Cara Mengecek atau Mengetahui Jurnal Terindeks Scopus

Saat membuat karya tulis, kita membutuhkan referensi dari sumber yang terpercaya. Salah satu referensi yang sudah teruji kredibilitasnya adalah jurnal yang terindeks oleh Scopus. Apa itu jurnal terindeks Scopus dan bagaimana cara mengecek atau mencari jurnal terindeks Scopus? Simak penjelasannya berikut ini.

Jasa Proofreading Jurnal dan Skripsi
Jasa Proofreading agar Lolos Publikasi Jurnal

Apa itu Jurnal terindeks Scopus?

Supaya lebih mudah memahami apa itu jurnal terindeks Scopus, mari kita bahas pengertian jurnal terlebih dahulu. Jurnal adalah jenis karya tulis ilmiah yang di tulis sesuai dengan kaidah ilmiah. Dalam KBBI, jurnal didefinisikan sebagai majalah yang khusus memuat artikel dalam bidang ilmu tertentu. Biasanya, jurnal dipublikasikan secara berkala oleh penerbit.

Sementara Scopus adalah layanan indeksasi dan database literatur ilmiah. Saat ini, Scopus merupakan pusat data atau database jurnal terbesar di dunia. Di dalam database Scopus, terdapat sekitar 22.000 artikel jurnal internasional dari 5.000 penerbit.

Jadi, Jurnal terindeks Scopus adalah jurnal ilmiah yang sudah berhasil masuk ke dalam database Scopus. Jurnal yang berhasil terindeks Scopus adalah jurnal internasional bereputasi yang sudah diakui kredibilitasnya.

Jasa Translate Dokumen | Indonesian English Translation Services
Jasa Terjemah Jurnal Internasional

Cara Mengecek atau Mengetahui Jurnal Internasional Terindeks Scopus

Ada beberapa cara untuk mengecek atau mengetahui apakah suatu jurnal terindeks Scopus atau tidak. Namun, di dalam artikel ini kita hanya akan membahas dua cara untuk mengecek atau mengetahui jurnal terindeks. Cara yang pertama, yaitu melalui situs resmi Scopus. Sementara cara yang kedua adalah menggunakan situs Scimago Journal & Country Rank (SJR).

Melalui Situs Resmi Scopus

Berikut langkah-langkah untuk mengetahui suatu jurnal terindeks Scopus atau tidak.

cara mengecek jurnal terindeks Scopus
  • Klik menu Sources di menu bagian atas.
Ketik nama jurnal untuk mengecek di database Scopus
  • Di halaman Sources, pilih menu Title, lalu ketik nama jurnal yang ingin dicari, dan tekan Find Sources.
Klik nama jurnal untuk mengetahui informasi di database Scopus
  • Setelah muncul daftar jurnal dari hasil pencarian, klik nama jurnal yang dimaksud untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai jurnal tersebut.
lihat tahun jurnal terindeks scopus di bagian coverage
  • Setelah muncul halaman yang berisi informasi jurnal, lihat bagian Scopus coverage years. Berdasarkan contoh yang tertera di gambar, dapat kita ketahui bahwa jurnal Advanced Material sudah terindeks Scopus dari tahun 1989 hingga sekarang.

Melalui Situs Scimago Journal & Country Rank (SJR)

Situs Scimago Journal & Country Rank (SJR) adalah situs yang dapat menampilkan pengukuran pengaruh suatu jurnal internasional yang terindeks Scopus. Apabila jurnal yang kita cari itu muncul di Situs Scimago Journal & Country Rank (SJR) berarti jurnal tersebut sudah terindeks Scopus.

Namun, perlu diperhatikan bahwa informasi jurnal yang ada di SJR tidak diupdate secara realtime. Database yang digunakan SJR merupakan database Scopus lama, sehingga bisa jadi jurnal yang muncul di SJR sudah tidak terindeks lagi di Scopus.

Berikut adalah cara untuk mengecek atau mengetahui jurnal terindeks Scopus melalui SJR.

cara mengetahui jurnal terindeks Scopus lewat SJR
  • Jika kita sudah mengetahui nama jurnal atau nama penerbitnya, ketikan namanya di kolom pencarian yang tersedia, lalu klik Enter.
Daftar hasil pencarian jurnal terindeks scopus dengan Scimago JR
  • Setelah muncul daftar jurnal dari hasil pencarian, klik nama jurnal yang dimaksud untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai jurnal tersebut.
lihat bagian coverage untuk mengetahui kapan jurnal terindeks scopus
  • Setelah muncul halaman yang berisi data dari jurnal, lihat bagian coverage untuk mengetahui tahun terindeks Scopus.

Cara Mencari Jurnal Terindeks Scopus

Apabila belum memperoleh nama jurnal yang ingin dicek, kita bisa mencari daftar jurnal terindeks Scopus melalui bidang atau Subject area jurnal yang ingin dicari.

Melalui Situs Resmi Scopus

Berikut adalah cara untuk mencari daftar jurnal yang terindeks Scopus.

cara mengecek jurnal terindeks Scopus
  • Klik menu Sources di bagian kanan atas.
pilih subject areas jurnal yang diinginkan
  • Setelah muncul halaman Sources, pilih Subject area, lalu klik bidang yang ingin dicari (misalnya Biotechnology), kemudian klik Apply.
daftar jurnal yang terindeks scopus
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul daftar jurnal bidang Biotechnology yang terindeks Scopus. Kita juga bisa memfilter hasil pencarian dengan memilih quartile jurnal yang diinginkan dan klik Journal di bagian Sources type.

Melalui Situs Scimago Journal & Country Rank (SJR)

Kita juga bisa mencari daftar jurnal terindeks Scopus melalui SJR. Berikut adalah cara untuk mencari daftar jurnal yang terindeks Scopus melalui SJR.

cara mencari jurnal internasional terindeks scopus
  • Klik menu Journal Rankings di bagian atas.
pilih bidang yang diinginkan
  • Pilih Subject areas dan Subject categories dari jurnal yang diinginkan, lalu pilih Journal di menu All Types.
cara mencari jurnal internasional terindeks scopus di Scimago Journal & Country Rank
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul daftar jurnal yang diinginkan. Kita juga bisa mempersempit hasil pencarian dengan mengatur jumlah minimum sitasi di bagian Display journals with at least __ Total Cites (3years), lalu klik Apply.
[Total: 1 Average: 5]

Leave a Comment