Apa Itu Pronomina? Mengenal Jenis-Jenis Kata Ganti dan Contohnya

Apa itu pronomina atau kata ganti

Artikel ini membahas mengenai apa itu pronomina. Mulai dari pengertian, fungsi, macam-macam hingga contoh pronomina atau kata ganti.

Coba perhatikan kalimat berikut:

Miko lupa memakan bekal milik Miko.

Apakah ada yang janggal dengan kalimat tersebut? Yups, kalimat tersebut terkesan bertele-tele karena menggunakan kata Miko sebanyak dua kali. Akan lebih efektif jika kata Miko di bagain akhir diganti menggunakan pronomina posesiva. Kalian tau nggak apa itu pronomina? Jika kalian belum tahu apa itu pronomina, simak dulu artikel ini sampai selesai ya.

Apa Itu Pronomina?

Pronomina disebut juga dengan kata ganti. Kata ganti adalah salah satu jenis kata yang bisa digunakan sebagai pengganti nomina. Apa yang dimaksud dengan nomina? Menurut KBBI, nomina adalah salah satu kelas kata yang ada dalam bahasa Indonesia, biasanya berfungsi sebagai subjek atau objek. Nomina biasa disebut juga dengan kata benda. Ciri dari nomina adalah tidak bisa bergabung dengan kata tidak. Contoh nomina adalah buku, kata buku tidak mungkin digabung dengan kata tidak menjadi tidak buku. Contoh lainnya, yaitu ibu. Kata ibu juga tidak bisa digabung dengan kata tidak menjadi tidak ibu. Jadi bisa dibilang pronomina adalah kata yang digunakan untuk mengganti kata benda atau orang tertentu.

Apa Fungsi Pronomina (Kata Ganti)?

Penggunaan pronomina atau kata ganti bertujuan untuk mengurangi penggunaan kata yang sama di dalam suatu kalimat. Pengulangan kata yang sama di dalam kalimat, akan membuat kalimat tersebut tidak efektif. Misalnya seperti contoh kalimat dibagian awal, Miko lupa memakan bekal milik Miko. Kalimat tersebut dinilai tidak efektif karena menggunakan kata Miko sebanyak dua kali. Akan lebih baik jika kalimat tersebut diubah menjadi Miko lupa memakan bekalnya. Kata -nya pada kalimat tersebut merupakan pronomina posesiva atau kata ganti kepemilikan.

contoh pronomina
(freepik.com/stories)

Selain pronomina posesiva atau kata ganti kepemilikan, masih ada lagi jenis kata ganti lainnya. Supaya lebih jelas, berikut akan dijabarkan jenis kata ganti yang ada dalam bahasa Indonesia.

Baca juga: Apa Itu Preposisi dan Bagaimana Penggunaannya?

Apa saja Jenis-Jenis Pronomina (Kata Ganti)?

Pronomina atau kata ganti dibagi menjadi 6 jenis, yaitu pronomina persona (kata ganti orang), pronomina posesiva (kata ganti kepemilikan), pronomina interogativa (kata ganti penanya), pronomina demonstrativa (kata ganti penunjuk), pronomina relativa (kata ganti penghubung), dan kata ganti tak tentu.

1. Pronomina Persona (Kata Ganti Orang)

Kanti ganti orang disebut juga dengan pronomina persona. Fungsi dari kata ganti orang, yaitu sebagai pengganti nama atau panggilan seseorang. Pronomina persona atau kata ganti orang terbagi menjadi 3, yaitu kata ganti orang pertama, kata ganti orang kedua, dan kata ganti orang ketiga.

A. Kata Ganti Orang Pertama

Kata ganti orang pertama adalah kata yang digunakan untuk menggantikan orang yang berbicara. Terdapat dua macam kata ganti orang pertama, yaitu kata ganti orang pertama tunggal dan kata ganti orang pertama jamak.

Kata Ganti Orang Pertama Tunggal

Kata orang pertama tunggal adalah kata ganti orang pertama yang mewakili satu orang. Contoh kata ganti orang pertama tunggal adalah saya dan aku. Saya biasanya digunakan saat situasi formal, seperti saat berbicara dengan rekan bisnis atau orang yang kita hormati. Aku biasanya digunakan ketika suasana santai, misalnya ketika berbicara dengan teman atau orang yang lebih muda.

Contoh kalimat yang menggunakan kata ganti orang pertama tunggal adalah sebagai berikut.

  • Saya berangkat ke kantor pukul 07.00 WIB.
  • Aku lebih suka menonton film menggunakan subtitle daripada sulih suara.
Kata Ganti Orang Pertama Jamak

Kata ganti orang pertama jamak adalah kata ganti orang pertama yang mewakili dua orang atau lebih. Contoh kata ganti orang pertama jamak adalah kami dan kita. Pronomina persona atau kata ganti kita bersifat inklusif, sedangkan kata ganti kami bersifat eksklusif. Artinya, pronomina persona atau kata ganti kita digunakan jika konteks yang dibicarakan melibatkan orang yang sedang diajak bicara, Sebaliknya, pronomina persona atau kata ganti kami digunakan jika konteks yang sedang dibicarakan tidak melibatkan orang yang sedang diajak bicara.

Contoh kalimat yang menggunakan kata ganti orang pertama jamak adalah sebagai berikut.

  • Kami tidak pernah bolos pelajaran bahasa Indonesia.
  • Ayo kita belajar bersama di perpustakaan.
apa itu pronomina dan contoh kata ganti
(freepik.com/stories)

B. Kata Ganti Orang Kedua

Kata ganti orang kedua adalah kata ganti yang berfungsi sebagai pengganti nama orang yang sedang diajak bicara. Sama halnya dengan kata ganti orang pertama, kata ganti orang kedua dibagi lagi menjadi dua, yaitu kata ganti orang kedua tunggal dan kata ganti orang kedua jamak.

Kata Ganti Orang Kedua Tunggal

Kata ganti orang kedua tunggal adalah kata yang digunakan untuk menggantikan nama orang yang sedang diajak bicara yang berjumlah satu orang. Contoh kata ganti orang kedua tunggal adalah kamu dan Anda. Anda biasanya digunakan untuk suasana formal, sedangkan kamu biasanya digunakan untuk suasana nonformal atau santai.

Contoh kalimat yang menggunakan kata ganti orang kedua tunggal adalah sebagai berikut.

  • Kamu belum mengumpulkan PR bahasa Inggris.
  • Selamat, Anda telah memenangkan pertandingan memasak.
Kata Ganti Orang Kedua Jamak

Kata ganti orang kedua jamak adalah kata yang digunakan untuk menggantikan orang yang sedang diajak bicara yang berjumlah dua orang atau lebih. Contoh kata ganti orang kedua jamak adalah kalian.

Contoh kalimat yang menggunakan kata ganti orang kedua jamak adalah sebagai berikut.

  • Kalian tidak boleh menyontek saat ujian.
  • Kalian sebaiknya segera berangkat agar tidak terlambat.

C. Kata Ganti Orang Ketiga

Kata ganti orang ketiga adalah kata yang berfungsi sebagai pengganti orang yang dibicarakan. Ada dua jenis kata ganti orang ketiga, yakni kata ganti orang ketiga tunggal dan kata ganti orang ketiga jamak.

Kata Ganti Orang Ketiga Tunggal

Kata ganti orang ketiga tunggal adalah kata ganti untuk menggantikan orang yang dibicarakan yang berjumlah satu orang. Contoh kata ganti orang ketiga tunggal adalah beliau, dia, dan ia. Kata ganti beliau biasanya digunakan untuk menggantikan orang yang lebih tua atau yang kita hormati. Sementara kata ganti dia dan ia biasanya digunakan untuk menggantikan orang yang sebaya atau lebih muda.

Contoh kalimat yang menggunakan kata ganti orang ketiga tunggal adalah sebagai berikut.

  • Belau sedang memimpin rapat di lantai tiga.
  • Ia sangat suka menonton televisi hingga tengah malam
  • Dia biasanya berangkat ke sekolah menggunakan sepeda.
Kata Ganti Orang Ketiga Jamak

Kata ganti orang ketiga jamak adalah kata ganti untuk menggantikan orang yang sedang dibicarakan yang berjumlah dua orang atau lebih. Contoh kata ganti orang ketiga jamak adalah mereka.

Contoh kalimat yang menggunakan kata ganti orang ketiga jamak adalah sebagai berikut.

  • Mereka sedang berlibur di Pulau Bali.
  • Mereka akan pulang minggu depan.

2. Pronomina Posesiva (Kata Ganti Kepemilikan)

Pronomina posesiva atau kata ganti kepemilikan adalah kata ganti yang digunakan untuk menyatakan kepemilikan atau kepunyaan. Contoh kata ganti kepemilikan adalah -ku, -mu, dan -nya. Kata ganti -ku digunakan untuk menyatakan kepemilikan orang pertama. Kata ganti -mu digunakan untuk menyatakan kepemilikan orang kedua. Sementara kata ganti -nya digunakan untuk menyatakan kepemilikan orang ketiga. Kata ganti -nya bisa juga digunakan untuk menyatakan kepemilikan selain nomina orang.

Contoh kalimat yang menggunakan pronomina posesiva adalah sebagai berikut.

  • Tadi pagi kucingnya dibawa ke dokter karena sakit.
  • Bukumu kemarin tertinggal di kelas.
  • Skripsiku baru saja direvisi.
  • Piring itu warnanya sangat cantik.

3. Pronomina Interogativa (Kata Ganti Penanya)

Kata ganti penanya disebut juga pronomina interogativa. Pronomina interogativa adalah kata ganti yang digunakan untuk menanyakan informasi tertentu. Berdasarkan fungsinya, pronomina interogativa atau kata ganti penanya dibagi menjadi lima jenis, yaitu kata ganti penanya nomina, kata ganti penanya waktu, kata ganti penanya tempat, kata ganti penanya keadaan, dan kata ganti penanya jumlah.

A. Pronomina Interogativa Nomina

Sesuai namanya, pronomina interogativa nomina adalah jenis kata ganti yang berfungsi untuk menanyakan nomina. Contoh pronomina interogativa nomina adalah apa dan siapa.

Contoh kalimat yang menggunakan kata ganti penanya nomina adalah sebagai berikut.

  • Siapa yang belum mengerjakan tugas?
  • Apa yang sedang kau sembunyikan?

B. Pronomina Interogativa Waktu

Pronomina interogativawaktu adalah kata ganti yang digunakan untuk menanyakan waktu. Contoh pronomina interogativa waktu adalah kapan.

Contoh kalimat yang menggunakan pronomina interogativa waktu adalah sebagai berikut.

  • Kapan kamu akan memulai penelitian?
  • Kapan dia pergi?

C. Pronomina Interogativa Tempat

Pronimina interogativa tempat disebut juga kata ganti penanya tempat. Dari namanya kita sudah tahu jika kata ganti ini digunakan untuk menanyakan tempat. Contoh pronomina interogativa tempat adalah di mana, dari mana, dan ke mana.

Contoh kalimat yang menggunakan pronomina interogativa tempat adalah sebagai berikut.

  • Kamu mau pergi ke mana?
  • Di mana buku yang kemarin kamu pinjam?
  • Dari mana kamu seharian tidak masuk kuliah?

D. Pronomina Interogativa Keadaan

Pronomina Interogativakeadaan adalah jenis kata ganti yang berfungsi untuk menanyakan keadaan atau situasi. Contoh pronomina interogativa keadaan adalah mengapa dan bagaimana.

Contoh kalimat yang menggunakan pronomina interogativa keadaan adalah sebagai berikut.

  • Mengapa tidak ada yang mengerjakan tugas?
  • Bagaimana kamu bisa menyelesaikan skripsi dengan cepat?

E. Pronomina Interogativa Jumlah

Seperti namanya, pronomina Interogativa ataukata ganti penanya jumlah adalah jenis kata ganti yang digunakan untuk menanyakan jumlah atau bilangan. Contoh pronomina interogativa jumlah adalah berapa.

Contoh kalimat yang menggunakan pronomina interogativa jumlah adalah sebagai berikut.

  • Berapa harga buku yang sedang kamu pegang?
  • Berapa hari kamu libur sekolah?

Baca juga: Reduplikasi atau Kata Ulang

3. Pronomina Demonstrativa (Kata Ganti Penunjuk)

Dalam KBBI, demonstrativa berarti kata yang berfungsi untuk menunjuk secara khusus orang atau benda. Jadi pronomina demonstrativa atau kata ganti penunjuk adalah kata ganti yang berfungsi untuk menunjuk suatu benda, atau tempat, baik yang berjarak jauh atau dekat. Kata ganti penunjuk atau pronomina demonstrativa dibagi menjadi tiga, yaitu pronomina demostrativa umum (kata ganti penunjuk umum), pronomina demonstrativa tempat (kata ganti penunjuk tempat), dan pronomina demonstrativa ihwal (kata ganti penunjuk ihwal).

A. Pronomina Demonstrativa Umum

Pronomina demonstrativa umum adalah jenis kata ganti yang digunakan untuk menunjuk nomina tertentu. Contoh pronomina demonstrativa umum adalah ini dan itu. Ini digunakan untuk menunjuk sesuatu yang dekat dengan pembicara. Sementara itu digunakan untuk menunjuk sesuatu yang jauh dari pembicara.

Contoh kalimat yang menggunakan pronomina demostrativa umum adalah sebagai berikut.

  • Rumah itu baru saja terjual senilai 5 milyar.
  • Film ini baru saja menang penghargaan.

B. Pronomina Demonstrativa Tempat

Pronomina demonstrativa tempat adalah kata ganti yang berfungsi untuk menunjuk ke tempat tertentu. Contoh kata ganti penunjuk tempat atau pronomina demonstrativa tempat adalah sini, sana, dan situ.

Kata ganti sini untuk menunjuk ke tempat yang dekat dengan pembicara. Kata ganti sana biasanya digunakan untuk menunjukkan tempat yang agak jauh dari pembicara. Sementara kata ganti situ biasanya digunakan untuk menunjuk tempat yang lebih jauh lagi. Umumnya pronomina demonstrativa tempat digunakan setelah preposisi atau kata depan di, dari, atau ke.

Contoh kalimat yang menggunakan pronomina demonstrativa tempat adalah sebagai berikut.

  • Awas, di situ ada lubang.
  • Jam berapa kita akan pergi ke sana?
  • Habis dari sini, kita langsung berangkat ke Bandung.
  • Kira-kira kita akan tiba di sana jam 6 pagi.

C. Pronomina Demonstrativa Ihwal

Pronomina demonstrativa ihwal adalah jenis kata ganti yang berfungsi untuk menggantikan suatu hal. Contoh dari pronomina demonstrativa ihwal atau kata ganti ihwal adalah begini dan begitu.

Contoh kalimat yang menggunakan pronomina demonstrativa ihwal adalah sebagai berikut.

  • Tolong jangan begitu lagi karena itu tidak baik.
  • Jika tahu begini jadinya, aku lebih baik mengerjakannya sendiri.

Baca juga: Jenis-Jenis Kata Berimbuhan dan Contohnya

4. Pronomina Relativa (Kata Ganti Penghubung)

Pronomina relativa disebut juga dengan kata ganti penghubung. Jenis kata ganti ini digunakan untuk menghubungkan dua kata atau klausa yang berbeda kedudukan. Misalnya menghubungkan suatu nomina dengan sifatnya atau menghubungkan induk kalimat dengan anak kalimat. Contoh pronomina relativa atau kata ganti penghubung adalah yang.

Contoh kalimat yang menggunakan pronomina relativa adalah sebagai berikut.

  • Aku lebih suka tas yang berwarna hitam
  • Tia sedang menonton film yang kamu rekomendasikan.

5. Kata Ganti Tak Tentu.

Kata ganti tak tentu adalah jenis kata ganti yang digunakan untuk memberikan informasi yang belum jelas. Contoh kata ganti tak tentu adalah sesuatu, seseorang, dan barang siapa.

Contoh kata ganti tak tentu adalah sebagai berikut.

  • Barang siapa yang bersungguh-sungguh, pasti akan berhasil.
  • Sepertinya aku baru saja melihat seseorang yang mirip dengan Mia.
  • Ada sesuatu di dalam laci.

Itu dia penjelasan lengkap mengenai apa itu pronomina, mulai dari pengertian, fungsi, jenis hingga contoh pronomina atau kata ganti. Semoga setelah membaca artikel ini kamu jadi paham apa itu pronomina (kata ganti), serta bisa mengaplikasikannya dengan benar ketika berbicara maupun menulis agar kalimatmu tidak bertele-tele seperti contoh di awal.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *