6 Cara Cek Plagiasi Skripsi Online, Awas Jangan Sampai Jiplak!

cek plagiasi skripsi

Tak bisa dipungkiri bahwa plagiasi adalah momok yang menakutkan bagi banyak orang, terutama para mahasiswa dan akademisi. Sebagai mahasiswa, kita dianjurkan untuk selalu cek plagiasi skripsi sebelum menyerahkannya pada pihak perguruan tinggi atau bahkan dosen. Kasus plagiarisme dalam dunia pendidikan di Indonesia sendiri, bukanlah hal baru yang terjadi dalam beberapa tahun belakangan. Ada banyak kasus yang viral dan tak sedikit bisa kita temukan sehari-hari.

Tindakan plagiasi tentu melanggar kode etik pencipta karena tergolong sebagai perilaku tidak terpuji. Ada banyak penyebab seseorang melakukan plagiasi pada tulisan, salah satu pemicunya yaitu mudahnya akses informasi yang sering kali membuat orang terlena untuk langsung menjiplaknya.

Bagi mahasiswa, wajib hukumnya untuk selalu cek plagiasi skripsi atau karya ilmiah lainnya yang berkaitan dengan akademik. Saatnya pelajari lebih dalam tentang apa itu plagiasi dan bagaimana cara mengeceknya berikut ini!

Apa itu Plagiasi Skripsi?

cek plagiasi skripsi
Source: Racool Studio – Freepik

Plagiasi skripsi adalah sebuah tindakan untuk menjiplak karya atapun tulisan dari hasil skripsi orang lain tanpa mencantumkan kredit (identitas asli penulis) dari sumber aslinya. Kasus plagiasi sebenarnya sudah diatur dalam Permendiknas Nomor 17 tahun 2010 yang berisi mengenai pencegahan dan penanggulangan plagiat di perguruan tinggi. Selain itu, dalam Permendikbudristek 39/2021 pasal 10 ayat (3) mendefinisikan plagiat sebagai:

  • Perbuatan mengambil sebagian atau keseluruhan karya milik orang lain tanpa mencantumkan sumber asli sesuai panduan
  • Menulis ulang karya orang lain (sebagian ataupun keseluruhan) menggunakan bahasa sendiri dengan menyebut sumber
  • Mengambil keseluruhan atau sebagian karya milik sendiri yang sudah diterbitkan, namun tidak menyebut sumber secara tepat

Beberapa orang sering tidak mengetahui bahwa skripsi yang mereka tulis mengandung plagiasi sebelum mengeceknya dengan aplikasi cek plagiarisme. Maka tak heran ada banyak kasus plagiasi skripsi yang sering kita temui dalam keseharian. 

Ada beberapa cara untuk menulis kutipan dari berbagai sumber informasi yang kita temukan (internet, jurnal, buku, dsb). Berikut ini adalah beberapa cara menulis kutipan untuk skripsi yang benar:

Internet

Tuliskan nama penulis artikel/halaman yang dikunjungi, kemudian diikuti dengan judul artikel online, alamat website resmi, dan juga kapan waktu kita mengaksesnya. Ini dia contoh yang bisa kamu coba:

  • Giri, Pangestu. Belajar Ilmu Komunikasi Dasar, 2019. www.ilmukomunikasipedia.com. Diakses pada 22 April 2023.

Jurnal Tertulis & Online

Cara menuliskan kutipan yang kita ambil dari jurnal adalah dengan menuliskan seluruh kalimat yang ingin ditulis. Kemudian, pada bagian akhir ditambahkan susunan  [nama belakang penulis, tahun terbit: nomor halaman]. Agar kamu tidak salah penulisan, berikut adalah contohnya yang bisa diikuti:

  • Komunikasi adalah sebuah cara untuk memahami informasi yang disampaikan oleh komunikator kepada komunikan. Untuk mencapai proses komunikasi efektif diperlukan berbagai aspek dan tahapan yang harus dilalui. (Wardana, 2020: hal. 20)

Sementara untuk penulisan kutipan yang diambil dari jurnal online, ada beberapa perbedaan seperti dengan menambahkan judul, link jurnal tersebut, serta waktu pengaksesan. Contohnya seperti berikut ini:

  • (Wardana, 2020: 20) Jurnal Komunikasi Efektif, diakses melalui: http://jurnalakademis.com pada 21 Mei 2023.

Jika ingin tahu lebih dalam mengenai cara penulisan kutipan, kamu bisa baca artikel kami tentang Perbedaan Kutipan Langsung dan Tidak Langsung serta Contoh Penulisannya.

Apa Saja Ciri Plagiasi Skripsi?

