Apa itu Ide Pokok? Ini Pengertian, Fungsi, Ciri-Ciri, dan Contohnya

Apa itu pokok paragraf? Jika kamu ingin tahu, simak penjelasan mengenai pengertian, fungsi, ciri-ciri, dan contoh ide pokok.

Cek Turnitin Gratis dan Instan

Dalam sebuah tulisan, entah itu dalam bentuk artikel, esai, cerpen, atau apapun, kita pasti akan menemukan ide pokok atau gagasan utama. Ide pokok ini penting karena bisa menggambarkan keseluruhan isi paragraf dalam sebuah tulisan. Dengan membaca ide pokok, kita akan lebih mudah memahami inti dari paragraf tersebut.

Lalu, apa sih sebetulnya ide pokok itu dan apa pentingnya ide pokok dalam sebuah tulisan? Nah, berikut ini adalah penjelasan tentang apa itu ide pokok dan hal-hal yang berhubungan dengannya.

Pengertian Ide Pokok

Secara sederhana, ide pokok dapat didefinisikan sebagai sebuah ide yang ingin disampaikan penulis melalui sebuah paragraf, kalimat, atau pokok bahasan dalam sebuah artikel. Dalam bahasa Indonesia, ide pokok disebut juga sebagai gagasan pokok atau gagasan utama.

Nah, ide pokok sendiri sangat penting dalam sebuah artikel karena ia dapat memberikan informasi penting bagi para pembacanya. Sementara dari sisi penulis, ide pokok dapat memberikan kemudahan dalam mengembangkan sebuah cerita atau tulisan dalam sebuah karya sastra.

Perlu diketahui, dalam sebuah tulisan pasti akan terkandung sebuah ide pokok. Hanya saja, ide pokok letaknya berbeda-beda di setiap paragraf, bisa ada di awal paragraf ataupun di akhir paragraf. Hal itu tergantung dari jenis paragrafnya.

Pengertian Ide Pokok Menurut Para Ahli

Supaya lebih paham apa itu ide pokok, berikut adalah beberapa pengertian ide pokok meurut para ahli.

Kosasih (2017, 22) menyatakan ide pokok atau gagasan pokok adalah gagasan yang menjadi dasar pengembangan sebuah paragraf.

Menurut Tampubolon (1987, 87), ide pokok adalah kesimpulan yang ditarik dari semua isi kalimat yang membentuk paragraf itu.

Sementara menurut Batuah (2012), Ide pokok adalah gagasan yang menjadi pokok pengembangan dari suatu paragraf. Ide pokok ini terdapat dalam kalimat utama atau kalimat topik.

Baca juga: Pengertian dan Ciri-Ciri Kalimat Utama

Fungsi Ide Pokok

Ide pokok berfungsi untuk memberikan penjelasan inti dari sebuah tulisan atau bacaan. Adanya ide pokok akan memudahkan pembaca untuk memahami inti atau pokok bahasan dalam sebuah paragraf. Hal ini sesuai dengan perntaaan Nurhadi (2016, 33), ide pokok adalah bagian penting untuk mengetahui isi dari sebuah tulisan dan bacaan.

Ciri-Ciri Ide Pokok

Untuk mengidentifikasi sebuah ide pokok, kita bisa mengacu pada beberapa ciri dari ide pokok. Berikut adalah ciri-ciri ide pokok:

1. Ide Pokok Tidak Berbelit-Belit

Penjelasan pada ide pokok biasanya terkandung secara jelas dan tidak berbelit-belit. Kalimat yang digunakan adalah kalimat efektif, pasti, dan juga lugas.

2. Bersifat Umum

Sebuah ide pokok biasanya berisi pembahasan umum yang tidak terlalu detail. Sebab, ide pokok adalah tulisan yang nantinya akan dijabarkan pada kalimat-kalimat lainnya sebagai penyerta dalam bentuk yang spesifik.

3. Mempunyai Kalimat Pendukung

Dalam sebuah ide pokok akan terkandung kalimat-kalimat pendukung yang akan menjabarkan secara jelas apa maksud kalimat yang tertulis pada ide pokok tersebut.

4. Terletak Pada Awal Kalimat atau Akhir

Ide pokok umumnya diletakan pada awal tulisan ataupun akhir dari tulisan. Pada kasus tertentu ide pokok kadang diletakan di keduanya, yakni kalimat awal dan akhir tulisan.

Cara Menentukan Ide Pokok

Meskipun kita telah membaca tentang pengertian apa itu ide pokok beserta dengan ciri-cirinya. Namun, menemukan ide pokok tidak semudah yang dibayangkan, terutama bagi orang yang belum terbiasa.

Nah, sebagai bentuk usaha dalam menemukan ide pokok, kita bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini:

  1. Baca paragraf dengan seksama;
  2. Perhatikan kalimat pertama dan kalimat terakhir karena biasanya ide pokok berada di kalimat pertama atau kalimat terakhir;
  3. Setelah memperhatikan kalimat pertama dan terakhir, tentukan mana yang merupakan kalimat utama paragraf tersebut.
  4. Pokok pikiran dirumuskan dari kalimat utama paragraf tersebut.

Baca juga: Jenis-Jenis Paragraf Berdasarkan Letak Kalimat Utamanya

Contoh Ide Pokok Paragraf

Supaya lebih mudah menemukan ide pokok dalam sebuah paragraf, kita harus belajar dari contoh-contoh soal. Di antara contoh ide pokok paragraf dalam sebuah artikel tulisan adalah sebagai berikut.

Contoh Soal Ide Pokok

Saat ini penampilan barcelona sedang turun, terlebih setelah kepergian Lionel Messi menuju PSG satu tahun lalu. Di liga Champions Barcelona tidak bisa berbuat banyak. Bahkan, di 2 musim terakhir, mereka tidak pernah lolos dari babak penyisihan grup karena selalu tersingkir oleh lawan-lawannya. Begitupun, di liga Spanyol, Barcelona belum bisa menandingi kekuatan dari tim Rival, Real Madrid.

Nah, dari contoh diatas, kita bisa melihat bahwa gagasan utama atau pokok kalimat ada di kalimat nomor 1. Pada kalimat nomor 1 berisi informasi yang bersifat umum. Sementara kalimat nomor 2 dan seterusnya merupakan kalimat penjelas yang berisi penjelasan lebih rinci dari kalimat 1.

Contoh Soal Ide Pokok

Sampah plastik sangat berbahaya apabila dibuang sembarangan. Sampah plastik tidak bisa terurai dengan mudah. Ini berarti sampah plastik tidak dapat didaur ulang oleh alam. Apabila terbawa oleh air sungai, akan mengganggu ekosistem. Sudah banyak kasus makhluk hidup yang mati karena menelan sampah plastik.

Ide pokok paragraf di atas adalah dampak sampah plastik apabila dibuang sembarangan. Terlihat bahwa kalimat nomor 2 dan seterusnya merupakan penjelasan dari kalimat nomor 1, yaitu dampak sampah plastik apabila dibuang sembarangan.

Nah, itulah kurang lebih penjelasan tentang ide pokok, mulai dari pengertian, ciri-ciri, sampai contohnya. Semoga bermanfaat.

[Total: 0 Average: 0]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *