Grammar adalah: Penjelasan Mengenai Apa Itu Grammar dan Contohnya

Grammar adalah — Saatnya kamu mengetahui apa itu grammar yang sesungguhnya. Sebab saat ini atau beberapa waktu ke depan kamu akan sering menjumpai ‘aturan’ ini dan dituntut untuk melakukannya dengan benar.

Jasa Proofreading Jurnal dan Skripsi
Jasa Proofreading dan Cek Grammar Bahasa Inggris, Mulai Rp10.000

Kurang persiapan dan kurang belajar bisa membuat apa yang kamu sampaikan kurang tepat. Inginmu menyampaikan A, tetapi justru C yang diterima orang lain. Pasti yang begini akan jadi masalah bukan?

Langsung saja kita sama-sama belajar soal grammar dan di mana kamu bisa mendapatkan atau memastikan grammar yang dipakai sudah benar.

Penjelasan Lengkap Apa Itu Grammar dan Contohnya

Jasa Translate Dokumen | Indonesian English Translation Services
Jasa Terjemah Prefesional Bahasa Indonesia ke Inggris, Mulai RP10.000

Apa Itu Grammar?

Apa itu grammar? Grammar adalah suatu gramatika atau ilmu yang mempelajari tentang kaidah atau aturan dalam menyusun kalimat yang benar. Sederhananya, grammar adalah struktur penyusunan kalimat. Dengan struktur kalimat yang benar, maka sebuah kalimat menjadi sempurna dan mudah dipahami.

Grammar yang paling sering kita jumpai adalah grammar bahasa Inggris atau english grammar. Sementara dalam penyusunan kalimat bahasa Indonesia, kita menganut aturan SPOK (Subjek, Predikat, Objek, Keterangan).

Baca juga: Cara Cepat Translate Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris

Apa Itu Grammar? Menurut Tesaurus, grammar adalah

Menurut Cambgridge Dictionary, grammar adalah sebuah aturan dalam bahasa untuk mengubah susunan bentuk kata atau kalimat. Sedangkan menurut Oxford English Dictionary, grammar adalah keseluruhan sistem dan struktur suatu bahasa, umumnya dianggap terdiri dari sintaksis dan morfologi (termasuk infleksi) dan terkadang juga fonologi dan semantik. Tujuannya untuk menganalisis bahasa dan mendefinisikan gangguan bahasa. Sebagian besar ahli bahasa membagi bahasa menjadi empat domain: fonologi, tata bahasa, semantik, dan pragmatik.

Jasa Subtitle Film dan Video YouTube
Jasa Subtitle Bahasa Inggris

Apa Itu Fungsi Grammar?

Pernahkah kamu membuat kalimat dalam bahasa Inggris, lalu mempertanyakan kebenarannya? Pernahkah kamu bingung antara memakai ‘was’ dengan ‘is’? This problem probably must be related to you. Dengan begitu, mau tak mau kamu harus belajar grammar supaya bisa benar-benar membuat kalimat bahasa Inggris yang tepat.

Bahkan bukan hanya untuk menulis saja, dengan berbekal ilmu grammar yang cukup, kamu bisa berbicara bahasa Inggris dengan benar. Sehingga, fungsi grammar adalah memudahkan orang dalam menyusun kalimat yang rapi dan jelas. Hal ini penting untuk menghindari kesalahpahaman lawan bicara kita dalam memahami maksud dari kalimat yang kita ucapkan.

Baca juga: Pengertian dan Contoh dari 16 Macam Tensens

Contoh Grammar dalam Kalimat Bahasa Inggris

Nantinya kamu memang akan menemukan cara untuk bisa menggunakan grammar dengan tepat. Sebelumnya, akan dibahas beberapa contoh kalimat dengan grammar yang tepat terlebih dahulu.

Untuk belajar grammar, kamu harus mempelajari 16 tenses. Yang mana salah satunya dan yang paling sederhana adalah Simple Present Tense.

Coba perhatikan kalimat ini:

He studies mathematics every morning.“

Pernahkah kamu berpikir mengapa kata yang dipakai adalah ‘studies’ bukannya ‘study’? Sekali lagi, tahu grammar yang tepat akan memberikanmu jawaban mengapa ‘studies’ lah yang dipakai.

Kalimat tersebut menggunakan ‘studies’ karena subjeknya adalah orang ketiga tunggal, yaitu ‘he’ (dia laki-laki). Berlaku penambahan s atau es untuk kata kerja apabila subjeknya antara he, she, dan it.

Coba perhatikan lagi satu kalimat ini.

Maria has been studying in Oxford University for 2 years

Mungkin dari kalimat ini, kamu punya beberapa pertanyaan sekaligus. Mengapa pakai ‘has’ bukannya ‘have’? Mengapa pakai ‘studying’ bukannya ‘study’?

Kalimat tersebut termasuk Present Perfect Continuous Tense, artinya menyatakan kalimat yang terjadi di masa lampau namun masih terjadi hingga sekarang. Sama artinya juga, bahwa Maria telah belajar di Universitas Oxford selama 2 tahun dan masih di sana sampai detik ini.

Mari kita temukan jawaban atas beberapa probabilitas pertanyaan di atas. Memakai ‘has’ karena merupakan kalimat Present Perfect Continuous Tense, memakai ‘studying’ karena kejadian atau aktivitas tersebut masih dilakukan sampai sekarang.

Baca juga: Aplikasi Cek Grammar Bahasa Inggris

Penutup

Dari penjelasan di atas, kita akhirnya tahu mengenai apa itu grammar dan pentingnya penggunaan grammar yang tepat dalam suatu kalimat. Setelah kita mengetahui pentingnya penggunaan grammar, maka kita akan lebih termotivasi untuk mempelajari grammar lebih dalam lagi. Karena grammar adalah salah satu kemampuan yang sangat dibutuhkan terutama dalam dunia akademis. Salah satunya dalam penulisan artikel ilmiah. Nah, bagi kalian yang sedang menulis artikel ilmiah dan masih ragu apakah tulisan kalian sudah sesuai kaidah atau belum, kalian bisa cek grammar di Xerpihan.

[Total: 1 Average: 5]

Leave a Comment