Cara Membuat Subtitle di Youtube dan Mengaktifkan Subtitle di YouTube

Cara membuat subtitle di Youtube

Cara Membuat Subtitle di Youtube dan Cara Mengaktifkan Subtitle di Youtube – Membuat subtitle di YouTube dan mengaktifkannya merupakan suatu cara yang bisa kita lakukan untuk memudahkan penonton YouTube mengetahui isi percakapan atau narasi dalam video yang sedang kita saksikan. Ya, situs berbagi video nomor satu di dunia ini kini telah memiliki fitur subtitle (alias takarir). Fitur ini dapat memudahkan kita memahami percakapan atau narasi yang terdapat dalam video yang kita tonton melalui teks di caption atau subtitle.

Tidak hanya bagi penontonnya, subtitle di YouTube juga sangat bermanfaat bagi si pengunggah video atau pemilik kanal YouTube. Penasaran? Yuk kita simak informasi berikut ini.

Subtitle YouTube
(freepik.com/rumka_vodki)

Jenis subtitle di YouTube

Jenis subtitle di YouTube pada intinya sama seperti jenis subtitle pada umumnya. Kalian bisa menambahkan subtitle biasa atau juga closed captioning (takarir tertutup). Sedikit perbedaan antara subtitle dan closed-captioning terletak pada isinya. Subtitle biasanya berwujud transkrip dari audio percakapan atau narasi di dalam video. Closed-captioning (atau juga biasa disebut caption saja) berisikan transkrip audio plus deskripsi dari suara-suara audio yang muncul, seperti [menangis] atau [tepuk tangan riuh].

YouTube memiliki dua fitur caption yang berbeda, yaitu automatic captioning (takarir otomatis) dan manual captioning (takarir manual). Automatic captioning adalah fitur YouTube yang akan secara otomatis memberikan subtitle di layar video secara otomatis saat kita mengaktifkannya. Fitur ini bekerja dengan memanfaatkan teknologi speech-to-text untuk membuat transkrip audio secara otomatis. Hasilnya adalah teks yang bisa kita nikmati bersamaan dengan videonya, meskipun bahasanya terkadang tidak pas maknanya atau tidak tertulis karena suara ucapan yang tidak jelas.

Manual captioning adalah kebalikannya, Bila dalam automatic captioning teks disusun oleh mesin, maka dalam manual captioning teks disusun oleh kita sendiri. Artinya, kita harus menyusun teks subtitle atau caption terlebih dahulu dalam satu berkas subtitle, lalu kita masukkan dalam video – baik langsung dalam satu berkas video atau memasukkan dalam fitur subtitle di YouTube. Manual captioning memang membutuhkan tenaga dan waktu yang lebih besar, namun keakuratannya bisa terjamin karena dibuat langsung oleh manusia, alih-alih mesin.

Baca juga: Daftar Aplikasi Subtitle Otomatis Gratis

Fungsi Subtitle di YouTube

Apa manfaat menambah subtitle di YouTube? Ada banyak alasan subtitle atau takarir penting untuk dimasukkan di dalam video YouTube kalian. Alasan pertama adalah, subtitle memudahkan kita memahami semua percakapan atau narasi yang diucapkan dari video yang tidak kita ketahui bahasanya. Apalagi bahasa pengantar di video itu bukan bahasa yang kita gunakan sehari-hari, atau bahasa dari luar negeri.

Sebagai variasi subtitle dengan deskripsi suara, adanya caption bisa memudahkan para penyandang disabilitas tunarungu untuk memahami percakapan atau narasi tersebut. Hal ini disebabkan mereka hanya mengandalkan penglihatan untuk memahami isi video tersebut. Caption memungkinkan mereka merasakan suasana yang dihasilkan dari suara-suara audio yang sama persis dengan apa yang dirasakan orang-orang yang memiliki pendengaran normal.

Dengan demikian, subtitle pada video membuat video – atau bahkan kanal YouTube kalian – menjadi lebih inklusif, dan dengan sendirinya akan menarik banyak pemirsa. Hal ini tentu menjadi nilai plus buat kalian yang memiliki kanal YouTube sebagai satu tips untuk mengembangkan kanalmu. Belum lagi kalau kalian menyajikan subtitle dalam beragam bahasa, potensi pemirsa dari seluruh dunia sudah di hadapan kalian – tentu bergantung pada bahasa yang kalian tawarkan.

Baca juga: Cara Memasukkan Subtitle ke Video

Cara Membuat Subtitle di YouTube

Cara Mengaktifkan Subtitle di YouTube
(freepik.com/rumka_vodki)

Sebenarnya, cara membuat subtitle di YouTube adalah hal yang mudah. Walau begitu, hal pertama yang perlu kalian lakukan saat ingin memasukkan subtitle atau takarir di YouTube adalah menentukan apakah kalian ingin memasukkan subtitle secara manual atau otomatis (automatic captioning).

Cara membuat subtitle di YouTube secara manual

Cara membuat subtitle di YouTube secara manual adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke akun Google untuk bisa masuk ke YouTube. YouTube memerlukan akun Google untuk bisa masuk sebagai pengguna YouTube.
  2. Buka YouTube Creator Studio di studio.youtube.com. YouTube Creator Studio adalah ‘dasbor’ untuk kanal YouTube kalian.
  3. Dari menu-menu di sebelah kiri, pilih Subtitel/Subtitles. Tab Subtitel/Subtitles akan terbuka.
  4. Klik video yang ingin kalian tambahkan subtitle-nya.
  5. Di bagian paling kanan pada daftar bahasa subtitle, klik Tambahkan/Add. Jika belum ada, klik Tambah Bahasa/Add Language di bagian bawah dan pilih bahasa yang kalian inginkan, lalu klik Tambahkan/Add di bagian paling kanan pada daftar bahasa subtitle.
  6. Kotak dialog subtitle akan terbuka. Di sini, kalian bisa mengunggah berkas sendiri atau menambah subtitle secara manual di YouTube.
  7. Klik Simpan/Save untuk menyimpan suntingan.

Cara membuat subtitle di Youtube dengan mengunggah berkas subtitle di YouTube

Cara membuat subtitle di YouTube dengan mengunggah berkas (file) subtitle adalah sebagai berikut

  1. Pastikan berkas subtitle memiliki format yang didukung oleh YouTube. Untuk pemula, format yang bisa digunakan antara lain .srt, .sbv, .sub, .mpsub, .lrc, atau .cap, namun ketentuan selengkapnya bisa dilihat di halaman bantuan YouTube.
  2. Buka kotak dialog subtitle seperti langkah di atas, lalu pilih Unggah file/Upload file.
  3. Pilih antara Dengan penunjuk waktu/With timing or Tanpa penunjuk waktu/Without timing, lalu pilih Lanjutkan/Continue.
  4. Pilih berkas untuk diunggah, lalu klik Simpan/Save.

Cara membuat Subtitle di YouTube Secara Otomatis

Cara membuat subtitle di YouTube secara otomatis adalah sebagai berikut:

  1. Buka YouTube Creator Studio, lalu di antara menu-menu di sebelah kiri, pilih Video.
  2. Klik thumbnail video atau tombol pensil (Detail) pada video yang ingin kalian tambahkan subtitle-nya.
  3. Gulirkan (scroll) ke bawah, lalu klik Tampilkan lebih banyak/Show more.
  4. Di kolom subtitle, pilh bahasa yang disajikan pada video. Sistem YouTube akan menganalisis bahasa subtitle berdasarkan bahasa yang kalian pilih.
  5. Klik Simpan/Save untuk menyimpan setelan video.

Baca juga: Jasa Subtitle Film Bahasa Inggris dan Indonesia

Cara Mengaktifkan Subtitle di YouTube

Cara mengaktifkan subtitle di YouTube adalah sebagai berikut:

  • Buka video YouTube apa saja yang ingin kalian aktifkan subtitle-nya.
cara menampilkan subtitle di YouTube
  • Klik ikon subtitle/CC di bagian bawah kanan video. Subtitle sudah bisa langsung kalian nikmati. Jika kalian tidak menemukan, bisa jadi itu karena opsi subtitle tidak diaktifkan, ucapan tidak jelas, atau bahasa yang tidak didukung.
cara mengaktifkan subtitle di YouTube
  • Untuk mengganti bahasa, klik ikon Setelan/Settings lalu pilih Subtitel/CC. Dari sini ada banyak opsi yang bisa kalian manfaatkan, seperti mengganti bahasa, mengubah ukuran dan warna huruf, hingga mengubah warna latar belakang teks subtitle.

Jasa Subtitle YouTube

Demikian informasi tentang jenis subtitle di YouTube, fungsi subtitle di Youtube, cara membuat subtitle di YouTube dan cara mengaktifkan subtitle di YouTube. Semoga informasi ini bermanfaat tidak hanya buat kalian yang ingin menonton video di YouTube, tetapi juga untuk kalian yang memiliki kanal di YouTube. Kalau kalian ingin subtitle yang lebih pas tapi tidak mau manual, kalian bisa minta dibuatkan subtitle. Xerpihan menyediakan jasa subtitle bahasa Inggris dan bahasa Indonesia dengan garansi revisi tanpa batas.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *