Apa Itu Tinjauan Pustaka? Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Para akademisi, terutama mahasiswa yang sedang menyusun skripsi, perlu mengetahui apa itu pengertian tinjauan pustaka dan bagaimana cara membuatnya. Hal ini karena tinjauan pustaka merupakan bagian yang harus ada di dalam skripsi. Tanpa adanya tinjauan pustaka, skripsi kita akan terasa kurang lengkap.

Nah, jika kamu ingin tahu apa itu tinjauan pustaka? Simak pengertian, fungsi, serta perbedaan tinjauan pustaka dan landasan teori berikut ini.

Jasa Proofreading Jurnal dan Skripsi
Jasa Proofreading Skripsi dan Tesis, Mulai Rp10.000

Apa Itu Tinjauan Pustaka?

Dilihat dari segi namanya, tinjauan pustaka berasal dari kata tinjauan dan pustaka. Tinjauan artinya mempelajari atau kegiatan meninjau kembali. Sementara pustaka adalah kumpulan bahan-bahan rujukan yang berupa buku atau literatur lainnya. Jadi secara bahasa, kajian pustaka dapat diartikan sebagai peninjauan kembali buku atau literatur terkait yang dapat dijadikan sebagai rujukan.

Tinjauan pustaka adalah salah satu bab yang hampir selalu ada di dalam proposal penelitian dan laporan penelitian, termasuk dalam skripsi, tesis, maupun disertasi. Pada skripsi, tinjauan pustaka ini biasanya terletak pada bab 2, berdampingan dengan landasan teori.

Baca juga: Sistematika dan Cara Membuat Laporan Penelitian

Tinjauan pustaka berisi ringkasan komprehensi dari penelitian yang sudah ada mengenai suatu topik. Umumnya, tinjauan pustaka bersumber dari penelitian-penelitian sebelumnya yang relevan dengan masalah yang diteliti.

Tinjauan pustaka berperan penting untuk memberikan gambaran umum mengenai penelitian-penelitian yang serupa dengan penelitian kita. Sebab, saat memulai sebuah penelitian, seorang peneliti selalu dihadapkan pada berbagai pertanyaan terkait topik yang akan diteliti. Seringkali peneliti belum banyak mengetahui tentang topik yang akan diteliti sehingga tidak tahu apa saja yang harus dilakukan. Dengan melakukan tinjauan pustaka, peneliti akan mendapatkan gambaran dan pengetahuan mengenai penelitian-penelitian sebelumnya yang relevan dengan permasalahan yang sedang diteliti.

Baca juga: Jenis-Jenis Metode Penelitian dan Contohnya

Pengertian Tinjauan Pustaka Menurut Para Ahli

Supaya kamu lebih paham mengenai apa itu tinjauan pustaka, berikut adalah pengertian tinjauan pustaka menurut para ahli.

Pengertian tinjauan pustaka menurut Taylor dan Procter

Menurut Tylor dan Procter (2010), pengertian tinjauan pustaka adalah sebuah aktivitas untuk meninjau atau mengkaji kembali berbagai literatur yang telah dipublikasikan oleh akademisi atau peneliti lain sebelumnya terkait topik yang akan diteliti.

Pengertian tinjauan pustaka menurut Sugiyono

Dalam bukunya yang berjudul Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D, Sugiyono (2016) menyatakan tinjauan pustaka adalah kegiatan peninjauan kembali mengenai pustaka-pustaka yang berkaitan dengan penelitian yang akan dilakukan. Tinjauan pustaka merupakan salah satu hal yang penting di sebuah penelitian. Sebab, dengan adanya tinjauan pustaka maka peneliti akan semakin banyak mengetahui tentang penelitian sebelumnya yang serupa sehingga peneliti dapat memahami dan mengetahui permasalahan dalam penelitian sebelumnya.

Pengertian tinjauan pustaka menurut Shavelson dan Towne

Shavelson dan Towne (2002) menyatakan bahwa tinjauan pustaka merupakan usaha yang dilakukan oleh peneliti untuk mencari dan menghimpun berbagai informasi yang berkaitan dengan topik atau masalah yang sedang ditelitinya. Hal ini berguna untuk memperoleh berbagai teori yang akan digunakan sebagai landasan atau pedoman bagi penelitian yang dilakukannya, serta memperoleh berbagai informasi tentang penelitian-penelitian sejenis atau yang ada kaitannya dengan penelitian yang akan dilakukan.

Jasa Translate Dokumen | Indonesian English Translation Services
Jasa Terjemah Bahasa Inggris dan Indonesia

Fungsi Tinjauan Pustaka

Perlu diketahui bahwa tinjauan pustaka mempunyai beberapa fungsi penting dalam penelitian. Lantas apa saja fungsi dari tinjauan pustaka?

Fungsi tinjauan pustaka menurut Punaji Setyosari

Dalam Alacrity: Journal of Education (2021) dijelaskan fungsi tinjauan pustaka menurut Punaji Setyosari adalah:

  1. Membantu peneliti untuk membatasi bidang kajian.
  2. Membantu peneliti menempatkan masalah sesuai perspektif.
  3. Menghindari replikasi tentang penelitian serupa sebelumnya.
  4. Mengaitkan ide dan teori dengan penerapan.
  5. Memahami struktur isi.

Fungsi tinjauan pustaka menurut Zubaidah

Menurut Zubaidah (2007), fungsi tinjauan pustaka meliputi:

  1. Mengetahui sejarah masalah penelitian
  2. Membantu memilih prosedur
  3. Memahami latar belakang teoritis masalah penelitian
  4. Mengetahui manfaat penelitian sebelumnya
  5. Menghindari duplikasi
  6. Memberikan pembenaran pemilihan masalah penelitian.

Perbedaan Tinjauan Pustaka dan Landasan Teori

Banyak orang mungkin tidak tahu apa perbedaan tinjauan pustaka dan landasan teori. Hal ini wajar karena keduanya sekilas memang tampak sama. Akan tetapi bila diamati secara detail, tentu terdapat perbedaan antara tinjauan pustaka dan landasan teori.

Tinjauan Pustaka adalah kajian terhadap penelitian-penelitian sebelumnya yang relevan dengan masalah yang diteliti. Hasil dari penelitian yang sudah ada kemudian dijadikan referensi untuk menentukan topik permasalahan, arah, serta tujuan penelitian. Selain itu, tinjauan pustaka juga penting untuk menentukan kedudukan dari penelitian saat ini terhadap penelitian sebelumnya. Kedudukan penelitian ini nantinya akan menentukan bobot penelitian, apakah hasil penelitiannya bersifat penyempurna, pelengkap, pembanding, pengembangan, atau uji ulang terhadap penelitian sebelumnya.

Landasan teori adalah serangkaian teori yang memang akan digunakan untuk melakukan penelitian. Biasanya teori-teori tersebut digunakan untuk menganalisis fakta-fakta atau dasar-dasar penelitian. Landasan teori biasanya bukan berasal dari penelitian terdahulu, tetapi berasal dari buku-buku yang sudah diterbitkan. Jadi secara umum teori-teori tersebut diambil dari buku ataupun ebooks. Namun, bisa juga teori tersebut diambil dari penelitian terdahulu yang menghasilkan teori yang bisa kita gunakan.

Jadi berdasarkan definisinya, perbedaan tinjauan pustaka dan landasan teori adalah tinjauan pustaka berasal dari penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya, sedangkan landasan teori berasal dari teori yang relevan dengan masalah yang diteliti.

Baca juga: Cara Menulis Daftar Pustaka dan Contohnya

Contoh Tinjauan Pustaka

Setelah mempelajari pengertian dan fungsi tinjauan pustaka, sekarang saatnya kita melihat contoh dari tinjauan pustaka. Selain contoh tinjauan pustaka, kita juga melampirkan contoh dari landasan teori supaya lebih mudah dipahami perbedaanya.

Contoh dari tinjauan pustaka penelitian:

contoh tinjauan pustaka penelitian

Contoh dari landasan teori:

contoh dari landasan teori

Itu tadi adalah contoh cuplikan tinjauan pustaka dan landasan teori penelitian yang dikutip dari dspace.uii.ac.id. Jika ingin membaca contohnya secara keseluruhan, bisa klik link berikut.

[Total: 0 Average: 0]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *