Bagaimana menerjemahkan dengan Mesin Penerjemah?

Sebelum langsung menjawab pertanyaan tersebut, kami ingin mengulas pengalaman kami pada salah satu klien penerjemahan kami.

Pernah suatu saat kami menemukan klien yang meminta menerjemahkan, dengan predikat ilmu komputernya si klien memintakan jasa terjemah kepada kami.

Sebagai akademisi di bidang ilmu komputer tentu si klien mengerti tentang bagaimana suatu tools yang menggunakan pemrograman dibuat. Tetapi terdapat hal aneh yang kami cukup susah menerimanya.

Pada dasarnya, segala jenis tools untuk menerjemahkan, katakanlah Google Translate, adalah alat yang dibuat untuk mempermudah proses penerjemahan.

Munculnya Google Translate sebagai mesin penerjemah bukan berarti pekerjaan penerjemah hilang begitu saja. Justru seharusnya para penerjemah ikut menggunakan mesin penerjemah tersebut.

Kenapa?

Karena mesin penerjemah ada untuk memudahkan pekerjaan, bukan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Alat seperti Google Translate dibuat untuk meniru pekerjaan manusia dalam menerjemahkan, maka dari itu tidak heran apabila kalimat sederhana dapat diterjemahkan dengan hasil yang sama dengan penerjemah profesional lakukan.

Kembali ke klien kami tadi.

Si klien ternyata memiliki pendapat bahwa terjemahan Google Translate adalah terjemahan mesin, dan sama sekali tidak dependable.

Sedangkan yang kami percaya adalah, mesin penerjemah adalah tools, bukan hasil akhir, apabila bisa memudahkan pekerjaan, maka gunakanlah, kemudian perbaiki kekurangan yang dihasilkan oleh mesin tersebut.

Karena bahasa itu adalah hal yang abstrak, memiliki seni, dan mengandung makna yang dapat diartikan ke berbagai hal oleh berbagai orang, maka jangan sampai menganggap bahasa itu sebagai hal yang pasti.

Dari semua ini, kami katakan, gunakanlah mesin terjemah, Google Translate, Bing, atau yang lainnya untuk memudahkan pekerjaan kalian.

Setelah itu? Perbaiki dan terus perbaiki hasilnya, give it some tweaks, dan tentunya apabila Anda membutuhkan bantuan, kami siap membantu.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *