Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris dan Terjemahan Indonesianya

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris dan Terjemahan Indonesianya

Bingung bagaimana cara membuat surat lamaran kerja? Simak beberapa contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris dan artinya berikut ini.

Ketika akan melamar kerja, ada beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan, antara lain daftar riwayat hidup (curriculum vitae/resume) dan surat lamaran kerja. Daftar riwayat hidup dan surat lamaran kerja merupakan dua hal yang tidak terpisahkan. Daftar riwayat hidup memuat ringkasan riwayat pendidikan dan pengalaman seorang pelamar kerja dalam beberapa tahun terakhir, sedangkan surat lamaran kerja lebih menekankan pada pengalaman dan kemampuan yang relevan dengan posisi yang dilamar.

Jasa Proofreading Dokumen
Jasa Proofreading Bahasa Inggris dan Indonesia, Mulai Rp 10.000

Apa Itu Surat Lamaran Kerja?

Surat lamaran kerja adalah salah satu jenis surat resmi. Surat lamaran kerja dibuat dalam rangka melamar posisi pekerjaan tertentu dan ditujukan kepada pimpinan sebuah perusahaan, instansi, atau lembaga yang membuka lowongan pekerjaan. Mengirim surat lamaran kerja merupakan langkah awal mendaftar suatu pekerjaan. Jika lolos, biasanya pelamar akan diminta mengikuti wawancara atau serangkaian tes lain sebelum resmi dipekerjakan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara membuat surat lamaran yang efektif agar perusahaan yang kamu incar tertarik untuk mempekerjakanmu.

Cara membuat surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris
(freepik.com/stories)

Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris, surat lamaran kerja disebut dengan istilah cover letter. Tidak ada perbedaan yang cukup signifikan antara surat lamaran kerja bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Keduanya bertujuan untuk menjelaskan alasan kamu tertarik pada pekerjaan tersebut sekaligus alasan kamu adalah kandidat yang cocok untuk menempati posisi tersebut.

Penulisan Surat Lamaran Kerja

Tidak ada ketentuan apakah surat lamaran kerja harus ditulis menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, kecuali jika ada persyaratan khusus dari perusahaan, instansi, atau lembaga yang kamu tuju. Namun demikian, jika kamu melamar pekerjaan di perusahaan multinasional, sebaiknya gunakan surat lamaran kerja berbahasa Inggris. Hal tersebut juga berlaku jika kamu melihat iklan lowongan pekerjaan berbahasa Inggris. Sebaliknya, jika melamar posisi di lembaga pemerintahan, gunakan surat lamaran kerja berbahasa Indonesia yang sesuai dengan kaidah PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia). Kalau masih ragu atau bingung, tanyakan hal tersebut kepada narahubung yang bersangkutan sebelum mengirim berkas lamaran.

Baca juga: Aplikasi Cek Ejaan Bahasa Indonesia

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Membuat surat lamaran kerja bahasa Inggris adalah pekerjaan yang gampang-gampang susah. Akan tetapi, kamu akan sedikit terbantu jika kamu mengetahui apa saja informasi yang harus kamu cantumkan di dalamnya dan bagaimana format surat lamaran kerja yang benar. Membuat surat lamaran pun tidak akan menjadi momok yang menakutkan lagi.

Selain itu, kamu perlu mengingat bahwa perusahaan punya waktu terbatas untuk menyeleksi berkas calon karyawan yang sangat banyak. Oleh karena itu, kamu tidak perlu membuat surat lamaran yang terlalu panjang dan bertele-tele, cukup satu halaman saja. Surat lamaran yang ringkas tetapi memikat akan lebih efektif daripada surat lamaran yang panjang tetapi bertele-tele.

Format Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

contoh surat lamaran kerja bahasa inggris fresh graduate dan artinya
(freepik.com/stories)

Untuk membuat surat lamaran kerja bahasa Inggris, ikuti format Harvard Resumes and Cover Lettes berikut ini:

1. Tanggal

Pertama-tama, tulis tanggal surat di bagian paling atas. Tanggal surat ditulis lengkap dengan bulan dan tahunnya.

2. Alamat

Di bawah tanggal surat, tulis nama lengkap, jabatan, dan alamat penerima surat. Biasanya surat lamaran ditujukan kepada pimpinan perusahaan atau tim pengembangan sumber daya manusia. Jangan lupa tambahkan sapaan seperti “Mr.” atau “Ms.” di depan nama lengkap. Pastikan bahwa kamu mengeja nama lengkap yang bersangkutan dengan benar agar tidak menimbukan salah paham.

3. Salam Pembuka

Dalam surat lamaran kerja bahasa Inggris, salam pembuka cukup diawali dengan “dear” (yang terhormat) dan diikuti dengan nama lengkap atau nama belakang penerima surat.

Jasa Parafrasa

4. Paragraf Pembuka

Di paragraf ini, kamu bisa mengawali surat lamaran kerjamu dengan memperkenalkan diri dan menyebutkan posisi yang ingin kamu lamar. Jika diperlukan, kamu juga bisa menyebutkan informasi yang sudah kamu dengar tentang perusahaan, instansi, atau lembaga yang membuka lowongan.

5. Paragraf Inti

Jelaskan lebih lanjut mengapa kamu tertarik melamar posisi yang ditawarkan di perusahaan tersebut. Untuk mendukung alasanmu, jangan lupa sebutkan riwayat pendidikan atau pengalaman yang sekiranya paling relevan dengan posisi tersebut. Tak kalah penting untuk menyebutkan kemampuan yang kamu miliki yang berkaitan dengan posisi yang kamu lamar agar lebih meyakinkan. Tidak ada batasan jumlah paragraf inti. Akan tetapi, sebaiknya tidak lebih dari dua paragraf agar tidak terlalu panjang.

6. Paragraf Penutup

Paragraf terakhir mengungkapkan kembali ketertarikanmu akan posisi yang kamu lamar. Tunjukkan bahwa kamu antusias dan siap untuk berkontribusi dalam pekerjaan tersebut. Jangan lupa ungkapkan terima kasih atas kesediaan penerima surat untuk membaca surat lamaranmu. Nyatakan juga bahwa kamu akan menantikan kesempatan untuk mendiskusikan posisi tersebut lebih lanjut.

7. Salam Penutup

Berbeda dengan salam pembuka, salam penutup biasanya diawali dengan “sincerely” (hormat saya) dan diikuti dengan nama lengkap pelamar. Kamu juga boleh membubuhkan tanda tangan agar surat lamaranmu tampak lebih formal.

Baca juga: Contoh CV Bahasa Inggris dan Artinya

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris dan Artinya

Jasa Translate Dokumen
Jasa Penerjemah Bahasa Inggris, Mulai Rp 10.000

Setelah membaca format surat lamaran kerja bahasa Inggris, pastinya kamu sudah memiliki sedikit gambaran bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, kan? Nah, agar lebih jelas, simak beberapa contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris dan artinya berikut ini.

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris yang Simpel dan Artinya

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa sebaiknya kita jangan menggunakan kalimat yang bertele-tele saat membuat surat lamaran kerja. Hal ini karena banyaknya pelamar kerja sehingga HRD cenderung lebih menyukai surat lamaran yang simple dan menarik. Berikut merupakan contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris simpel dan artinya.

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris yang Simpel

Contoh surat lamaran kerja ini dikutip dari Harvard Resumes and Cover Letters.


February 21, 2018

Ms. Liza Wideman
Recruiting Coordinator
Great Strategy Consulting Firm
200 Shell Fish Blvd, Suite 199
San Francisco, CA 94080

Dear Ms. Wideman:

I am writing to express my interest in securing an Associate position at Great Strategy Consulting Firm. I am a Master of Liberal Arts degree candidate at Harvard Extension School, specializing in Information Technology. I come from a solid technical background with a strong interest in business and a passion towards strategy. My area of focus and interest varies from quantitative analysis to project management. I have maintained a 3.95 GPA through a well-balanced program of study, which is not only very analytical and technical by nature but also helps to build leadership and team building qualities. I am extremely impressed with Great Strategy’s approach to strategy consulting, especially within the Business Development and Innovation practice areas. I believe my academic background, business knowledge and industry experiences have provided me with the credentials needed to thrive as an Associate.

Prior to Harvard, I worked as a technology professional, primarily resolving strategic issues related to technology process improvement. I gained solid research, analytical and problem solving skills while working in Fortune 500 companies. My background in generating innovative ideas and strategies to improve processes has provided me with a deeper understanding of multifaceted problems that companies encounter in their daily operations. Moreover, because of my work experiences, I fully understand how important it is to have great team dynamics in today’s multi-disciplinary business environment.

