titik, tidak bisa diberikan dengan hanya diam saja cukup lama. Kamu harus tambahkan tanda baca sendiri menggunakan keyboard. Nah, apabila kamu ingin membuat dokumen transkrip audio to text yang akurat dengan tanda baca yang benar, bisa menggunakan jasa transkrip Xerpihan. Xerpihan menyediakan jasa transkrip verbatim maupun non verbatim yang menjamin kerahasiaan dokumenmu.

[Total: 1 Average: 5]

Leave a Comment