Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis di Luar Negeri

Ingin tahu bagaimana cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis di luar negeri? Simak penjelasannya di bawah ini.

Bagi sebagian orang, bisa kuliah di universitas ternama di luar negeri adalah sebuah impian.  Pasalnya, banyak universitas di luar negeri yang dikenal memiliki kualitas pendidikan yang sangat baik. Sayangnya, hanya orang-orang tertentu saja yang bisa menjadi mahasiswa di sana.

Biasanya orang yang bisa mengenyam pendidikan di universitas ternama di luar negeri adalah orang pintar. Tidak hanya cerdas, mereka juga biasanya berasal dari keluarga berkecukupan. Bukan rahasia lagi kalau biaya kuliah dan tinggal di luar negeri pasti lebih mahal dari biaya di Indonesia.

Namun, bagi Anda yang memiliki impian untuk kuliah di luar negeri, jangan putus asa dulu. Anda masih bisa belajar di luar negeri menggunakan beasiswa. Jadi, buat Anda yang saat ini masih duduk di bangku SMA atau SMK, persiapkan diri agar bisa mendapatkan beasiswanya! Atau, bagi Anda yang ingin meneruskan S2 di luar negeri juga bisa mempersiapkannya dari sekarang. Selain belajar dengan giat, ada beberapa cara agar mendapatkan beasiswa. Berikut akan kita bahas cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis di luar negeri.

Jasa Translate Dokumen | Indonesian English Translation Services
Jasa Penerjemah Dokumen Bahasa Inggris, Mulai Rp10.000

Bagaimana Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis di Luar Negeri?

1. Riset berbagai universitas terbaik di dunia

Langkah pertama yang sebaiknya Anda lakukan adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai berbagai kampus terbaik di dunia. Supaya lebih mudah, buatlah list informasi mengenai hal-hal penting, seperti daftar nama universitas, jurusan incaran, silabus, dan kurikulum. Cari tahu juga apakah universitas tersebut menyediakan beasiswa, serta syarat penerimaan beasiswa. Jika dari universitas tidak menyediakan beasiswa, kita masih bisa mencari alternatif beasiswa dari Lembaga penyedia beasiswa. Informasi tersebut bisa dicari melalui website resmi universitas. Sebagai referensi, kamu juga bisa mencari daftar universitas ternama melalui mesin pencari, seperti Google.

2. Pilih universitas dengan sedikit penggemar

Cara selanjutnya untuk bisa mendapatkan beasiswa ke luar negeri adalah dengan memilih universitas yang peminatnya sedikit. Cara ini bisa dikatakan cukup efektif untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Jika Anda mendaftar di tempat yang sedikit berbeda dari orang kebanyakan, Anda memiliki peluang lebih besar untuk diterima.

Baca juga: Cara Membuat CV bahasa Inggris

 3. Cari lembaga penyedia program beasiswa

Setelah menentukan negara mana yang akan Anda pilih, langkah selanjutnya adalah mencari informasi tentang program beasiswa yang Anda incar. Salah satu caranya adalah dengan bertanya kepada pihak sekolah atau perguruan tinggi. Biasanya sekolah atau perguruan tinggi memiliki banyak koneksi dengan lembaga yang menyediakan beasiswa kuliah gratis yang bisa dicoba. Anda juga bisa mencarinya sendiri di Google.

 4. Langsung hubungi lembaga beasiswa

Setelah menemukan lembaga beasiswa yang tepat untuk Anda, kini saatnya untuk menghubungi mereka secara langsung. Di era digital ini, mungkin Anda bisa melihat website atau media sosial terlebih dahulu.

Jika ada kontak yang bisa dihubungi seperti email, jangan ragu untuk mengirim email kepada mereka. Dengan menghubunginya secara langsung, Anda akan mendapatkan informasi lengkap, mulai dari persyaratan, dokumen apa saja yang harus disiapkan, hingga batas akhir pendaftaran.

5. Tingkatkan kemampuan bahasa asing

Bahasa yang digunakan di luar negeri tentu berbeda dengan bahasa sehari-hari di Indonesia. Untuk itu, Anda perlu mempersiapkan diri untuk meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa asing.

Salah satu bahasa yang perlu Anda pelajari adalah bahasa Inggris. Sebab, bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa Internasional yang paling banyak digunakan di dunia. Anda bisa memulainya dengan sering menghafal kosakata bahasa Inggris dengan bimbingan belajar dan mengikuti tes TOEFL. Salah satu hal yang perlu diperhatikan, yaitu TOEFL seringkali menjadi persyaratan untuk pendaftaran beasiswa. Jadi, sebaiknya Anda juga mempelajari materi tes TOEFL mulai dari sekarang.

Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis Tes TOEFL

6. Belajar membuat motivation letter

Motivation letter merupakan salah satu syarat yang selalu dibutuhkan dalam melamar beasiswa. Umumnya, motivation letter berbentuk esai yang menunjukkan bahwa Anda layak mendapatkan beasiswa. Sebagai gambaran, kamu bisa mencari contoh-contoh motivation letter di Internet. Atau kamu juga bisa belajar langsung dari orang lebih ahli.

Setelah membuat motivation letter, jangan lupa diperiksa kembali apakah sudah sesuai atau belum. Anda juga bisa meminta tolong teman Anda untuk membantu memeriksanya. Supaya lebih meyakinkan, Anda juga bisa menggunakan jasa proofreading Xerpihan untuk membantu memeriksa dan memperbaiki kesalahan penulisan.

jasa proofreading dokumen bahasa Inggris
Jasa Proofreading Bahasa Inggris dan Indonesia, Mulai Rp10.000

7. Kuatkan tekad Anda

Anda harus memiliki tekad yang kuat untuk mendapatkan beasiswa belajar di luar negeri. Sebab, kita harus bersaing dengan ribuan pendaftar lainnya. Banyak tantangan, termasuk rangkaian tes seleksi yang ketat, harus kita lalui demi mendapatkan beasiswa tersebut. Jika tidak memiliki tekad yang kuat, semangat Anda untuk mencapainya akan mudah tergoyahkan.

Bisa dibilang, tekad yang kuat adalah modal paling dasar yang harus dimiliki setiap orang jika ingin mencapai impiannya. Tanamkan dalam diri Anda bahwa Anda bisa mendapatkan apa yang Anda inginkan.

Baca juga: Jenis-Jenis Tes IELTS dan Biayanya

Info Beasiswa Kuliah Dalam dan Luar Negeri

Setelah mempelajari cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis, ada baiknya jika kita langsung mencari info seputar beasiswa yang dapat kita ikuti. Sebagai tambahan, di sini kami sertakan juga info beasiswa gratis untuk kuliah di dalam maupun luar negeri.

Daftar Beasiswa Kuliah Dalam Negeri

1. Kartu Indonesia Pintar (KIP-Kuliah)

KIP-Kuliah merupakan pengganti beasiswa Bidikmisi yang diberikan oleh pKartu Indonesia Pintar atau KIP Kuliah merupakan pengganti Beasiswa Bidikmisi yang diberikan oleh pemerintah melalui Ditjen Dikti. Beasiswa ini ditujukan bagi calon siswa yang kurang mampu secara ekonomi namun memiliki potensi akademik yang sangat baik dan mendapat rekomendasi dari sekolah.

2. Beasiswa Unggulan

Beasiswa unggulan masyarakat berprestasi merupakan salah satu dari lima beasiswa unggulan yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Manfaat yang didapat juga kurang lebih sama dengan beasiswa unggulan lainnya, yaitu gratis biaya kuliah ditambah uang saku bulanan.

Beasiswa ini diberikan kepada masyarakat Indonesia yang memiliki prestasi di bidang akademik dan non akademik baik di tingkat nasional maupun internasional. Beasiswa juga diberikan kepada masyarakat yang berkontribusi terhadap daya saing bangsa. Khusus untuk tahun 2021, beasiswa ini diperuntukan bagi mahasiswa S1, S2, dan S3 dalam negeri.

3. Beasiswa LPDP

Beasiswa LPDP adalah program beasiswa yang dibiayai oleh Pemerintah Indonesia melalui penggunaan Dana Pembangunan Pendidikan Nasional (DPPN) dan dikelola oleh LPDP untuk pembiayaan studi. Program beasiswa ini merupakan kerjasama antara Kementerian Keuangan dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Beasiswa LPDP terbuka bagi mahasiswa yang akan melanjutkan ke jenjang sarjana, pascasarjana, dan doctoral, baik di dalam dan luar negeri.

4. Beasiswa BUMN APERTI

Beasiswa BUMN APERTI adalah beasiswa yang diberikan oleh Aliansi Perguruan Tinggi Badan Usaha Milik Negara bagi lulusan SMA/SMK se-Indonesia yang berminat untuk kuliah di salah satu perguruan tinggi di bawah naungan BUMN APERTI. Penerima beasiswa terpilih akan menerima beasiswa penuh 100% selama masa studi mereka.

Pada tahun 2021, Beasiswa BUMN APERTI menyediakan beasiswa bagi lulusan SMA/SMK tahun 2020 dan 2021 yang ingin kuliah S1 di Sembilan perguruan tingi berikut:

  • Universitas Pertamina (UP);
  • Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI);
  • Telkom University (Tel-U);
  • Politeknik Pos Indonesia (POLTEKPOS);
  • Sekolah Tinggi Manajemen Logistik (STIMLOG);
  • Institut Teknologi Surabaya (ITTS);
  • Institut Teknologi Perusahaan Listrik Negara (IT-PLN);
  • Bank Rakyat Indonesia (BRI) Institute;
  • Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP).

Daftar Beasiswa Kuliah Luar Negeri

1. Fulbright Scholarships

Fulbright Scholarships adalah beasiswa untuk orang Indonesia yang ingin kuliah S2 dan S3 di Amerika. Beasiswa ini ditujukan kepada Warga Negara Indonesia yang bukan penduduk tetap US atau tinggal saat ini di US. Beasiswa ini dikelola oleh American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF). Jika ingin mengetahui persyaratan lengkapnya, bisa kunjungi situs AMINEF.

2. Erasmus Mundus Scholarships

Erasmus Mundus Scholarships adalah beasiswa kuliah gratis untuk program master atau S2 di Eropa. Beasiswa ini terbuka bagi semua orang yang ingin kuliah di berbagai universitas di Eropa. Beasiswa ini disponsori oleh Uni Eropa.

3. Australia Awards Scholarships

Australia Awards Scholarships adalah beasiswa luar negeri untuk program master (S2) dan doktoral (S3) di Australia. Beasiswa ini ditujukan untuk negara-negara yang menjalin kerjasama bilateral dan regional dengan Australia.

4. Chevening Scholarships

Chevening adalah program beasiswa internasional dari pemerintah Inggris. Beasiswa ini ditujukan bagi siapa saja, termasuk warga negara Indonesia, yang ingin kuliah master di berbagai universitas di Inggris. Akan tetapi, program beasiswa ini mensyaratakan pengalaman kerja minimal 2 tahun.

5. Turkiye Burslari Scholarships

Turkiye Burslari Scholarships adalah beasiswa luar negeri yang disediakan oleh pemerintah Turki. Beasiswa ini ditujukan bagi kamu yang ingin melanjutkan program studi S1, S2, dan S3 di berbagai universitas di Turki.

6. Mitsui Bussan Scholarship

Mitsui Bussan Scholarships adalah beasiswa kuliah yang didanai oleh Mitsui & Co. Ltd. Beasiswa ini ditujukan bagi lulusan SMA yang ingin melanjutkan kuliah di jepang.

[Total: 1 Average: 5]

Leave a Comment