Aplikasi Cek Grammar Bahasa Inggris Online, Gratis, dan Mudah

Aplikasi cek grammar online gratis

Bingung memilih aplikasi cek grammar bahasa Inggris? Simak beberapa rekomendasi aplikasi cek grammar online gratis berikut ini.

Beberapa aplikasi dan website telah didesain agar bisa digunakan untuk cek grammar bahasa Inggris online. Tentu aplikasi cek grammar ini akan sangat bermanfaat bagi siapa saja, terutama bagi orang yang kurang mahir berbahasa Inggris. Ketika kamu harus berbicara bahasa Inggris dengan baik dan benar, kamu bisa sambil cek grammar online secara real time. Begitu juga ketika kamu harus menulis teks berbahasa Inggris.

Jasa Translate Dokumen

Teks yang ditulis dengan bahasa Inggris bisa apa saja, bisa sifatnya formal atau non formal. Untuk kebutuhan non formal, mungkin saja kamu sedang chatting atau sekedar mengirim email ke orang luar. Sedangkan untuk kebutuhan formal, bisa jadi kamu harus mengubah abstrak karya tulis ilmiah dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris.

Tak hanya karya tulis ilmiah saja, kamu juga bisa menggunakan aplikasi cek grammar bahasa Inggris online ini ketika ditugaskan untuk menulis sebuah cerpen, esai, atau jenis tulisan lainnya. Dalam kesempatan ini akan dibahas lebih lanjut mengapa kamu harus bisa menulis bahasa Inggris dengan grammar yang tepat, apa saja aplikasi cek grammar atau web untuk cek grammar yang bisa digunakan, hingga bagaimana cara menggunakannya.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia Gratis

Mengapa Harus Cek Grammar?

Sebelum kita membahas aplikasi cek grammar online, kita harus mengetahui dulu mengapa kita harus melakukan cek grammar. Apa alasannya? Tentu saja untuk memastikan jika grammar kita sudah benar. Ibarat saat kita sedang menulis bahasa Indonesia, maka pola, ejaan, hingga urutan katanya harus benar, kan? Kalau salah urutan, boleh jadi ada seseorang yang bisa paham, tapi bagaimana dengan mereka yang tidak paham dengan maksud kamu?

Jasa Proofreading Dokumen

Sama halnya seperti bahasa Inggris, kamu harus menggunakan grammar yang tepat agar apa yang kamu sampaikan bisa dipahami orang lain. Baik itu dalam pembicaraan maupun tulisan. Dengan begitu, bagaimana cara cek grammar merupakan hal yang penting untuk kamu pahami.

Cara Cek Grammar Bahasa Inggris: Otomatis vs Manual

Aplikasi cek grammar online
(freepik.com/rumka_vodki)

Sebenarnya, Ada dua cara cek grammar, yaitu cara cek grammar manual dan cek grammar otomatis. Cara cek grammar manual adalah dengan mengecek satu persatu secara manual tanpa menggunakan aplikasi. Untuk mengeceknya kamu bisa sambil membuka buku tentang grammar sebagai panduan. Atau jika kamu tidak punya waktu, kamu bisa meminta bantuan orang lain.

Sedangkan cara cek grammar otomatis adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi cek grammar atau web untuk cek grammar. Biasanya saat melakukan cek grammar otomatis perlu bantuan internet, sehingga biasa disebut cek grammar online. Cara cek grammar online ini sangat mudah, karena kamu akan dibantu dengan ‘mesin dan sistem’ yang bisa mengoreksi tulisanmu dalam waktu singkat. Membenarkannya pun jadi pilihan, sebab kamu hanya akan diberitahu di mana yang salah dan apa versi benarnya. Dengan begitu, kamu bisa langsung mengubah atau menyimpan infonya dulu.

Baca juga: Apa Itu Tenses? Berikut Jenis-Jenis Tenses dan Contohnya

7 Aplikasi Cek Grammar Bahasa Inggris Online Gratis

Sesaat setelah kamu selesai menyimak artikel ini, kamu bisa saja langsung menggunakan aplikasi atau website cek grammar bahasa inggris online. Namun, tentu kamu harus tahu dulu apa saja yang bisa dipakai dan memang direkomendasikan. Berikut adalah beberapa rekomendasinya.

1. Grammarly

Aplikasi Cek Grammar Bahasa Inggris Online Gratis

Grammarly adalah aplikasi cek grammar terpopuer yang sudah digunakan oleh lebih dari 10 juta pengguna. Aplikasi ini tersedia dalam dua versi, yaitu versi aplikasi dan versi web. Untuk versi aplikasi kamu bisa instal dulu di app store, sedangkan untuk website kamu bisa langsung akses saja melalui mesin pencarian. Aplikasi ini bisa kamu gunakan secara gratis untuk mengecek grammar dan tanda baca dalam tulisanmu. Namun jika ingin mengecek hal lain seperti diksi dan plagiarisme, kamu harus barlangganan Grammarly Premium terlebih dahulu.

2. After The Deadline

after the deadline aplikasi cek grammar gratis

Aplikasi ini tidak hanya bisa bantu kamu cek grammar saja, melainkan juga bisa cek contextual spell atau ejaan, advanced style checking, dan intelligent grammar checking sekaligus (cek grammar versi profesional). Kabar baiknya lagi, aplikasi ini bisa digunakan secara gratis untuk kebutuhan personal.

3. Ginger

ginger website untuk cek grammar gratis online

Kalau yang satu ini cocok untuk kamu yang hanya perlu mengoreksi grammar sepatah dua patah kalimat saja. Sebab di Ginger, pengecekkan grammar hanya per kalimat saja. Jika ingin cek kalimat lainnya, harus dihapus dan dimasukkan kalimat yang baru.

4. Hemingway Editor

hemingway editor aplikasi untuk mengecek kesalahan ejaan dan tata bahasa Inggris

Rekomendasi aplikasi cek grammar selanjutnya adalah Hemingway Editor. Selain bisa mendeteksi kesalahan tata bahasa, Hemingway Editor juga bisa mendeteksi kalimat yang terlalu panjang dan sukar dipahami. Aplikasi ini tersedia dalam bentuk situs web dan desktop. Namun, jika ingin menggunakan Hemingway Editor versi desktop harus membayar 19.99 USD terlebih dahulu.

5. NounPlus

NounPlus free grammar checker

NounPlus adalah aplikasi cek grammar online yang bisa kamu akses secara gratis. Aplikasi ini bisa mendeteksi kesalahan grammar dan ejaan. Kesalahan grammar ditandai dengan warna merah, sementara kesalahan ejaan ditandai dengan warna ungu. Selain memeriksa tulisan bahasa Inggris, NounPlus juga bisa memeriksa tulisan bahasa Korea dan China.

6. Online Correction

online correction aplikasi untuk mendeteksi grammar error

Aplikasi cek grammar selanjutnya adalah Online Correction. Aplikasi ini bisa memeriksa tulisan bahasa Inggris dengan berbagai aksen, antara lain, American English, British English, Australian English, New Zealand English, dan South African English.

7. LanguageTool

LanguageTool software untuk memeriksa typo dan grammar error

Aplikasi cek grammar selanjutnya adalah LanguageTool. Pada aplikasi ini terdapat fitur yang bisa mendeteksi kesalahan grammar, tanda baca, dan ejaan. LaguageTool dapat kamu akses secara gratis melalui situs web maupun desktop. Selain versi gratis, LanguageTool juga menyediakan versi premium. Kelebihan dari versi premium, yaitu bisa mendeteksi kesalahan grammar dengan lebih akurat dan kesalahan penulisan nama dan gelar.

Baca juga: Aplikasi Anti Plagiarisme

Cara Cek Grammar Bahasa Inggris Online dengan Aplikasi Cek Grammar

Karena kamu sudah tahu apa saja aplikasi cek grammar dan  web untuk cek grammar online, saatnya untuk mengetahui bagaimana cara menggunakannya.

Pertama, tentu kamu harus pilih dulu aplikasi atau web mana yang akan digunakan. Setelah itu, unduh aplikasi tersebut, atau jika kamu memilih untuk menggunakan web, kamu bisa langsung membuka websitenya. Beberapa aplikasi atau website akan meminta kamu untuk membuat akun dulu baru bisa menggunakannya. Namun, ada juga aplikasi atau website yang bisa langsung digunakan tanpa mempunyai akun.

ginger website untuk cek grammar gratis online

Pada halaman yang menyediakan layanan cek grammar, akan tersedia boks utama untuk menaruh teks yang akan di cek grammar-nya. Taruh atau salin teksnya ke sana.

Kemudian akan ada opsi untuk memulai pengecekan, klik opsi ini. Jika tidak ada opsi apa-apa, berarti aplikasi cek grammar atau web untuk cek grammar online ini akan melakukan tugasnya secara otomatis.

Akan muncul garis-garis merah pada kata-kata dengan grammar yang salah. Itulah yang harus kamu ubah ke versi yang benar. Di sampingnya akan ada keterangan grammar atau kata apa yang seharusnya dimasukkan. Jika sudah begini, kamu hanya perlu mengedit saja sesuai saran atau perintahnya. Ubah satu per satu sampai tidak ada lagi kata atau kalimat dengan garis merah (keterangan salah).

Akhiri cara cek grammar online ini dengan menyalin teks yang grammar-nya sudah benar ke dokumen baru untuk disimpan.

Baca juga: Tips Memilih Jasa Proofreading dan Cek Grammar

Butuh Jasa Proofreading dan Cek Grammar?

Kini kamu sudah tahu bagaimana cara cek grammar bahasa Inggris online. Ternyata sangat mudah untuk dipraktikkan bukan? Kamu bisa langsung akses salah satu aplikasinya, kemudian langsung cek tulisanmu di sana. Namun perlu diketahui jika aplikasi cek grammar tidak semuanya akurat dan fiturnya terbatas, apalagi jika menggunakan versi gratis. Nah, jika ingin melakukan cek grammar secara manual dengan hasil yang memuaskan, kamu bisa menggunakan jasa proofreading Xerpihan. Selain melakukan pengecekan grammar, layanan proofreading Xerpihan juga sudah termasuk pengecekan format penulisan, ejaan, kalimat tidak efektif, kohesi dan koherensi paragraf, serta logika tulisan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *