Teks Laporan Hasil Observasi: Ciri, Struktur, Tujuan, dan Contohnya

Apa itu teks laporan hasil observasi

Apa itu teks hasil observasi? Jika kamu belum tahu, simak pengertian, tujuan, ciri, struktur, dan contoh teks laporan hasil observasi di sini.

Pernahkah kamu membaca buku yang membahas tentang penjelasan ilmiah mengenai suatu objek? Tentunya pernah, dong. Misalnya buku ensiklopedia yang membahas keanekaragaman biota laut Indonesia. Di buku tersebut dibahas secara sistematis apa saja jenis-jenis biota yang ada dilaut dan bagaimana karakteristiknya. Nah, tahukah kamu bahwa tulisan dalam buku ensiklopedia tersebut termasuk dalam jenis teks hasil observasi?

Apa Itu Teks Hasil Observasi? Pengertian Teks Hasil Observasi Adalah
(freepik.com/stories)

Lantas, apa yang dimaksud dengan teks hasil observasi? Yuk kita pelajari bersama-sama.

Apa Itu Teks Laporan Hasil Observasi?

Menurut KBBI, observasi berarti peninjauan secara cermat. Sederhananya, pengertian dari teks laporan hasil observasi adalah tulisan yang berisi laporan mengenai suatu peninjauan secara cermat dan teliti. Peninjauan tersebut dapat dilakukan di dalam laboratorium maupun di alam terbuka.

Seperti yang sudah disinggung di awal, di dalam teks hasil observasi berisi penjelasan berupa fakta-fakta ilmiah mengenai suatu objek yang diteliti. Objek yang diteliti bisa berupa tumbuhan, hewan, benda, atau ekosistem. Objek penelitian tersebut biasanya dianalisis secara sistematis dan diklasifikasikan dalam suatu jenis berdasarkan kriteria tertentu. Jadi di dalam teks laporan hasil observasi, informasi harus disampaikan secara rinci dan sistematis. Dan yang paling penting, teks laporan hasil observasi memuat informasi yang disajikan harus sesuai dengan fakta yang ada.

Baca juga: Apa Itu Teks Narasi?

Apa Tujuan Teks Laporan Hasil Observasi?

Tujuan teks hasil observasi
(freepik.com/stories)

Ada beberapa tujuan orang menulis teks hasil observasi. Adapun tujuan dari teks laporan hasil observasi adalah sebagai berikut.

1. Mengatasi Suatu Persoalan

Teks laporan hasil observasi biasanya digunakan untuk mengatasi masalah tertentu. Hal ini karena suatu penelitian atau observasi biasanya dilatarbelakangi oleh adanya suatu masalah yang sedang terjadi. Maka dari itu, salah satu tujuan teks laporan hasil observasi adalah mengatasi suatu masalah atau persoalan. 

2. Menemukan Teknik atau Cara Terbaru

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa tujuan teks hasil observasi adalah mengatasi masalah suatu masalah. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan solusi yang paling tepat. Salah satu caranya dengan penelitian untuk menemukan teknik baru yang lebih efisien.

3. Mengambil Keputusan yang Lebih Efektif

Tujuan lainnya untuk mengambil keputusan yang lebih efektif dari solusi yang sudah ada. Melalui observasi atau penelitian akan terkumpul beberapa data yang umumnya berisi perbandingan antara satu metode dengan metode lainnya. Data tersebut dapat digunakan untuk mengambil keputusan yang paling efektif dan minim risiko.

4. Melakukan Pengawasan dan Perbaikan

Teks laporan hasil observasi juga digunakan untuk melakukan pengawasan dan perbaikan. Misalnya jika ada pasien yang mengeluhkan kondisi tubuhnya, tentunya dokter harus melalukan observasi dulu untuk mengetahui jenis penyakit yang diderita. Setelah menemukan jenis penyakitnya, barulah dokter bisa mengobati pasien tersebut.

Apa Ciri-Ciri Teks Laporan Hasil Observasi?

Ciri-Ciri Teks Hasil Observasi
(freepik.com/stories)

Supaya lebih paham mengenai apa yang dimaksud dengan teks laporan hasil observasi, kita juga perlu mengetahui ciri-cirinya. Adapun ciri-ciri teks hasil observasi adalah:

  • Bersifat objektif dan universal;
  • Objek yang dibahas merupakan objek tunggal;
  • Ditulis selengkap mungkin;
  • Ditulis berdasarkan fakta sesuai dengan data hasil pengamatan atau penelitian yang dilakukan;
  • Informasi yang ditulis merupakan hasil penelitian yang paling aktual;
  • Tidak mengandung prasangka yang belum terbukti kebenarannya;
  • Isinya saling berkaitan dengan hubungan berjenjang antara kelas dan subkelas yang terdapat di dalamnya.

Baca juga: Apa Itu Teks Deskripsi?

Apa Saja Struktur Teks Laporan Hasil Observasi?

Struktur teks hasil observasi
(freepik.com/stories)

Struktur teks laporan hasil observasi terbagi menjadi tiga bagian. Ketiga bagian dari struktur teks laporan hasil observasi adalah sebagai berikut.

1. Pernyataan Umum atau Kalsifikasi

Dalam teks laporan hasil observasi, tahap pernyataan umum atau klasifikasi merupakan bagian pembuka teks. Pernyataan umum dalam kutipan teks laporan hasil observasi dinyatakan dalam kalimat deskripsi. Pernyataan umum berisi informasi umum mengenai objek yang akan dibahas. Informasi tersebut dapat berupa definisi, nama latin, dan klasifikasi suatu objek.

2. Deskripsi Bagian

Bagian selanjutnya adalah deskripsi bagian. Deskripsi bagian berisi perincian dari hal-hal yang perlu dilaporkan. Misalnya saat melaporkan tentang hewan, maka aspek yang perlu dilaporkan mencakup ciri fisik, makanan, habitat, serta perilakunya. Sementara saat melaporkan tumbuhan, maka aspek yang dilaporkan mencakup perincian ciri fisiknya mulai dari bentuk bunga, buah, daun, atau akar. Selain itu, perincian manfaat dan nutrisi juga dapat dipaparkan pada bagian ini.

3. Simpulan

Bagian terakhir dari struktur teks hasil observasi adalah simpulan. Bagian ini bersifat opsional, artinya boleh ada atau tidak ada. Sesuai Namanya, simpulan berisi simpulan atau ringkasan umum mengenai hal yang dilaporkan. Bagian ini biasanya ditulis secara singkat dan jelas.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Beserta Strukturnya

Berikut beberapa contoh teks laporan hasil observasi mengenai berbagai topik yang dikutip dari berbagai sumber.

Kunang-Kunang

Pernyataan UmumKunang-kunang adalah sejenis serangga yang dapat mengeluarkan cahaya yang jelas terlihat saat malam hari. Cahaya ini dihasilkan oleh “sinar dingin” yang tidak mengandung ultraviolet maupun sinar inframerah. Terdapat lebih dari 2000 spesies kunang-kunang yang tersebar di daerah tropis di seluruh dunia.  
Deskripsi BagianHabitat kunang-kunang di tempat-tempat lembap, seperti rawa-rawa dan daerah yang dipenuhi pepohonan. Kunang-kunang bertelur pada saat hari gelap, telur-telurnya yang berjumlah antara 100 dan 500 butir diletakkan di tanah, ranting, rumput, di tempat berlumut atau di bawah dedaunan. Pekuburan yang tanahnya relatif gembur dan tidak banyak terganggu merupakan lokasi ideal perteluran kunang-kunang. Pada umumnya, kunang-kunang keluar pada malam hari. Namun, ada juga kunang-kunang yang beraktivitas di siang hari. Mereka yang keluar siang hari ini umumnya tidak mengeluarkan cahaya.    Seperti ciri-ciri serangga pada umumnya, badan kunang-kunang dibagi menjadi tiga bagian: kepala, thorax, dan perut (abdomen). Serangga bercangkang keras (exoskeleton) untuk menutupi tubuhnya. Panjang badannya sekitar 2 cm. Bagian tubuh kunang-kunang hampir seluruhnya berwarna gelap dan berwarna titik merah pada bagian penutup kepala. Warna kuning pada bagian penutup sayap, berkaki enam, dan bermata majemuk.   Cahaya yang dikeluarkan oleh kunang-kunang tidak berbahaya, bahkan tidak mengandung ultraviolet dan inframerah. Cahaya ini dipergunakan kunang-kunang untuk memberi peringatan kepada pemangsa bahwa kunang-kunang tidak enak dimakan dan untuk menarik pasangannya. Keahlian mempertontonkan cahaya tidak hanya dimiliki oleh kunang-kunang dewasa, tetapi juga dimiliki oleh larvanya.  
SimpulanKunang-kunang salah satu jenis serangga unik bukti kebesaran Sang Pencipta. Spesies kunang-kunang juga termasuk ke dalam kekayaan yang dianugerahkan kepada negara kita sebagai salah satu negara tropis.
Sumber: Bahasa Indonesia Paket C

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Lingkungan Rumah

Kebersihan Lingkungan Rumah

Kebersihan lingkungan merupakan aspek yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Kebersihan lingkungan menciptakan lingkungan yang sehat sehingga tidak mudah diserang berbagai macam penyakit.

Kondisi kebersihan lingkungan di kompleks perumahan sangat baik. Selokan selalu terpelihara dengan baik dan tidak tersumbat oleh sampah. Tempat pembuangan sampah pun sudah ada di setiap rumah warga.

Tempat pembuangan sampah berupa tong besar atau drum. Kondisinya juga sangat terawat sehingga tidak menimbulkan bau yang tidak sedap.

Petugas kebersihan selalu mengambil sampah setiap tiga kali sehari. Selain itu setiap satu bulan sekali masyarakat kompleks perumahan selalu melakukan kerja bakti untuk membersihkan selokan dan rumput-rumput liat yang terdapat di sekitar kompleks tersebut.

Kebersihan lingkungan tidak sulit untuk diterapkan apabila kita selalu membudayakan pola hidup bersih dan sehat. Budaya hidup yang bersih dan sehat akan mendatangkan banyak manfaat bagi manusia khususnya untuk diri kita sendiri. Kita dapat menjalankan berbagai aktivitas hidup yang sehat dan produktif.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Hewan

Lumba-Lumba Hidung Botol

Lumba-Lumba hidung botol (Tursiops truncatus) atau bottlenose dolphin merupakan mamalia laut yang masuk ke dalam bangsa Cetacea yang dapat hidup hingga 40-50 tahun.

Bentuk kepala lumba-lumba memungkinkannya untuk menahan atau melawan arus air sehingga tubuhnya dapat bergerak dengan mudah di dalam air. Lumba-lumba memiliki moncong berukuran besar dan ramping. Lumba-lumba tidak memiliki telinga luar. Lubang kecil yang terletak di belakang mata berfungsi sebagai telinga dalam. Saluran dari lubang tersebut dipenuhi dengan minyak sekresi. Lumba-lumba memiliki pendengaran yang sangat baik, frekuensi suara yang mampu ditangkap oleh lumba-lumba mencapai 150 KHz.

Menggunakan alat pernapasan berupa paru-paru membuat lumba-lumba harus sering naik ke permukaan untuk menghirup udara. Pada umumnya, lumba-lumba naik ke permukaan 1-2 kali setiap menit. Lumba-lumba bernapas melalui blowhole, yaitu lubang hidung yang terletak di atas kepalanya. Dalam waktu kurang dari seperlima detik, lumba-lumba sudah mengosongkan kembali dan mengisi kembali paru-parunya. Lumba-lumba akan tenggelam dan menyelam kembali ke dalam laut saat udara keluar dari blowhole.

Kulit lumba-lumba lembut dan kenyal. Terdapat lapisan lemak (blubber) di bawah kulitnya yang berfungsi untuk menjaga tubuh lumba-lumba agar tetap hangat. Di samping itu, blubber juga berfungsi sebagai tempat cadangan makanan. Daya apung lumba-lumba juga terbantu dengan keberadaan blubber yang lebih ringan daripada air. Hal ini menjadi inspirasi bagi produsen baju olahraga untuk menciptakan pakaian renang dengan karakteristik mirip kulit lumba-lumba.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Tumbuhan

Ciplukan Tanaman yang Luar Biasa

Ciplukan atau dalam bahasa latin Physialis angulata adalah tanaman semak rendah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tanaman ini biasanya dianggap sebagai tumbuhan liar karena banyak tumbuh di kebun, tegalan, tepi jalan, semak, atau hutan. Buah ini juga dikenal dengan sebutan morel berry di Inggris, ceplukan di Jawa, cecendet di Sunda, keceplokan di Bali, dan leletokan di Minahasa.

Tanaman ciplukan memiliki struktur pohon yang lengkap, terdiri atas akar, batang, daun, dan buah. Akar ciplukan berupa akar tunggang yang kemudian akan tumbuh akar cabang menjadi akar serabut. Daun ciplukan merupakan daun tunggal bertangkai dan berbentuk bulat oval atau bulat memanjang dengan ujung meruncing. Batang tanaman ini bisa mencapai satu meter dengan bentuk bulat beralur dan berwarna kecoklatan. Buah ciplukan berbentuk seperti telur yang terbungkus dalam kelopak menggelembung.

Ciplukan dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Seluruh bagian ciplukan dapat mengobati darah tinggi, kolesterol, dan rematik. Akar tanaman ini berkhasiat untuk mengobati penyakit diabetes mellitus. Buahnya berkhasiat mengobati penyakit paru-paru, sakit tenggorokan, dan stroke. Sedangkan daun ciplukan dapat mengobati tumor dan kanker.

 Tanaman ciplukan memiliki nilai jual yang tinggi. Ia hadir di toko-toko buah besar, pasar swalayan, dan dijual online. Satu kemasan isi 100gram dihargai Rp30.000. Harga jual per kilogramnya berkisar Rp250.000-500.000.

Itulah keistimewaan tanaman ciplukan yang luar biasa sebagai obat sekaligus dapat dijadikan sebagai peluang usaha yang menjanjikan.


Itu tadi penjelasan lengkap tentang apa itu teks laporan hasil observasi. Semoga bermanfaat!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *