Teks Berita: Pengertian, Struktur, Unsur, Ciri, dan Contohnya

Apa yang dimaksud dengant teks berita

Apa yang dimaksud dengan teks berita? Jika kamu penasaran, simak pengertian, unsur-unsur, struktur, kaidah kebahasaan, dan contoh teks berita berikut ini.

Pengertian teks berita adalah
(freepik.com/stories)

Apakah kalian pernah mendengar atau membaca berita? Pastinya pernah, kan? Pada era digital ini, berita seolah-olah telah menjadi ‘makanan’ sehari-hari. Setiap harinya, dari waktu ke waktu, berita datang silih berganti. Berbagai informasi sangat mudah kita jumpai, terutama melalui media elektronik, seperti media sosial. Namun, perlu diperhatikan bahwa informasi yang tersaji di media sosial tidak semuanya benar. Akhir-akhir ini banyak sekali berita hoaks yang tersebar di media sosial. Berita hoaks ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan konflik di masyarakat.

Supaya tidak mudah termakan hoaks, kita perlu belajar literasi media untuk membedakan berita faktual dan berita hoaks. Salah satu caranya yaitu dengan mempelajari apa yang dimaksud dengan teks berita, mulai dari pengertian, struktur, unsur-unsur, kaidah kebahasaan dan contohnya.

Apa yang Dimaksud dengan Teks Berita?

Jasa parafrasa

Sederhananya, berita adalah laporan dari suatu peristiwa. Umumnya, berita melaporkan suatu peristiwa atau kejadian yang masih hangat atau baru terjadi. Penyampaian suatu berita dapat dilakukan secara lisan maupun secara tertulis. Penyampaian berita secara lisan biasanya melalui televisi maupun radio, misalnya acara televisi Liputan 6, Kabar Indonesia, Seputar Indonesia, dan acara sejenis lainnya. Sementara penyampaian berita secara tertulis bisa dilakukan melalui media elektronik seperti media sosial maupun media cetak seperti koran.

Pengertian Teks Berita

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia daring, pengertian berita adalah kabar atau keterangan mengenai suatu peristiwa atau kejadian yang hangat. Menurut Rahman, dalam bukunya yang berjudul Kajian Struktur dan Kebahasaan (2017), pengertian teks berita adalah teks yang melaporkan kejadian, peristiwa, atau informasi mengenai sesuatu yang telah atau sedang terjadi. Informasi yang disampaikan dalam berita merupakan suatu fakta, bukan sekedar opini pribadi.

Sementara menurut Herman RN dalam buku Jurnalistik Praktis (2018), berita adalah laporan peristiwa yang bernilai jurnalistik atau memiliki nilai berita, yaitu aktual, faktual, penting dan menarik.

Jadi bisa dibilang, pengertian teks berita adalah suatu jenis teks berisi laporan kejadian, peristiwa, atau informasi yang bersifat aktual dan faktual.

Apa Tujuan Teks Berita?

Di bahasan sebelumnya sudah dijelaskan bahwa berita berisi laporan kejadian atau informasi yang bersifat faktual. Melalui informasi tersebut diharapkan dapat menambah wawasan pembaca/pendengar mengenai hal-hal yang terjadi di sekitarnya.

Apa Saja Ciri-Ciri Teks Berita?

Suatu tberita mempunyai ciri-ciri yang membedakannya dengan jenis teks lainnya. Adapun ciri-ciri teks berita adalah:

  • Faktual atau dapat dipercaya;
  • Jelas;
  • Aktual atau terkini;
  • Bersifat objektif;
  • Dapat diterima masyarakat;
Jasa translate

Bagaimana Kaidah Kebahasaan Teks Berita?

Teks berita mempunyai kaidah kebahasaan yang bisa dijadikan sebagai ciri atau pembeda dengan jenis teks lainnya. Adapun ciri kebahasaan teks berita adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan bahasa baku

Penggunaan bahasa baku berfungsi untuk menjembatani pemahaman banyak kalangan. Hal ini karena bahasa baku yang menjadi standar bahasa Indonesia lebih mudah dipahami oleh semua kalangan.

2. Menggunakan kalimat langsung

Suatu teks berita biasanya menggunakan kalimat langsung sebagai variasi dari kalimat tidak langsungnya. Kalimat langsung ini biasanya digunakan untuk mengutip perkataan dari narasumber atau pihak yang berkaitan dengan peristiwa tersebut. Kalimat langsung ini ditandai dengan tanda petik ganda yang disertai keterangan penyertanya.

3. Menggunakan konjungsi bahwa

Penggunaan konjungsi bahwa berfungsi sebagai penerang kata yang dikutipnya. Hal ini terkait dengan pengubahan bentuk dari kalimat langsung menjadi kalimat tidak langsung.

4. Menggunakan kata kerja mental

Dikutip dari buku Bahasa Indonesia Paket B, kata kerja mental adalah kata kerja yang berkaitan dengan kegiatan dari hasil pemikiran. Contoh dari kata kerja mental, yaitu memikirkan, membayangkan, berasumsi, menganalogikan, dan menduga.

5. Menggunakan fungsi keterangan waktu dan tempat

Berita juga biasanya menggunakan keterangan waktu dan tempat. Hal ini berkaitan dengan unsur kapan dan di mana yang harus ada di dalam berita.

6. Menggunakan konjungsi kronologis

Konjungsi kronologis adalah kata penghubung yang menghubungkan dua buah klausa atau kalimat untuk menggambarkan urutan waktu kejadian. Konjungsi ini digunakan untuk memaparkan bagaimana suatu peristiwa terjadi.

Apa Saja Unsur-Unsur Teks Berita?

Berita yang baik dan benar tentunya mengandung beberapa unsur di dalamnya. Umumnya, terdapat 6 unsur yang disertakan ke dalam berita. Adapun unsur-unsur teks berita adalah sebagai berikut

Jasa Proofreading Document

1. Apa (What)

Unsur teks berita yang pertama adalah what atau apa. Unsur ini menjelaskan mengenai peristiwa apa yang diberitakan. Peristiwa yang diberitakan harus sesuai kenyataan atau fakta. Dalam menyampaikan berita, penulis tidak boleh memberikan tambahan berupa opini atau pribadi.

2. Di mana (Where)

Unsur teks berita yang kedua adalah where atau di mana. Unsur where menjelaskan mengenai lokasi atau tempat terjadinya peristiwa yang diberitakan. Sebaiknya lokasi kejadian dipaparkan sedetail mungkin agar pembaca tidak salah paham dengan informasi yang diberitakan. Dengan mencantumkan lokasi atau tempat terjadinya peristiwa, pembaca atau pendengar dapat memastikan kebenaran dari berita tersebut.

3. Kapan (When)

Unsur teks berita yang tak kalah penting adalah when atau kapan. When merupakan unsur yang menjelaskan waktu terjadinya peristiwa yang diberitakan. Suatu berita akan semakin informatif apabila mencantumkan waktu terjadinya peristiwa. Sama halnya dengan lokasi, dengan mengetahui waktu terjadinya peristiwa, pembaca atau pendengar dapat memastikan kebenaran dari berita tersebut.

4. Siapa (Who)

Unsur selanjutnya adalah siapa atau who. Unsur ini menjelaskan mengenai orang atau pihak yang terlibat dalam peristiwa. Umumnya berita hanya menceritakan tokoh utama yang secara langsung terlibat dalam peristiwa tersebut. Namun, ada juga yang mencantumkan tokoh-tokoh pendukung yang secara tidak langsung terlibat dalam peristiwa yang terjadi.

5. Mengapa (Why)

Why atau mengapa merupakan unsur teks berita yang menjelaskan mengapa suatu peristiwa bisa terjadi. Unsur ini menjelaskan kepada pembaca mengenai alasan atau latar belakang terjadinya peristiwa tersebut. Hal ini untuk mencegah timbulnya rasa salah paham terhadap informasi yang diberitakan.

6. Bagaimana (How)

Unsur teks berita yang terakhir yaitu bagaimana atau how. Unsur ini menjelaskan mengenai proses terjadinya peristiwa yang diberitakan. Sebaiknya kronologis suatu kejadian dipaparkan secara detail. Semakin detail kronologis yang disampaikan maka akan semakin kuat kredibilitas berita tersebut.

Untuk memudahkan mengingat, keenam unsur teks berita tersebut dapat disingkat menjadi ADIKSIMBA (Apa, Di mana, Kapan, Siapa, Mengapa, Bagaimana). Sementara dalam bahasa Inggris, unsur-unsur teks berita ini disebut juga dengan 5W+1H (what, where, when, who, why, and how).

Contoh Teks Berita Beserta Unsur-Unsurnya

Supaya kamu lebih paham dalam mengidentifikasi unsur-unsur teks berita yang kamu dengar dan kamu baca, perhatikan contoh teks berita berikut ini.


Tim Sepak Takraw Indonesia Raih Medali Emas Asean Game 18 untuk Pertama Kalinya

PALEMBANG – Mimpi Indonesia meraih medali emas sepak takraw Asian Games 2018 terwujud. Ini sekaligus menjadi sejarah baru di cabang olah raga sepak takraw.

Penantian panjang selama 28 tahun sejak keikutsertaan sepak takraw pada 1990 lalu, tercapai setelah timnas putra sepak takraw yang turun di nomor kuadran putra berhasil meraih medali emas. Di final, Indonesia mengalahkan Jepang melalui pertandingan sengit dengan skor akhir 2-1 di Ranau Hall Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, kemarin.

“Perjuangan para pemain sepak takraw kita memang luar biasa,” kata pelatih sepak takraw Indonesia. Tim Indonesia harus berjuang keras menghadapi tim Jepang. Buktinya, mereka membutuhkan tiga set untuk memastikan kemenangan dengan 15-21, 21-14, dan 21-16. Di set pertama, Indonesia harus mengakui keunggulan Jepang. Namun, pasukan Merah Putih mampu memperbaikinya dengan baik pada dua set terakhir. Di set penentuan, Indonesia tampil memukau sejak awal set ketiga. Indonesia akhirnya memastikan kemenangan dengan angka 21-16 di set ketiga atas Jepang. Kemenangan ini sekaligus menjadi medali emas ke- 31 sekaligus sebagai emas terakhir untuk Indonesia di Asean Games ke-18 ini.

Unsur Teks BeritaIsi Teks
ApaMimpi Indonesia meraih medali emas sepak takraw Asian Games 2018 terwujud.
Di manaRanau Hall Jakabaring Sports City, Palembang
Kapan9 September 2018
SiapaTim sepak takraw Indonesia dan tim sepak takraw Jepang
MengapaPenantian panjang selama 28 tahun sejak keikutsertaan sepak takraw pada 1990 lalu, tercapai untuk meraih medali emas. “Perjuangan para pemain sepak takraw kita sungguh luar biasa,” kata pelatih sepak takraw Indonesia.
BagaimanaTim Indonesia harus berjuang keras menghadapi tim Jepang dengan tiga set. Di set pertama, Indonesia harus mengakui keunggulan Jepang. Namun, di set kedua dan ketiga, Indonesia tampil memukau dan berhasil meraih kemenangan dan merebut medali emas ke-31 untuk Indonesia.

Struktur Teks Berita

Menurut Rahman (2017), struktur teks berita terdiri atas judul, teras, dan tubuh.

1. Judul (headline)

Struktur teks berita yang pertama adalah judul. Peran judul dalam berita sangat penting karena mewakili keseluruhan isinya. Judul berita biasanya memuat tentang kejadian yang akan dibahas. Judul juga berperan sebagai daya tarik agar pembaca tertarik membaca keseluruhan isi berita. Maka dari itu judul berita harus dibuat semenarik mungkin untuk menarik perhatian pembaca. Namun, perlu diingat bahwa judul berita yang sebaiknya tidak menggunakan kata-kata yang membuat pembaca salah paham.

2. Teras (lead)

Struktur teks berita selanjutnya adalah lead atau teras berita. Lead terletak di bagian awal teks berita, yaitu di paragraf pertama. Pada bagian ini terangkum inti dari keseluruhan isi berita. Bagian ini juga menjadi salah satu penentu bagi pembaca atau pendengar untuk membaca atau mendengarkan isi berita lebih lanjut.

3. Tubuh (body)

Body atau tubuh berita merupakan kelanjutan dari isi berita. Bagian ini akan membahas keseluruhan peristiwa atau informasi secara lebih rinci. Informasi yang terdapat dalam unsur berita, seperti mengapa dan bagaimana biasanya terletak di bagian tubuh berita.

Contoh Teks Berita Beserta Strukturnya

Struktur TeksIsi Teks
Judul (headline)Tim Sepak Takraw Indonesia Raih Medali Emas Asean Game 18 untuk Pertama Kalinya
Teras (lead)Mimpi Indonesia meraih medali emas sepak takraw Asian Games 2018 terwujud. Ini sekaligus menjadi sejarah baru di cabang olah raga sepak takraw.
Tubuh (body)Penantian panjang selama 28 tahun sejak keikutsertaan sepak takraw pada 1990 lalu, tercapai setelah timnas putra sepak takraw yang turun di nomor kuadran putra berhasil meraih medali emas. Di final, Indonesia mengalahkan Jepang melalui pertandingan sengit dengan skor akhir 2-1 di Ranau Hall Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, kemarin. “Perjuangan para pemain sepak takraw kita memang luar biasa,” kata pelatih sepak takraw Indonesia. Tim Indonesia harus berjuang keras menghadapi tim Jepang. Buktinya, mereka membutuhkan tiga set untuk memastikan kemenangan dengan 15-21, 21-14, dan 21-16. Di set pertama, Indonesia harus mengakui keunggulan Jepang. Namun, pasukan Merah Putih mampu memperbaikinya dengan baik pada dua set terakhir. Di set penentuan, Indonesia tampil memukau sejak awal set ketiga. Indonesia akhirnya memastikan kemenangan dengan angka 21-16 di set ketiga atas Jepang. Kemenangan ini sekaligus menjadi medali emas ke- 31 sekaligus sebagai emas terakhir untuk Indonesia di Asean Games ke-18 ini.  

Butuh Jasa Proofreading untuk Memeriksa Teks?

Itu tadi penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan teks berita dan contohnya. Semoga setelah membaca ini kamu paham bagaimana cara menyusun teks berita yang benar.

Nah, jika kamu sedang menulis sebuah teks, baik itu teks berita ataupun jenis teks lainnya, jangan lupa untuk diperiksa ya. Jika kamu membutuhkan jasa proofreading dokumen untuk memeriksa tulisanmu, Xerpihan selalu siap membantu.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *