Aplikasi Subtitle Otomatis dan Cara Membuat Subtitle Film Otomatis

Subtitle bahasa Inggris dan bahasa Indonesia

Aplikasi Subtitle Otomatis dan Cara Membuat Subtitle Film Otomatis – Aplikasi subtitle otomatis akan kamu butuhkan ketika harus menyajikan konten dengan bahasa asing. Terutama untuk konten video, yang wujudnya bisa saja video pendek, video edukasi, atau bahkan video hiburan seperti film. Jika video tersebut menggunakan bahasa asing, ada baiknya ditambahkan terjemahannya.

Tentu tujuannya untuk memudahkan penonton dalam memahami apa yang disampaikan atau apa yang terjadi dalam video. Jika subtitle tidak ditambahkan, kamu sebagai seseorang yang menyajikan video pun pasti akan kesulitan mencapai tujuan dibuatnya video tersebut.

(freepik.com/pch.vector)

Aplikasi Subtitle Otomatis dan Manual

Penambahan subtitle bahasa Indonesia bisa dilakukan secara otomatis maupun manual. Jika menggunakan cara manual, maka kamu perlu mengetik satu per satu dialog atau kalimat dan menyesuaikan waktunya secara manual agar sesuai dengan suaranya. Sedangkan cara otomatis yaitu menggunakan bantuan berupa automatic subtitle generator yang didukung oleh artificial intelligence speech recognition. Automatic subtitle generator merupakan alat yang bisa mengubah suara menjadi teks dan menyesuaikan waktunya secara otomatis. Dalam bahasa Indonesia, orang biasa menyebutnya sebagai aplikasi subtitle otomatis.

Apa saja aplikasi subtitle otomatis yang direkomendasikan, bagaimana cara membuat subtitle film otomatis, serta apa saja kekurangan dan kelebihan aplikasi subtitle otomatis? Simak artikel ini sampai selesai ya.

Baca juga: Jasa Subtitle Film dan Video Youtube Bahasa Inggris dan Indonesia

Aplikasi Subtitle Otomatis yang Direkomendasikan

Berikut ini beberapa aplikasi subtitle otomatis yang bisa kamu gunakan untuk membuat subtitle:

1. YouTube Automatic Caption

YouTube merupakan salah satu situs berbagi video terbesar saat ini. Di dalam YouTube, terdapat fitur automatic subtitle generator yang bisa digunakan untuk membuat subtitle secara otomatis. fitur ini tersedia secara gratis bagi pemilik channel YouTube. Jadi jika kamu ingin menggunakan fitur ini, pastikan dulu kamu mempunyai channel YouTube.

2. VEED.IO

veed.io aplikasi subtitle otomatis

VEED.IO tersedia dalam bentuk aplikasi dan website yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Aplikasi subtitle otomatis ini terbagi menjadi tiga jenis layanan subtitle, yaitu gratis, basic, dan professional. Untuk layanan gratis, kamu hanya bisa membuat subtitle dengan panjang video maksimal 10 menit dan penyimpanan maksimal 2 GB. Selanjutnya, untuk menggunakan layanan basic kamu perlu membayar $12/bulan. Pada versi basic ini, kamu bisa menggunakan layanan subtitle dengan panjang video maksimal 25 menit dan penyimpanan maksimal 20 GB. Sedangkan pada versi professional kamu perlu membayar $24/bulan untuk mendapatkan layanan subtitle dengan panjang video maksimal 2 jam dan penyimpanan maksimal 100 GB. Apabila kamu menggunakan versi professional, kamu juga bisa mengakses file jenis SRT dan layanan subtitle terjemahan.

3. AutoCap

AutoCap aplikasi subtitle otomatis

Rekomendasi aplikasi subtitle otomatis selanjutnya adalah AutoCap. Dengan menggunakan AutoCap, kamu bisa membuat subtitle atau caption melalui handphone. Aplikasi ini dapat diakses pada HP android maupun ios. Pada dasarnya, AutoCap merupakan aplikasi subtitle otomatis yang bisa digunakan secara gratis. Namun, jika kamu ingin menghilangkan watermark dari AutoCap, kamu perlu menggunakan versi berbayar dari aplikasi ini.

4. Kapwing

kapwing cara membuat subtitle film otomatis

Kapwing merupakan aplikasi subtitle otomatis yang juga tersedia dalam bentuk situs web. Hampir sama seperti VEED.IO, kapwing juga menyediakan tiga jenis layanan subtitle, yaitu gratis, pro, dan for team. Kabar baiknya, ketiga jenis layanan ini sama-sama bebas watermark. Perbedaan dari ketiga jenis layanan ini terletak pada durasi maksimal video yang akan dibuat subtitle-nya. Pada versi gratis, kamu hanya bisa membuat subtitle dengan durasi video maksimal 7 menit dan ukuran file maksimal 250MB serta total durasi maksimal 3 jam setiap bulan. Sedangkan untuk versi pro dan for team, kamu bisa membuat subtitle dengan durasi video maksimal 1 jam dengan ukuran file maksimal 2GB. Selain itu, pada versi pro dan for team kita bisa mengundur file SRT dan mengunggah font khsus.

Baca juga: Cara Membuat Subtitle di Youtube

Cara Membuat Subtitle Film Otomatis dengan Aplikasi Subtitle Otomatis

Pada bahasan sebelumnya, sudah dijelaskan beberapa aplikasi subtitle otomatis yang bisa digunakan untuk membuat subtitle. Sekarang, akan dibahas bagaimana cara membuat subtitle film otomatis secara umum.

veed.io cara membuat subtitle otomatis

Pertama, tentukan dahulu aplikasi mana yang akan digunakan. Setelah itu, buka aplikasi atau website tersebut. Umumnya akan langsung muncul opsi di mana kamu bisa upload file video atau link nya.

Setelah di upload videonya, kamu juga akan diberi opsi untuk memulai pembuatan subtitle secara otomatis. Biasanya pilihan ini akan diletakkan di bagian yang terlihat, sehingga kamu tak akan kesulitan mencarinya. Kemudian klik pilihan tersebut dan tunggu sampai prosesnya selesai.

Apabila sudah selesai, kamu bisa segera mendownload. Biasanya terdapat dua jenis file yang bisa kamu unduh. File jenis pertama adalah gabungan video dan subtitle-nya, sedangkan jenis file kedua adalah subtitle-nya saja.

Cara Membuat Subtitle Otomatis dengan VEED.IO

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, VEED.IO merupakan salah satu aplikasi subtitle otomatis yang direkomendasikan untuk membuat subtitle. Untuk mengetahui bagaimana cara membuat subtitle film otomatis dengan VEED.IO, berikut kami jelaskan langkah-langkahnya.

1.    Kunjungi Website

Langkah pertama dalam cara membuat subtitle film otomatis adalah membuka website VEED.IO. Seperti namanya, website untuk cara membuat subtitle film otomatis ini adalah https://www.veed.io/. Buka website ini sampai terbuka semua fitur dan menu-menunya.

2.    Upload Video

Jika sudah terbuka semua atau selesai loading-nya, kamu hanya perlu memasukkan video yang akan diberi subtitle ke website ini. Caranya adalah dengan seret video ke badan website atau menyalin dan menaruh link video nya ke tempat yang disediakan. Dengan begitu, video dalam file video (mp4) maupun video dalam bentuk link sama-sama bisa ditambahkan subtitle-nya dengan Veed.io.

3.    Klik Menu ‘Subtitle’

Kemudian di deretan menu, ada yang bertuliskan ‘Subtitle’, klik menu itu.

4.    Klik Opsi ‘Auto Subtitle’

Mulai menambahkan subtitle dengan cara mengklik opsi bertuliskan ‘Auto Subtitle’. Tunggu sampai prosesnya selesai.

5.    Mereview Subtitle

Jika sudah selesai, kamu bisa mereview dulu apakah subtitle-nya sudah benar atau belum. Jika ada yang salah, bisa dibenarkan dulu.

6.    Download Subtitle

Saatnya mendapatkan subtitle, cari opsi ‘Download’ di bagian bawah video. Jika tidak ada, masuk dulu ke menu ‘Option’ dan temukan opsi ‘Download’.

Baca juga: Cara Download Subtitle Bahasa Indonesia

Kelebihan dan Kekurangan Membuat Subtitle dengan Aplikasi Subtitle Otomatis

Di bagian ini kita akan membahas kelebihan dan kekurangan menggunakan aplikasi subtitle otomatis. Akan dibandingkan dengan penambahan subtitle secara manual sehingga lebih jelas.

Bicara soal kelebihan dari cara membuat subtitle otomatis, utamanya adalah kamu bisa lebih hemat waktu dan tenaga. Hanya butuh beberapa klik saja dan menunggu sekian menit, kamu sudah bisa mendapatkan video yang sudah ada subtitle-nya.

Sedangkan Kekurangan dari cara membuat subtitle otomatis adalah hasilnya kurang akurat apabila dibandingkan dengan cara manual. Biasanya sering terjadi kesalahan apabila bahasa yang terdapat dalam video merupakan bahasa tidak baku. Selain itu, kesalahan juga terjadi karena terdapat kata yang sama dalam pengucapan tapi berbeda dalam hal penulisannya.

Kekurangan lainnya adalah pilihan bahasa yang bisa diterjemahkan masih terbatas. Tidak menutup kemungkinan dalam satu video ada dua atau tiga bahasa asing sekaligus, dan ternyata aplikasi subtitle otomatis tak bisa menerjemahkannya.

Kalaupun ternyata hanya ada satu bahasa asing saja, dan ternyata bahasa itu bukan bahasa Inggris, kita bisa menemukan kekurangan lainnya. Sebab aplikasi subtitle otomatis tidak bisa menerjemahkan banyak pilihan bahasa asing.

Kelebihan dari membuat subtitle secara manual adalah hasilnya lebih akurat. Kelebihan lainnya adalah kamu bisa membuat subtitle menggunakan bahasa yang berbeda dari bahasa asli, seperti subtitle terjemahan bahasa inggris ke bahsa indonesia dan begitupun sebaliknya. Selain itu, kamu juga bisa bebas mengisi terjemahannya apa saja. Cara otomatis akan memberikanmu subtitle dengan bahasa baku dan benar-benar formal. Namun jika kamu menggunakan cara manual, kamu bisa menyelipkan kata-kata non formal atau apa saja yang diinginkan. Tata letak subtitle juga bisa lebih bebas, kamu bisa menambahkan penjelasan selain dialog.

Itu kelebihan dari menambahkan subtitle secara manual, sedangkan kekurangannya adalah kamu akan membutuhkan lebih banyak waktu dan tenaga. Sebab, kamu akan mengetik satu per satu subtitle-nya, menemukan menit dan detik yang ada dialognya, dan kemudian menempelkan subtitle satu per satu di timeline video.

Penutup

Jadi, dari perbandingan kelebihan dan kekurangan cara membuat subtitle film otomatis serta manual di atas, mana yang akan kamu pilih? Jika kamu ingin menggunakan cara manual dan hemat waktu, kamu bisa menggunakan jasa subtitle Xerpihan 🙂

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *