Cara Mencari dan Mendownload Jurnal di Google Scholar

Pada artikel sebelumnya, kita sudah mempelajari tentang cara membuat akun Google Scholar dan manfaat Google Scholar. Sekarang, saatnya kita mempelajari tentang bagaimana cara mencari jurnal internasional di Google Scholar atau Google Cendekia.

Jasa Translate Dokumen | Indonesian English Translation Services
Cara Translate Jurnal Internasional

Mengetahui cara mencari dan mendownload jurnal di Google Scholar sangat penting bagi akademisi. Apalagi bagi mahasiswa yang sedang menyusun karya ilmiah atau tugas akhir. Hal ini karena saat menyusun karya ilmiah, kita membutuhkan referensi yang kredibel untuk mendukung argumen kita.

Google Scholar atau Google Cendekia merupakan layanan edukatif yang menyediakan literatur, berupa jurnal dan buku dari berbagai bidang ilmu. Dengan Google Scholar, kita akan lebih mudah mencari jurnal internasional maupun jurnal nasional untuk dijadikan sumber rujukan skripsi maupun tugas akhir.

Bagaimana cara mencari dan mendownload jurnal internasional di Google Scholar atau Google Cendekia? Simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: Cara Mengecek Jurnal Terindeks Scopus

Baca juga: Cara Mengutip Jurnal yang Benar

Cara Mencari Jurnal Internasional di Google Scholar

Sebenarnya cara mencari jurnal internasional maupun jurnal nasional di Google Scholar cukup mudah. Cukup ikuti angkah-langkah berikut ini.

  1. Buka web browser (Google Chrome atau yang lainnya) menggunakan komputer, laptop, atau ponsel.
  2. Kunjungi laman resmi Google Scholar melalui link https://scholar.google.com/.
  3. Setelah masuk ke laman resmi Google Scholar, ketik kata kunci jurnal yang ingin dicari pada kolom pencarian lalu tekan enter.
  4. Selanjutnya Google Scholar akan menampilkan daftar jurnal atau buku yang relevan dengan kata kunci.
  5. Klik jurnal atau buku yang hendak kamu baca.
  6. Jika ingin menyimpan jurnal, klik fitur simpan di bagian bawah judul jurnal.
Cara Mencari Jurnal Internasional di Google Scholar

Cara Mencari Jurnal Terbaru di Google Cendekia

Jasa Proofreading Jurnal dan Skripsi
Jasa Proofreading Skripsi dan Jurnal

Sebelumnya kita sudah mempelajari bagaimana cara mencari jurnal di Google Scholar atau Google Cedekia. Akan tetapi, hasil pencarian di Google Scholar biasanya diurutkan berdasarkan relevansi dengan kata kunci, bukan berdasarkan tanggal penerbitan. Nah, jika kamu ingin mencari artikel jurnal yang relevan dan paling update, manfaatkan fitur-fitur yang ada di sebelah kiri hasil pencarian.

  1. Jika ingin mencari jurnal terbitan tahun tertentu, klik ‘Rentang khusus’ dan isi rentang tahun penerbitan, lalu klik tombol ‘Telusuri’.
  2. Klik ‘Urutkan berdasarkan tanggal’ jika ingin menampilkan artikel jurnal yang terbaru.
Cara Mencari Jurnal di Google Cendekia

Cara Mencari Jurnal Menggunakan Penelusuran Lanjutan di Google Scholar

Jika ingin mencari jurnal dengan kriteria yang lebih spesifik, kita perlu menggunakan fitur ‘Penelusuran lanjutan’. Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Untuk menggunakan Menu ‘Penelusuran lanjutan’, kita perlu membuka halaman pencarian Google Scholar.
  2. Pada sudut kiri atas, klik tombol yang terbuat dari tiga garis horizontal
  3. Klik menu ‘Penelusuran lanjutan’ dan manfaatkan fitur-fitur yang ada di dalamnya.
Cara Mencari Jurnal dengan Penelusuran Lanjutan di Google

Dengan menggunakan menu penelusuran lanjutan, kita bisa mencari artikel jurnal berdasarkan kata kunci yang relevan, nama penulis, bahkan nama penerbit.

Cara Mendownload Jurnal di Google Scholar

Selain menyediakan fitur penelusuran lanjutan, Google Scholar juga menyediakan fitur untuk mendownload file artikel jurnal. Berikut adalah cara download jurnal di Google Scholar:

  1. Cari jurnal yang ingin didownload dengan mengetikkan kata kunci di halaman pencarian Google Scholar.
  2. Jika sudah menemukan artikel jurnal yang ingin didownload, klik tulisan PDF di sebelah kanan judul jurnal.
  3. Tunggu beberapa saat hingga file PDF dari jurnal tersebut terbuka.
  4. Klik simbol tanda panah di bagian kanan atas untuk mendownload artikel jurnal dalam format PDF.
Cara Download Jurnal di Google Scholar

Perlu di ketahui bahwa tidak semua jurnal yang muncul di hasil pencarian ada tulisan PDF di samping judulnya. Lantas bagaimana cara mendownload jurnal yang tidak ada tulisan PDF di samping judulnya?

Jangan khawatir karena kita masih bisa mendownloadnya dengan membuka situs yang memuat artikel secara keseluruhan. Caranya adalah dengan menekan judul jurnal yang ingin didownload. Setiap judul jurnal mengandung tautan yang mengarah ke situs yang memuat artikel. Setelah situs yang memuat artikel tersebut terbuka, biasanya akan ada fitur yang dapat kita gunakan untuk mendownload artikel.

Nah itu tadi panduan cara mencari dan mendownload jurnal di Google Scholar. Semoga setelah membaca ini kamu jadi lebih mudah mencari jurnal internasional untuk referensi skripsi ataupun tesismu. Jika kamu perlu bantuan dalam menerjemahkan ataupun proofreading karya tulismu, Xerpihan siap membantu. Xerpihan menyediakan jasa terjemah bahasa Inggris dan juga jasa proofreading profesional dengan harga terjangkau.

Jasa Translate Dokumen | Indonesian English Translation Services
Jasa Terjemah Jurnal Internasional
[Total: 0 Average: 0]

Leave a Comment