Sebelum kita mencari tahu cara cek plagiasi skripsi, ada baiknya untuk memahami bagaimana ciri-ciri plagiasi yang sering ditemukan pada skripsi. Nyatanya, plagiat memiliki banyak jenis yang belum diketahui oleh mahasiswa. Di bawah ini adalah beberapa ciri palgiasi skripsi dengan kategorinya yang wajib kamu tahu:

1. Plagiasi Ide

Tindakan plagiasi ide biasanya muncul ketika seseorang berani meniru atau mengakuisisi ide orang lain seolah-olah itu adalah ide mereka. Biasanya mereka tidak mencantumkan kredit ataupun atribusi tertentu pada pemilik ide asli. Isu ini tentu akan menjadi sebuah hal yang sensitif ketika berada di ranah profesional ataupun akademis. Umumnya, plagiasi ide ditemukan pada proses pembuatan skripsi, penelitian, ataupun proyek akademik lainnya.

2. Plagiasi Kata

Melakukan plagiasi kata pada saat skripsi juga dapat diketahui pada saat proses pengecekan. Biasanya pelaku plagiat akan mengambil frasa-frasa yang khas dari sumber informasi lainnya dan menyalin kata tersebut langsung pada skripsi tanpa memberikan kredit yang tepat. Ketika seseorang terbukti melakukan plagiasi kata saat skripsi, tentu akan mendaoatkan sanksi akademik serta berpotensi untuk gagal melanjutkan skripsi mereka.

3. Plagiasi Sumber

Ciri plagiasi sumber pada skripsi bisa ditandai ketika melihat referensi-referensi yang dicantumkan pada penulisan. Selain itu, akan ada sebuah ‘gap’ gaya penulisan seperti perubahan intonasi, struktur kalimat, dan sejenisnya. Seseorang yang melakukan plagiasi sumber juga biasanya akan menampilkan data yang tidak relevan dengan apa yang ia tulis, sehingga menimbulkan ketimpangan saat dipelajari.

6 Cara Cek Plagiasi Skripsi dan Menurunkannya dengan Cepat

Bagi kamu yang sedang menulis skripsi atau karya ilmiah lainnya, ini adalah momen yang tepat untuk melakukan cek plagiasi dengan berbagai tools yang tersedia saat ini. Dari sekian banyak aplikasi cek plagiasi skripsi yang ada, hanya terdapat beberapa tools yang memiliki akurasi tinggi untuk mengecek plagiat. Ini dia rekomendasinya yang bisa dicoba:

1. Turnitin

cek plagiasi skripsi
Turnitin
Biaya BerlanggananMulai dari $100 (Rp1.558.000)
AksesWebsite

Turnitin adalah aplikasi cek plagiasi skripsi yang digunakan kalangan akademisi perguruan tinggi. Tak hanya skripsi, mereka biasanya menggunakan Turnitin untuk mengecek plagiasi pada karya ilmiah atau jurnal akademik sejenis. Nantinya, Turnitin akan melakukan pengecekan mendalam mengenai penulisan, sumber, kutipan, dan informasi lainnya yang tercantum pada karya apakah terdapat duplikasi atau tidak. 

Ada beberapa fitur yang dimiliki Turnitin seperti originality check, grademark, dan peermark yang akan meninjau ulang kara tulis seseorang. Saat ini Turnitin telah bekerjasama dengan berbagai perguruan tinggi negeri di seluruh dunia. Kamu bisa mengikuti langkah di bawah ini untuk melakukan cek plagiasi skripsi menggunakan Turnitin:

  • Buka website www.turnitin.com kemudian login dengan akun gmail yang dibuat oleh kampus atau perguruan tinggi
  • Pilih menu “Submit” kemudian secara otimatis halaman akan dialihkan untuk mengisi identitas dokumen (Single File Upload). Adapun data yang harus diisi adalah nama lengkap dan judul dokumen.
  • Setelah lengkap, kamu bisa mengunggah dokumen yang akan dicek plagiasi oleh Turnitin.
  • Tunggu beberapa saat sampai dokumen berhasil diindeks selama 1-2 menit.
  • Terakhir kamu bisa klik tombol “View” untuk melihat hasil cek plagiasi skripsi. Turnitin juga menyediakan Similarity Report berbentuk PDF untuk memudahkan perbaikan tulisan yang berpotensi plagiat.

2. Copyleaks.com

copy leaks
Copy Leaks
Biaya BerlanggananMulai dari $13.99 per bulan (Rp225.000)
AksesWebsite

Copy Leaks juga bisa jadi opsi berikutnya untuk para mahasiswa yang sedang mencari tools cek plagiasi skripsi. Aplikasi ini melakukan pengecekan secara online sebelum sebuah tulisan dipublikasi secara umum. Mereka memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence untuk melakukan pengecekan tulisan secara menyeluruh.

Tak hanya untuk cek plagiarisme, Copy Leaks juga memiliki beberapa fitur lainnya seperti Writing Assistant untuk membantu kita dalam menyusun struktur kalimat, pemilihan kata, hingga gaya bahasa. Supaya kamu tidak bingung, berikut adalah cara untuk cek plagiasi skripsi dari copyleaks.com:

  • Kunjungi langsung website www.copyleaks.com melalui browser, kemudian login atau buat akun menggunakan alamat email yang kamu miliki.
  • Klik menu “New Scan”, kemudian pilih dokumen atau teks mana yang ingin kamu cek plagiasinya. 
  • Di bagian menu kiri, kamu bisa memilih berbagai “Detection Mode” yang membantumu dalam melakukan pengecekan.
  • Jika sudah, klik “Check” di bagian samping dan tunggu beberapa saat sampai hasil keluar.

3. Duplichecker

Duplichecker
Duplichecker
Biaya BerlanggananGratis (Maksimal 1,000 kata) dan Berbayar mulai dari Rp93.000 per bulan
AksesWebsite

Duplichecker menjadi tools untuk cek plagiasi skripsi yang gratis digunakan. Duplichecker akan menganalisa setiap dokumen atau teks yang kita berikan, untuk mengecek apakah ada kesamaan dengan karya lainnya yang sudah diunggah di internet. Untuk bisa menggunakannya, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka website www.duplichecker.com
  • Masukkan teks di Text Box yang tersedia atau kamu juga bisa mengunggah dokumen yang ada di komputer, Google Drive, hingga Dropbox.
  • Langkah selanjutnya, klik tombol “Periksa Plagiarisme” dan tunggu beberapa saat sampai analisa keluar.
  • Biasanya Duplichecker akan mengeluarkan persentase seberapa banyak tulisanmu memiliki duplikat dan dimana saja link yang berpotensi memiliki isi yang sama dengan tulisan tersebut.

4. Copyscape

Copyscape
Copyscape
Biaya BerlanggananMulai dari Rp100.000 per bulan
AksesWebsite

Copycscape adalah aplikasi cek plagiasi skripsi yang bisa kamu gunakan secara gratis. Melalui Copyscape, kamu bisa sekaligus menjajal berbagai fitur lainnya seperti Comparison Tool, Premium API, hingga Copysentry. Ikuti cara berikut ini untuk cek plagiarisme skripsi yang kamu miliki:

  • Kunjungi situs www.copyscape.com di browser.
  • Masukkan link URL dari tulisan yang ingin kamu cek plagiarismenya dan klik “Check” di samping kanan.
  • Tunggu beberapa saat sampai hasil analisa dari Copyscape muncul.

5. Small SEO Tools

Small SEO Tools
Small SEO Tools
Biaya BerlanggananMulai dari Rp223.146 per bulan
AksesWebsite

Small SEO Tools adalah platform dimana kamu bisa mendapatkan fitur plagiarisme, cek grammar, ejaan, hingga tools parafrase. Aplikasi ini memiliki slogan sebagai “One Stop Solution” untuk berbagai kebutuhan penulisan, terutama bagi penulisan kreatif dan konten. Saatnya ikuti langkah-langkah berikut ini untuk cek plagiasi skripsi di Small SEO Tools:

  • Buka website www.smallseotools.com
  • Pilih menu Plagiarism Checker, kemudian masukkan dokumen skripsi yang ingin kamu cek plagiarismenya.
  • Setelahnya, klik Check Plagiarism dan tunggu beberapa saat sampai hasil analisa keluar.

6. Plagiarism Detector

Plagiarism Detector
Plagiarism Detector
Biaya BerlanggananMulai Rp322.000
AksesWebsite

Plagiarism Detector jadi opsi terakhir untuk kamu yang ingin melakukan cek plagiasi skripsi dengan gratis. Hampir sama dengan Duplichecker, Plagiarism Detector memiliki fitur yang hampir sama dengan batas maksimal pengecekan gratis ada di 1,000 kata saja. Kini kamu bisa melakukan pengecekan plagiasi dengan cara berikut ini:

  • Buka website www.plagiarismdetector.net
  • Unggah dokumen atau tulis langsung di kolom yang sudah tersedia.
  • Langkah berikutnya, kamu bisa klik Check Plagiarism dan tunggu beberapa saat sampai hasil muncul.

Ketika berbicara mengenai plagiarisme, cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan parafrase tulisan. Bila kamu tak ingin kerepotan dalam melakukan parafrase dalam bahasa Indonesia maupun Inggris, saatnya Xerpihan yang melakukannya untukmu! 

cek plagiasi skripsi

Xerpihan adalah solusi untuk kamu yang mencari cara menurunkan plagiasi skripsi. Xerpihan memiliki layanan untuk parafrasa kalimat sehingga bisa membuat tulisanmu jadi lebih rapi, menarik, dan mengurangi kesalahan penulisan. Mengapa harus parafrase dengan Xerpihan?

  • Harga lebih terjangkau dan sangat cocok untuk berbagai kebutuhan penulisan mulai dari hiburan, profesional, hingga ilmiah.
  • Jaminan kerahasiaan seluruh data yang terdapat dalam video dalam Non-Disclosure Agreement.
  • Dipercaya lebih dari 1,000 klien mulai dari institusi hingga korporasi ternama di Indonesia.

Yuk, konsultasikan kebutuhan tulisanmu sekarang bersama Xerpihan!

Gunakan layanan jasa parafrasa kalimat di Xerpihan untuk mendapatkan hasil tulisan yang rapi, menarik, dan terhindar dari plagiarisme. Tunggu apa lagi? Yuk coba sekarang dan rasakan manfaatnya!

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *