Contoh Teks Prosedur beserta Pengertian, Ciri, dan Strukturnya

Contoh Teks Prosedur beserta Pengertian, Ciri, dan Strukturnya

Bingung cara membedakan teks prosedur dengan jenis teks lainnya? Simak pengertian, ciri-ciri, dan contoh teks prosedur di sini.

Pernahkah kamu diminta untuk melakukan sesuatu, tapi tidak tahu caranya? Kalau pernah, apa yang akan kamu lakukan? Tentunya, kamu akan mencari panduannya, kan? Entah itu di Internet, majalah, atau buku. Sebenarnya, panduan yang kamu baca tersebut merupakan bagian dari teks prosedur. Apa pengertian teks prosedur dan bagaimana ciri-cirinya? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa pengertian teks prosedur? Teks prosedur adalah
(freepik.com/stories)

Pengertian Teks Prosedur

Apa itu teks prosedur? Sederhananya teks prosedur adalah teks yang berisi petunjuk untuk melakukan sesuatu. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata prosedur berarti tahapan kegiatan untuk menyelesaikan suatu aktivitas. Menurut Astuti (2019, 8), teks prosedur adalah teks atau naskah yang mengandung arahan atau langkah-langkah untuk memberikan instruksi dalam melakukan atau mengerjakan sesuatu. Sementara pengertian teks prosedur menurut Kosasih (2014, 67), yaitu teks yang menjelaskan langkah-langkah secara lengkap, jelas, dan terperinci mengenai cara melakukan sesuatu.

Tujuan atau Fungsi Teks Prosedur

Tujuan atau fungsi teks prosedur adalah menjelaskan bagaimana suatu kegiatan harus dilakukan supaya pembaca dapat mengikuti langkah-langkahnya secara tepat dan akurat. Misalnya, teks prosedur mengenai cara membuat mi goreng. Tentunya teks tersebut berfungsi untuk menjelaskan secara runtut bagaimana cara membuat mi goreng yang benar, sehingga pembaca paham dan dapat mempraktikkannya sendiri.

Ciri-Ciri Teks Prosedur

Teks prosedur memiliki ciri-ciri yang membedakannya dengan jenis teks lainnya. Yang termasuk ciri-ciri prosedur teks adalah sebagai berikut.

1. Berisikan Langkah-Langkah

Ciri teks prosedur yang utama adalah berisikan langkah-langkah untuk melakukan atau membuat sesuatu. Misalnya langkah-langkah membuat nasi goreng atau langkah-langkah menyalakan mesin cuci.

2. Berbentuk Poin-Poin

Teks prosedur biasanya dituangkan ke dalam bentuk poin-poin atau penomoran. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pembaca dalam memahami langkah-langkah yang harus dilakukan secara berurutan. Akan tetapi, tidak semua teks prosedur disusun dalam bentuk poin-poin, ada juga yang disusun ke dalam bentuk paragraf seperti teks narasi.

3. Disusun Secara Sistematis

Ciri teks prosedur selanjutnya adalah disusun secara sistematis atau teratur. Hal ini agar pembaca dapat mempraktikkan instruksinya dengan baik dan benar.

4. Bersifat Objektif

Teks prosedur menyajikan informasi yang bersifat objektif kepada pembaca. Hal ini karena informasi tersebut berdasarkan pengalaman atau analisis dari penulis, bukan hasil dari khayalan saja.

Ciri Kebahasaan Teks Prosedur

Selain ciri-ciri di atas, ada juga kaidah kebahasaan yang menjadi ciri teks prosedur.  Berdasarkan buku Bahasa Indonesia Kelas XI karya Suherli (2017, 20), ada lima ciri kebahasaan yang biasa kita jumpai dalam teks prosedur.

1. Menggunakan Kalimat Imperatif

Ciri kebahasaan teks prosedur yang pertama, yaitu menggunakan kalimat imperatif atau kalimat perintah. Kalimat imperatif digunakan untuk menginstruksikan langkah-langkah yang harus dilakukan pembaca jika ingin membuat atau melakukan sesuatu. Umumnya, dalam kalimat imperatif terdapat kata kerja aktif yang mendapat imbuhan -kan, -i, dan partikel -lah

2. Menggunakan Kata-Kata Teknis

Selain menggunakan kalimat imperatif, teks prosedur biasanya menggunakan kata-kata teknis yang berkaitan dengan topik yang dibahas. Contoh kata teknis di bidang teknologi adalah WiFi, monitor, dan hard disk.

3. Menggunakan konjungsi temporal

Ciri selanjutnya adalah menggunakan konjungsi temporal. Konjungsi temporal adalah kata penghubung yang mengacu pada urutan waktu, misalnya lalu, kemudian, dan setelah itu. Konjungsi temporal ini berfungsi sebagai penghubung antartahapan dalam teks prosedur.

4. Menggunakan Pernyataan Persuasif

Pernyataan persuasif adalah kalimat yang berisi ajakan atau himbauan. Hal ini bertujuan agar pembaca mau mengikuti saran dari penulis. Pernyataan persuasif ini banyak terdapat di dalam teks prosedur yang berisi kiat-kiat. Misalnya Kiat Wawancara Kerja dan Cara Jitu Menurunkan Berat Badan.

5. Deskripsi Benda atau Alat

Jika teks prosedur berisi resep atau petunjuk penggunaan alat, biasanya terdapat deskripsi mengenai benda atau alat yang digunakan. Deskripsi tersebut berupa jumlah, ukuran, dan warna.

Struktur Teks Prosedur

Priyatni (2014, 87) menyatakan bahwa struktur teks prosedur terbagi menjadi empat bagian, antara lain sebagai berikut.

1. Judul

Pada bagian judul, dapat berisi nama sesuatu yang akan dibuat atau dilakukan, bisa juga berupa cara menggunakan sesuatu. Contoh judul teks prosedur:

  • Membuat Telur Dadar
  • Kiat Wawancara Kerja
  • Cara Menghidupkan Komputer

2. Tujuan

Sesuai dengan namanya, bagian ini berupa paragraf yang menyatakan tujuan dari penulisan teks prosedur atau hasil akhir yang ingin dicapai.

3. Bahan atau Alat

Bagian ini berisi bahan atau alat apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum kita mulai mengikuti langkah-langkah yang diinstruksikan. Penulisan bahan atau alat bisa berupa daftar/rincian, bisa juga berupa paragraf.

4. Tahapan atau Langkah-Langkah

Bagian ini berisi instruksi yang harus dilakukan oleh pembaca. Umumnya, tahapan atau langkah-langkah disusun dengan penomoran atau poin-poin. Setiap nomor atau poin biasanya dimulai dengan kata kerja aktif yang menunjukkan suatu perintah, misalnya tambahkan atau panaskan.

Contoh Teks Prosedur Beserta Strukturnya

Contoh teks prosedur beserta strukturnya
(freepik.com/stories)

Cara Membuat Telur Dadar

Telur merupakan sumber protein hewani yang bagus untuk memperbaiki jaringan tubuh. Selain protein, telur juga mengandung berbagai vitamin, mulai dari vitamin A, vitamin B, Vitamin D, vitamin E, dan vitamin K yang bagus untuk kesehatan. Namun, kandungan-kandungan tersebut akan hilang jika cara memasaknya tidak tepat, seperti jajanan olahan telur dipinggir jalan. Supaya tetap memperoleh kandungan gizi tersebut, sebaiknya kita memasak sendiri. Salah satu cara memasak telur yang mudah adalah membuat telur dadar. Dengan membuat telur dadar, kita bisa menikmati makanan enak dan sehat.

Bahan-Bahan:

  • 1 butir telur;
  • garam;
  • merica;
  • minyak atau margarin;
  • 1 bawang daun.

Alat:

  • Garpu;
  • Mangkuk;
  • Piring;
  • Wajan;
  • Sodet;
  • Kompor.

Langkah-Langkah:

  1. Tuangkan garam dan merica secukupnya ke dalam mangkuk.
  2. Iris bawang daun, kemudian masukkan ke mangkuk berisi garam dan merica.
  3. Pecahkan telur dan tuangkan ke dalam mangkuk.
  4. Kocok telur, garam, merica, dan bawang daun menggunakan garpu hingga tercampur merata.
  5. Nyalakan kompor, lalu taruh wajan di atasnya.
  6. Tuang minyak secukupnya.
  7. Setelah minyak panas, tuang kocokan telur ke wajan.
  8. Balik telur supaya masak merata.
  9. Masak hingga warnanya kuning keemasan.
  10. Angkat dan tiriskan telur dadarnya, lalu letakkan di piring.

Jenis-Jenis Teks Prosedur dan Contohnya

Teks prosedur dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

1. Teks Prosedur Protokol

Jenis teks prosedur yang pertama, yaitu teks prosedur protokol. Teks prosedur protokol adalah teks prosedur yang berisi langkah-langkah tidak terlalu rumit sehingga mudah dipahami oleh pembaca. Jenis teks ini biasanya dipakai untuk menjelaskan prosedur mengoperasikan alat atau membuat sesuatu.

2. Teks Prosedur Sederhana

Bisa dibilang teks prosedur sederhana adalah jenis teks prosedur yang paling mudah. Hal ini karena teks prosedur sederhana hanya berisi dua atau tiga langkah saja.

3. Teks Prosedur Kompleks

Jenis teks prosedur selanjutnya, yaitu teks prosedur kompleks. Sesuai namanya, teks prosedur jenis ini lebih kompleks dan rumit. Jenis teks ini terdiri dari banyak langkah. Bahkan, langkah-langkahnya berjenjang dengan sublangkah pada setiap langkahnya.

Contoh Teks Prosedur Protokol

Contoh teks prosedur protokol
(freepik.com/stories)

Cara Menghidupkan Komputer

Komputer adalah perangkat elektronik yang berfungsi untuk memudahkan pekerjaan manusia. Sebelum digunakan, komputer ini harus dioperasikan terlebih dahulu. Supaya tidak cepat rusak, kita harus mengikuti setiap prosedur pengoperasian komputer dengan benar.

Berikut langkah-langkah menghidupkan komputer dengan benar.

  1. Sambungkan monitor ke CPU dan sumber daya.
  2. Sambungkan perangkat komputer, seperti mouse dan keyboard ke CPU.
  3. Hubungkan CPU ke sumber daya atau stop kontak.
  4. Aktifkan komputer dengan menekan tombol power pada CPU.
  5. Aktifkan layar komputer dengan menekan tombol power pada monitor.
  6. Komputer akan booting, tunggu beberapa saat sampai proses ini selesai.
  7. Tunggu loading awal sistem.
  8. Setelah loading awal selesai, komputer siap digunakan.

Contoh Teks Prosedur Sederhana

Contoh teks prosedur sederhana
(freepik.com/stories)

Cara Mengukur Suhu dengan Termometer Digital

Termometer adalah alat kesehatan yang berfungsi untuk mengukur suhu tubuh. Salah satu jenis termometer yang mudah digunakan adalah termometer digital. Berikut adalah tahapan untuk menggunakan termometer digital.

  1. Nyalakan termometer digital dengan menekan tombol on.
  2. Tempelkan termometer di ketiak atau masukkan ke dalam mulut.  Biarkan selama 3 – 5 menit hingga terdengar bunyi yang menandakan pengukuran suhu telah selesai.
  3. Ambil termometer lalu baca hasil tertera pada layar termometer.

Contoh Teks Prosedur Kompleks

contoh teks prosedur kompleks
(freepik.com/stories)

Cara Membuat SIM C

Surat Izin Mengemudi atau SIM adalah salah satu dokumen yang wajib dimiliki setiap pengendara. Sim digolongkan dalam beberapa kategori tergantung jenis kendaraan yang digunakan. Salah satunya adalah SIM C yang digunakan untuk pengendara motor roda dua. Untuk bisa mendapatkan SIM C, pastikan Anda sudah bisa mengendarai sepeda motor dan sudah memasuki usia 17 tahun.

Berikut syarat-syarat dan langkah dalam membuat SIM C.

Syarat Pembuatan SIM C:

  • KTP asli dan sah di mata hukum;
  • Formulir permohonan;
  • Surat keterangan sehat jasmani dan rohani;
  • Dinyatakan lulus ujian tes teori dan praktik.

Langkah-langkah membuat SIM C:

  • Siapkan semua dokumen sesuai persyaratan di atas.
  • Lakukan pendaftaran dengan mengisi formulir permohonan pembuatan SIM C di kantor kepolisian terdekat.
  • Bayar biaya premi asuransi kesehatan sebesar Rp30.000,00 sebagai tambahan.
  • Ikuti proses ujian teori berupa uji pengetahuan tentang segala teori dalam berkendara seperti pengetahuan tentang rambu-rambu lalu lintas.
  • Setelah dinyatakan lulus ujian teori, Anda harus mengikuti ujian praktik untuk menguji kemampuan dalam berkendara sesuai dengan aturan dan peraturan lalu lintas yang berlaku.
  • Jika tidak lolos, Anda bisa mengulangi lagi tahapan mendaftar SIM C dalam kurun waktu, 7 hari, 14 hari, dan 30 hari.
  • Peserta ujian yang dinyatakan lolos akan diminta melakukan tahapan akhir untuk melengkapi SIM C. Tahapan akhir terdiri dari pemotretan foto untuk SIM serta sidik jari dan tanda tangan dalam kartu SIM.
  • Tunggu hingga SIM selesai dan Anda bisa mengambilnya di loket yang tersedia.

Apabila sudah memiliki SIM C, jangan lupa untuk selalu membawanya setiap Anda berkendara.


Contoh Teks Prosedur Bahasa Inggris dan Terjemahannya

Bahasa Inggris dan Terjemahannya
(freepik.com/stories)

Berikut adalah contoh teks prosedur yang dikutip dari youtube dengan sedikit perubahan.


How To Make Seafood Fried Rice

Let’s learn how to make yummy seafood fried rice at your home with this easy recipe!

Ingredients:

  • 100 gr rice;
  • 1 pc egg;
  • 2 pc fish ball, sliced;
  • 25 g chicken, diced;
  • 3 pc shrimp, peeled;
  • 2 pc shallots, grated;
  • 1 clove garlic, grated;
  • 1 pc green onions, sliced;
  • 2 pcs red chili;
  • 1 tsp soy sauce;
  • 2 tsp fish sauce;
  • 1 tsp sweet soy sauce;
  • 1 tsp oyster sauce;
  • ½ tbsp sugar;
  • ½ tsp pepper;
  • Flavor enhancer;
  • ½ tbsp margarine;
  • Oil for sautéing;

Steps:

  1. Heat the wok with high heat.
  2. Pour the oil in and sauté the chicken, shrimp, and fish balls, then cook for a bit and set aside.
  3. In the same wok, pour some oil and scramble the eggs until crisp and the oil foamy.
  4. After that, add the shallots and garlic, then sauté until fragrant.
  5. Add the fish sauce, fish balls, shrimp, chicken, chili, and green onions, then sauté for a bit.
  6. Next, add the rice in with fish sauce, sweet soy sauce, oyster sauce, sugar, pepper, oyster sauce, and flavor enhancers, then stir well.
  7. Add the green part of green onions and margarine, then mix well and turn the heat off.
  8. Put the rice on a serving plate.
  9. Finally fried rice is ready to serve.

Terjemahan dari teks prosedur di atas adalah sebagai berikut.


Cara Membuat Nasi Goreng Seafood

Mari membuat nasi goreng seafood di rumah dengan resep mudah ini!

Bahan:

  • 100 gr nasi;
  • 1 butir telur;
  • 2 bakso ikan, iris;
  • 25 gr ayam, potong dadu;
  • 3 ekor udang, kupas;
  • 2 siung bawang merah, parut;
  • 1 siung bawang putih, parut;
  • 1 batang daun bawang, iris;
  • 2 cabai merah;
  • 1 sdt kecap asin;
  • 2 sdt kecap ikan;
  • 1 sdt kecap manis;
  • 1 sdt saus tiram;
  • ½ sdm gula;
  • ½ sdt merica;
  • Penyedap;
  • ½ sdm margarin;
  • Minyak untuk menumis;

Langkah-langkah:

  1. Panaskan wok dengan api besar.
  2. Tuangkan minyak dan tumis ayam, udang, dan bakso ikan, lalu masak sebentar dan sisihkan.
  3. Dalam wok yang sama, tuang minyak lalu orak-arik telur hingga kering dan minyak berbuih.
  4. Setelah itu, masukkan bawang merah dan bawang putih parut, lalu tumis hingga wangi.
  5. Masukkan kecap ikan, bakso ikan, udang, ayam, cabai, dan daun bawang, lalu tumis sebentar.
  6. Selanjutnya, masukkan nasi, kecap asin, kecap manis, saus tiram, gula, merica, saus tiram, dan penyedap, kemudian aduk hingga rata.
  7. Masukkan daun bawang bagian hijau dan margarin, lalu aduk rata dan matikan api.
  8. Pindahkan ke dalam piring saji.
  9. Akhirnya nasi goreng siap disajikan.

Jasa Terjemah Teks Prosedur dan Jurnal

Di atas sudah diberikan berbagai macam contoh teks prosedur, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Nah, jika kamu membutuhkan jasa terjemah teks prosedur maupun jenis teks lainnya, jangan ragu untuk menggunakan jasa Xerpihan. Xerpihan menyediakan dua jenis layanan terjemahan, yaitu layanan terjemahan bahasa Indonesia ke bahasa Inggris dan terjemahan bahasa Inggris ke bahasa Indonesia.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *