Perbedaan CV dan Resume yang Harus Kamu Ketahui

Perbedaan CV dan Resume

Ingin tahu apa saja perbedaan cv dan resume? Simak penjelasan apa itu cv dan resume, serta perbedaan keduanya di sini.

Bagi pelamar kerja, pasti sudah tidak asing lagi dengan kata CV dan resume. Sebab, CV dan resume sering digunakan sebagai persyaratan yang wajib dilampirkan saat melamar kerja. Ada perusahaan yang hanya mensyaratkan salah satunya saja (CV atau resume). Namun, ada juga perusahaan yang mensyaratkan keduanya.

Jasa Translate Dokumen | Indonesian English Translation Services
Jasa Terjemah CV dan Resume Bahasa Inggris

Sepintas, CV dan resume merupakan dokumen yang hampir sama. Kedua dokumen tersebut sama-sama berisi riwayat karir untuk mempromosikan diri kepada perusahaan. Akan tetapi, jika dilihat lebih seksama, CV dan resume ternyata memiliki perbedaan yang bisa diidentifikasi. Lantas, apa bedanya CV dan resume? Mari kita pelajari bersama.

Apa itu CV?

CV merupakan singkatan dari curriculum vitae, yang berasal dari bahasa latin yang artinya ‘cerita kehidupan’. Sesuai namanya, CV adalah dokumen yang menjelaskan secara rinci tentang perjalanan hidup dan karir seseorang.

Di dalam CV biasanya tercantum berbagai informasi, mulai dari pengalaman kerja, kemampuan, riwayat pendidikan, hingga prestasi yang pernah diraih. Prestasi tersebut bisa berupa prestasi akademik maupun non akademik yang terkait dengan pekerjaan yang ingin dilamar. Selain itu, CV juga bisa berisi informasi pribadi, seperti tempat dan tanggal lahir, kewarganegaraan, status perkawinan, nomor kontak dan lain-lain. Semua informasi yang terdapat di dalam CV harus sesuai kenyataan dan disusun secara runut sehingga perekrut dapat lebih mudah memahami CV secara menyeluruh.

Selain untuk melamar pekerjaan, CV juga bisa digunakan untuk keperluan akademik. Misalnya untuki pendaftaran beasiswa, kuliah, penelitian, atau kegiatan akademik lainnya. CV untuk keperluan akademik agak berbeda dengan CV untuk melamar kerja. Biasanya CV untuk keperluan akademik memuat informasi tambahan seperti gelar, penelitian, penghargaan, publikasi, presentasi, dan pencapaian lainnya.

Lazimnya, CV memiliki jumlah halaman lebih dari satu. CV bisa ditulis dalam dua atau tiga halaman tergantung pengalaman yang dimiliki. Bahkan, kamu juga bisa menulis CV sampai lima halaman jika memiliki pengalaman dan prestasi yang banyak.

Penulisan CV sebaiknya disesuaikan dengan tujuannya. Jika digunakan untuk melamar kerja, sebaiknya pengalaman kerja ditulis di halaman pertama. Sementara, jika digunakan untuk akademisi, sebaiknya riwayat pendidikan yang ditulis dihalaman pertama.

Bagian yang sebaiknya dicantumkan di dalam CV:

  • Nama lengkap;
  • Deskripsi diri;
  • Informasi kontak;
  • Professional title;
  • Pengalaman kerja;
  • Riwayat Pendidikan;
  • Kemampuan profesional;
  • Pengalaman organisasi;
  • Penghargaan;
  • Sertifikat;
  • Pengalaman kursus atau pelatihan;
  • Referensi.

Referensi pada CV berisi daftar orang-orang yang pernah bekerja sama dengan penulis CV sehingga dapat dimintai keterangan terkait informasi yang ditulis dalam CV. Namun, sebelum mencantumkan referensi, kita harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari orang yang bersangkutan.

Baca juga: Cara Membuat CV dan Contohnya

Contoh Template CV

Berikut adalah contoh template dari CV akademik:

Contoh template CV akademik
Sumber: Novoresume.com

Apa Itu Resume?

Istilah resume sebenarnya berasal dari bahasa Perancis, résumé yang artinya secara ringkas. Dalam dunia kerja, resume merupakan dokumen yang berisi rangkuman atau ringkasan dari pengalaman kerja hingga pendidikan seseorang.

Berbeda dengan CV yang menjelaskan secara rinci tentang riwayat hidup seseorang, resume hanya memuat rangkuman singkatnya saja. Penulisan resume juga lebih fleksibel daripada CV. Sebab, informasi dan pengalaman yang dicantumkan di resume hanya yang berhubungan dengan posisi yang ingin dilamar. Jadi, jika biasanya CV berjumlah 2 atau 3 halaman, resume hanya berjumlah 1 halaman saja.

Bagian yang sebaiknya dicantumkan di dalam resume:

  • Nama lengkap;
  • Deskripsi singkat;
  • Informasi kontak;
  • Pengalaman kerja;
  • Pendidikan terakhir;
  • Ketrampilan yang relevan;
  • Bahasa;

Baca juga: Cara Membuat Resume dan Contohnya

Contoh Template Resume

Berikut adalah contoh tempalte resume profesional:

contoh template professional resume
Sumber: Novoresume.com

Apa Perbedaan CV dan Resume?

Berdasarkan penjelasan di atas, perbedaan CV dan resume adalah sebagai berikut:

 Curriculum VitaeResume
Isi kontenKomprehensif, menjabarkan riwayat pendidikan, pekerjaan, hingga pencapaian secara rinci.Spesifik, hanya memuat ketrampilan dan pekerjaan yang relevan secara ringkas.
PanjangPanjang, biasanya 2-3 halaman atau lebih.Pendek, biasanya 1 halaman.
TujuanBisa digunakan untuk melamar pekerjaan dan kegiatan akademis.Biasanya hanya untuk melamar kerja.
Perbedaan CV dan Resume
Sumber: Novoresume.com

1 Comment

  1. gide

    makasih min penejelasannya sangat detail dan mudah dimengerti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *