Teks Deskripsi: Pengertian, Ciri, Struktur, dan Contohnya

Teks Deskripsi: Pengertian, Ciri, Struktur, dan Contohnya

Apa yang dimaksud dengan teks deskripsi? Jika kamu penasaran, pelajari pengertian, ciri-ciri, struktur, dan contoh teks deskripsi di sini.

Apa Itu Teks Deskripsi?

Apa yang dimaksud dengan teks deskripsi? Teks deskripsi adalah
(freepik.com/stories)

Secara etimologi, deskripsi adalah kata serapan dari bahasa Inggris ‘description’. Kata ‘description’ berasal dari bahasa Latin ‘describere’ yang berarti menggambarkan atau memerikan sesuatu. Seiring waktu, kata ‘describere’ berkembang menjadi ‘descriptio’ kemudian diserap ke dalam bahasa Inggris menjadi ‘description’. Sementara dari segi istilah, arti deskripsi dalam KBBI, yaitu pemaparan menggunakan kata-kata yang jelas dan terperinci.

Pengertian Teks Deskripsi Menurut Para Ahli

Nah, agar kamu lebih paham dengan apa yang dimaksud teks deskripsi, berikut akan dijelaskan pengertian teks deskripsi menurut para ahli.

  • Dalam bukunya yang berjudul Terampil Menulis Paragraf, Wiyanto (2006, 64) menyatakan bahwa deskripsi berasal dari verba ‘to describe’ yang berarti menguraikan, memerikan, atau melukiskan.
  • Menurut Suwarna (2012, 3) deskripsi adalah rangkaian paragraf yang berisi gambaran mengenai suatu objek, baik itu benda, orang, atau tempat.
  • Sementara deskripsi menurut Izul (2010) adalah bentuk karangan yang melukiskan sesuatu sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, sehingga pembaca dapat melihat, mendengar, mencium, atau merasakan apa yang dilukiskan sesuai dengan citra penulis.
  • Berdasarkan buku yang berjudul Eksposisi: Komposisi Lanjutan II, Keraf (1995, 16) berpendapat bahwa deskripsi adalah suatu bentuk wacana yang berusaha menyajikan objek atau suatu hal sedemikian rupa sehingga objek tersebut seolah-olah berada di depan mata pembaca.
  • Menurut Shinigami (2013), pengertian dari deskripsi adalah paragraf yang berisi penggambaran suatu objek, tempat, atau peristiwa tertentu kepada pembaca secara jelas dan terperinci sehingga pembaca seolah-olah melihat dan merasakan sendiri apa yang dijelaskan oleh penulis.  

Jadi, apa yang dimaksud dengan teks deskripsi? Berdasarkan penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa teks deskripsi merupakan teks yang berisi gambaran mengenai suatu hal, baik itu objek, tempat, atau peristiwa tertentu. Penggambaran tersebut menggunakan kata-kata yang jelas dan terperinci agar pembaca seolah-olah bisa melihat, mendengar, mencium, atau merasakan apa yang dijelaskan oleh penulis.

Apa Saja Ciri-Ciri Umum Teks Deskripsi?

ciri-ciri, kaidah kebahasaan dan struktur teks deskripsi
(freepik.com/stories)

Berdasarkan penjelasan di atas, kita tahu bahwa teks deskripsi mempunyai ciri khas yang membedakannya dengan jenis teks lainnya. Adapun yang termasuk ciri-ciri teks deskripsi adalah sebagai berikut:

  • Menggambarkan atau melukiskan suatu objek, bisa benda, orang, hewan, atau peristiwa;
  • Penggambaran tersebut dilakukan sejelas-jelasnya dengan melibatkan pancaindra;
  • Berusaha membuat pembaca seolah-olah merasakan, melihat, atau mengalami sendiri;
  • Menjelaskan ciri-ciri objek seperti warna, ukuran, bentuk, dan keadaan suatu objek secara terperinci.

Bagaimana Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi?

Selain ciri-ciri umum di atas, teks deskripsi juga mempunyai beberapa ciri kebahasaan. Berikut adalah ciri kebahasaan teks deskripsi yang dikutip dari buku Bahasa Indonesia Paket B:

1. Menggunakan hipernim dan hiponim

Hipernim adalah kata yang memiliki makna yang luas dan mencakup banyak hal. Hipernim disebut juga kata umum. Contoh dari hipernim misalnya hewan adalah hipernim dari kucing, anjing, dan singa.

Sementara hiponim adalah kata yang memiliki makna yang lebih khusus. Contoh dari hiponim misalnya kucing, anjing, dan singa adalah hiponim dari hewan.

Kata hiponim dan hipernim biasanya digunakan untuk menggambarkan objek agar terperinci dan jelas. Supaya lebih paham berikut beberapa contoh hiponim dan hipernim.

HipernimHiponim
MembawaMenjinjing
Memikul
Menjunjung
MelihatMelirik
Memandang
Mengamati
Mengintip
warnaBiru
Merah
Kuning
Hijau
IkanNia
Lele
Tongkol
Tuna

2. Kalimat Menggunakan Cerapan Pancaindra

Umumnya teks deskripsi menggunakan kata-kata yang berhubungan dengan alat indra, seperti mata. Telinga, hidung, dan kulit. Tujuan dari penggunaan kata tersebut untuk membantu pembaca membayangkan objeknya.

Contoh kalimat yang menggunakan cerapan pancaindra:

  • Wangi kemboja memenuhi ruangan ini (indra penciuman);
  • Langitnya berwarna biru cerah tanpa awan (indra penglihatan);
  • Rasanya sangat manis jika dicampur dengan madu (indra perasa).

3. Menggunakan Konjungsi

Konjungsi adalah kata yang digunakan sebagai penghubung antar kata atau kalimat. Misalnya, sehingga, lalu, dan oleh sebab itu.

4. Menggunakan Kata Berimbuhan

Kata berimbuhan merupakan kata dasar uang mendapat imbuhan, baik awalan (prefiks), akhiran (sufiks), dan sisipan (infiks). Contoh kata berimbuhan adalah pemandangan, pepohonan, berlari, dan menulis.

Bagaimana Struktur Teks Deskripsi?

Struktur teks deskripsi yang benar adalah sebagai berikut:

1. Identifikasi

Bagian pertama dari struktur teks deskripsi adalah identifikasi. Bagian ini berisi pernyataan umum mengenai objek yang akan dibahas. Pada bagian ini, penulis mulai menentukan identitas dari objek yang dideskripsikan, baik itu orang, hewan, benda, tempat, peristiwa, atau hal lainnya.

2. Deskripsi

Bagian kedua, yaitu klasifikasi. Bagian ini berisi penjelasan lebih detail mengenai kondisi objek yang dibahas. Penggambaran objek tersebut bisa ditinjau dari segi lokasi, orang, suara, ukuran, dan sebagainya. Penulis biasanya juga menambahkan kata sifat untuk menggambarkan kondisi objek agar pembaca dapat merasakannya.

3. Kesimpulan

Bagian penutup dari teks deskripsi adalah kesimpulan. Bagian ini bersifat opsional, boleh ada atau tidak.

Contoh Teks Deskripsi Beserta Strukturnya

Contoh teks deskripsi bahasa Inggris dan artinya
(freepik.com/stories)

Supaya lebih paham mengenai teks deskripsi, berikut diberikan beberapa contoh teks deskripsi singkat beserta strukturnya.

Contoh Teks Deskripsi tentang Alam


Pantai Ora, Surga Tersembunyi di Maluku

IdentifikasiPantai Ora, Surga Tersembunyi di Maluku Pantai Ora adalah sebuah tempat yang layak untuk disandingkan dengan pantai-pantai indah di dunia. Tempat ini sering disebut surga tersembunyi Indonesia karena kecantikannya yang sangat memukau. Keindahan pantai yang ada di Desa Saleman, Kecamatan Seram Utara, Maluku ini tak hanya diminati warga Indonesia saja, wisatawan asing juga tak ingin melewatkan tujuan wisata yang satu ini.  
DeskripsiPantai Ora memiliki panorama yang sangat indah. Pasirnya yang putih bersih, air laut yang biru jernih, dan kekayaan membuat pantai ini sering disebut sebagai surga duniawi. Keindahan pantai ini semakin memesona dengan deretan pohon kelapa hijau dengan daunnya yang melenggok ke kiri dan ke kanan bagaikan penari yang gemulai.

Menikmati pagi hari di Pantai Ora adalah sesuatu yang menakjubkan. Lukisan keemasan di langit mulai terlihat. Begitu indah, menenangkan, dan membawa kehangatan. Deretan pegunungan yang membentengi Teluk Saleman perlahan mulai terlihat jelas. Kegagahan Gunung Hatusaka, sebagai ‘Sang Komandan’ dari deretan pegunungan tersebut menampakkan diri. Dari kejauhan tampak deretan pondok-pondok penginapan di Pantai Ora.  
KesimpulanMenjelang senja, kita akan disuguhi pemandangan lain yang menakjubkan. Mentari berwarna kuning keemasan, perlahan tenggelam di ufuk barat. Kepergiannya secara perlahan membuat mata kita tak berkedip untuk terus menikmati pesonanya. Sungguh ciptaan Tuhan yang luar biasa.  
Sumber: Bahasa Indonesia Paket B

Contoh Teks Deskripsi tentang Hewan Peliharaan


Si Bagas, Kelinciku

IdentifikasiKelinciku bernama Bagas. Kunamakan Bagas karena saya berharap kelinci kesayanganku itu selalu sehat dan bugar. Bagas memiliki bulu yang lebat dan putih bersih. Matanya cokelat seperti madu. Matanya jernih menyejukkan untuk dipandang. Bibir mungilnya yang merah muda sungguh menggemaskan. Telinganya panjang dan melambai-lambai kalau dia berlari.
DeskripsiBagas sangatlah manja. Hampir tiap malam, Bagas tidur di ujung kakiku. Sebelum kuelus-elus dia akan selalu menggangguku. Kalau waktunya makan dia berputar-putar di depanku sambil mengibas-ngibaskan telinganya yang panjang. Mulutnya berkomat-kamit seperi orang sedang berdoa. Kemanjaannya membuat aku selalu rindu.

Bagas memiliki perilaku unik. Kalau marah, Bagas melakukan atraksi yang menarik. Dia menggunakan kaki belakangnya dan melompat dalam jangkauan yang begitu jauh. Buk! Sering terdengar dia menjatuhkan diri. Kadang dia melompat sampai sejauh tiga meter. Kalau tidak dipedulikan, kakinya dientak-entakkan seperti anak kecil yang merajuk minta dibelikan mainan. Dengan menggunakan kaki belakangnya pula, dia berdiri sangat tinggi seperti sedang menunjukkan bahwa dia bisa menarik perhatian kita.
Sumber: Bahasa Indonesia SMP Kelas 7

Contoh Teks Deskripsi tentang Tempat Wisata


Parangtritis nan Indah

IdentifikasiSalah satu andalan wisata Kota Yogyakarta adalah Pantai Parangtritis. Tepatnya Pantai Parangtritis berada di Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini terletak sekitar 27 km arah selatan Yogyakarta.
DeskripsiPemandangan Pantai Parangtritis sangat memesona. Di sebelah kiri, terlihat tebing yang sangat tinggi, di sebelah kanan, kita bisa melihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat. Pantai bersih dengan buih-buih putih bergradasi abu-abu dan kombinasi hijau sungguh elok.

Kemolekan pantai serasa sempurna di sore hari. Di sore hari, kita bisa melihat matahari terbenam yang merupakan saat sangat istimewa. Lukisan alam yang sungguh memesona. Semburat warna merah keemasan di langit dengan kemilau air pantai yang tertimpa matahari sore menjadi pemandangan yang memukau. Rasa hangat berbaur dengan lembutnya hembusan angin sore, melingkupi seluruh tubuh. Seakan tersihir kita menyaksikan secara perlahan matahari seolah-olah masuk ke dalam hamparan air laut.
KesimpulanBanyaknya wisatawan yang selalu mengunjungi Pantai Parangtritis ini membuat pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Di pantai Parangtritis ini kita bisa menyaksikan kerumunan anak-anak bermain pasir. Tua muda menikmati embusan segar angin laut. Kita juga bisa naik kuda ataupun angkutan sejenis andong yang bisa membawa kita ke area karang laut yang sungguh sangat indah.
Sumber: Bahasa Indonesia SMP Kelas 7

Contoh Teks Deskripsi tentang Budaya


Tari Saman

IdentifikasiTari Saman adalah salah satu tarian daerah Aceh yang paling terkenal saat ini. Tarian ini berasal dari dataran tinggi Gayo. Syair saman menggunakan bahasa Arab dan bahasa Aceh. Pada masa lalu, Tari Saman biasanya ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat dan masyarakat Aceh. Selain itu, biasanya tarian ini juga ditampilkan untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad. Pada kenyataannya, nama “Saman” diperoleh dari salah satu ulama besar Aceh, Syech Saman.  
DeskripsiTari Saman biasanya ditampilkan menggunakan iringan alat musik berupa gendang. Alat musik tersebut kemudian dipadukan dengan suara dari para penari dan tepuk tangan mereka yang biasanya dikombinasikan dengan memukul dada dan pangkal paha mereka sebagai sinkronisasi. Tarian ini dipandu oleh seorang pemimpin yang lazimnya disebut Syech.  
KesimpulanPenari saman dituntut untuk memiliki konsentrasi yang tinggi dan Latihan yang serius agar dapat tampil dengan sempurna. Hal ini karena keseragaman formasi dan ketepatan waktu adalah suatu keharusan dalam menampilkan tarian ini. Tarian ini dilakukan secara berkelompok, sambil bernyanyi dengan posisi duduk berlutut dan berbanjar/bersaf. Karena kedinamisan geraknya, tarian ini banyak dibawa dan ditarikan oleh kaum pria. Namun seiring perkembangan zaman, tarian ini sudah banyak ditarikan oleh penari pria dan Wanita. Tarian ini ditarikan kurang lebih oleh sepuluh orang, dengan perincian delapan orang sebagai penari dan dua orang sebagai pemberi aba-aba sambal bernyanyi.  
Sumber: Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Indonesia dan Terjemahannya


Merak Hijau yang Memesona

IdentifikasiMerak hijau adalah salah satu jenis satwa yang dilindungi. Keindahan bulunya sungguh memesona. Apalagi merak hijau jantan yang memiliki ekor panjang dan mampu mengembang bagai kipas raksasa. Merak jantan sengaja mengembangkan ekornya untuk menarik merak betina.  
DeskripsiMerak hijau mempunyai bulu yang indah yang berwarna hijau keemasan. Pada setiap helai bulunya terdapat bintik-bintik mata yang menjadi indah bila sang merak mengembangkan bulu-bulunya. Saat mengembang, merak akan berjalan dengan dengan anggun laksana model yang berjalan di panggung pertunjukkan.

Burung merak jantan dewasa berukuran sangat besar dengan ekor yang sangat panjang. Di atas kepalanya terdapat jambul tegak. Burung betina berukuran lebih kecil dari burung jantan. Bulu-bulunya kurang mengilap, berwarna hijau keabu-abuan dan tanpa dihiasi bulu penutup ekor. Mukanya memiliki aksen warna hitam di sekitar mata dan warna kuning cerah di sekitar kupingnya.  
KesimpulanSayang, keberadaan Merak Hijau terus berkurang. Ini diakibatkan oleh rusaknya habitat dan perburuan liar. Burung langka yang indah ini diburu untuk diambil bulunya ataupun diperdagangkan sebagai bintang peliharaan.  
Sumber: Bahasa Indonesia Paket B

Terjemahan Bahasa Inggris:


Charming Green Peacock

IdentificationThe green peacock is one of protected species. The beauty of its hair is absolutely stunning. Moreover, the male green peacock has a long tail and is able to expand like a giant fan. The male peacock deliberately spreads his tail to attract the female peacock.  
DescriptionThe green peacock has beautiful golden green feathers. On each strand of feathers, there are eye spots which become beautiful when the peacock expands its feathers. When inflated, the peacock will walk gracefully like a model walking on a show stage.

Adult male peacocks are very large with very long tails. On top of his head is a crest erect. The female peacock is smaller than the male peacock. The feathers are less shiny, grayish green and without tail covering feathers. His face has black accents around his eyes and bright yellow around his ears.  
ConclusionUnfortunately, the existence of the green peacock continues to dwindle. This is caused by habitat destruction and poaching. This beautiful rare bird is hunted for its feathers or traded as a pet.

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Inggris dan Terjemahannya


Tanjung Setia Beach

IdentificationLampung is not only famous for its Way Kambas National Park. One of the best tourist attractions of this province is Tanjung Setia Beach. This beach is located in the village of Tanjung Setia, West Lampung district, Lampung province. It is about 273 km or about six to seven hour driving from Bandar Lampung, the capital city of Lampung province.  
Description This beach has not been well known by the citizens of Indonesia yet, but for the world surfers this beach is a hidden paradise for surfing. This beach is exactly laid on the track of large Indian Ocean currents that make this beach have waves which are quite perfect for surfing. The perfect wave of this beach usually lasts from June to August with the height which can reach up to six to seven meters with a 200 meters length.  

In addition to perfect waves for surfing, the beach also has an ambience which is quite natural with white sand along the beach. Rows of palm tree which grow also adorn this beach. For local people, the beach area is also an ideal place for fishing. Some fish which are often obtained by the fisherman are blue marlin which is so big enough that its weight can reach up to 70 kilograms. By local residents this fish is known by the name of Iwa Tuhuk.
Sumber: Module Descriptive Text

Terjemahan Bahasa Indonesia:


Pantai Tanjung Setia

IdentifikasiLampung tidak hanya terkenal dengan Taman Nasional Way Kambasnya saja. Salah satu objek wisata terbaik di provinsi ini adalah Pantai Tanjung Setia. Pantai ini terletak di Desa Tanjung Setia, Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung. Jaraknya sekitar 273 km atau sekitar enam hingga tujuh jam perjalanan dari Bandar Lampung, ibukota Provinsi Lampung.  
Deskripsi Pantai ini memang belum cukup dikenal oleh warga negara Indonesia sendiri, tetapi bagi para peselancar dunia pantai ini merupakan surga tersembunyi untuk berselancar. Pantai ini tepat berada di jalur arus besar Samudera Hindia sehingga menjadikan pantai ini memiliki ombak yang cukup sempurna untuk berselancar. Ombak sempurna pantai ini biasanya berlangsung antara bulan Juni hingga Agustus dengan ketinggian bisa mencapai hingga enam sampai tujuh meter dengan panjang mencapai 200 meter.

Selain ombaknya yang sempurna untuk berselancar, pantai juga memiliki suasana yang masih cukup alami dengan hamparan pasir putih di sepanjang pantai. Barisan pohon palem yang tumbuh juga turut menghiasi pantai ini. Bagi masyarakat setempat, kawasan pantai ini juga merupakan tempat yang cocok untuk memancing. Beberapa ikan yang sering didapatkan oleh para pemancing adalah ikan blue marlin yang cukup besar dengan berat bisa mencapai hingga 70 kilogram. Oleh warga setempat ikan ini dikenal dengan nama Iwa Tuhuk.

Jasa Translate Teks Deskripsi

Itu tadi penjelasan mengenai apa pengertian teks deskripsi, serta ciri-ciri dan strukturnya. Di atas juga sudah diberikan contoh teks deskripsi, baik bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Semoga setelah membaca artikel ini kamu paham bagaimana membuat teks deskripsi yang benar.

Jika kamu membutuhkan bantuan untuk menerjemahkan teks deskripsi maupun jenis teks lainnya, jangan ragu untuk menggunakan jasa translate Xerpihan. Tim Xerpihan sudah berpengalaman menerjemahkan berbagai jenis tulisan, mulai dari tulisan formal hingga konten kreatif.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *