Contoh CV Bahasa Inggris dan Terjemahannya serta Cara Membuatnya

Contoh CV Bahasa Inggris dan Terjemahannya serta Cara Membuatnya

Bingung bagaimana cara membuat curriculum vitae (CV) bahasa Inggris? Pelajari langkah-langkah beserta contoh CV bahasa Inggris di sini.

Ketika melamar pekerjaan, hal yang paling utama dan penting disiapkan adalah curriculum vitae (CV). Seiring berkembangnya era, kini banyak perusahaan yang lebih menyukai dan tertarik dengan pelamar yang memakai CV bahasa Inggris. Hal ini dibarengi juga dengan kebutuhan akan pekerja yang bisa berbahasa Inggris dengan lancar dan baik.

Jasa Translate Dokumen

Namun, sampai saat ini masih banyak orang yang kesulitan menulis CV dalam bahasa Inggris. Artikel ini akan membahas tentang cara membuat CV bahasa Inggris yang benar dan contohnya yang bisa dijadikan sebagai referensi.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam CV Bahasa Inggris

Mungkin ada yang bertanya-tanya, apa saja isi curriculum vitae dalam bahasa Inggris? Apakah berbeda dengan isi curriculum vitae dalam bahasa Indonesia? Yuk, simak kita bersama pada penjelasan di bawah ini.

1. Layout

Dalam membuat CV, layout adalah hal penting yang harus diperhatikan. Perekrut tidak akan melirik CV kamu bila layout-nya berantakan dan tidak nyaman untuk dibaca. Bahkan sebelum dibaca pun perekrut bisa langsung membuang CV-mu hanya dengan melihat layout-mu, lho. Kamu harus membuat layout CV-mu sesimpel mungkin namun tetap berisi. Berikut adalah contoh layout CV yang simpel namun tetap menarik dilihat.

Contoh template Curriculum Vitae dalam bahasa Inggris yang menarik
Sumber: Canva.com

Selain layout di atas, kamu juga bisa memakai ATS CV agar terlihat lebih profesional.

Format CV Curriculum vitae in english
Sumber: resumeworded.com

Template ATS CV ini bisa kamu buat sendiri di Microsoft Word. Selain itu, situs gratis Canva.com juga menawarkan berbagai template layout CV yang bisa kamu pilih secara gratis.

2. Grammar

Hal utama yang menjadi masalah kebanyakan orang ketika membuat CV dalam bahasa Inggris adalah grammar atau tata bahasa. Bahasa Inggris memiliki tiga tenses (present tense, past tense, dan future tense) yang harus dipakai sesuai waktu dan penggunaannya.

curriculum vitae bahasa Inggris menggunakan kalimat dengan kata kerja past tense atau lampau karena mendeskripsikan pekerjaan yang sudah dilakukan di masa lalu.

3. Format

Dalam menyusun CV bahasa Inggris, kamu tentu memerhatikan format atau urutan yang harus kamu tulis dari awal hingga akhir. Berikut merupakan format CV bahasa Inggris yang bisa kamu jadikan referensi.

1. Deskripsi Diri (Summary)

Bagian pertama dalam curriculum vitae bahasa Inggris ini menunjukkan bagaimana kamu me-branding diri kamu. Kamu tidak perlu menulis terlalu panjang, cukup satu paragraf saja. Tulis secara singkat hal-hal positif tentang diri kamu. Kamu bisa menulis personality kamu, pencapaian atau prestasi kamu, dan sedikit penjelasan mengenai profesimu.

Jangan lupa cantumkan data diri kamu, yaitu nama lengkap, kontak nomor telepon, kontak email, dan domisili. Domisili sangat berpengaruh di dalam CV karena perekrut biasanya lebih melirik pelamar yang tinggal satu domisili dengan perusahaannya.

Contoh format deskripsi diri (summary) pada CV bahasa Inggris:

  • I am an active, creative, and passionate content creator graduated from XX University with GPA 3,98/4,00 in 2017. I have worked 3 years as a content creator and content writer. I am experienced creating various contents in written, graphic, or video.

2. Pengalaman Bekerja (Work Experience)

Setelah mendeskripsikan diri, kamu bisa menulis tentang pengalaman kamu bekerja. Tulis secara singkat nama perusahaan tempat kamu pernah bekerja, posisi kamu, lama kamu bekerja, dan deskripsi singkat apa yang kamu lakukan di pekerjaan kamu dulu.

Contoh format pengalaman bekerja (work experience) pada CV bahasa Inggris:

Format Pengalaman bekerja pada Curriculum vitae atau resume
Sumber: resumeexamples19.com

Pengalaman bekerja harus dipisahkan dari pengalaman volunteer dan internship atau magang, ya, karena ketiganya berbeda. Di bawah WORK EXPERIENCE, kamu bisa menulis pengalaman INTERNSHIP EXPERIENCE dan VOLUNTEER EXPERIENCE dengan format yang sama seperti di atas.

3. Pendidikan (Education)

Sama dengan curriculum vitae dalam bahasa Indonesia, bagian pendidikan dalam curriculum vitae bahasa Inggris juga ditulis mulai dari strata yang paling tinggi. Misalnya kamu sudah menempuh Pendidikan master atau S2, maka itu ditulis yang paling atas kemudian diikuti pendidikanmu S1. Beberapa orang menyertakan pendidikannya dari S1 hingga SMA, namun beberapa hanya menampilkan pendidikannya semasa kuliah saja.

Contoh format Pendidikan (Education) pada CV bahasa Inggris:

format penulisan Pendidikan (Education) dalam curriculum vitae atau resume
Sumber: resumeworded.com

4. Kegiatan/Pengalaman (Activities/Experiences)

Pada bagian ini, beberapa orang menulis “ACTIVITIES” dan sebagian menulisnya sebagai “EXPERIENCES.” Bagian ini berisi pengalamanmu mengikuti kegiatan seperti kepanitiaan dalam sebuah event, organisasi, atau komunitas. Kamu bisa tuliskan nama kegiatan yang kamu ikuti disertai dengan posisi kamu. Kemudian, berikan deskripsi singkat mengenai apa saja yang kamu lakukan selama menjadi anggota.

Format kegiatan atau pengalaman dalam ATS CV atau resume
Sumber: resumeworded.com

Selain aktivitas, kamu juga bisa menambahkan pengalaman kamu mengikuti project selama kuliah jika ada. Jangan lupa tuliskan rentang waktu selama kamu mengikuti kegiatan tersebut.

5. Skill

Bagian ini menunjukkan skill atau keahlian yang kamu miliki. Menulis skill dalam CV bahasa Inggris bisa hanya dengan satu kata saja. Tapi kamu juga bisa menulis deskripsi singkat agar perekrut dapat lebih memahami sekilas keahlian yang kamu miliki.

Contoh penulisan skill dalam CV bahasa Inggris:

format skill dalam cv bahasa Inggris
Sumber: dokumen pribadi
format skill dalam cv bahasa Inggris
Sumber: resumeexamples19.com

6. Informasi Tambahan (Additional Information)

Terakhir, hal yang perlu kamu tambahkan dalam CV kamu adalah informasi tambahan atau additional information. Seperti namanya, bagian ini berisi informasi selain hal-hal yang sudah kamu sebutkan di atas. Hal yang umum ditambahkan adalah hobby/interest, language atau kemampuan berbahasa, certification atau sertifikasi, dan award atau penghargaan. Semua hal tersebut tentu saja dapat memberi nilai lebih dalam CV-mu.

Contoh penulisan informasi tambahan (additional information) pada CV bahasa Inggris:

contoh format informasi tambahan dalam curriculum vitae atau resume
Sumber: resumeworded.com

Contoh CV Bahasa Inggris yang Menarik

Berikut adalah contoh penulisan CV dalam bahasa Inggris dengan tata bahasa dan format yang benar dan menarik. Kamu bisa menjadikan contoh-contoh di bawah ini sebagai refrensimu menulis CV dalam bahasa Inggris.

Template ATS CV

Contoh CV Bahasa Inggris dan Terjemahannya

  Contoh CV dalam Bahasa Inggris:

Contoh CV Bahasa Inggris dan Terjemahan Bahasa Indonesianya
Sumber: SlideShare

Terjemahan dari CV di atas adalah sebagai berikut:

Sumber: terjemahan pribadi
Sumber: terjemahan pribadi


Contoh CV Bahasa Inggris untuk Fresh Graduate

Contoh CV Bahasa Inggris untuk Fresh Graduate
Sumber: Glints

Contoh CV Bahasa Inggris untuk Beasiswa

Contoh CV Bahasa Inggris untuk Beasiswa
Sumber: ResumeBot.com

Dalam menulis CV bahasa Inggris untuk mendaftar beasiswa, selain hal-hal di atas yang sudah disebutkan, kamu perlu menambahkan informasi mengenai thesis atau skripsi kamu dengan menuliskan judulnya.

Contoh CV Bahasa Inggris untuk Accounting

Cara membuat CV bahasa Inggris yang benar
Sumber: Resume Genius

Contoh CV Bahasa Inggris Perhotelan

Contoh CV Bahasa Inggris Perhotelan
Sumber: SlideShare

Butuh Jasa Penerjemah CV?

Itu dia hal-hal yang perlu kamu perhatikan ketika menulis CV dalam bahasa Inggris. Selain membuat CV baru, biasanya orang hanya menerjemahkan CV bahasa Indonesia ke bahasa Inggris. Namun, beberapa orang saat ini masih tidak yakin dengan kemampuan bahasa Inggrisnya dan ragu apakah terjemahan bahasa Inggris yang ia tulis di CV-nya sudah benar. Tapi, kamu tidak perlu khawatir. Kalau kamu adalah salah satu orang dengan masalah tersebut, mungkin kamu butuh jasa penerjemah bahasa Inggris. Kamu bisa menyewa jasa Xerpihan.id untuk melakukan proofread CV bahasa Inggrismu.

Layanan Terjemahan Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris

Xerpihan.id menyediakan dua jenis layanan terjemahan, yaitu layanan terjemahan bahasa Indonesia ke bahasa Inggris dan terjemahan bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Xerpihan telah dipercaya banyak klien untuk menerjemahkan dokumen, teks, CV, dan takarir. CV kamu akan diterjemahkan oleh penerjemah bahasa Inggris yang profesional. Kamu bisa langsung kunjungi situs mereka di www.xerpihan.id untuk memesan jasa terjemahan bahasa Indonesia ke bahasa Inggris.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *