7 Rekomendasi Aplikasi Kamus Bahasa Inggris dan Indonesia Terbaik

Apa saja rekomendasi aplikasi kamus bahasa Inggris dan Indonesia yang terbaik? Simak penjelasannya berikut ini.

Perkembangan zaman yang semakin canggih membuat banyak hal beralih menjadi digital, salah satunya adalah kamus bahasa Inggris. Jika dahulu kamu sering membawa buku yang tebal, kini kamu bisa menggunakannya dalam genggaman tanpa ribet.

Saat ini sudah banyak kamus digital dari berbagai bahasa. Untuk memudahkan kamu dalam memilih aplikasi yang tepat dengan rating bagus, berikut kami rekomendasikan aplikasi kamus bahasa Inggris terbaik yang bisa diunduh melalui Play store atau App store.

Jasa Translate Dokumen | Indonesian English Translation Services
Jasa Terjemah Bahasa Inggris dan Indonesia, Mulai Rp10.000

Rekomendasi Aplikasi Kamus Bahasa Inggris dan Indonesia Terbaik

Terdapat banyak sekali kamus penerjemah bahasa Inggris yang bisa kamu pilih di playstore. Namun, seperti yang sudah disinggung tadi, tidak semua aplikasi tersebut memiliki rating yang bagus.

Baca juga: Cara Cepat Menerjemahkan Dokumen Bahasa Inggris ke Indonesia

1. Kamus Inggris (Kamusku)

Kamus Inggris (Kamusku) adalah aplikasi kamus bahasa Inggris-Indonesia yang sudah diunduh lebih dari 10 juta pengguna di Android. Menariknya, kamu bisa menggunakan aplikasi tersebut meski dalam keadaan offline atau tidak terhubung jaringan internet.

Kelebihan: seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, aplikasi ini bisa digunakan secara offline. Untuk kosa katanya sendiri sangat lengkap, mulai dari kosa kata populer hingga jarang didengar atau digunakan saat berkomunikasi. Saat ini aplikasi tersebut sudah tersedia 4 bahasa, yaitu Indonesia, Inggris, Arab, dan Korea.

Kekurangan: untuk menerjemahkan kalimat online, terkadang masih ada struktur kalimat yang kurang tepat. Selain itu, untuk versi yang belum upgrade (Gratis) masih banyak sekali iklan yang mengganggu.

Baca juga: Aplikasi Cek Grammar Bahasa Inggris

2. Google Translate

Siapa sih yang tidak tahu dengan tools atau aplikasi Google Translate. Aplikasi tersebut termasuk salah satu produk Google paling sukses. Aplikasi penerjemah ini membutuhkan koneksi internet, namun jika kamu ingin menggunakan saat offline maka bisa mendownload bahasa tertentu. Oiya, bahasa yang tersedia disini sangat banyak dan cukup lengkap.

Kelebihan: aplikasi menarik ini sudah tersedia di ponsel baik IOS atau Android dan PC atau laptop. Hebatnya lagi, aplikasi ini bisa menerjemahkan kata dari hasil tulisan tangan, foto, link, hingga percakapan langsung.

Tools ini menyediakan berbagai bahasa, bahkan terdapat bahasa Sunda dan Jawa. Selain itu, tidak ada iklan yang cukup mengganggu kamu.

Kekurangan: jika menerjemahkan kosakata dalam satu kalimat dan banyak paragraf, Google Translate akan menampilkan hasil yang cukup membingungkan. Terkadang hasil terjemahannya masih terlihat seperti robot dan tidak masuk akal.

Namun, jika hanya ingin menerjemahkan per kata atau kalimat yang tidak panjang, aplikasi ini sangat tepat dan tenang saja karena Google selalu memberikan perbaikan.

jasa proofreading dokumen bahasa Inggris
Jasa Proofreading dan Cek Grammar Bahasa Inggris

3. U-Dictionary: Oxford Dictionary Free Now Translate

Jika kamu menginginkan aplikasi penerjemah bahasa Inggris digital yang canggih, maka kamu bisa mengunduh aplikasi U-Dictionary. Aplikasi tersebut dikembangkan dari Hong Kong, Youdao Limited. Sesuai dengan namanya, U-Dictionary mengambil terjemahan Oxford Dictionary dari institusi Oxford University Press, jadi akurasinya tidak perlu kamu ragukan lagi.

Kelebihan: aplikasi canggih ini selain menampilkan terjemahan yang akurat, juga terdapat fitur seperti Word Games yang bisa membuat sesi belajar kamu lebih menyenangkan. Selain itu, aplikasi ini bisa mendeteksi kesalahan grammar kamu secara otomatis, lho. Nama fiturnya ialah Grammar Check.

Kekurangan: kekurangan pertama dari aplikasi penerjemah bahasa ini adalah masih terdapat banyak iklan yang bermunculan untuk akun gratis. Sehingga pelanggan banyak merasa tidak nyaman dan terganggu. Namun, terdapat solusi untuk menghindari iklan tersebut yakni upgrade akun menjadi berbayar, sayangnya untuk tarif per-bulan relatif cukup mahal.

Kedua, fitur menarik banyak yang tersedia jika kamu melakukan upgrade menjadi akun berbayar saja. Jadi, jika kamu hanya menggunakan secara gratisan hanya bisa menerjemahkan dari teks saja, tidak bisa untuk foto atau dokumen.

4. LINE Kamus Inggris

Jika selama ini kamu hanya mengenal LINE sebagai aplikasi chatting atau penyedia webtoon saja, jangan kaget kalau ternyata LINE juga menyediakan aplikasi penerjemah bahasa. LINE kamus Inggris juga menyediakan bahan pembelajaran, lho. Seperti yang lainnya, aplikasi tersebut berada di bawah naungan NAVER, perusahaan konglomerat asal Korea Selatan.

Kelebihan: LINE kamus Inggris menyediakan kosa kata yang sangat lengkap dan luas, terdapat lebih dari 200.000 kata-kata pokok, 410.000 contoh kalimat dan 50.000 audio files. Bukan hanya itu saja, aplikasi ini juga memungkinkan kamu melakukan pencarian kata menggunakan kelengkapan secara otomatis untuk definisi dan tanda-tanda fonetik. Secara keseluruhan, aplikasi ini menawarkan banyak fitur menarik dan bekerja secara optimal.

Kekurangan: aplikasi kamus bahasa Inggris ini termasuk sangat bagus, namun akhir-akhir ini banyak para pengguna mengeluhkan bahwa bahasanya hanya tersedia Mandarin saja. Pendapat ini saya kutip dari rating pengguna di App store.

Baca juga: Aplikasi Penerjemah Bahasa Inggris ke Indonesia

5. Indonesian English Dictionary & Translator Free

Aplikasi penerjemah bahasa Inggris – Indonesia ini dikembangkan oleh Bravolol. Seperti namanya, aplikasi ini tersedia offline dan cukup akurat. Uniknya lagi, kamu bisa memilih akan menggunakan British English atau American English. Seperti yang kita tahu, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Kelebihan: aplikasi ini tersedia secara offline, sehingga memudahkan kamu untuk menerjemahkan kata atau kalimat meski tidak terhubung internet. Tentu ini sebuah kelebihan tersendiri, mengingat banyak aplikasi penerjemah mengharuskan kamu terhubung dengan internet.

Kekurangan: dikutip dari pengguna yang memberikan rating di App store terlihat banyak orang yang menyukai aplikasi tersebut. Namun masih terdapat sedikit keluhan seperti fitur pronunciation kurang terlalu akurat.

6. Indonesia – English Translator

Aplikasi ini sudah diunduh jutaan kali di Play Store. Indonesian – English Translator harus kamu coba karena banyak fiturnya yang tak kalah menarik. Aplikasi ini juga memiliki interface yang mudah sehingga bisa digunakan oleh pemula.

Kelebihan: seperti yang sudah kami sebutkan tadi, aplikasi ini memiliki antarmuka pengguna yang sederhana, pencarian yang cepat, dan bisa menerjemahkan dari papan klip.

Kekurangan: sayangnya aplikasi menarik ini tidak bisa kamu unduh bagi pengguna IOS. Jadi, hanya tersedia untuk pengguna android saja.

Baca juga: Aplikasi Proofreading Online Bahasa Inggris

7. Dictionary.com

Aplikasi ini merupakan aplikasi kamus dan tesaurus bahasa Inggris yang memiliki kurang lebih 2 juta definisi dan sinonim. Aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk menambahkan wawasan tentang kosa kata. Selain itu, bisa digunakan secara gratis.

Kelebihan: aplikasi ini bisa kamu gunakan secara gratis dan offline. Kosa kata dan definisinya yang melimpah bisa membuat kamu kaya akan wawasan kosa kata bahasa Inggris dan sangat bagus bagi kamu yang baru belajar bahasa Inggris.

Kekurangan: sama seperti aplikasi sebelumnya, Dictionary.com ini hanya bisa digunakan oleh pengguna android saja. Jadi, bagi kamu para pengguna IOS belum bisa menikmati aplikasi ini.

Demikianlah 7 rekomendasi aplikasi kamus bahasa Inggris Indonesia terbaik 2022 yang bisa kamu Unduh! Pastikan kamu mengunduh aplikasi yang sudah resmi terdaftar di Play store atau App store agar tidak membawa virus pada ponselmu. Semoga bermanfaat!

[Total: 1 Average: 5]

Leave a Comment