To date, my experience as an IT professional has been extremely rewarding and productive. However, it is through strategy consulting that I can use my analytical aptitude and creative problem solving skills to their fullest. I strongly believe that consulting is a discipline that will force me to view problems not only from the client’s standpoint but also from a marketplace, best practices and “think out of the box” point of views.

I would appreciate the opportunity to interview with Great Strategy Consulting Firm for the Associate position. Please find enclosed my resume for your review. I can be reached via email at jacob.mclean@post.harvard.edu or by phone at (617) 555-3456. I enthusiastically look forward to hearing from you soon.

Thank you for your time and consideration.

Sincerely,

Jacob A. McLean


Terjemahan Contoh Surat Lamaran Kerja yang Simpel

Surat lamaran kerja tersebut jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia akan menjadi seperti berikut ini.


21 Februari 2018

Ibu Liza Wideman
Koordinator Rekrutmen
Perusahaan Konsultasi Great Strategy
Jalan Kerang 200 Nomor 1999
San Fransisco, California 94080

Yang Terhormat Ibu Liza Wideman,

Saya bermaksud menungkapkan ketertarikan saya untuk melamar posisi konsultan muda di Perusahaan Konsultasi Great Strategy. Saya merupakan kandidat magister Liberal Arts di Harvard Extension School dan mengambil spesialisasi di bidang teknologi informasi. Saya memiliki latar belakang teknis yang mumpuni dengan ketertarikan mendalam di bidang strategi bisnis. Fokus dan minat saya beragam, mulai dari analisis kuantitatif hingga manajemen proyek. Saya berhasil mempertahankan IPK 3,95 selama masa studi yang tidak hanya mengandalkan kemampuan analisis dan teknis, tetapi juga menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan membangun tim. Saya sangat terpukau dengan pendekatan Great Strategy tentang konsultasi strategi, khususnya dalam ranah praktik pengembangan dan inovasi bisnis. Saya yakin, latar belakang pendidikan, pengetahuan bisnis, dan pengalaman industri yang saya miliki dapat menunjang karir saya sebagai seorang konsultan muda.

Sebelum di Harvard, saya bekerja sebagai seorang profesional di bidang teknologi, utamanya menyelesaikan isu-isu yang berkaitan dengan peningkatan proses teknologi. Saya memperoleh kemampuan riset, analisis, dan pemecahan masalah yang mumpuni ketika bekerja di perusahaan-perusahaan Fortune 500. Latar belakang saya dalam mencetuskan ide dan strategi inovatif untuk meningkatkan proses teknologi telah membantu saya memahami berbagai permasalahan yang dihadapi perusahaan dalam operasionalnya sehari-hari. Selain itu, berkat pengalaman kerja saya, saya mendapatkan pemahaman yang menyeluruh tentang betapa pentingnya memiliki dinamika kelompok yang bagus di lingkungan bisnis multidisiplin sekarang ini.

Sejauh ini, saya sudah merasakan manfaat dari pengalaman saya di bidang teknologi informasi. Namun demikian, saya baru merasa mampu menggunakan kemampuan saya dalam hal analisis dan pemecahan masalah secara maksimal melalui konsultasi strategi. Saya sangat percaya bahwa konsultasi merupakan sebuah ranah yang akan mendorong saya untuk melihat suatu permasalahan tidak hanya dari sudut pandang klien, tetapi juga dari sudut pandang pasar dan praktik terbaik yang berbeda dari kebanyakan orang.

Saya akan sangat senang jika diberi kesempatan untuk melakukan wawancara dengan Perusahaan Konsultasi Great Strategy. Saya juga melampirkan daftar riwayat hidup sebagai bahan pertimbangan. Saya dapat dihubungi melalui email di jacob.mclean@post.harvard.edu atau ponsel di (617) 555-3456. Saya tidak sabar menantikan balasan dari Anda.

Terima kasih atas waktu dan perhatian Anda.

Hormat saya,

Jacob A. McLean


Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Fresh Graduate dan Artinya

Contoh surat lamaran kerja sebelumnya merupakan contoh surat lamaran bagi seseorang yang sudah mempunyai pengalaman di bidang tertentu selama beberapa tahun. Jika kamu seorang lulusan baru (fresh graduate) dan merasa belum memiliki banyak pengalaman, jangan khawatir. Kamu tetap bisa membuat surat lamaran yang menarik dengan memberikan penekanan pada pengalaman yang kamu peroleh selama kuliah, baik akademik maupun nonakademik.

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris untuk Fresh Graduate

Berikut contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris bagi lulusan baru (fresh graduate) yang dikutip dari The Balance Careers.


September 1, 2018

Eric Lee
Media Director
Kansai Collaborative Arts
123 Business Rd.
Business City, NY 54321

Dear Mr. Lee:

I am writing you to express interest in the graphic design position as advertised on Indeed.com. As a recent graduate with experience in 3D animation software and the Adobe suite of software, I believe I am a strong candidate for a position at Kansai Collaborative Arts.

During my time at the University of Northern State, I was awarded the top prize in the student design competition for my version of an app that would allow students to learn Japanese characters on their own time.

In addition to graduating with a 3.75 GPA, I spent a semester at a university in Japan, and I have strong conversational skills in the Japanese language. I believe this would be an asset, as I know your studio does a lot of collaborations with major design studios in Japan.

Although I am a recent college graduate, my maturity, artistic skills, ability to work with others, and knowledge of the Japanese language and culture will make an asset for your studio.

I have enclosed my resume and will email you within the next week to see if we can arrange a time to speak further. Thank you for your time and consideration.

Sincerely,

Lucy Applicant


Terjemahan Surat Lamaran Kerja untuk Fresh Graduate

Terjemahan bahasa Indonesia dari surat lamaran kerja di atas adalah sebagai berikut.


1 September 2018

Eric Lee
Direktur Media
Kansai Collaborative Arts
Jalan Bisnis 123
Kota Bisnis, New York 54321

Yang terhormat Bapak Eric Lee,

Saya bermaksud mengungkapkan ketertarikan saya terhadap posisi desainer grafis seperti yang diiklankan pada Indeed.com. Sebagai seorang lulusan baru dengan pengalaman terkait perangkat lunak animasi 3D dan Adobe, saya yakin saya merupakan kandidat yang cocok untuk menempati posisi ini di Kansai Collaborative Arts.

Selama menghabiskan masa studi saya di University of Northern State, saya mendapatkan penghargaan hadiah utama dalam lomba desain mahasiswa berkat versi aplikasi yang saya buat untuk membantu para mahasiswa belajar aksara Jepang secara mandiri.

Selain lulus dengan IPK 3,75, saya juga menghabiskan satu semester di sebuah universitas di Jepang sehingga saya memiliki kemampuan wicara bahasa Jepang yang mumpuni. Saya yakin bahwa hal ini akan menjadi aset berharga karena studio Anda banyak melakukan kolaborasi dengan studio desain besar di Jepang.

Meskipun saya merupakan lulusan baru, kematangan, kemampuan artistik, kemampuan bekerja dengan orang lain, dan pengetahuan tentang bahasa dan budaya Jepang saya akan menjadi aset berharga bagi studio Anda.

Saya melampirkan daftar riwayat hidup dan akan mengubungi Anda dalam beberapa minggu ke depan untuk menindaklanjuti kalau-kalau ada kesempatan untuk membicarakan hal ini lebih lanjut. Terima kasih atas waktu dan perhatian Anda.

Hormat saya,

Lucy Applicant


Jasa Penerjemah Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris, Mulai Rp 10.000

Surat lamaran merupakan salah satu dokumen penting untuk melamar kerja selain daftar riwayat hidup (curriculum vitae/resume). Luangkan waktu untuk menyusun surat lamaranmu agar tidak terjadi kesalahan penulisan yang berakibat fatal.

Jika kamu ingin menerjemahkan surat lamaranmu, kamu bisa menggunakan layanan terjemahan Xerpihan. Xerpihan mempunyai tim penerjemah bahasa Inggris yang berpengalaman. Tim Xerpihan dapat membantumu menerjemahkan surat lamaran dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris atau sebaliknya. Jika berminat, kamu bisa menghubungi Xerpihan melalui email admin@xerpihan.id ataupun WhatsApp (0831) 1916 1413.

1 Comment

  1. baja aluminium

    I need to to thank you for this fantastic read!! I certainly loved every bit of it.
    I have you book-marked to check out new stuff you post…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *