Harga Jasa Penerjemah Tersumpah Bahasa Inggris – Indonesia

Harga jasa penerjemah tersumpah bahasa Inggris - Indonesia

Ingin tahu tentang harga jasa penerjemah tersumpah bahasa Inggris ke bahasa Indonesia atau sebaliknya? Simak artikel berikut ini.

Jasa Translate Dokumen | Indonesian English Translation Services
Jasa Penerjemah Tersumpah dan Non-Tersumpah

Apa Itu Jasa Penerjemah Tersumpah?

Penerjemah tersumpah adalah sebutan bagi penerjemah profesional yang sudah lulus ujian kualifikasi penerjemahan dan diangkat sumpah oleh Menteri. Menteri yang mempunyai wewenang untuk mengangkat sumpah adalah Menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang hukum dan hak asasi manusia. Tata cara pengangkatan penerjemah tersumpah ini diatur dalam Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2016 tentang Syarat dan Tata Cara Pengangkatan, Pelaporan, dan Pemberhentian Penerjemah Tersumpah. Aturan tersebut kemudian mengalami sedikit perubahan setelah keluarnya Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2019.

Penerjemah tersumpah mempunyai kewenangan untuk menerjemahkan dokumen yang bersifat legal. Misalnya adalah akta kelahiran, kartu keluarga, kartu tanda penduduk, akta notaris, passport, akta perkawinan, dan akta kematian. Dokumen hasil terjemahan tersebut akan memperoleh stempel sehingga memiliki legalitas yang sama dengan dokumen aslinya.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

Acuan Biaya atau Tarif Jasa Penerjemah Tersumpah

Dalam Permenkumham nomor 29 tahun 2016 disebutkan bahwa profesi penerjemah tersumpah merupakan profesi yang wajib diberikan perlindungan dan jaminan oleh pemerintah demi tercapainya kepastian hukum. Nah, salah satu upaya pemerintah dalam mendukung profesi penerjemah tersumpah adalah dengan memberikan acuan biaya atau tarif penerjemahan bahasa Indonesia ke bahasa asing atau sebaliknya. Acuan biaya atau tarif jasa penerjemah diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 119/PMK.02/2020 tentang Standar Biaya Masukan Tahun Anggaran 2021.

Berikut adalah acuan satuan biaya penerjemahan dari bahasa asing ke bahasa Indonesia atau sebaliknya menurut aturan Permenkeu:

TerjemahanSatuanBesaran
Bahasa Inggris – IndonesiaHalaman JadiRp250.000
Bahasa Jepang – IndonesiaHalaman JadiRp420.000
Bahasa Mandarin – IndonesiaHalaman JadiRp410.000
Bahasa Belanda – IndonesiaHalaman JadiRp450.000
Bahasa Perancis – IndonesiaHalaman JadiRp366.000
Bahasa Jerman – IndonesiaHalaman JadiRp414.000

Standar Biaya atau tarif penerjemahan yang tercantum di dalam Permenkeu ini tidak bersifat mutlak, tetapi hanya untuk estimasi saja. Himpunan Penerjemah Indonesia tidak melarang jika penerjemah ingin memberlakukan tarif yang berbeda. Hal ini karena pada akhirnya tarif yang diberlakukan untuk penerjemahan adalah yang disepakati antar penerjemah bahasa dengan pengguna jasanya.

Acuan Format Hasil Terjemahan Halaman Jadi

Mengingat Permenkeu di atas tidak mencantumkan format halaman jadi, maka Himpunan Penerjemah Indonesia atau HPI memberikan acuan format terjemahan halaman jadi. Berikut adalah format terjemahan halaman jadi yang direkomendasikan oleh HPI.

Ukuran kertasA4 (21 X 29,7 cm)
Margin (atas, bawah, kiri, kanan)2,5 cm
HurufArial
Ukuran huruf12 points
Jarak antarbaris2 (Dobel)

Jika menggunakan format di atas biasanya akan menghasilkan 225-250 kata dalam bahasa Indonesia per halaman. Perlu diingat bahwa acuan format halaman jadi tersebut tidak bersifat mutlak, tetapi hanya bersifat rekomendasi.

Harga Jasa Penerjemah Tersumpah Bahasa Inggris di Kantor Xerpihan

Salah satu kantor jasa penerjemah tersumpah bahasa Inggris di Yogyakarta adalah Xerpihan. Kami menyediakan jasa penerjemah tersumpah bahasa Inggris dengan harga yang lebih terjangkau.

Berikut daftar harga jasa penerjemah tersumpah bahasa Inggris dan bahasa Indonesia Xerpihan:

TerjemahanSatuanBesaran
Bahasa Inggris ke IndonesiaHalaman JadiRp150.000
Bahasa Indonesia ke InggrisHalaman JadiRp150.000

Format Halaman Jadi:

Ukuran kertasA4 (21 X 29,7 cm)
Margin (atas, bawah, kiri, kanan)normal
HurufTimes New Roman
Ukuran huruf12
Jarak antarbaris atau spasi2

Apabila dibandingkan dengan acuan tarif penerjemah tersumpah yang terdapat dalam Permenkeu, bisa dilihat bahwa tarif terjemahan kami lebih murah. Nah, jika kamu mencari jasa penerjemah tersumpah terdekat di Jogja dengan harga murah, tetapi hasilnya tidak murahan, Xerpihan bisa menjadi pilihan. Kantor jasa penerjemah tersumpah kami berada di dekat pusat kota Jogja, yaitu di Jl. Semangu No. 4a, Rejowinangun, Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain penerjemah tersumpah, kami juga menyediakan layanan jasa penerjemah bahasa Inggris yang tidak tersumpah. Tim penerjemah bahasa Inggris kami sudah profesional dalam menerjemahkan berbagai jenis dokumen, mulai dari konten website, sastra, hingga jurnal ilmiah. Tentunya, harga layanan jasa penerjemah tidak tersumpah akan lebih murah daripada penerjemah tersumpah.

Jasa Translate Dokumen

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *