7 Aplikasi dan Situs Layanan Translate Indonesia Inggris Terbaik

Butuh layanan translate Indonesia Inggris? Berikut 7 situs atau aplikasi translate Inggris Indonesia online terbaik.

Kita tahu bahwa bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa internasional. Bahasa ini merupakan salah satu bahasa yang paling banyak digunakan oleh manusia. Hampir semua negara menggunakan bahasa Inggris sebagai salah satu sarana untuk berkomunikasi.

Jasa Translate Dokumen | Indonesian English Translation Services

Di Indonesia, bahasa Inggris sering digunakan sebagai sarana komunikasi, terutama di dunia kerja dan di dunia pendidikan. Banyak sekolah-sekolah yang mewajibkan muridnya untuk berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Tidak sedikit juga dosen yang meminta mahasiswanya membuat karya tulis menggunakan bahasa Inggris. Sayangnya, tidak semua orang mempunyai kemampuan bahasa Inggris yang memadai. Memang banyak orang Indonesia yang memiliki kemampuan bahasa Inggris secara aktif, tapi banyak juga yang hanya miliki kemampuan bahasa Inggris secara pasif. Bahkan tidak sedikit juga orang yang memiliki kemampuan bahasa Inggris pas-pasan. Untungnya, saat ini sudah banyak situs yang menyediakan layanan translate Indonesia-Inggris.

7 Aplikasi atau Situs Layanan Translate Indonesia Inggris Terbaik

Bagi kamu yang mempunyai kendala dalam menerjemahkan kalimat bahasa Indonesia ke bahasa Inggris, bisa memanfaatkan beberapa situs atau aplikasi translate Inggris Indonesia berikut ini.

1. Google Translate

Siapa yang tidak mengetahui Google Translate? Hampir semua pengguna Internet tahu apa itu Google Translate. Bisa dibilang, Google Translate merupakan layanan translate Indonesia Inggris yang paling terkenal saat ini.

Google Translate adalah layanan penerjemah bahasa milik Google yang diluncurkan tahun 2006. Layanan penerjemah ini tersedia dalam dua versi, yaitu versi situs web dan versi aplikasi yang dapat diunduh di iOS maupun Android. Kabar baiknya, kedua versi tersebut dapat kita gunakan secara gratis. Jadi kita bebas menerjemahkan kalimat dari bahasa Inggris ke Indonesia tanpa dipungut biaya.

Google Translate tidak hanya menyediakan layanan translate Inggris Indonesia. Google Translate juga dapat membantu kita menerjemahkan ke dalam lebih dari 100 bahasa, termasuk bahasa Jawa, Sunda, dan Melayu. Tak hanya menerjemahkan teks, Google Translate juga dilengkapi dengan fitur penerjemah dokumen yang bisa langsung menerjemahkan dokumen dalam bentuk .pdf, .docx, dan .pptx, dan .xlxs. Jadi kamu bisa langsung menerjemahkan dokumen berbagai format hanya dengan mengunggahnya ke situs Google Translate.

2. Yandex Translate

Yandex Translate merupakan situs terjemah bahasa yang berasal dari Rusia. Banyak yang bilang bahwa Yandex Translate merupakan Google Translate versi Rusia. Selain berbentuk situs web, Yandex Translate juga bisa kita unduh sebagai aplikasi di smartphone.

Sama seperti Google Translate, situs Yandex Translate juga bisa menerjemahkan dokumen dalam format yang beragam, mulai dari DOC, PDF, PPT, dan XLS. Selain itu layanan ini juga dilengkapi dengan fitur website translation. Bahkan layanan ini juga bisa menerjemahkan gambar dalam berbagai format, mulai dari jpg, png, hingga gif.

Saat ini, Yandex Translate menyediakan lebih dari 90 pilihan bahasa, termasuk bahasa Sunda dan bahasa Jawa. Jadi selain menerjemahkan bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, Yandex Translate juga bisa menerjemahkan ke dalam bahasa Jawa dan Sunda.

3. iTranslate

iTranslate adalah aplikasi terjemah bahasa yang berasal dari negara Austria. Aplikasi terjemah ini sudah ada sejak 2009 silam. Selain berbentuk aplikasi, iTranslate juga tersedia dalam versi situs web.

Saat ini, aplikasi iTranslate mampu menerjemahkan ke dalam lebih dari 100 bahasa, termasuk bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Aplikasi iTranslate dilengkapi dengan fitur voice translation yang bisa menerjemahkan suara. Fitur ini dapat membantu kita saat berkomunikasi langsung dengan orang lain. Selain itu aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur terjemahan kamera yang bisa menerjemahkan gambar, seperti rambu-rambu atau menu. Menariknya lagi, di dalam aplikasi iTranslate juga terdapat mode terjemahan offline sehingga kita masih tetap bisa menerjemahkan walaupun sedang tidak terhubung internet. Namun, perlu diketahui bahwa iTranslate merupakan layanan penerjemah yang berbayar. Sebelum memutuskan untuk berlangganan, kita bisa mencobanya secara gratis selama tujuh hari.

4. Microsoft Translator

Dari namanya kita sudah bisa menebak jika Microsoft Translator adalah layanan terjemahan milik Microsoft. Aplikasi ini dapat diakses melalui beragam perangkat, mulai dari iOS, Android, hingga Windows. Selain layanan translate Indonesia Inggris, aplikasi ini juga menyediakan layanan translate gratis ke dalam lebih dari 70 bahasa lainnya. Menariknya lagi, layanan terjemahan ini juga bisa kita gunakan dalam kondisi offline. Hal ini tentunya sangat memudahkan kita saat berada di daerah yang jauh dari jangkauan internet. 

5. UDictionary Translator

Udictionary Translator merupakan aplikasi kamus maupun penerjemah yang dapat diunduh secara gratis. Tidak hanya menyediakan layanan translate Indonesia Inggris, aplikasi ini juga mampu menerjemahkan teks ke dalam 108 pilihan bahasa. Aplikasi ini juga menyediakan fitur image translation yang bisa menerjemahkan teks yang terdapat di dalam gambar. Selain itu, dalam aplikasi ini juga tersedia fitur grammar check yang dapat memeriksa struktur kalimat.

6. Collins English Dictionary Translator

Collins merupakan penerbit kamus yang telah ada sejak 200 tahun lalu. Melalui situs webnya, kita dapat mengakses kamus bahasa Inggris secara gratis. Selain kamus, situs Collins juga menyediakan layanan translate bahasa yang dapat diakses secara gratis. Situs ini menyediakan layanan translate dengan lebih dari 90 pilihan bahasa, termasuk bahasa Inggris dan Indonesia. Di situs ini juga terdapat fitur pembeajaran bahasa Inggris dalam bentuk games.

7. Hi Translate

Hi Translate merupakan aplikasi penerjemah yang dapat menerjemahkan ke dalam lebih dari 100 bahasa. Aplikasi Hi Translate dapat diunduh secara gratis melalui Google Play.

Fitur yang tersedia daam aplikasi ini cukup lengkap. Selain text translation, aplikasi ini juga menyediakan voice translation yang dapat menerjemahkan suara ke dalam teks dan audio. Dalam aplikasi ini juga tersedia fitur image translation yang dapat menerjemahkan gambar.

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Translate Inggris Indonesia

Setiap produk buatan manusia tentunya tidak mungkin sempurna. Semuanya punya kelebihan dan kekurangan, begitu juga dengan aplikasi translate Inggris Indonesia di atas. Nah, sebelum menggunakan aplikasi translate Inggris Indonesia di atas, kita perlu mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan dari aplikasi translate berbasis mesin terletak pada kemudahan penggunaan dan kecepatan pengerjaan. Aplikasi translate berbasis mesin biasanya mampu menerjemahkan banyak kalimat hanya dalam hitungan detik hingga menit. Jika ingin menerjemahkan teks menggunakan aplikasi, kita hanya perlu mengunggah atau menyalin teksnya, lalu aplikasi ini akan langsung menerjemahkan tulisan kita ke dalam bahasa target. Cara ini tentunya dapat memudahkan pekerjaan dan menghemat waktu kita. Jadi kita tidak perlu repot mencari terjemahannya satu persatu menggunakan kamus.

Kekurangan dari aplikasi translate berbasis mesin adalah hasilnya tidak terlalu akurat. Hasil terjemahan dari mesin penerjemah seringkali tidak sesuai konteks yang dimaksud. Hal ini karena mesin penerjemah hanya dapat menerjemahkan secara literal. Jadi saat kita ingin menerjemahkan teks sastra yang mengandung makna kiasan, mesin penerjemah biasanya akan menerjemahkannya secara harfiah. Contohnya adalah terjemahan peribahasa berikut ini.

Contoh hasil terjemahan Google Translate Indonesia ke Inggris

Dari gambar tersebut, terlihat bahwa Google Translate menerjemahkan peribahasa tersebut secara harfiah. Padahal padanan bahasa Inggris yang tepat untuk peribahasa ‘sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui’ adalah ‘killing two birds with a stone‘.

contoh hasil terjemahan aplikasi translate Inggris Idonesia

Maka dari itu layanan translate berbasis mesin hanya cocok digunakan untuk penerjemahan untuk kepentingan pribadi. Jika ingin menerjemahkan tulisan untuk dipublikasikan, lebih baik menggunakan layanan translate profesional.

Layanan Translate Indonesia Inggris Profesional

Kamu butuh layanan translate Indonesia Inggris profesional? Xerpihan kini menyediakan layanan translate profesional untuk menerjemahkan bahasa Inggris ke Indonesia dan sebaliknya. Setiap layanan ini akan dikerjakan oleh tim kami yang sudah berpengalaman menerjemahkan berbagai macam teks, mulai dari jurnal ilmiah, transkrip nilai, naskah seminar, hingga artikel blog. Kami menyediakan jasa translate dalam beragam topik, yaitu ilmiah, hukum, bisnis, sastra, kreatif, jurnalistik, dan umum.

Kelebihan Layanan Translate Indonesia Inggris Xerpihan:

  • Harga terjangkau, mulai Rp 10.000 (tergantung jumlah kata dan topik)
  • Dikerjakan manual oleh tim penerjemah yang berpengalaman
  • Pengerjaan cepat dan berkualiatas
  • Sudah termasuk jasa proofreading
  • Revisi tanpa batas
  • Konsultasi gratis

Jika kamu tertarik untuk menggunakan layanan translate Xerpihan, silakan hubungi Admin kami melalui nomor +62 831-1916-1413 (WA).

[Total: 1 Average: 5]

Leave a Comment