9+ Situs Freelance Terbaik untuk Translator dan Freelancer lainnya

Situs Freelance Indonesia

Bingung mencari situs freelance Indonesia yang terpercaya? Simak daftar situs freelance Indonesia untuk pemula berikut ini.

Jika kamu ingin memiliki penghasilan tambahan, salah satu caranya adalah menjadi freelancer. Ada banyak pekerjaan freelance yang bisa kamu coba, diantaranya adalah translator atau penerjemah, proofreader, editor, fotografer, dan masih banyak lagi. Kamu bisa memilih salah satu berdasarkan keahlianmu.

Jasa Translate Dokumen

Salah satu tantangan saat menjadi freelancer adalah menemukan klien yang membutuhkan jasa kita. Mendaftar di situs freelance Indonesia merupakan salah satu cara untuk menemukan klien yang tepat. Saat ini ada banyak situs freelance yang tersedia di Internet. Namun, tidak semua situs freelance layak kamu coba. Nah, di artikel kali ini, Xerpihan merekomendasikan beberapa situs freelance terbaik yang layak kamu coba.

Daftar Situs Freelance Indonesia untuk Pemula

Berikut daftar situs freelance Indonesia yang cocok untuk pemula.

1. Projects.co.id

projects.co.id: situs freelance Indonesia untuk pemula

Projects.co.id merupakan salah situs freelance Indonesia yang populer. Situs ini merupakan salah satu situs freelance terbaik untuk pemula. Selain jasa penerjemah, Projects.co.id juga menyediakan berbagai jenis pekerjaan freelance lainnya. Mulai dari jasa penulisan, video editing, programming, hingga data mining.

Jasa Proofreading Dokumen

Projects.co.id menyediakan fitur yang memudahkan freelancer maupun klien. Di situs ini, freelancer bisa mempromosikan keahliannya dan klien juga bisa membuat pengumuman mengenai proyek yang sedang membutuhkan jasa freelance. Selain jual beli jasa, kita juga bisa melakukan transaksi produk digital di situs ini. Jenis produknya pun bermacam-macam, mulai dari video, desain website, desain kaos, hingga artikel dan ebook.

Uniknya lagi, Projects.co.id juga menyediakan program affiliate referral. Melalui program ini, kita bisa mendapatkan komisi jika ada orang yang mendaftar dan bertransaksi menggunakan link yang kita berikan. Komisi yang diberikan berkisar antara 10-20% dari harga proyeknya.

2. Sribulancer

sribulancer: daftar situs freelancer Indonesia untuk pemula

Situs freelance Indonesia lainnya adalah Sribulancer. Sama halnya denga Projetc.co.id, Sribulancer juga menyediakan berbagai macam pekerjaan. Ada 8 kategori pekerjaan yang tersedia di situs ini, yaitu penerjemahan, penulisan, pengembangan website, desain & multimedia, bisnis & pemasaran online, aplikasi mobile, video & photo, serta data entry. Di situs ini, baik freelancer maupun klien bisa mempromosikan jasa maupun proyek yang membutuhkan jasa.

Kelebihan dari Sribulancer adalah kita bisa melakukan pembayaran dengan metode transfer bank maupun kartu kredit. Kelebihan lainnya, yaitu kita bisa melakukan pembayaran dengan mata uang USD atau IDR.

3. Fastwork

Fastwork: daftar situs freelancer untuk pemula

Faswork merupakan salah situs freelance terbesar di Asia Tenggara. Situs Ini dikembangkan oleh salah satu perusahaan di Thailand. Saat ini Fastwork sudah melebarkan sayapnya ke Indonesia.

Berbeda dengan situs freelance Indonesia lainnya, di situs ini hanya freelancer yang bisa membuat pengumuman untuk menawarkan jasanya, sedangkan klien tidak bisa membuat pengumuman untuk merekrut pekerja. Kabar baiknya, situs ini dilengkapi oleh kecerdasan buatan yang dapat membantu klien untuk mencari freelancer yang tepat.

Sama seperti Sribulancer, Fastwork juga menyediakan pembayaran melalui transfer bank dan kartu kredit. Selain itu, kita juga bisa melakukan pembayaran menggunakan mata uang rupiah.

Daftar Situs Freelance Terbaik Lainnya

Selain situs freelance yang sudah disebutkan di atas, masih ada beberapa situs freelance lainnya yang layak untuk dipertimbangkan. Berikut daftar situs freelance terbaik yang bisa kamu coba

1. Freelancer

freelancer: website freelance Indonesia

Freelancer merupakan salah satu situs freelance terbesar di dunia saat ini. Tercatat sudah ada lebih dari 52 juta pengguna dari berbagai negara, baik itu pencari kerja maupun pemberi kerja.

Sama halnya dengan situs freelance lainnya, di situs ini freelancer maupun klien bisa mempromosikan jasa maupun proyek yang membutuhkan jasa. Sayangnya, kita diharuskan membayar jika ingin menjadi anggota di situs ini. Kelemahan lainnya adalah situs ini hanya menerima pembayaran melalui kartu kredit atau akun PayPal. Jadi sebelum mendaftar di situs ini, pastikan dulu kita punya kartu kredit atau akun PayPal.

2. Upwork

upwork freelance

Hampir sama dengan Freelancer, Upwork juga termasuk salah satu situs freelance dengan pengguna terbanyak di dunia. Sudah ada lebih dari 15 juta pencari kerja dan klien dari berbagai negara yang mengakses situs ini.

Upwork menyediakan berbagai jenis pekerjaan, mulai dari jasa penulisan, penerjemahan, desain grafis, video editing, hingga jasa finansial. Keunggulan lainnya adalah kita bisa mengatur sistem pembayaran, bisa itu per jam atau per proyek yang diselesaikan.

Kelemahan dari Upwork hampir sama dengan Freelancer, kita diharuskan membayar untuk menjadi anggota di situs ini. Kelemahan lainnya adalah kita tidak bisa melakukan pembayaran menggunakan mata uang IDR.

Selain itu, Upwork juga tidak menyediakan fitur bahasa Indonesia. Mungkin bagi yang bisa bahasa Inggris, hal ini tidak menjadi masalah. Namun bagi yang tidak bisa bahasa Inggris, ini bisa menjadi sebuah kendala.

3. Fiverr

fiverr: web freelance Indonesia

Rekomendasi selanjutnya adalah Fiverr. Sama seperti Fastwork, di situs ini klien tidak bisa membuat pengumuman untuk proyeknya. Hanya pekerja freelance yang bisa membuat pengumuman untuk menawarkan jasanya. Untuk membantu klien menemukan freelancer yang tepat, tersedia fitur yang bisa menyaring freelancer sesuai dengan keinginan klien. Tak hanya itu, Fiverr juga dilengkapi fitur rating untuk hasil kerja freelancer. Kabar baiknya lagi, Fiverr juga menyediakan program referral, sehingga orang yang mengajak temannya untuk bergabung di situs ini akan mendapatkan komisi.

4. PeoplePerHour

peopleperhour: website freelancer online indonesia

Kelebihan dari PeoplePerHour, yaitu kita tidak perlu membayar untuk menjadi anggota. Selain itu, di situs ini juga tersedia berbagai macam bidang pekerjaan, mulai dari penerjemahan, proofreading, video editing, programming, hingga digital marketing.

PeoplePerHour juga dilengkapi dengan fitur keren yang akan memudahkan calon klien dalam menemukan freelancer yang sesuai. Maka dari itu, kita perlu berhati-hati dalam mengatur profil dan portfolio supaya dapat ditemukan oleh calon klien.

5. Toptal

toptal: situs freelance terbaik

Toptal merupakan singkatan dari top talent. Bisa dibilang Toptal merupakasn situs freelance untuk kalangan elit. Hal ini karena proses seleksi untuk bergabung di situs ini sangat ketat.  Hanya freelancer berkualitas yang bisa bergabung di situs ini. Toptal juga telah bekerjasama dengan banyak perusahaan ternama di dunia. Jadi tidak heran jika freelancer di Toptal mendapatkan bayaran yang lebih mahal daripada freelancer di situs lain.

6. SimplyHired

simplyhired: lowongan freelancer

SimplyHired merupakan situs freelance yang menyediakan banyak sekali variasi pekerjaan. Mulai dari penerjemahan, penulisan, desainer, guru, programmer, hingga pekerjaan yang bertema konstruksi tersedia di situs ini. Tak hanya pekerjaan freelance, SimplyHired juga menyediakan pekerjaan fulltime. Uniknya lagi, di situs ini juga terdapat fitur untuk mencari pekerjan berdasarkan lokasi kerja. Jadi kita bisa mencari klien ataupun freelancer yang berada di lokasi terdekat dengan kita. Kelebihan lainnya adalah situs ini menyediakan pembelajaran pembuatan resume atau portfolio yang menarik

7. College Recruiter

college recruiter: lowongan freelancer Indonesia

Colleger Recruiter ditujukan untuk mahasiswa maupun lulusan baru yang ingin mencari pengalaman kerja. Pekerjaan yang tersedia di situs ini juga beragam, mulai dari marketing, finansial, administrasi hingga pengembangan website. Untuk memudahkan pencarian, Colleger Recruiter menyediakan fitur pencarian berdasarkan lokasi dan jenis pekerjaan. Mirip dengan SimplyHired, situs ini juga menyediakan pembelajaran pembuatan resume yang menarik.

Baca juga: Apa Itu Freelance dan Bagaimana Cara Menjadi Freelancer?

Penutup

Itu dia beberapa situs frelance terbaik yang layak untuk kamu coba. Jika kamu masih pemula ada baiknya jika kamu memulainya di situs freelance Indonesia, seperti Projects.co.id, Sribulancer, atau Fastwork. Selain ada banyak varian pekerjaan, di situs tersebut juga menyediakan pembayaran melalui transfer bank. Namun, jika kamu merasa mempunyai keahlian yang mumpuni, kamu juga bisa mencoba mendaftar di Toptal. Tentunya, kamu juga harus siap untuk melewati proses seleksi yang cukup ketat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *