Cara Menentukan Ide Pokok pada Paragraf dan Contoh Soalnya

Ingin tahu bagaimana cara menentukan ide pokok pada bacaan atau paragraf? Perhatikan cara dan contohnya di sini.

Ide pokok adalah salah satu bagian penting dalam suatu paragraf atau tulisan. Sebab, ide pokok merupakan gagasan yang menjadi dasar pengembangan sebuah paragraf. untuk memahami isi sebuah tulisan, kita perlu menemukan ide pokok paragraf serta gagasan-gagasan pendukungnya.

Cek Turnitin Gratis dan Instan
Cek Turnitin Gratis di Xerpihan

Bagaimana cara menentukan ide pokok pada paragraf?

Bagi orang yang belum terbiasa, menemukan ide pokok dalam suatu bacaan atau paragraf tidaklah mudah. Sebab, letak ide pokok bisa berbeda-beda antara satu paragraf dengan paragraf lainnya. Ide pokok bisa terletak di awal kalimat, bisa juga terletak di akhir kalimat. Hal ini tergantung dari jenis paragraf yang digunakan.

Nah, bagi kamu yang masih belum terbiasa, ikuti langkah-langkah atau cara menentukan ide pokok paragraf berikut ini.

1.     Pahami ciri-ciri ide pokok terlebih dahulu

Cara atau langkah pertama untuk menemukan ide pokok paragraf adalah memahami ciri-ciri ide pokok terlebih dahulu. Dengan mengetahui apa saja ciri-ciri ide pokok, tentu kita akan lebih mudah menemukannya. Adapun ciri-ciri ide pokok adalah:

  1. Ide pokok berisi inti permasalahan dari sebuah paragraf;
  2. Ide pokok dinyatakan secara jelas dan tidak berbelit-belit;
  3. Biasanya terdapat di dalam kalimat utama yang pembahasannya bersifat umum;
  4. Di setiap paragraf, hanya ada satu ide pokok.
  5. Jika ide pokok berada di kalimat utama, berarti letaknya kemungkinan di awal atau akhir paragraf;

Baca juga: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Fungsi Ide Pokok

2.     Baca Keseluruhan Paragraf

Setelah memahami ciri-ciri ide pokok, langkah selanjutnya untuk menentukan ide pokok adalah membaca keseluruhan paragraf dengan teliti. Berkonsentrasilah dengan baik agar tidak ada informasi yang keliru atau terlewat.

3.     Baca setiap kalimat dari awal hingga akhir

Selain membaca keseluruhan paragraf, kita perlu membaca setiap kalimat dari awal hingga akhir. Kita perlu mencermati setiap kalimatnya karena ide pokok bisa terletak di awal atau akhir paragraf. Bahkan tidak menutup kemungkinan jika ide pokok terletak di tengah paragraf. Hal ini tergantung jenis teksnya. Jika jenis teksnya adalah teks eksposisi atau argumentasi, ide pokok biasanya bersifat eksplisit dan terletak di kalimat utama.

4.     Menentukan Kalimat Utama dari Paragraf

Setelah membaca setiap kalimat, kita perlu menentukan kalimat utama dari paragraf. Hal ini karena biasanya ide pokok berada di kalimat utama. Ciri dari kalimat utama adalah mengandung informasi bersifat umum yang nantinya akan dijelaskan lebih rinci di kalimat penjelas. Sementara kalimat penjelas biasanya berisi informasi pendukung berupa data, bukti atau contoh.

Kalimat utama bisa terletak di awal atau akhir paragraf. Hal ini tergantung dari jenis paragrafnya. Jika paragraf tersebut adalah paragaf deduktif, berarti kalimat utamanya terletak di awal paragraf atau kalimat pertama. Sementara jika paragraf tersebut merupakan paragraf induktif, berarti kalimat utamanya ada di akhir paragraf. Supaya lebih jelas baca artikel berikut ini: Ciri-Ciri Kalimat Utama dan Contoh Soalnya.

5.     Menandai Informasi Penting

Setelah berhasil menemukan kalimat utama, tandailah kata-kata atau kalimat yang mengandung informasi penting. Biasanya ide pokok berisi informasi penting yang menjadi inti permasalahan dari paragraf.

Jasa Parafrase Kalimat Bahasa Indonesia dan Inggris
Jasa Parafrase Kalimat Bahasa Indonesia dan Inggris

Cara Menemukan Ide Pokok pada Berbagai Jenis Teks

Keberadaan ide pokok ternyata berbeda-beda untuk setiap jenis teks. Supaya lebih mudah menemukan ide pokok paragraf untuk tiap jenis teks, perhatikan penjelasan berikut ini.

Cara Menemukan Ide Pokok pada Teks Narasi dan Deskripsi

Keberadaan ide pokok pada teks narasi dan deskripsi biasanya bersifat implisit atau tersirat. Artinya, jenis teks ini biasanya tidak memiliki kalimat utama sehingga ide pokok terdapat pada keseluruhan paragraf. Supaya dapat menemukan ide pokok pada teks narasi/deskripsi, kita harus membacanya secara keseluruhan kemudian menyimpulkan secara ringkas paragraf tersebut. Supaya lebih mudah dalam mecari ide pokok, tandai setiap informasi penting yang ada di paragraf.

Cara Menemukan Ide Pokok pada Teks Eksposisi, Argumentasi, dan Persuasi

Keberadaan ide pokok pada teks eksposisi, argumentasi, dan persuasi, biasanya bersifat eksplisit atau tersurat. Artinya, jenis teks ini biasanya memiliki kalimat utama yang berada di awal atau akhir paragraf. Jadi, untuk menemukan ide pokok pada teks jenis ini, kita perlu menemukan kalimat utamanya terlebih dahulu. Setelah itu, perhatikan informasi penting yang ada di kalimat utama.

Contoh Soal Ide Pokok

Berikut adalah contoh soal untuk menentukan ide pokok paragraf.

Gempa bumi sering terjadi di Indonesia. Hal ini karena Indonesia dilalui oleh Sirkum Pasifika tau yang lebih dikenal dengan Cincin Api Pasifik. Dilansir dari National Geographic, 90 persen gempa bumi di dunia berasal dari Sirkum Pasifik.

Ide pokok paragraf di atas terletak pada kalimat nomor 1, yaitu gempa bumi sering terjadi di Indonesia. Terlihat bahwa kalimat nomor 2 dan seterusnya merupakan penjelasan dari kalimat nomor 1, yaitu alasan mengapa gempa bumi sering terjadi di Indonesia.

[Total: 0 Average: 0]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *