Cara Membuat Daftar Isi Otomatis dan Manual di Word 2010, 2016, 2019

Bagaimana cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word 2010, 2016, dan 2019? Yuk pelajari langkah-langkahnya di sini.

Halo kawan Xerpihan. Di artikel sebelumnya, kita sudah belajar cara membuat daftar pustaka secara otomatis. Selain daftar pustaka, komponen lain yang wajib ada dalam laporan penelitian dan skripsi adalah daftar isi.

Jasa Proofreading Dokumen

Walaupun kita tidak perlu berpikir keras saat membuat daftar isi, tapi ternyata membuat daftar isi perlu ketelitian dan cukup menyita waktu. Apalagi jika ternyata dokumen kita memiliki judul bab dan subbab yang lumayan banyak, tentunya kita memerlukan waktu yang lebih lama untuk membuatnya.

Maka dari itu, di artikel ini akan diajarkan bagaimana cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word yang mudah dan praktis. Sebelum itu, simak dulu pengertian daftar isi berikut ini.

Pengertian Daftar Isi

Daftar isi adalah lembar yang menampilkan setiap bagian dokumen beserta nomor halaman. Umumnya, daftar isi berada di bagian awal dokumen. Pada skripsi atau laporan penelitian, daftar isi biasanya diletakkan setelah kata pegantar.

Daftar isi adalah salah satu komponen yang penting dalam dokumen, terutama di dalam buku, makalah, skripsi maupun laporan penelitian. Fungsi dari daftar isi adalah memberikan gambaran umum dari suatu dokumen. Dengan adanya daftar isi, pembaca akan lebih mudah mengetahui nomor halaman dari bab yang mereka cari. Selain itu, adanya daftar isi juga akan membuat dokumen menjadi lebih rapi dan mudah diperiksa.

Baca juga: Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Word dengan Mendeley

Cara Membuat Daftar Isi di Word 2010, 2016, dan 2019

Jasa Parafrasa

Sebenarnya ada banyak cara dalam membuat daftar isi di Microsoft Word. Namun, di artikel ini hanya akan di bahas dua cara, yaitu cara membuat daftar isi otomatis dengan menggunakan ‘Automatic Table’ dan cara membuat daftar isi manual dengan menggunakan ‘Manual Table’.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word 2010, 2016, dan 2019

Hal pertama yang akan kita pelajari adalah cara membuat daftar isi secara otomatis di Microsoft Word. Langkah-langkah membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word adalah sebagai berikut.

1. Membuat nomor halaman

Sebelum membuat daftar isi secara otomatis, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuat nomor halaman. Caranya adalah:

  • klik tab ‘Insert’ pada menu bar.
cara membuat nomor halaman
  • Selanjutnya, klik ‘Page Number’ pada bagian ‘Header & Footer’.
cara membuat nomor halaman secara otomatis
  • Terdapat beberapa pilihan penomoran, yaitu di bagian atas, bawah, kiri, kanan, atau tengah. Jika ingin menambahkan nomor halaman di bagian kanan bawah, pilih ‘Bottom of Page’ kemudian klik ‘Plain Number 3’.
cara membuat nomor halaman secara otomatis

2. Menerapkan heading style

Setelah membuat nomor halaman, langkah selanjutnya adalah mengatur heading style pada teks yang akan dimasukkan ke dalam daftar isi. Caranya adalah:

  • Blok tulisan yang akan dimasukkan ke dalam daftar isi.
  • Selanjutnya, klik tab ‘Home’ pada menu bar.
  • Pilih heading 1, heading 2, atau heading 3 di bagian ‘Style’. Heading 1 untuk bagian utama atau judul bab, heading 2 untuk sub bagian atau judul subbab dan heading 3 untuk sub bagian yang lebih kecil lagi.
  • Terapkan heading style pada semua judul bab maupun subbab di setiap halaman.

3. Menambahkan daftar isi otomatis

Langkah terakhir yaitu menambahkan daftar isi secara otomatis. Caranya, yaitu:

  • Klik tab ‘References’ pada menu bar.
  • Selanjutnya, klik ‘Table of Contents’ dan pilih ‘Automatic Table 1’.
  • Setelah memilih ‘Automatic Table 1’, daftar isi akan muncul secara otomatis seperti gambar berikut. Kita tidak perlu mengetik judul bab satu per satu.
cara membuat daftar isi otomatis di word 2010, 2016
  • Apabila nanti ada perubahan judul atau halaman, cukup klik ‘Update Table’ di bagian kiri atas daftar isi.
cara membuat daftar isi otomatis di word 2016

Baca juga: Apa Itu Daftar Pustaka dan Penulisan Daftar Pustaka dari Jurnal dan Buku

Cara Membuat Daftar Isi Manual di Word 2010, 2016, dan 2019

Setelah memelajari cara membuat daftar isi secara otomatis, sekarang kita akan mempelajari cara membuat daftar isi secara manual di Microsoft Word. Sebenarnya langkah-langkahnya hampir sama, yaitu membuat nomor halaman terlebih dahulu, kemudian membuat daftar isi menggunakan ‘Table of Content’ di menu ‘References’. Perbedaannya, yaitu jika menggunakan cara manual, kita perlu mengetik satu persatu judul bab di daftar isi, tetapi kita tidak perlu menerapkan heading style. Sedangkan jika menggunakan cara otomatis, kita hanya perlu menerapkan heading style tanpa harus mengetik judul bab satu per satu di daftar isi.

Supaya lebih paham, berikut akan dijelaskan langkah-langkah membuat daftar isi manual di Microsoft Word:

1. Membuat nomor halaman

Langkah pertama sama dengan cara otomatis, yaitu kita harus membuat nomor halaman terlebih dahulu. Caranya adalah:

  • Klik tab ‘Insert’ pada menu bar.
cara membuat nomor halaman
  • Setelah itu, klik ‘Page Number’ pada bagian ‘Header & Footer’.
  • Terdapat beberapa pilihan penomoran, yaitu di bagian atas, bawah, kiri, kanan, atau tengah. Jika ingin menambahkan nomor halaman di bagian kanan bawah, pilih ‘Bottom of Page’ kemudian klik ‘Plain Number 3’.

2. Menambahkan daftar isi secara manual

Langkah selanjutnya adalah menambahkan daftar isi secara manual. Caranya, yaitu:

  • Klik tab ‘References’ pada menu bar.
cara membuat daftar isi otomatis di word 2016
  • Selanjutnya, klik ‘Table of Contents’ dan pilih ‘Manual Table’.
cara membuat daftar isi otomatis di word 2010, 2016, 2019
  • Setelah muncul tabel seperti gambar di bawah, kita perlu mengetik judul bab dan nomor halaman sat per satu.
cara membuat daftar isi manual di word 2010, 2016, 2019
  • Apabila nanti ada perubahan judul bab dan nomor halaman, kita juga harus menggantinya secara manual. Maka dari itu, cara ini kurang efektif jika digunakan untuk dokumen yang memuat banyak judul bab dan subbab.
cara membuat daftar isi manual di word 2010, 2016, 2019

Demikian artikel pembahasan tentang cara membuat daftar isi otomatis dan manual di Word. Semoga setelah membaca artikel ini kita bisa lebih menghemat waktu dalam membuat daftar isi.

Apabila kamu ingin memeriksa apakah penulisan skripsi atau karya tulismu sudah benar atau belum, kamu bisa menggunakan jasa proofreading Xerpihan. Selain menyediakan jasa proofreading, Xerpihan juga menyediakan jasa terjemah dan subtitle.

[Total: 1 Average: 5]

1 thought on “Cara Membuat Daftar Isi Otomatis dan Manual di Word 2010, 2016, 2019”

  1. Haiii….. Terimakasih atas informasinya yang sangat bermanfaat. Seiring perkembangan zaman yang serba menggunakan teknologi canggih ini, informasi apapun dapat dengan mudah didapatkan di internet. Cara pembuatan penomoran di tabel ini sangat dibutuhkan untuk daftar hadir pelaksanaan kegiatan-kegiatan sehingga pengerjaan tabel ini akan lebih mudah dan menghemat waktu. Jangan lupa kunjungi laman web kampus kami tercinta walisongo.ac.id

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *