Resume Worded: Cara Membuat Resume Pakai AI

Untuk mengoptimalkan resume, saat ini pencari kerja dimudahkan dengan aplikasi digital bernama Resume Worded. Resume Worded dapat mereview kekurangan dan kelebihan dari resume sehingga pelamar dapat menjadikannya evaluasi.

Pencarian kerja yang kompetitif saat ini memicu jobseeker (pencari kerja) untuk menyusun resume yang menarik dan menonjol dari yang lain. Hal ini penting dilakukan agar dilirik oleh HRD sehingga pelamar dapat berkesempatan untuk melakukan wawancara.

Dengan fitur canggih dan rekomendasi yang dipersonalisasi teknologi AI, Resume Worded membantu pelamar untuk memberikan yang terbaik dalam era karir yang kompetitif.  Beberapa waktu terakhir, Resume Worded menjadi salah satu tools yang mendapatkan pengakuan dan popularitas bagi jobseeker. Pada artikel ini, akan dijelaskan apa itu resume, fitur-fitur dalam Resume Worded dan cara menggunakan resume worded.

Apa Itu Resume?

Resume adalah dokumen singkat yang digunakan untuk menggambarkan pengalaman kerja, pendidikan, keterampilan, dan pencapaian seseorang untuk mengajukan lamaran pekerjaan atau lamaran lain. Resume merupakan sesuatu yang penting dalam mencari pekerjaan karena ini merupakan tahap pertama dalam proses seleksi masuk perusahaan.

Tujuan utama dari resume adalah memberikan gambaran yang cepat dan ringkas tentang kualifikasi dan kompetensi pelamar kepada HRD. Penting juga untuk menyesuaikan resume sesuai dengan pekerjaan atau posisi yang dilamar agar lebih relevan dan menarik.

Saat ini dalam menyaring pelamar, perusahaan-perusahaan besar umumnya menggunakan Aplicant Trancking System (ATS). Hal ini dilakukan agar ribuan resume yang masuk ke dalam database dapat disaring secara efisien berdasarkan kualifikasinya.

Sistem ATS ini menggunakan gabungan teknolgi AI seperti pengenalan teks, pencarian berbasis kata kunci, manajemen database, UI/UX, dan algoritma penilaian. Agar resume dapat lolos pada sistem, perlu diperhatikan hal-hal yang harusnya ada dalam resume ATS friendly.

Pastikan untuk mengoptimalkan resume agar sesuai dengan sistem pelacakan aplikasi (ATS) yang mungkin digunakan oleh perusahaan. Jadi pastikan juga resume Anda mencerminkan kualifikasi dan kata kunci yang relevan.

Informasi dalam Resume ATS Friendly

Berikut merupakan informasi yang biasanya terdapat dalam resume.

  • Informasi pribadi: Nama lengkap, domisili, nomor telepon, dan alamat email.
  • Ringkasan atau tujuan: Pernyataan singkat yang menjelaskan tujuan Anda dalam mencari pekerjaan atau hal lain. Akan tetapi, ringkasan ini umumnya terdapat pada seseorang yang telah berpelangaman, bukan pada level entry.
  • Pendidikan: Riwayat pendidikan, termasuk gelar, institusi pendidikan, tahun lulus, dan penghargaan atau prestasi yang relevan.
  • Pengalaman kerja: Daftar pekerjaan sebelumnya, termasuk nama perusahaan, tanggal mulai dan berakhirnya pekerjaan, tanggung jawab, serta pencapaian yang telah diraih selama bekerja.
  • Keterampilan: Daftar keterampilan yang relevan untuk pekerjaan yang akan dilamar, mencakup hardskill dan softskill.
  • Pencapaian: Prestasi khusus atau penghargaan yang relevan sehingga dapat mencerminkan Anda sebagai kandidat yang baik.

Resume harus ditulis dengan jelas, singkat, dan menarik, sehingga memudahkan perekrut untuk cepat menilai kemampuan dan potensi.

Cara Menggunakan Resume Worded

  1. Masuk ke laman resumeworded.com
  2. Anda dapat melakukan login dengan membuat akun, jika Anda belum memiliki.
  3. Klik menu Resume yang terdapat pada dashboard.
  4. Anda perlu untuk mengubah jenjang karir yang sesuai pada menu Career Level
  5. Setelah itu,  unggah resume berbahasa Inggris yang sebelumnya telah anda buat pada menu Upload Your Resume.
  6. Ukuran file maksimal 2 MB dengan format PDF.
  7. Setelah unggah, Resume Worded akan mengoptimalkan resume dengan cara memindainya sehingga dapat dianalisis oleh sistem.
  8. Sistem menilai resume dengan nilai 1-100 dan akan memberikan perbaikan resume dengan memberikan saran dan solusi.
  9. Perbaikan meliputi saran kata kerja aktif, tata letak, style, dan panjang resume.

Fitur Resume Worded

Pemindaian Resume

Dilakukan dengan mengidentifikasi bagian resume yang memerlukan perbaikan. Ini termasuk kesalahan tata bahasa, ejaan, masalah format, dan peningkatan konten.

Pengoptimalan Kata Kunci

Mengoptimalkan resume untuk ATS, Resume Worded membantu memastikan bahwa resume berisi kata kunci dan frasa relevan sehingga bisa lolos melewati sistem ini.

Rekomendasi Konten

Saran akan diberikan untuk menyempurnakan konten resume. Meliputi rekomendasi tentang cara menggambarkan pengalaman kerja, keterampilan, dan pencapaian dengan lebih baik, sehingga membuat resume berimpact dan menarik.

Saran dan Umpam Balik

Aplikasi akan memberikan umpan balik berdasarkan pekerjaan yang sedang dilamar, dengan menganalisis deskripsi pekerjaan dan persyaratan. selain itu, aplikasi akan menyesuaikan rekomendasi resume agar selaras dengan role spesifik yang sedang dilamar.

Template Resume

Aplikasi menyediakan template resume yang dibuat berdasarkan profesional sesuai dengan gaya dan preferensi, resume akan terlihat menarik secara visual.

Manfaat Menggunakan Resume Worded

Berikut merrupakan keunggulan apabila menggunakan resume worded.

  • Hemat Waktu, karena dapat menyederhanakan proses pembuatan resume dengan cepat
  • Meningkatkan Visibilitas dalam mendapat kesempatan wawancara karena menggunakan resume ATS friendly.
  • Kualitas Resume yang optimal karena bentuknya menjadi lebih halus dan efektif.
  • Sesuai dengan preferensi karir karena resume worded membantu Anda menyelaraskan pekerjaan spesifik yang dilamar.
Cara Cek Turnitin Gratis

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *