Cara Membuat Makalah: Pengertian, Struktur, dan Contohnya

Bagaimana cara membuat makalah yang baik dan benar? Simak penjelasan mengenai pengertian, struktur, contoh, dan cara membuat makalah berikut.

Cara membuat makalah yang baik dan benar merupakan hal yang penting diketahui oleh para pelajar atau mahasiswa. Sebab, makalah adalah sebuah karya tulis yang biasanya dijadikan tugas oleh para guru atau dosen.

Jasa Translate Dokumen | Indonesian English Translation Services
Jasa Terjemah Dokumen, Mulai Rp10.000

Apa itu Makalah?

Pengertian Makalah

Dalam KBBI, pengertian makalah ada dua makna, yaitu:

  1. Makalah adalah tulisan resmi mengenai suatu pokok yang dimaksudkan untuk dibacakan di muka umum dalam suatu persidangan dan yang sering disusun untuk diterbitkan.
  2. Makalah adalah karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi.

Sementara menurut salah seorang tokoh sastra Indonesia yang ahli perkamusan, W.J.S. Poerwadarminta, pengertian makalah adalah uraian tertulis yang dikemukakan untuk memperoleh pembahasan lebih lanjut mengenai suatu permasalahan.

Sederhananya, makalah adalah sebuah karya tulis ilmiah yang berisi pembahasan tentang suatu topik atau masalah. Biasanya topik yang dibahas berhubungan dengan mata kuliah atau bidang spesialisasi tertentu. Penulisan makalah harus sistematis dan diikuti analisis yang masuk akal dan bersifat objektif.

Fungsi Makalah

Seperti karya tulis lainnya, makalah mempunyai fungsi untuk menyampaikan berbagai macam informasi dan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh pembuatnya. Makalah juga berfungsi sebagai sumber ilmu karena berisi penelitian-penelitian yang baru.

Dalam pembuatannya terdapat beberapa hal yang memang harus diperhatikan salah satunya adalah dengan mengetahui struktur dan cara membuat makalah yang baik dan benar. Hal tersebut memang harus dipahami oleh para murid dan para mahasiswa yang hendak membuat makalah.

Struktur Makalah yang Benar

1. Cover

Struktur makalah yang pertama adalah cover atau sampul. Cara membuatnya adalah dengan mencantumkan judul dan nama penulis serta logo atau lembaga dan tahun terbit. Ada baiknya untuk memakai aturan rata tengah agar cover terlihat lebih rapi dan lebih bagus dilihat.

2. Kata Pengantar

Struktur selanjutnya adalah kata pengantar yang berisi sedikit pembahasan isi makalah secara menyeluruh namun tidak spesifik dan detail. Pada bagian ini juga berisi tentang penjelasan waktu penulisan makalah dan tempat penelitian, serta pihak yang ikut mengarahkan cara pembuatan.

3. Daftar Isi

Bagian selanjutnya yang harus ada di dalam makalah adalah daftar isi. Daftar isi merupakan sebuah halaman yang memuat seluruh informasi halaman dari bagian-bagian atau subbab yang ada di dalam makalah. Daftar isi dapat membantu pembaca untuk mencari halaman-halaman tertentu di makalah.

4. Pendahuluan

Pendahuluan merupakan pembahasan awal mengenai topik penelitian dalam makalah yang telah disusun dari sudut pandang penulisnya. Bagian yang satu ini terdiri dari tiga subbab yakni latar belakang, rumusan masalah, dan dilengkapi dengan tujuan penulisan.

5. Latar Belakang

Bagian selanjutnya adalah latar belakang. Di dalam latar belakang terdapat penjelasan mengenai permasalahan yang akan ditemukan dan alasan mengapa masalah tersebut penting untuk diteliti serta dianalisis dalam makalah.

6. Rumusan Masalah

Terdapat juga rumusan masalah yang merupakan hasil dari bahasan pada latar belakang yang telah diulas sebelumnya. Pada umumnya, rumusan masalah ditulis secara singkat, padat, serta berisi poin pertanyaan atau masalah yang diteliti.

7. Tujuan Pembahasan

Tujuan pembahasan berisi tentang manfaat penelitian yang akan dilakukan setelah ditemukan hasil atau kesimpulan permasalahan dan konfirmasi dari hipotesa awal. Pada bagian yang satu ini biasanya ditulis secara singkat, tetapi menggambarkan manfaat penelitian.

8. Isi atau Pembahasan

Isi atau pembahasan berisi tentang permasalahan, penelitian yang dilakukan, metode penelitian, tempat penelitian, sasaran penelitian, penjabaran hasil data yang diperoleh di lapangan. Dalam data ini juga terdapat data kualitatif dan data kuantitatif atau metode campuran.

jasa parafrase kalimat skripsi dan jurnal
Jasa Parafrase Bahasa Indonesia dan Inggris

9. Kesimpulan

Kesimpulan sendiri adalah penjabaran dari hasil penelitian yang didapatkan. Pada bagian ini terdapat penjelasan tentang penelitian yang dilakukan, apakah telah menjawab rumusan masalah atau masih diperlukan penelitian lanjutan.

10. Saran

Pada umumnya saran ditujukan kepada pembaca yang diambil dari kesimpulan penelitian agar bisa dikembangkan, ditindaklanjuti, atau diterapkan di kehidupan masyarakat.

11. Penutup

Selanjutnya adalah penutup yang berisi harapan penulis kepada pembaca yang isinya bisa berupa kesan dan pesan serta ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung si penulis membuat makalah. Sangat perlu dijelaskan kekurangan serta kelebihan dalam penulisan.

12. Daftar Pustaka

Daftar pustaka sendiri berisi referensi yang dicantumkan atau digunakan dalam penyusunan makalah, biasanya berasal dari jurnal atau internet bahkan buku. Penulisannya memang harus disusun secara sistematis serta diurutkan berdasarkan abjad nama pengarang.

Bagaimana Cara Membuat Makalah dengan Baik dan Benar?

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk membuat makalah yang baik dan benar.

Langkah-langkah Membuat Makalah:

1. Menentukan Topik Pembahasan

Cara pertama ketika Anda ingin membuat makalah adalah dengan menentukan sebuah tema atau topik yang ingin dibahas dalam makalah tersebut. Apabila Anda mendapat tugas dari guru atau dosen dengan tema yang telah ditentukan Anda bisa di lanjut ke tahap berikutnya.

Namun apabila tema tersebut belum ditentukan maka Anda harus memikirkan terlebih dahulu tema atau topiknya. Sebaiknya usahakan untuk memilih tema yang sekiranya bisa Anda kuasai dan mempunyai wawasan luas tentang topik yang telah dipilih.

2. Menentukan Judul Makalah

Setelah menentukan topik dalam makalah yang akan dikerjakan, Anda perlu menentukan judul makalah. Judul makalah mempunyai peranan yang sangat penting ketika Anda membuat makalah karena dapat menggambarkan isi dari makalah tersebut.

Usahakan untuk membuat judul semenarik mungkin agar para pembaca tertarik untuk membaca makalah yang telah Anda buat. Jika judul tersebut menarik, tentu pembaca akan beranggapan bahwa isi dalam makalah tersebut akan menarik.

3. Mengumpulkan Bahan Referensi

Setelah Anda mempunyai tema dan judul, saatnya untuk mengumpulkan bahan referensi atau data yang diperlukan dalam penyusunan makalah. Referensi dapat didapatkan dari berbagai jenis buku atau jurnal serta artikel yang ada di internet seperti media online.

Apabila Anda memakai artikel yang ada di internet maka usahakan untuk memilih sumber dan jelas dan dapat dipertanggungjawabkan. Sebab banyak sekali artikel di internet yang melenceng dari pembahasan makalah yang telah Anda buat topiknya.

4. Menulis Makalah Secara Sistematis

Dalam penyusunan makalah, ada baiknya untuk melakukan secara sistematis sesuai struktur makalah yang telah dijelaskan. Susunlah dari bagian pendahuluan kemudian isi makalah baru tutup dengan kesimpulan yang sangat jelas.

5. Proofreading Makalah

Setelah makalah yang Anda buat selesai jangan terburu-buru untuk mempublikasikan makalah tersebut. Hal yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah menyunting atau proofreading makalah tersebut. Anda harus menilai dengan baik dan benar dengan membaca kembali makalah yang telah Anda kerjakan.

Akan sangat penting untuk memeriksa kembali makalah yang dibuat agar tidak ada kesalahan saat dibaca para pembaca nantinya. Caranya adalah dengan mengecek terlebih dahulu, apakah makalah yang telah Anda buat sesuai dengan struktur makalah yang ada. Anda juga dapat mengecek berbagai jenis kesalahan seperti kesalahan ejaan dan kesalahan dalam penulisan serta menggunakan bahasa yang Anda gunakan di dalam makalah. Dengan begitu struktur dan cara pembuatan makalah yang baik dan benar dapat dipraktikkan dengan baik.

Akan lebih baik lagi jika makalah diperiksa (proofread) oleh orang lain agar lebih netral. Nah, jika perlu bantuan untuk proofreading, kamu bisa menghubungi Xerpihan. Kami menyediakan jasa proofreading yang dapat membantu kamu memeriksa dan memperbaiki kesalahan penulisan dalam tulisanmu.

jasa proofreading dokumen bahasa Inggris
Jasa Proofreading Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, Mulai Rp10.000

Contoh Cover Makalah

Sebenarnya format untuk cover makalah berbeda-beda, tergantung ketentuan dari instransi. Sebagai gambaran, berikut adalah salah satu contoh cover makalah untuk tugas sekolah:

Contoh Cover Makalah

Contoh Daftar Isi Makalah

Berikut adalah contoh daftar isi untuk makalah:

contoh daftar isi makalah
[Total: 1 Average: 5]

Leave a Comment