Cara Membuat Transkrip Wawancara dengan Cepat Tanpa Harus Ngetik

Ingin tahu cara membuat transkrip wawancara tanpa harus mengetiknya secara manual? Simak penjelasannya di sini,

Sebagai mahasiswa, tentunya kita tahu bahwa salah satu teknik pengumpulan data kualitatif adalah dengan melakukan wawancara. Untuk memudahkan proses wawancara, orang-orang biasanya akan merekamnya menggunakan HP atau voice recorder. Setelahnya, rekaman wawancara tersebut akan ditranskripsi untuk dianalisis isinya.

Jasa transkrip wawancara dan rekaman rapat
Jasa Transkrip Wawancara, Mulai Rp10.000

Transkripsi adalah proses pengubahan suara menjadi tulisan atau teks. Jadi, percakapan atau dialog yang terekam saat wawancara akan diubah menjadi sebuah dokumen tertulis. Proses transkripsi biasanya dilakukan dengan cara mengetik secara manual semua percakapan yang terekam. Sepintas cara ini memang tergolong mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, proses transkripsi secara manual ini cukup melelahkan dan menghabiskan banyak waktu. Oleh karena itu, ada baiknya jika kita menggunakan alternatif atau cara lain yang lebih menguntungkan.

Cara Membuat Transkrip Wawancara dengan Cepat Tanpa Harus Ngetik

1. Menggunakan Aplikasi Speech to Text

Salah satu cara yang bisa kita gunakan untuk membuat transkrip wawancara adalah memanfaatkan aplikasi speech to text. Aplikasi speech to text merupakan aplikasi yang dapat mengubah suara menjadi tulisan atau teks secara otomatis. Jadi dengan menggunakan aplikasi speech to text kita tidak perlu capek-capek mengetik kata demi kata.

Ada banyak aplikasi speech to text yang bisa kita gunakan untuk membuat transkrip wawancara. Beberapa di antaranya adalah SpeechTexter, Transkripsi Instan, dan Speechnotes. Bahkan, saat ini di dalam Google Doc juga sudah dilengkapi dengan teknologi speech to text

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Speech to Text

Cara Membuat Transkrip Wawancara dengan Aplikasi Speech to Text

Cara menggunakan aplikasi speech to text terbilang cukup mudah dan praktis. Berikut langkah-langkah untuk membuat transkrip dengan bantuan aplikasi speech to text:

  1. Download aplikasi speech to text melalui Google Play;
  2. Buka aplikasi, lalu pilih bahasa yang diinginkan;
  3. Unggah file audio yang ingin ditranskripsi pada kotak yang tersedia;
  4. Setelah file selesai diunggah, aplikasi tersebut akan mulai mengubah suara yang terekam di dalam file menjadi teks secara otomatis;
  5. Jika proses pengubahan suara menjadi tulisan sudah selesai, simpan dan download hasilnya;
  6. Jangan lupa untuk memeriksa dan mengoreksi hasilnya.

Kita perlu memeriksa dan mengoreksi hasilnya dengan teliti. Sebab, hasil transkrip dari aplikasi speech to text biasanya tidak akurat. Jika suara yang terekam kurang jelas atau terlalu cepat, aplikasi speech to text kurang bisa mengidentifikasinya. Jadi biasanya banyak kata-kata yang terlewat atau salah tulis. Aplikasi ini juga tidak direkomendasikan jika percakapan yang ingin ditranskripsi menggunakan bahasa campuran dan tidak baku.

Baca juga: Contoh Penulisan Transkrip Wawancara

2. Menggunakan Jasa Transkrip

Cara lain yang bisa kamu pilih adalah menggunakan jasa transkrip profesional. Dengan menggunakan jasa transkrip profesional, kamu tidak perlu menghabiskan waktu dan tenaga untuk mengetiknya sendiri.

Hasil transkripsi dari jasa transkrip biasanya lebih akurat daripada menggunakan aplikasi speech to text.Jadi kamu tidak perlu takut apabila ada kata-kata yang salah tulis atau terlewat.

Salah satu penyedia jasa transkrip yang sudah berpengalaman adalah Xerpihan. Berikut kelebihan jasa transkrip wawancara Xerpihan:

  1. Berpengalaman membuat transkrip berbagai macam audio
  2. Pengerjaan cepat dan berkualitas
  3. Tersedia paket jasa transkrip sekaligus terjemah (translation)
  4. Garansi uang kembali dan revisi tanpa batas
  5. Konsultasi gratis
  6. Jaminan kerahasiaan
[Total: 1 Average: 5]

Leave a Comment